6 Tips Cerdas Memilih Jurusan di SMK

smk success way
Bagi kamu lulusan SMP yang mau melanjutkan ke SMK tapi masih bingung mau ambil jurusan di SMK yuk mari kita simak “6 Tips Memilih Jurusan di SMK” dengan cerdas versi Nasionalis. Pertumbuhan sekolah menengah kejuruan semakin pesat dari tahun ke tahun. Di Surabaya saja, kini setidaknya sudah ada 116 SMK negeri dan swasta dengan berbagai macam jurusan. Meski mempunyai banyak pilihan, tentu orang tua yang ingin mengarahkan putra putrinya masuk SMK tidak mau salah pilih jurusan.
Kalau hal itu terjadi, bukan hanya anak yang bisa tidak semangat belajar karena jurusannya tidak cocok dengan hati nurani, tapi masa depannya bisa terancam. Sehingga perlu langkah cerdas dalam memilih jurusan yang tepat. Berikut ini  beberapa tips cerdas memilih jurusan di SMK:

Tips Memilih Jurusan di SMK

1. Sesuaikan pilihan jurusan dengan minat, hobi atau hal apapun yang disukai anak. Kemudian tentukan jurusan yang dapat mewakili kemampuan terbaik dalam dirinya. Orang tua jangan memaksakan kehendak yang belum tentu cocok dengan hati nurani anak. Jangan memilih jurusan, hanya karena ikut-ikutan teman.
2. Carilah informasi sebanyak mungkin untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih jurusan. Masing-masing jurusan mempunyai karakteristik, biaya dan perlengkapan berbeda. Cari tahu sekolah mana saja yang menyediakan jurusan yang diinginkan anak dan bagaimana reputasi sekolah yang bersangkutan. Untuk itu, perbanyaklah berdiskusi, bertanya dan membaca referensi di internet atau berbagai sumber lain.
3. Menjelang UNAS, siapkan anak jauh-jauh hari sebelumnya sehingga bisa berjuang meraih nilai terbaik. Dengan begitu akan mudah dalam memilih jurusan yang di kehendaki anak, lebih-lebih jika jurusan tersebut adalah jurusan favorit. Sebab, sekolah favorit dan jurusan favorit biasanya diperebutkan banyak orang, sedangkan daya tampung kelas yang disediakan terbatas.
4. Memilih jurusan sekolah kejuruan sebaiknya tetap melihat peluang kerja setelah anak lulus nanti. Apakah jurusan yang diambil nanti dapat mengantar untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik? Perlu diketahui, rekrutmen pekerjaan di suatu perusahaan juga melihat beberapa faktor seperti dalam latar belakang pendidikan, pengalaman dan kompetensi.
Maka, pilihlah sekolah yang memiliki rekam jejak bagus dalam membekali siswanya dalam pendidikan, program magang kerja (pengalaman), dan kompetensi yang didapatkan dari praktik-praktik di laboratorium.
5. Buang jauh-jauh rasa tidak pede dan gengsi. Niatkan untuk mencari keterampilan atau life skill sebagai bekal mencari kerja.
6. Banyal berdoa agar mendapatkan petunjuk dari Allah SWT, Tuhan yang maha tahu apa yang terbaik buat kita. Bisa jadi Tuhan tidak memberi apa yang kita inginkan tapi memberikan apa yang kita butuhkan.
Bagaimana? Masih bingung? Jangan bingung kamu itu masih berjiwa muda seharusnya dapat mengambil keputusan dengat cepat! ohh iya, Hukumnya WAJIB buat kamu untuk mengikuti organisasi di SMK, Dengan masuk salah satu organisasi akan sangat membantu membangun mental kamu! Dan pastinya ada poin plusnya ketika melamar pekerjaan. Oke sekian dulu Thanks good luck semoga artikel ini “Tips memilih jurusan SMK” dapat bermanfaat. Ohh iya satu lagi jangan sampai lupa hargailah guru mu!!
About Candra Purnama 32 Articles
Fly....

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!