7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu dari Pakarnya

madu
madu

Cara membedakan madu asli dan palsu. Khasiat madu yang sudah sangat terkenal dan teruji membuat oknum-oknum penjual madu mencurangi produknya dengan menjual madu yang tidak asli lagi alias palsu. Madu, sebuah cairan manis yang dihasilkan oleh hewan bernama lebah yang berasal dari sari-sari bunga sehingga terciptalah madu.

Maraknya pedagang yang menjual madu palsu membuat konsumen seperti anda dan saya, selalu berpikir negatif tentang madu yang ditawarkan. Sebagian besar dari kita pasti akan pesimis bahwa madu yang ditawarkan pada kita adalah madu asli apalagi dengan harga yang cukup murah.

Madu palsu yang beredar di pasaran, jenisnya berbeda-beda. Mulai dari campuran antara madu asli dengan cairan gula sampai tanpa ada unsur madu aslinya pun juga ada. Hal itu semata-mata dilakukan hanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar tanpa memperhitungkan kerugian para konsumennya.

Kita sebagai konsumen dituntut jeli sebelum membeli produk madu yang ditawarkan pada kita, jangan sampai manfaat yang harusnya kita dapat dari madu asli, tidak kita peroleh malah membuat efek negatif pada tubuh kita. Berikut beberapa cara membedakan madu asli dengan madu palsu :

7 Cara Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu

1. Dibakar diatas sendok.
Taruhlah madu pada sebuah sendok logam. Bakar bagian bawah sendok dengan api/lilin. Madu yang asli akan mendidih hingga busanya tumpah dari sendok, sedangkan yang palsu, meskipun mendidih namun busa tak sampai tumpah.

2. Dengan kertas koran.
Teteskan madu pada kertas tipis/koran. Madu yang asli tidak akan membuat kertas basah/robek. Sedangkan madu palsu akan terserap ke dalam kertas, karena kandungan airnya yang lebih tinggi.

3. Menggunakan korek api.
Masukkan batang korek api ke dalam madu beberapa saat. Ambil dan pantikkan/gesekkan agar menyala. Bila madu asli, korek akan tetap bisa menyala, dan sebaliknya.

4. Dengan segelas air.
Teteskan setetes madu ke dalam segelas air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas dan tetap terlihat berkumpul/tidak larut dengan air.

5. Dibekukan.
Masukkan madu ke dalam lemari es. Madu asli tidak akan membeku.

6. Dicampur kuning telur.
Campur dan aduk madu dengan kuning telur bebek. Bila madu asli, telur akan berubah warna dan terlihat seperti setengah matang.

7. Tes bentuk segi enam sarang lebah.
Teteskan madu diatas piring beling putih yang sudah diberi sedikit air. Ketika piring digoyang ke kiri dan ke kanan, maka sebelum madu itu bercampur akan membentuk seperti sarang lebah. Semakin lama bentuk segi enam itu bertahan, berarti semakin baik nutrisi yang terkandung dalam madu tersebut alias madu asli. Semakin cepat bentuk segi enam itu memudar, maka jelaslah itu madu campuran, karena nutrisinya sudah jauh berkurang

Keywords:

  • daftar merk madu asli
  • menguji keaslian madu
About Candra Purnama 32 Articles
Fly....

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!