[Tips] Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rasa Lelah, Setelah Beraktifitas Seharian

Berikut Cara Mengatasi Rasa Lelah Yang Sering Menghinggapi Kita
Berikut Cara Mengatasi Rasa Lelah Yang Sering Menghinggapi Kita

Nasionalis.ID – Banyaknya aktivitas yang kita lakukan sehari-sehari dari pagi hingga sore bahkan sampai malam, tak jarang membuat tubuh kita menjadi lelah. Semua orang pasti mengalami yang namanya lelah, karena memang hal itu sulit untuk dihindari, apalagi di era modern seperti sekarang ini yang menuntut diri kita untuk bekerja dengan cepat. Dengan begitu rasa lelah akan lebih sering menghampiri kita yang tentu saja akan mengganggu aktivitas dan produktivitas kita dalam bekerja, cara umum yang sering kita lakukan untuk mengurangi rasa lelah adalah dengan beristirahat sejenak. Namun hal itu hanya sedikit mengurangi lelah, dan ketika kita kembali kerutinitas pekerjaan, rasa lelah tersebut akan menghinggapi kita lagi, entah itu lelah tubuh atau pun lelah pikiran. Rasa lelah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti

  1. Kurang Tidur. Orang dewasa umumnya membutuhkan tidur 7-8 jam perhari, jika kurang dari itu maka kesehatan kita bisa terganggu serta bisa menurunkan konsentrasi.
  2. Kurang Energi. Ini bisa terjadi ketika kita mengkonsumsi makanan yang salah ataupun kurang porsi makan, yah, bisa dibilang pola makannya nggak teratur.
  3. Depresi/Setres. Tak jarang kita mengabaikan hal ini, menganggap depresi/stres adalah hal yang sepele. Namun pada kenyataannya setres dapat berpengaruh terhadap fisik kita, seperti mudah lelah, hilang nafsu makan dan juga sakit kepala.
  4. Dehidrasi. Kurang minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi, walapun sudah banyak minum tapi masih merasa kehausan dan tenggorakan terasa kering. Nah, jika kita mengalami dehidrasi, otomatis tubuh kita menjadi mudah merasa lelah, jadi penuhilah kebutuhan air putih walaupun kita bekerja dikantoran.
  5. Konsumsi Kafein yang Berlebih. Jika kafein kita konsumsi dalam batas atau dosis normal, dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun jika mengkonsumsi kafein secara berlebihan dapat membuat kita kelelahan, karena kinerja denyut jantung akan meningkat.
  6. Anemia. Hal ini menjadi penyebab utama bagi wanita, banyak mengeluarkan darah ketika menstruasi dapat menghilangkan sejumlah zat besi. Sel darah merah sangat penting bagi tubuh, karena ia yang membawa oksigen keseluruh organ tubuh. Jika hal itu tidak terpenuhi, maka tidak bisa dipungkiri bahwa kita menjadi mudah lelah.

Yah, itulah penyebab rasa lelah yang umum atau yang biasa terjadi, namun sebenarnya masih banyak faktor-faktor lain yang membuat kita menjadi lelah. Nah, untuk mengatasi rasa lelah tersebut, dibawah ini saya berikan beberapa tips mudah untuk mengatasi rasa lelah dan menjaga kebugaran kamu.

Mengatur Pola Makan

Aturlah Pola Makan Yang Sehat
Aturlah Pola Makan Yang Sehat

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengatur pola makan, dimana kelelahan yang kita rasakan bisa jadi indikasi tubuh kita kekurangan energi. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung gizi, nutrisi dan juga karbohidrat, karena selain menyehatkan kandungan karbohidrat juga merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Jangan lupa untuk sarapan terleih dahulu sebelum memulai aktivitas, karena asupan energi di pagi hari dapat menjaga kebugaran dan kestabilan tubuh kita hingga siang nanti. Banyak orang yang menyepelekan sarapan, menggap sarapan adalah yang tidak penting. Padahal dengan sarapan rasa lelah yang biasa kita alami saat menjelang siang akan terkurangi, karena adanya asupan nutrisi dipagi hari.

Atur Pola Tidur

Jadwalkan Tidurmu
Jadwalkan Tidurmu

Kurang tidur adalah penyebab umum yang membuat tubuh dan pikiran kita menjadi mudah lelah, tak hanya itu saja kurang tidur juga dapat menurunkan tingkat konsentrasi kita. Seperti yang saya sampaikan diatas, bahwa waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa itu antara 7 sampai 8 jam perhari. Kurang dari itu dapat dipastikan bahwa tubuh kita akan mudah dihinggapi rasa lelah, untuk itulah kita perlu menjaga pola tidur kita, agar saat bangun pagi nanti tubuh kita tetap terasa bertenaga.

Meluangkan Waktu Untuk Olahraga

Luangkan Waktu Untuk Melakukan Olahraga di Pagi Hari
Luangkan Waktu Untuk Melakukan Olahraga di Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan olahraga, entah itu joging, yoga ataupun olahraga sederhana lainnya. Dengan berolahraga, dapat mengoptimalkan kinerja jantung kita yang berarti dapat membantu memperlancar perdaran darah keseluruh organ tubuh kita. Peran darah sangatlah penting, karena darahlah yang mengedarkan oksigen dan nutrisi keseluruh bagian tubuh. Jadi olahraga juga berperan penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjauhkan rasa lelah, apalagi jika dilakukan pagi hari, dimana kita bisa mendapat oksigen yang bersih belum banyak tercampur polusi.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Cukupi Kebutuhan Air Putih Yang diperlukan Tubuh
Cukupi Kebutuhan Air Putih Yang diperlukan Tubuh

Kebanyakan orang mengalami kelelahan karena dehidrasi, untuk itulah penuhi kebutuhan air puti dalam tubuh kita. Banyak sekali manfaat air putih yang bisa kita dapatkan, begitu pula sebaliknya banyak bahaya yang mengintai jika kita kurang air putih. Umumnya konsumsi air putih yang ideal untuk tubuh adalah 8 gelas per hari, dengan mencukupi kebutuhan tersebut maka akan mempermudah dan melancarkan aliran darah keseluruh tubuh. Dengan begitu tentu saja tubuh kita akan lebih stabil dan jauh dari kondisi lelah.

Jauhi Setres

Hindari Pikiran Setres
Hindari Pikiran Setres

Cobalah untuk menghindari masalah yang mengganggu dan membebani pikiran kita, karena hal tersebut dapat membuat kita lebih rentan menjadi setres, dan jika setres sudah hinggap, maka tubuh dan pikiran kita akan meresponnya dengan rasa lelah. Lakukanlah meditasi atau berdiam diri dalam suasana yang tenang untuk melepaskan semua persoalan yang membebani pikiran kita, dengan begitu sedikit demi sedikit setres dan rasa lelah akan menjauh. Jauh dari setres juga dapat membuat otak menjadi lebih jernih yang kemudian dapat menumbuhkan ide-ide cemerlang.

Konsumsi Suplemen

Minumlah Suplemen Untuk Tambahan Energi
Minumlah Suplemen Untuk Tambahan Energi

Saat ini banyak sekali suplemen atau vitamin yang dipercaya mampu meningkatkan stamina. Dengan memberi tambahan energi, maka tidak diragukan lagi bahwa rasa lelah akan cepat teratasi. Namun dalam hal ini saya menyarankan mengkonsumsi suplemen yang terpercaya, atau konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Atau kita bisa lakukan hal-hal berikut ini, untuk mengatasi rasa lelah dan kepenatan ketika sedang bekerja atau beraktivitas.

Mandi atau Membasuh Muka

Jika kamu sedang merasa lelah saat bekerja, segeralah mandi atau sekedar cuci muka, dengan hal itu dipercaya dapat menghilangkan rasa lelah yang kita alami. Buatlah kondisi tubuh kamu kembali segar disaat pekerjaan masih menumpuk.

Mendengarkan Musik Favorit

Musik juga dapat membantu kita untuk mengurangi rasa lelah. Ketika mulai merasa penat dan lelah saat bekerja atau beraktivitas, cobalah untuk mendengarkan musik favorit sambil duduk santai. Dengan begitu pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga rasa lelah pun dapat berkurang.

Hias Ruang Kerja

Cobalah menata ruang kerja kamu, karena ruang yang berantakan bisa membuat kita tidak semangat bekerja dan juga mudah merasa lelah karena setres. Hiaslah ruang kerjamu dengan tanaman hijau atau bisa juga dengan bunga kesukaan kamu, hal itu dipercaya lebih bisa menenangkan dan merilekskan pikiran.

Peregangan Otot

Rasa lelah juga dapat dipicu karena banyak otot saraf kita yang sedang tegang, saat bekerja lakukan gerakan-gerakan kecil yang dapat meregangkan otot-otot tubuh kita. Dengan begitu arteri otak kita bisa terbuka yang berarti aliran oksigen ke otak menjadi lebih lancar, jika oksigen ke tak lancar maka tubuh akan merasa lebih fresh dan bertenaga.

Oke pren, mungkin itulah hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa lelah, tidak sulit bukan? Semoga tips diatas bermanfaat untuk kita semua, jangan sampai rasa lelah menghalangi kinerja kamu, sehingga kamu bisa menjadi lebih produktif lagi dan mendapat apa yang kamu impikan. Baca Juga: Cara Mudah Membuat Tubuh Tetap Sehat Tanpa Olahraga, dan jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ya. Matur Suwun 🙂

Keywords:

  • Rasa lelah setelah beraktivitas disebabkan oleh
  • rasa lelah setelah beraktifitas disebabkan oleh
  • rasa lelah setelah beraktifitas disebab kan oleh
  • rasa lelah setelah beraktivitas di sebabkan oleh ?
  • rasa lelah setelah beraktivitas disebabkan oleh?
About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!