Tips Memilih Sepatu Gunung yang Tepat dan Benar agar Pendakianmu Tidak Berubah Jadi Bencana

Cara memilih sepatu gunung yang benar

Nasionalis.id – Setiap orang pasti tahu kalau negeri kita ini memang punya keindahan alam yang luar biasa, mulai dari hutan, pantai, danau, gunung semuanya menjadi satu kesatuan utuh dari keindahan yang diberikan oleh sang pencipta. Tidak jarang pula banyak wisatawan asing yang berbondong – bondong ke Indonesia hanya untuk menjadi saksi dari keistimewaan alam milik nusantara, dan kita sendiri yang lahir, hidup, berkeluarga lalu mati di Indonesia patut berbangga serta wajib menjaga setiap jengkal tanah dan tetes air-nya.

Oke, semoga tulisan diatas sudah cukup keren untuk membuka topik yang akan kita bahas kali ini. Masih bicara mengenai alam beserta keindahannya, tapi bukan tempat atau destinasinya, kita akan sedikit menggunjingkan tentang penggiatnya. Yups sekarang mulai banyak bermunculan penggiat alam di Indonesia, dan salah satu fenomena yang paling ramai sekarang adalah pendaki gunung. Memang tidak bisa dipungkiri kalau objek pendakian di negeri ini tengah dibanjiri oleh para pendaki, entah itu pendaki profesional maupun yang baru mencoba, entah itu pendaki sejati maupun abal – abal, entah itu pendaki yang benar – benar mencintai alam maupun pendaki yang hanya (maaf) nyampah di alam semuanya membaur jadi satu. Nah, apa kamu seorang pendaki ? kalaupun iya semoga kamu bukan pendaki di poin terakhir yang saya sebutkan tadi. Baiklah, semua orang maksud saya pendaki pasti setuju kalau sensasi menaklukan ketinggian pegunungan di Indonesia sangat memacu adrenaline, dan bukan hanya itu keindahan alam yang ditawarkan juga akan membuat banyak Mountaineer tidak akan merasa lelah dalam menjelajahinya. Nah, bicara tentang pendaki pasti tidak lepas dari setiap perlengkapannya dan salah satu perlengkapan paling vital adalah sepatu gunung. Karena benda inilah yang akan membuat kaki kita tetap aman dan nyaman dalam menghadapi setiap medan pendakian, cara memilih sepatu gunung ini juga tidak bisa asal – asalan. Oke lah buat kamu yang baru menggiati hobi ini dan bingung buat milih sepatu gunung yang aman sekaligus nyaman, mungkin tips dibawah ini bisa membantu. Scroll down !!

Sebenarnya banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih sepatu gunung yang sesusai dan tepat dengan pola kaki maupun medan pendakian. Bagian – bagian yang harus diperhatikan itu adalah :

Padding engkel: bagian sepatu yang persis mengenai engkel kaki, cukup berguna untuk melindungi engkel kaki.

Backstray: berfungsi melindungi tendon achiles belakang kaki dan melindungi jahitan sepatu bagian belakang dari kontak langsung dengan batuan dan benda-benda keras lainnya.

Lidah Sepatu : berguna untuk melindungi bagian atas kaki.

Insole:  bersentuhan langsung dengan telapak kaki. Insole yang sesuai akan membuat kaki makin terasa nyaman untuk memijak.

Outsole : bagian ini yang akan bersentuhan langsung dengan bidang permukaan bumi yang akan dilalui, berfungsi memberikan traksi antara kaki dan permukaan tanah, batu dan lain-lain.

Midsole : terletak antara Outsole dan Insole. Berguna sebagai peredam antara kaki dengan permukaan bidang yang akan dilalui.

Upper : bagian yang melindungi permukaan kaki termasuk bagian engkel kaki. Khusus untuk sepatu yang waterproof, bagian inilah yang membuat sepatu gunung menjadi anti air.

Rubber toe bumper : bagian terdepan dari sepatu, terletak persis di jemari kaki. Berfungsi melindungi ujung kaki dari dampak benturan langsung dengan batu, akar dan benda keras lain.

Meskipun sepele bagian – bagian tersebut wajib mendapat perhatian lebih dari kamu yang ingin memilih sepatu gunung, karena jika kamu meremehkanya, hal sepele tersebut bisa berdampak buruk buat kamu. Jangan selalu berpatokan kalau sepatu gunung yang mahal itu sudah pasti baik, kamu juga harus memperhatikan kenyamanan dan sesuai kontur kaki kamu, jangan lupakan juga medan gunung yang akan ditempuh. Beberapa tips yang bisa kamu coba dalam memilih sepatu gunung;

Pilihlah jenis sepatu gunung yang sesuai dengan kebutuhan dan medan yang akan ditempuh

Sepatu gunug yang tepat
Sepatu gunug yang tepat

Banyaknya jenis sepatu gunung yang beredar mungkin akan sedikit membuat kamu bingung saat memilihnya. Ada beberapa jenis sepatu gunung yang bisa kamu temui di pasaran, seperti sepatu gunung dengan leher panjang, leher sedang dan leher pendek,  sepertihalnya jenis sepatu gunung yang berbeda, fungsi dari setiap jenis sepatu juga pasti berbeda – beda pula. Jadi buat kamu yang ingin mendaki gunung dengan medan yang tidak terlalu berat atau hanya untuk sekedar aktivitas outdoor, maka sepatu gunung dengan leher pendek mungkin bisa menjadi alternatifnya. Sebaliknya, kalau medan yang akan kamu tempuh terbilang berat, wajib hukumnya untuk memilih sepatu gunung berleher panjang hitop. Dengan begitu akan mengurangi resiko cedera saat mendaki karena sepatu berleher panjang bisa melindungi bagian mata kaki dan tendon achiles kamu.

Perhatikan bahan sepatu

Bahan sepatu gunung yang baik
Bahan sepatu gunung yang baik

Ini juga menjadi point penting saat memilih sepatu gunung. Bahan yang digunakan harus memberi kenyaman pada kaki saat melakukan pendakian di medan yang terjal sehingga resiko kaki melepuh bisa diperkecil, bahan sepatu juga harus bisa menyerap keringat yang dikeluarkan oleh kaki. Sedikit saran, sebaiknya kamu jangan memilih sepatu gunung yang menggunakan bahan karet ataupun kanvas karena sifatnya yang mudah robek. Meskipun harga yang di bandrol tidak murah, tapi ada baiknya kamu memilih bahan sepatu yang menggunakan membran tahan air ‘waterproof’ tapi tetap mempunyai rongga udara agar kaki dapat bernapas dengan baik, seperti bahan Sympatex atau Gore-Tex. Dengan begitu sepatu akan tetap aman dan nyaman saat digunakan, meskipun medan yang ditempuh dalam keadaan yang tidak baik.

Perhitungkan kekuatan sol sepatu

Pilih sepatu bergerigi
Pilih sepatu bergerigi

Selain pada bahan yang nyaman digunakan, bagian sol sepatu juga harus diperhatikan. Mengingat kondisi medan pegunungan di Indonesia yang bervariasi, mulai medan bertanah datar, lembek, kerikil sampai bebatuan besar yang licin. Ada tiga tingkat kekerasan sol sepatu yang bisa jadi bahan referensi kamu dalam memilih sepatu sesuai medan yang akan ditempuh, yaitu sol dengan tingkat kekerasan lunak, sedang hingga keras. Sepatu yang menggunakan sol lunak bisa menjadi pilihan tepat jika medan yang ditempuh adalah bebatuan, dan jika medan yang ditempuh merupakan tanah yang lembek kamu bisa menggunakan sepatu bersol keras (*jangan kebalik ya). Tapi jika medan yang akan ditempuh merupakan kombinasi dari batuan yang licin, tanah yang lembek, dan juga lumut, sepatu dengan tingkat sol sedang bisa jadi alternatifnya. Selain itu perhitungkan juga kekuatan jahitan pada sol sepatu, pilih sepatu dengan jahitan yang kuat karena mengingat kebanyakan kecelakaan pendakian terjadi karena jahitan sol sepatu yang mudah putus dan aus. Jangan lupakan juga jenis sol sepatu yang baik adalah sol sepatu berbahan karet campuran serta memiliki tapak bergerigi.

Jangan pilih ukuran sepatu yang terlalu pas dengan kaki, lebihkan satu ukuran

Pilih yang rada longgar
Pilih yang rada longgar

Dan yang terakhir adalah ukuran sepatu, ya meskipun terdengar sedikit remeh tapi ini juga bisa berakibat fatal jika tidak diperhatikan. Nah saat kamu memilih sepatu, sebaiknya kamu memilih sepatu dengan ukuran yang lebih satu angka dari ukuran kaki kamu. Misalnya gini ‘ Ukuran kaki kamu 42, jangan memilih ukuran sepatu yang 42. Pilihlah ukuran sepatu yang 43 ‘, hal ini berguna untuk menghindari jari – jari kaki merasa sakit karena terkena ujung sepatu. Selain itu ukuran yang lebih longgar juga memungkinkan kamu untuk menggunakan 2 buah kaos kaki untuk menjaga kaki tetap hangat saat mendaki gunung bersuhu dingin.

Seperti prinsip seorang Mountaineer yang selalu mengatakan “Going To Be Real Mountaineer , You Must Have Good Body, Good Physic, Good Skill and Environment Knowledge“. Tapi bukan berarti kekuatan fisik dan ketrampilan saja yang harus kita kuasai tapi pentingnya peran perlengkapan pendaki juga tidak boleh dilupakan. Okai mungkin tips memilih sepatu gunung di atas bisa membantu kamu yang lagi dirundung galau karena bingung memilih sepatu pendaki yang tepat dan buat kamu pendaki gunung selalu jaga kebersihan alam kita tercinta ini, sedikit mengutip jargon dari MTMA #Nyampah Sembarangan Itu Nggak Asik. Tengkyu 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!