4 Tips Desain Kamar Tidur ini Bakal Buat Tampilan Kamar Kamu Makin Keren

Nasionalis.id – Bisa dibilang kamar adalah tempat dimana kita bisa bebas berekspresi, bebas berimajinasi dan melakukan apapun yang kita suka, I mean, this is our real world bro !! karena di tempat itulah kita bisa menjadi raja sekaligus penguasa. Nah jadi bukan hal aneh kan, kalau kita punya niat untuk membuat kamar kita tampak keren sehingga bisa membuat kita semakin nyaman dan betah berlama – lama didalam kamar. Yaps, dekorasi atau desain kamar bisa dibilang adalah salah satu cara untuk memperindah dan mempercantik tampilan kamar kita. Sebenarnya di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan desain interior yang menawarkan jasa – jasa desainnya untuk mempercantik tampilan kamar kita, tapi masalahnya yaitu kalau ngga berat diongkos, ya kadang hasilnya juga nggak klik dihati kita. Nah, tapi beda lagi kalau kita yang turun tangan sendiri, karena selain hasilnya yang udah pasti sesuai dengan keinginan kita sendiri, kita juga bebas menumpahkan imajinasi kita saat mendesain. Oke buat kamu yang udah niat banget buat ngedesain kamar kamu sendiri tapi bingung mau mulai dari mana, mungkin artikel berikut bisa membantu kamu. So, its time to experiment !!

1. Gunakan tehknik pengecatan yang tidak biasa

Tehknik mengecat
Tehknik mengecat

Cat selain berfungsi sebagai bahan pewarna, cat juga berfungsi untuk memperindah tampilan dinding kamar kita. Ya mungkin kebanyakan dari kita akan mengaplikasikan cat ke dinding dengan cara yang biasa, yaitu dengan cat emulsi yang diencerkan dengan air kemudian disapukan ke dinding menggunakan kuas maupun roll cat. Nah seperti yang kita ketahui jika menggunakan cara dan tekhnik yang biasa, hasil yang di dapatkan sudah pasti akan biasa pula. Oleh karena itu, agar hasil yang didapatkan lebih menarik dan tidak biasa kamu bisa menggunakan beberapa tekhnik pengecatan dibawah ini;

Colour Washing

Colour Washing
Colour Washing

Teknik Colour washing ini bisa dikerjakan dengan kuas besar maupun spons sintetis menggunakan cat emulsi yang diencerkan dengan air. Efek yang dihasilkan dari penggunaan teknik inipun juga bervariasi, tergantung pada konsistensi campuran cat dan metode pengaplikasian warnanya. Kamu juga bisa menanmbahkan lem wallpaper, lem fox putih dan emulsion glaze bila efek yang dihasilkan dirasa kurang tebal atau bertekstur. Makin kuat warna catnya dan makin pucat basecoat-nya, semakin bagus pula efek yang dihasilkan. Kamu bisa menggunakan rumus campuran 50% cat emulsi dan 50% lem wallpaper untuk mengaplikasikan teknik ini di dinding kamar kamu, dan yang menarik dari Colour washing adalah teknik ini dapat menciptakan efek seperti awan.

Cara:

  1. Pilih dinding yang akan diaplikasikan colour wash.
  2. Lapisi dinding, plafon, lantai, dengan selotip kertas/lakban dan kertas koran/plastik.
  3. Menggunakan kuas besar, celupkan ujung kuas kedalam campuran cat dan sapukan ke pinggiran ember cat untuk membuang kelebihan cat. Sapukan ke dinding dengan arah acak dengan membentuk huruf “X”. Tanpa menambah cat lagi, lanjutkan menyapukan kuas dengan gerakan seperti menyapukan lebar-lebar.
  4. Semakin acak semakin baik, sampai sapuan berbentuk “X” tadi samar-samar hilang.
  5. Lanjutkan proses menyapukan cat hingga menutupi seluruh permukaan dinding.
  6. Gunakan kain lap untuk mengangkat kelebihan cat. Sambil membaurkan garis-garis pertemuan cat dengan kuas besar, buang kelebihan pada kuas dengan menyekanya pada kain lap.
  7. Lanjutkan proses pada seluruh permukaan yang dicat hingga efek yang didapatkan merata.

Sponging

Sponging
Sponging

Teknik ini juga termasuk dalam teknik colour washing, namun dalam pengaplikasiannya teknik ini menggunakan alat spons bukan kuas. Saat menggunakan teknik Sponging ini kamu membutuhkan 2 jenis cat berbeda, yaitu satu cat sebagai warna dasar dan satu cat lainya sebagai dekoratif nya.

Cara:

  1. Sebelum melakukan pengecatan, pastikan dinding dalam keadaan bersih, kering dan tidak mengkilap.
  2. Basahi spons  dengan air dan peras. Setelah cat dasar siap, celupkan spons atau lap ke dalam cat yang berwarna lebih muda.
  3. Kemudian keringkan dulu kelebihan cat pada kertas/koran sehingga tidak akan mengalir atau menetes pada saat akan disapukan pada dinding. Latihlah dahulu teknik Sponging pada kertas karton, untuk menentukan intensitas warna dan tekstur yang diinginkan.
  4. Dimulai dari sudut dinding paling atas, gunakan glaze dengan menekan-nekan spons dengan pola yang tidak beraturan dan saling menumpuk. Rubah posisi spons sesering mungkin untuk mencapai efek yang tidak beraturan. Gunakan spons kecil pada setiap sudut dan ujung atas maupun bawah. Ingatlah untuk selalu melihat hasil dinding dalam jarak tertentu. Jika spons penuh dengan cat, cuci dan peras sebelum dipakai kembali.
  5. Gunakan spons kembali jika diperlukan.
  6. Kalau dirasa gagal, timpa dengan cat dasar seperti sebelumnya. Biarkan kering, dan gosok ulang dengan spons atau lap.

Stippling

Stippling
Stippling

Teknik Stippling dikerjakan dengan cara menepuk – nepukan kuas atau sikat berkali-kali ke dinding dengan tekanan yang sama, pengerjaan teknik cat dekoratif yang satu ini akan membutuhkan waktu lama dan bisa dibilang cukup melelahkan jadi ada baiknya teknik ini dilakukan berdua, entah itu dengan temen, pacar, gebetan atau selingkuhan, yang jelas jangan dilakukan sendiri karena akan menguras tenaga dan kesabaran kamu. Tapi, meskipun pengerjaan teknik ini cukup melelahkan tapi hasilnya nggak akan mengecewakan. Karena dekoratif stippling memberikan hasil akhir seperti suede, lebih lembut dan halus dibanding teknik dragging dan sponging. Kamu bisa menggunakan cat berwarna muda atau tua, kemudian setelah cat dasarnya kering, barulah dilakukan stippling menggunakan sikat stippling dengan warna yang berbeda, mulai dari dinding bagian atas hingga ke bawah.

Cara:

  1. Sapukan campuran cat tipis-tipis dan merata pada sebagian bidang dinding dengan menggunakan kuas besar.
  2. Ambil sikat stippling dan tepuk-tepuk permukaan dinding hingga efeknya merata.
  3. Ulangi proses diatas sampai seluruh dinding tertutup rata dan halus.

Dragging

Dragging
Dragging

Teknik terakhir ada Dragging, tekinik cat dekoratif yang satu ini sebenarnya sangat sederhana tapi memerlukan kesabaran dan ketelitian yang ekstra. Teknik ini dilakukan dengan menarik lurus kuas dragging diatas cat basah sehingga tercipta efek garis-garis, nah masalahnya jika menginginkan hasil yang sempurna efek garis-garis tersebut tidak boleh putus. Jadi akan sulit jika di aplikasikan pada dinding yang tinggi, tapi tenang untuk menyiasatinya kamu bisa menambahkan garis horizontal pada tengah-tengah bidang dinding, sehingga memotong ketinggian ruang menjadi dua bagian.

Cara:

  1. Buat campuran cat, lalu sapukan dengan kuas memanjang ke dinding sehingga menutupi garis dasar.
  2. Kerjakan dulu satu bidang memanjang selebar 15-25cm.
  3. Basahi kuas khusus untuk dragging dengan air agar lembab, lalu sapukan diatas cat yang masih basah di dinding. Tahan bulu-bulu kuas dengan tangan anda sehingga menempel datar pada dinding. Tarik kuas ke bawah dalam gerakan lurus, sehingga tercipta alur garis-garis.
  4. lanjutkan langkah-langkah diatas pada bidang-bidang yang lainnya.
  5. Sepukan kuas dragging dalam gerakan horizontal sepanjang garis, sehingga diperoleh alur garis-garis horizontal.

 

2. Tambahkan Mural-art pada dinding kamar

Mural

Untuk yang belum mengetahui, Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Sekilas memang mirip dengan grafity namun kedua seni melukis dinding ini berbeda satu sama lain. Jika pada grafity lebih menekankan pada isi dan bentuk tulisan yang kebanyakan dibuat menggunakan cat semprot, maka berbeda dengan mural, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun yang dapat menghasilkan gambar. Kamu bisa menambahkan mural di dinding kamar kamu, karena selain berfungsi untuk mempercantik tampilan kamar, seni mural ini juga bisa dijadikan point of interest di dalam kamar kamu.


3. Dekorasi hiasan dinding dan perabot ruangan

Dekorasi dari kancing bekas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi jika dekorasi ruangan berupa perabot ruangan dan hiasan rumah adalah salah satu hal penting yang mampu memberikan kesan menarik jika ditempatkan didalam sebuah ruangan, jadi sudah menjadi hal wajib jika ingin kamar kamu terlihat keren, kamu juga harus mendekornya dengan berbagai hiasan yang keren juga. Tidak perlu berambisi untuk membeli barang – barang maupun hiasan dinding yang mahal, karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan barang – barang yang sudah tak terpakai, seperti membuat inisial nama dengan kancing baju bekas, membuat jam analaog denga pelg bekas, membuat vas bunga dari botol bekas dan masih banyak lagi. Cara ini sangat efektif karena selain mengasah kreatifitas kamu, secara tidak langsung kamu juga telah melakukan daur ulang barang yang tak terpakai menjadi barang yang lebih berguna.


4. Jaga kebersihan

Jaga kebersihan
Jaga kebersihan

Dan yang terakhitr adalah menjaga kebersihan kamar, jika semua point diatas sudah kamu lakukan tapi kamu malas untuk menjaga kebersihan kamar kamu sendiri sama aja bohong genk. Karena percuma jika tampilan kamar kamu keren, tapi kebersihannya nggak terjaga. Selain itu kamar juga merupakan cerminan bagi pemiliknya, apakah pemiliknya merupakan orang yang rapi, cermat dan bersih ataukah sebaliknya, yakni orang yang ceroboh, teledor dan jorok bahkan kamar yang kebersihanya tidak terawat juga berpotensi menimbulkan berbagai penyakit seperti penyakit disentri, demam berdarah, diare, dan sebagainya. Oleh karena itu menjaga kebersihan kamar adalah harga mati genk, dan perlu diingat kamar yang keren adalah kamar yang bersih.

Memiliki kamar yang keren, unik dan bersih tentu menjadi idaman setiap orang, karena selain membuat kita merasa lebih nyaman untuk berlama – lama singgah didalamnya, produktivitas kita dalam bekerja maupun berkarya juga akan semakin meningkat. Nah tips – tips diatas bisa kamu coba dan aplikasikan pada kamar kamu sendiri, dan buat kamu yang pengen nambahin tips diatas bisa langsung coret – coret dikolom komentar. Mau curhat soal mantan, selingkuhan atau pacar juga bisa langsung berkomentar, bebaslah pokoknya.

1 Comment on 4 Tips Desain Kamar Tidur ini Bakal Buat Tampilan Kamar Kamu Makin Keren

Cuap-cuap di sini gan!!!