5 Manfaat Dibalik Pasta Gigi (Odol) Selain Untuk Menggosok Gigi, yang Mungkin Belum Kamu Tau

Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memanfaatkan Lain Dari Odol/Pasta Gigi
Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Memanfaatkan Lain Dari Odol/Pasta Gigi

Nasionalis.ID – Pasta gigi atau bahasa kerennya odol, yang setiap hari kita temui, memang dibuat khusus untuk merawat serta menjaga kesehatan gigi dari kemungkinan-kemungkinan penyakit yang bisa menyerang gigi kita. Hingga saat ini, sudah banyak sekali merek dan jenis dari pasta gigi, ada yang dibuat khusus untuk penderita gigi sensitif dan ada pula yang dibuat khusus untuk para pecinta kopi dan rokok.

Kandungan yang terdapat pada pasta gigi, seperti Sodium carbonate, Hidrogen peroksida, Citroxane, Menthol, dan Sodium hexametaphosphate, berguna sebagai antiseptik, yang dapat membunuh bakteri, membersihkan kotoran, dan juga memutihkan gigi.

Bahan-bahan yang Ada Pada Pasta Gigi
Bahan-bahan yang Ada Pada Pasta Gigi

Selain bermanfaat langsung untuk kesehatan gigi kita, ternyata odol juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti menghilangkan jerawat, kesehatan kulit, dan sebagainya. Perlu kamu ketahui pren, bahwa odol yang kita bahas disini adalah odol yang organik, odol yang berwarna putih dan tidak berbentuk seperti Gel (bening). Dan sebelum menuju ke manfaat-manfaat tersebut, ada baiknya kamu mengetahui bahan-bahan yang umumnya terdapat pada pasta gigi terlebih dahulu.

  • Fluoride – Fluoride adalah salah satu bahan aktif yang ditemukan pada semua jenis odol. Senyawa ini bekerja untuk membuat gigi menjadi lebih kuat serta mencegah kerusakan pada gigi. Kandungan bahan ini juga bisa mengatasi pertumbuhan bakteri dan memberikan perlindungan pada semua lapisan gigi.
  • Tetrasodium Pirofosfat – Ini adalah bahan khusus yang bisa mencegah pengendalam magnesium dan kalsium pada bagian gigi. Bahan ini bisa menjadi pencegah terbentuknya plak pada gigi.
  • Sodium Bikarbonat – Bahan ini menyebabkan abrasi ringan pada gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih. Selain itu, bahan ini akan membuat suasana di sekitar mulut menjadi lebih basa dan mengurangi bau mulut. Bahkan bahan ini bisa mengurangi produksi noda pada gigi karena konsumsi makanan dan minuman yang menyebabkan perubahan warna pada gigi.
  • Triclosan – Ini adalah bahan yang bertugas sebagai anti bakteri dan bisa membantu mencegah pembentukan plak gigi karena bisa menghancurkan bakteri yang bisa memproduksi plak gigi. Kombinasi beberapa bahan seperti seng sitrat dan seng kloridam yang bisa mencegah semua pembentukan bakteri pada semua bagian mulut dan gigi.
  • Hidrogen Peroksida – Bahan ini bekerja untuk membuat gigi menjadi lebih putih dan menyediakan agen khusus yang bisa menghilangkan noda untuk gigi. Agen ini bisa menyebabkan gigi menjadi lebih putih dan menghancurkan semua bakteri pada gigi.
  • Natrium Benzoat – Natrium benzoat adalah bahan yang sangat penting dalam pasta gigi karena bisa mengatasi pembentukan mikro organism yang menyebabkan bau mulut dan penyakit pada gigi dan mulut. Bahan ini sangat aktif dan tidak akan rusak meskipun pasta gigi disimpan dalam waktu yang lama.

Bahan-bahan yang saya sebutkan diatas, mungkin hanya sebagian saja, bisa jadi masih banyak bahan yang belum saya sebutkan lainnya. Oke, sekarang mari kita simak ulasan tentang manfaat lain dari odol/pasta gigi yang bisa kita dapat .

1. Mengatasi Jerawat

Mengobati Jerawat Menggunakan OdolMengobati Jerawat Menggunakan Odol
Mengobati Jerawat Menggunakan Odol

Masalah utama yang sering dihadapi remaja dan orang dewasa adalah jerawat, karena selain perih, jerawat juga dapat menganggu penampilan. Jerawat sendiri biasanya disebaban oleh peradangan dan infesi pada kulit wajah, akibat pertumbuhan bakteri. Dan jerawat biasanya ditandai dengan bintik merah kecil, sedang atau bisa juga besar. Terkadang jerawat yang parah tidak bisa pecah sehingga bagian jerawat tertinggal di dalam kulit. Nah, seperti yang saya sebutkan diatas tadi, bahwa, ada beberapa macam kandungan odol yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

1.1. Membersihkan Jerawat dan Menghilangkan Noda Bekas Jerawat.

Tak jarang, jerawat yang terdapat pada wajah kita merupakan jerawat yang kotor. Jerawat kotor ini akan menyebabkan peradangan, sehingga jerawat akan lebih parah dan terasa lebih sakit. Dan kandungan bahan aktif seperti Hidrogen Peroksida pada odol, dapat membantu membersihkan jerawat tersebut.

Kita hanya tinggal mengoleskan odol pada bagian jerawat yang kotor saja (bukan dijadikan masker), hal itu akan membuat jerawat menjadi lebih kering. Dan setelah pemakaian beberapa kali, jerawat akan menjadi lebih bersih, sehingga akan mengurangi efek buruk yang ditimbulkan bakteri pada jerawat. Zat pemutih yang terdapat pada odol, dapat membantu membersihkan noda hitam bekas jerawat.

1.2. Mengecilkan dan Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Bahan-bahan seperti asam salisilat dan benzoil peroksida pada pasta gigi, bisa membantu mengecilkan jerawat, dengan cara mengeringkan permukaan jerawat terlebih dahulu. Benzoil peroksida dapat mengurangi serangan bakteri pada jerawat, sehingga dapat mengurangi peradangan yang parah.

Selain itu, Benzoil peroksida juga dapat mengerungai efek merah pada jerawat, sehingga jerawat menjadi lebih cepat sembuh. Sedangkan asam salisilat bekerja sebagai pembantu proses pergantian sel pada kulit menjadi lebih cepat, sehingga permukaan jerawat menjadi lebih lembut.

Cara penggunaan odol untuk mengatasi jerawat terbilang sangat mudah.

  • Kita hanya perlu membersihkan permukaan wajah terlebih dahulu.
  • Oleskan odol pada bagian jerawat saja (jangan terlalu tebal, tipis saja)
  • Tunggu beberapa saat, hingga odol tersebut mengering.
  • Setelah itu, bilas permukaan wajah kamu dengan air bersih, lalu keringkan dengan handuk.
  • Lakukan hal tersebut secara rutin, setiap malam sampai jerawat benar-benar hilang.

Nah, itulah cara membersihkan jerawat menggunakan odol. Walaupun cara tersebut terbilang mudah dan simpel, namun ada sebagian orang yang mengatakan cara itu berhasil, dan ada pula yang mengatakan kalau hal tersebut tidak berhasil pada dirinya. *Jadi alangkah lebih baiknya, kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, efek apa saja yang bisa ditimbulkan kandungan-kandungan odol terhadap kulit kamu. Karena seperti yang kita tahu kalau lapisan/struktur kulit setiap orang itu berbeda-beda, atau kamu bisa menghilangkan jerawat dengan pengobatan alami, lihat caranya disini.

2. Membuat Bibir Lebih Merah

Cara Memerahkan Bibir Menggunakan Pasta Gigi
Cara Memerahkan Bibir Menggunakan Pasta Gigi

Dalam urusan memerahkan bibir, kandungan daun mint, menthol dan flouride yang terdapat pada odol bisa juga berguna sebagai bahan pemerah bibir. Bahan-bahan tersebut dapat mengeringkan sel-sel kulit mati pada bibir dan pigmen hitam akan dibersihkan saat lapisan atas bibir mengelupas. Namun saya sarankan agar jangan terlalu sering melakukan hal ini, karena dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

  • Bersihkan bibir dari lipstik atau apapun
  • Oles tipis pasta gigi diseluruh permukaan bibir
  • Gosoklah perlahan menggunakan jari atau sikat gigi
  • Diamkan kurang lebih hingga 5-7 menit
  • Lalu bilaslah sampai bersih

Perlu kamu ingat lagi pren, bahwa cara ini harus kamu lakukan pada saat kondisi bibir kamu dalam keadaan sehat, tidak terluka, atau sedang sariawan. Dan jangan terlalu sering melakukannya, karena dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

3. Kebersihan Kuku

Menjaga Kebersihan Kuku dengan Odol
Menjaga Kebersihan Kuku dengan Odol

Kebersihan kulit merupakan sesuatu yang sepele, sehingga ada sebagian orang yang melupakan hal ini. Padahal jika kuku kita dibiarkan kotor begitu saja, dapat memungkinkan menjadi tempat bersarangnya para kuman. Nah, disini pasta gigi juga dapat menjadi pilihan kita untuk merawat dan membersihkan kuku tanpa harus pergi pedicure dan menicure. Kandungan enamel dan penggosok (polishing), dapat membantu kita memebersihkan kuku-kuku kita, sehingga tampak lebih cantik dan tanpa kuman. Caranya cukup mudah,

  • Oleskan sedikit odol pada kapas atau kain halus,
  • Lalu gosokkan pada kuku,
  • Bersihkan dengan air.

Atau

  • Kamu juga bisa mengoleskan odol terlebih dahulu,
  • Kemudian gosok menggunakan sikat yang bersih,
  • Bilaslah dengan air.

4. Memutihkan Ketiak

Memutihkan Ketiak yang Hitam
Memutihkan Ketiak yang Hitam

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat pasta gigi untuk ketiak. Walaupun tempatnya tertutup lengan, namun banyak wanita yang sangat memperhatikan hal ini, karena ketiak yang putih dianggap menambah kecantikan dan daya tarik mereka. Nah, untuk mengatasi maslah tersebut, odol/pasta gigi merupakan cara yang mudah dan simpel untuk memutihkan ketiak, kandungan-kandungan dari odol tersebut dipercaya dapat membantu urusan ini. Caranya

  • Bersihkan ketiak terlebih dahulu (setelah mandi lebih bagus)
  • Oles dan ratakan odol mengunkan jari
  • Gosoklah menggunakan ujung jari secara perlahan, kurang lebih 5 menit
  • Setelah itu diamkan selama 15-20 menit
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat

5. Manfaat Lainnya

Manfaat Odol Yang Tersembunyi
Manfaat Odol Yang Tersembunyi

Selain untuk gosok gigi dan kecantikan, pasta gigi juga menyimpan banyak manfaat untuk hal lain. Seperti yang sudah saya katakn sebelumnya, bawha bahan-bahan yang terdapat pada pasta gigi, memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan sehari. Seoerti dibawah ini

5.1. Membersihkan Permen Karet yang Menempel Pada Rambut

Tentu menjadi hal yang sangat menyebalkan, ketika ada permen karet yang menempel pada rambut kita, ya nggak? Pasalnya permen karet sangat sullit sekali dihilangkan, atau bisa dikatakan hampir tidak bisa dihilangkan dengan mudah dan ada kemungkinan ramput kita perlu di potong untuk menghilangkannya. Tapi kini kamu nggak perlu khawatir lagi pren, karena kandungan-kandungan pada pasta gigi dapat membantu kita menghilangkan permen karet. Caranya juga cukup mudah,

  • Siapkan pasta gigi beserta sikatnya
  • Oleskan sedikit odol pada sikat gigi
  • Gosokkan pada bagian rambut yang terkena karet

5.2. Membersihkan Tuts Piano

Jika kamu memiliki piano yang sudah lama, ada kemungkinan tut-tut pada piano tersebut berubah warna menjadi kekuningan. Nah, dengan bantuan pasta gigi, kamu bisa mengembalikan warna tuts tersebut kembali putih seperti sediakala dengan mudahnya. Caranya,

  • Siapkan kain lembut dan pasta gigi
  • Oleskan pasta gigi pada kain secukupnya
  • Kemudian gosokkan perlahan pada tuts piano yang berwarna kusam

5.3. Membersihkan Sol Sepatu yang Putih

Yang menjadi permaslahan utama utnuk sepatu atau sol (pinggiran bagian bawah) yang berwarna putih adalah mudah berubah warna atau kotor. Tapi kamu tidak perlu cemas lagi, karena dengan kandunganodol yang berfungsi sebagai pembersih dan pemutih gigi, dapat pula berguna pada sepatu kamu. Caranya

  • Siapkan atau bisa juga sikat dan odol
  • Oleskan odol pada bagian sepatu yang kotor
  • Gosoklah menggunakan kain atau sikat sampai sepatu kembali putih dan bersih (bila perlu oleskan sedikit odol lagi)

5.4. Membersihkan Kaset VCD dan Layar Smartphone

Jika layar smartphone atau permukaan kaset VCD kamu terdapat goresan, cara yang paling mudah adalah membersihkannya dengan pasta gigi. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan cara-cara diatas yaitu

  • Siapkan kain halus dan odol
  • Oleskan sedikit odol pada layar Smartphone atau VCD
  • Gosoklah secara perlahan, sampai goresan benar-benar hilang

5.5. Membersihkan Lingkaran Bekas Gelas pada Meja Kayu

Ketika kita meletakkan gelas yang berisi air panas atau pun dingin pada sebuah meja kayu, sering kali hal tersebut membekas atau meninggalkan bekas berupa lingkaran pada permukaan meja kita. Dan tentu saja bisa mengurangi keindahan atau membuat permukaan meja tersebut menjadi tampak jelek, dalam hal ini kita juga bisa mengandalkan odol untuk menghilangkannya. Caranya

  • Gunakan kain halus dan odol
  • Oleskan odol pada permukaan meja yang terdapat bekas gelas
  • Gosoklah hingga lingkaran bekas gelas tersebut hilang

Nah, gimana pren? Menarik bukan? Ternyata banyak sekali ya, manfaat-manfaat yang bisa kita peroleh dari pasta gigi. Jika artikel ini bermanfaat, silahkan dishare ya. Terima kasih 🙂

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!