9 Tips Yang Bisa Kamu Coba Agar Menjadi Lebih Produktif

Tips menjadi seorang produktif
Tips menjadi seorang produktif

Nasionalis.id – Produktif, memang sebuah kata yang sepele. Tapi seketika bisa berubah menjadi kata horror buat kamu yang punya masalah dengan produktifitas. Masalah seperti ini umumnya dirasakan oleh kamu seorang pegawai, ya mau gimana lagi sebagai seorang pegawai menjadi produktif adalah sebuah tuntutan yang harus diterima selain itu produktifitas juga menjadi modal utama bagi kita untuk mencapai sebuah kesuksesan. Siapapun kita asal kita menjadi orang yang produktif, sudah bisa dipastikan kalau kita akan berguna bagi banyak orang dan akan selalu dibutuhkan dimanapun. Nah, permasalahanya adalah bagaimana caranya agar kita menjadi orang yang produktif ? Oke, mari kita bahas problematika produktif ini. Menjadi orang yang produktif itu sebenarnya tidak sulit, tapi saya juga ngga bilang ya kalau itu mudah. Semua proses menjadi produktif itu kembali pada diri kita sendiri, tinggal kita-nya mau menjadi produktif atau engga, kalau emang dasarnya kita males ya bakalan susah,  singkatnya sih ada pada ‘niat’ kita. Menjadi seorang yang produktif itu seperti survival dialam liar, kita harus bisa bertahan dari bahaya yang disebut rasa males, nah kalau kita bisa bertahan dari bahaya itu jalan menjadi orang yang produktif akan terlihat jelas. Nah, agar kamu tidak bingung dari mana kamu akan memulai jalan menuju produktif tersebut, kamu bisa coba beberapa tips dibawah ini !

Bangun pagi

manfaat bangun pagi
manfaat bangun pagi

Tips yang pertama dan paling sederhana adalah bangun pagi. Cobalah bangun lebih awal, rapikan tempat tidur, bersihkan kamar yang berantakan. Dengan kamar yang terlihat bersih akan menciptakan mood yang positif, dengan mood yang bagus produktifitas kamu akan meningkat. Selain itu bangun pagi juga bisa memberikan kesegaran dan kesiapan mental pada diri kamu, bahkan orang yang sudah terbiasa bangun pagi akan memiliki konsentrasi yang jauh lebih baik dibanding orang yang selalu bangun siang. Nah, buat kamu yang ingin menjadi produktif tapi masih males bangun pagi, jalan kamu bakalan terjal bror.

Olahraga

manfaat olah raga
manfaat olah raga

Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga, selain menjadikan kamu sehat olahraga juga bisa meningkatkan produktivitas kamu. Tentang penjelasan ini juga sudah dilakukan penelitian, dan hasilnya orang yang sering berolah raga memang terbukti menjadi lebih produktif dan lebih kooperatif  selain itu berolah raga juga membuat kemampuan berpikir menjadi lebih terfokus dan tingkat stres pada pikiran semakin berkurang. Bahkan memiliki tubuh yang bugar juga membuat kamu menjadi lebih baik dalam manajemen waktu dan hubungan interpersonal. Jadi ngga heran kalau kebanyakan perusahaan dan industri pabrik dalam maupun luar negeri sering mewajibkan karyawanya untuk berolah raga bersama, ya selain meningkatkan kebugaran dan produktifitas, berolah raga bersama ini juga membantu toleransi dan pemahaman sehingga mengurangi konflik di tempat kerja.

Sarapan sehat

manfaat sarapan sehat
manfaat sarapan sehat

Hal sesepele sarapan ini kadang terlupa bahkan banyak yang sengaja melupakannya, karena dianggap menghabiskan waktu di pagi hari, padahal ini malah akan menjadi bom waktu untuk produktifitas kamu dalam bekerja dan beraktifitas. Ngga percaya ? Oke, kita ngulik sedikit tentang peran sarapan buat produktifitas kamu. Kalau kamu sering nonton Tv dan googling tentang kesehatan, pasti ngga sedikit yang membahas tentang pentingnya si sarapan ini. Ngga percaya ? sebenernya ketika bangun pagi tanpa kamu ketahui kadar gula darah di dalam tubuh kamu dalam kondisi titik terendah. Hal ini terjadi karena sepanjang malam sistem pencernaan tubuh harus berhenti, padahal gula darah ini berfungsi sebagai bahan bakar dalam sistem kerja otak dan juga saraf. Nah loh ! kalau kamu sering melewatkan sarapan sudah dipastikan sistem kerja otak kamu dalam kondisi bahaya. Oleh karena itu sesibuk-sibuknya kamu jangan pernah melewatkan sarapan, ya karena selain membuat kenyang sarapan juga berfungsi mengembalikan kadar gula darah sehingga membuat otak mampu bekerja dengan optimal saat kamu gunakan untuk bekerja, atau kamu gunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.

Sempatkan menikmati kopi

manfaat dibalik kopi
manfaat dibalik kopi

Kamu suka kopi ? sama saya juga 😀 . Manfaat yang diberikan secangkir kopi pahit memang tidak sesederhana pembuatannya, sebenernya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari si hitam ini, selain kenikmatan secangkir kopi pahit juga punya peran penting dalam peningkatan produktifitas kita. Mengkonsumsi kopi pahit di pagi hari ternyata bisa meningkatkan peforma kerja otak, seperti yang sudah kita ketahui kalau kopi itu mengandung kafein. Dan fungsi kafein ini ngga jauh beda dari manfaat yang kita dapatkan saat bermain game, yaitu dapat meningkatkan kecepatan berpikir dan bertindak secara cepat, meningkatkan kemampuan kognitif, serta meningkatkan daya ingat terutama untuk kamu yang sering kali kesulitan mengingat memori jangka pendek. Kopi pahit juga sangat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam bekerja serta kamu yang membutuhkan kemampuan mengambil keputusan dengan cepat.

Buang jauh rasa malas

katakan tidak untuk malas !
katakan tidak untuk malas !

Disadari atau tidak rasa malas memang menjadi pembunuh utama produktifitas seseorang, banyak pekerjaan yang sebenarnya bisa bisa kamu selesaikan tepat waktu tapi karena rasa malas, kamu akan menunda – nunda pekerjaan tersebut dan itu akan berujung dengan tidak produktif-nya kamu dalam pekerjaan. Kalau malas karena mood sih sebenarnya masih dalam batas wajar tapi kalau lebih mengarah ke kebiasaan, itulah yang berbahaya. Jadi pastikan kamu fokus dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan, dan hindari kegiatan tak penting saat sedang bekerja. Bekerjalah dengan efektif dan efisien, dengan begitu kamu akan terhindar dari rasa malas.

Menjaga keseimbangan pekerjaan

Cara produktif dalam bekerja
Cara produktif dalam bekerja

Meskipun pekerjaan setiap orang berbeda, tapi kamu pasti memiliki pekerjaan ringan dan pekerjaan berat yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Kalau kamu mencoba untuk menyelesaikan setiap pekerjaan yang dirasa berat lebih dulu, ini malah akan menguras kinerja otak kamu. Nah, untuk menghindari hal tersebut sebaiknya kamu membagi rata setiap pekerjaan kamu. Maksudnya begini, setiap kamu melakukan dan mengerjakan pekerjaan yang berat, ada baiknya kamu menyelipkan pekerjaan ringan disela-sela pekerjaan berat tersebut. Dengan begitu ini akan menghindarkan kamu dari rasa pusing karena berpikir terlalu keras, hal ini juga berguna untuk mengistirahatkan otak kamu selain itu pekerjaan ringan juga akan terselesaikan meskipun banyak pekerjaan berat yang menanti.

Buat to do list yang sifatnya fleksibel

buat to do list
buat to do list

To do list atau yang lebih dikenal dengan agenda kerja memang sangat membantu pekerjaan kamu, dengan to-do-list juga target dan rencana kamu akan gampang di kerjakan, dimonitoring dan dievaluasi. Tapi ada kalanya suatu pekerjaan atau kegiatan tidak sesuai dengan to-do-list yang sudah kita buat, Nah jika sudah begitu kamu bisa mengubahnya untuk menemukan cara yang lebih sesuai untuk dilakukan saat itu, asal tujuan tetap terpenuhi. Jadi jangan selalu berpedoman dengan to-do-list yang sudah kamu siapkan, hidup itu simple jadi keep selow

Istirahat cukup

Istirahat cukup
Istirahat cukup

Setiap pekerjaan yang kamu kerjakan pasti menuntut kamu untuk bekerja dengan keras dan maksimal, tapi jika terus bekerja tanpa diimbangi dengan istirahat yang cukup malah akan membuat pikiran kamu menjadi tegang dan kondisi badan menjadi down. Sehingga pada pekerjaan kedepannya akan membuat peforma kamu tidak optimal lagi, jadi ada baiknya kamu mengambil istirahat yang cukup, tenangkan pikiran dan rilexs-kan tubuh kamu sehingga kamu akan kembali bekerja dengan tubuh yang bugar dan pikiran yang fresh. Dengan begitu produktifitas kamu akan terjaga bahkan meningkat.

Jangan ragu katakana tidak untuk pekerjaan yang tidak mungkin

Noooo !!
Noooo !!

Mungkin memang akan terdengar tidak sopan jika atasan kamu yang meminta kamu untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan cepat, tapi kamu juga harus mengetahui kemampuan kamu sendiri, jika pekerjaan yang diminta cepat selesai memang diluar kemampuan kamu, jangan ragu untuk mengatakan ‘tidak’ pada atasan kamu. Mungkin kamu bisa memberikan alasan agar pekerjaan yang sedang fokus kamu lakukan bisa terselesaikan dengan hasil yang maksimal, kalau kamu masih memaksakan diri mungkin malah produktifitas kamu yang menjadi korbanya.

Jalan menjadi seorang yang produktif memang tidak semudah kelihatanya, semuanya butuh proses dan perjuangan. Apalagi di era tekhnologi sekarang ini, kamu akan banyak menemui gangguan saat bekerja. Selain itu keinginan berlebihan untuk menjadi produktif dalam bekerja ternyata juga bisa membuat pekerjaan tidak efisien. Nah, berhasil tidaknya kamu dalam mengatasi gangguan tersebut semua itu kembali pada diri kamu sendiri. Jadi buatlah sefleksible mungkin dan good luck 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!