7 Tips Mudah Agar Kamu Bisa Bangun Pagi dan Memperoleh Manfaatnya

Ada Banyak Cara Agar Kamu Bisa Bangun Pagi dan Memperoleh Manfaatnya
Ada Banyak Cara Agar Kamu Bisa Bangun Pagi dan Memperoleh Manfaatnya

Nasionalis.ID – Mungkin bangun pagi, sering kali terasa sangat sulit bagi sebagian orang, ya walaupun dalam hati mereka sangat pengen bangun pagi. Tapi pada kenyataannya magnet di tempat tidur jauh lebih kuat dari pada keinginannya sendiri, ya nggak pren? Sehingga kalau tidak ada aktivitas pagi, seperti sekolah, kerja, atau acara lainnya, kita cenderung malas buat bangun pagi. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari bangun pagi, karena jika kita bangun lebih pagi atau lebih awal dari jam rutinitas, kita nggak akan terburu-buru dan kita pun jadi lebih santai atau rileks.

Untuk itulah pren kita harus memprovokasi diri kita untuk bisa bangun di pagi hari, nah bangun pagi di sini, sebaiknya sekitar jam 04.00 – 05.30. Kalau lebih dari itu percuma saja pren, soalnya kan rutinitas kita dimulai paling antara jam 07.00 – 08.00. Jadi usahakan bangun lebih pagi, lebih awal dari jam rutinitas kerja atau sekolah kita. Ada beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi dalam permasalah sulit untuk bangun pagi, antara lain adalah kondisi kesehatan, kebiasaan, tingkat emosi dan lainnya. Untuk itulah saya berikan tips dan juga manfaat yang bisa kamu dapat dari bangun pagi, yang mungkin bisa membantu memotivasi kamu buat bangun lebih pagi.

1. Niat

Niat Adalah Hal Utama Yang Harus Kita Miliki
Niat Adalah Hal Utama Yang Harus Kita Miliki Sebelum Melakukan Sesuatu

Yang pertama adalah niat, tanpa niat yang kuat nggak mungkin ada dorongan untuk melakukannya. Jadi untuk bisa bangun pagi kita harus lebih menguatkan niat, bukan sekedar pengen bangun tapi juga harus punya rasa butuh. Sebelum kita beranjak tidur, pikirkan dan kuatkan kembali niat untuk bangun pagi tersebut. Jangan sampai sebelum tidur niatnya membara pengen bangun pagi, ehh pas udah bangun ternyata kondisi lebih mendukung untuk tetap berbaring di kasur, jadinya rusaklah niat tersebut dan akhirnya tidur lagi. Kita harus coba melawan hal tersebut pren, ya memang susah sih, tapi bukan berarti nggak bisa kan? Dengan adanya niat yang kuat tersebut, bisa menimbulkan sugesti dan juga dorongan untuk melakukan hal tersebut.

2. Kurangi Begadang

Jangan Begadang Kalau Tiada Artinya
Begadang Jangan Begadang Kalau Tiada Artinya

Kurangin aktivitas di malam hari kamu, kurangi begadang kamu, karena itu bisa mengganggu jam tidur kamu pren. Dan kalau kamu terlalu menyibukan diri pada malam hari, kemungkinan besar kamu susah buat bisa bangun pagi. Mungkin aja bisa sekali atau dua kali, tapi dengan resiko merasa ngantuk di saat melakukan aktivitas, kan malah jadi mengganggu produktivitas kamu pren, ya nggak? Itulah yang terjadi kalau kamu kurang tidur, dan idealnya waktu tidur untuk Remaja yang masih SMP atau SMA itu 8-10 jam per hari sedangkan untuk Dewasa 7-9 jam per hari. Jadi usahakan mendapat waktu tidur yang cukup, hilangkan aktivitas malam yang nggak begitu penting. Sehingga kamu bisa tidur lebih awal, dari yang tidurnya jam 11 atau jam 12 malam, kamu bisa merubah jadi jam 9 atau jam 10 malam.

3. Hindari Penggunaan Barang Elektronik Sebelum Tidur

Hindari Pancaran Cahaya Ponsel Menjelang Tidur
Hindari Pancaran Cahaya Ponsel Menjelang Tidur

Kalau kamu sudah mengurangi begadang, dan mencoba tidur lebih awal tetapi sebelum tidur kamu mengotak atik ponsel, tablet ataupun laptop, itu percuma saja pren. Karena sudah banyak berita, kalau pancaran cahaya dari ponsel atau tablet yang mengenai mata kita, bisa membuat mata jadi sulit ngantuk. Para peneliti juga mengungkapkan bahwa cahaya yang terpancar dari barang elektronik dapat merusak produksi hormon Melatonin. Nah, hormon Melatonin inilah yang mengatur siklus tidur kita. Hal itu tentu saja akan membuat kita menjadi susah tidur dan tentu akan berpengaruh terhadap waktu serta kondisi kita saat bangun nanti. Jadi mulai saat ini kurangi penggunaan barang elektronik sebelum tidur, untuk mendukung dan melancarkan niat bangun pagi mu.

4. Hindari Konsumsi Makanan Berat

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Makanan Berat
Jangan Langsung Tidur Setelah Makan Makanan Berat

Sebelum kamu tidur usahakan jangan mengkonsumsi makan berat, seperti nasi atau lainnya. Mengkonsumsi makanan berat sesaat sebelum kita tidur, itu bisa memberikan efek negatif bagi tubuh kita. Hal itu akan membuat tidur kamu menjadi tidak nyenyak atau malah kamu bisa menjadi insomnia, karena mengkonsumsi makanan berat tertentu dipercaya dapat memberatkan kinerja pencernaan saat kita terlelap. Dan tidur dalam kondisi lapar juga kurang bagus sebenarnya, karena membuat tubuh menjadi lemas saat bangun nanti. Selain itu, tidur dalam kondisi lapar juga bisa membangunkan kamu ditengah-tengah tidur nyanyakmu, sehingga memaksa kamu untuk mengisi perut yang sedang kosong. Jadi untuk menyiasatinya kamu bisa makan lebih awal, kira-kira 2-3 jam sebelum tidur. Atau kalau tidak kamu bisa makan makanan ringan atau sekedar cemilan untuk mengisi perut.

5. Perbanyak Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Tidur

Perbanyak Konsumsi Air Putih
Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sudah terbukti bahwa banyak minum air putih itu lebih menyehatkan dan lebih bagus untuk tubuh kita, dan sebaliknya jika kita kurang konsumsi air putih banyak bahaya yang menanti. Jadi ada baiknya sebelum kamu tidur, banyaklah minum air putih, hal itu bisa membantu kamu bangun lebih awal. Bagaiman bisa? Bisa aja pren, ketika kamu banyak mengkonsumsi air putih sebelum tidur, maka tubuh akan lebih cepat memprosesnya sehingga membuat kamu merasa ingin buang air kecil (kencing). Nah, kalau kamu lagi kebelet pas tidur, otomatis kamu akan bangun dan segera pergi ke kamar mandi kan.? Selain itu minum banyak air putih juga dapat mengurangi rasa lapar kok pren. Kalau sudah bangun tidur pun, kita perlu memperbanyak konsumsi air putih pren. Karena minum air putih di pagi hari itu bisa melancarkan BAB, mengeluarkan racun dalam tubuh, bisa meredakan sakit kepala karena cara bangun yang nggak wajar, bisa memberikan energi saat kondisi perut sedang kosong dan masih banyak lainnya pren. So, perbanyaklah minum air putih sebelum dan setelah tidur.

6. Gunakan Nada Dering Alarm yang Tepat

Atur Waktu dan Gunakan Nada Dering Alarm Yang Tepat
Atur Waktu dan Gunakan Nada Dering Alarm Yang Tepat

Alarm juga menjadi hal yang bisa membantu niat bangun pagi kamu, untuk hal ini kamu bisa menggunakan lagu favorit atau lagu yang berisik sebagai nada dering alarmnya. Menurut para peneliti bunyi alarm juga dapat mempengaruhi suasana hati ketika kamu mendengarnya saat bangun. Jadi kamu bisa menggunakan lagu kesukaan kamu untuk membantu mood kamu saat bangun nanti. Tapi kalau kamu merasa lagu favorit kamu malah membuat tidurmu semakin pulas dan nyenyak, maka kamu kamu harus coba menggunakan nada alarm dengan lagu atau nada yang berisik dan mengganggu. Dengan begitu kamu bisa segara bangun dari tidur setelah mendengar bunyi alarm tersebut. Nah, terserah kamu pren mau menggunakan nada alarm yang mana, tapi yang jelas kamu harus mengatur waktu dan volume alarm terlebih dahulu.

7. Letakkan Alarm Agak Jauh

Jauhkan Alarm Dari Jangkuan Tempat Kamu Tidur
Jauhkan Alarm Dari Jangkuan Tempat Kamu Tidur

Dalam hal ini kamu bisa mengatur nada alarm serta volume yang sedikit lebih kenceng, dan letakan alarmnya agak berjauhan dari tempat kamu tidur. Yo’i pren, hal itu bisa jadi alasan yang akan memaksa kamu beranjak dari tempat tidur. Jadi setelah kamu terbangun karena mendengar bunyi alarm tersebut, kamu butuh sedikit usaha untuk mematikannya. Maka dari itu, bunyi atau nada juga berperan penting saat menggunakan alarm. Nada alarm menggunakan lagu favorit bisa membantu meningkatkan mood mu saat bangun, sambil benar-benar membuka mata, kamu bisa menikmati lagu tersebut sejenak, dan baru setelah itu kamu bisa memtikan alarmnya. Atau sebaliknya, menggunakan nada alarm yang berisik, kamu bisa bangun setelah mendengarnya dan langsung beranjak untuk mematikannya karena bunyinya yang sangat menggangu. Jadi masalah penggunaan nada alarm, itu terserah kamu pren, menurut kamu pribadi lebih efektif yang mana dalam membantu niat bangun pagimu.

Sampai di sini paham kan pren? Tips tips di atas bisa kamu prektekin, dan saya rasa itu nggak terlalu sulit ko pren. Setelah kamu mencoba dan ternyata berhasil tetapi kamu masih merasa ngantuk, kamu bisa meminum secangkir caffein (kopi atau teh kental) untuk membantunya. Nah, setelah benar-benar bangun kamu bisa mencuci muka atau langsung mandi, usahakan untuk melakukan hal dan pada jam serupa di hari berikutnya. Supaya tubuh kamu lebih terbiasa dengan rutinitas tersebut, hingga akhirnya menjadi kebiasaan yang baik buat kamu. Nggak bakalan rugi deh kalau kamu bangun pagi, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bangun pagi. Adapun manfaat-manfaat tersebut antara lain adalah :

  1. Merasakan Udara Segar. Dengan bangun pagi kita bisa mendapat udara yang segar, lebih rendah polusi. Karena pada umumnya belum banyak kendaraan bermotor yang beroperasi.
  2. Melancarkan Peredaran Darah. Dengan menghirup udara bersih dan segar, bisa melancarkan aliran darah keseluruh tubuh, karena oksigen yang masuk ke tubuh adalah oksigen terbaik. Dengan aliran darah yang lancar di tambah udara/oksigen yang segar,maka bisa pula menyehatkan otak serta meningkatkan kinerjanya.
  3. Menyehatkan Jantung. Jika udara segar dapat memperlancar aliran darah, maka tidak diragukan lagi bahwa kinerja jantung pun akan menjadi lebih stabil.
  4. Menyehatkan Paru-Paru. Udara yang terhirup oleh kita, sangat berpengaruh bagi kesahatan paru-paru. Oleh karena itu udara segar sangat bagus untuk kesehatan paru-paru dan karena udara bersih tidak akan mengotorinya.
  5. Punya Waktu Berolahraga. Dalam hal kesehatan, olahraga adalah hal yang tak bisa dipisahkan. Dengan waktu luang kamu bisa berolahraga di pagi hari, ditambah lagi dengan udara yang masih segar.
  6. Memiliki Waktu Mempersiapkan diri. Setiap harinya tentunya kita memiliki jadwal-jadwal yang akan mengisi rutinitas kita, ya nggak pren? Nah, dari bangun pagi kamu bisa mempersiapkan segalanya terlebih dahulu, seperti mengerjakan tugas atau hal lain. Hingga akhirnya kamu siap menghadapi rutinitas dengan perasaan senang dan penuh semangat.
  7. Menenangkan Pikiran. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk merenung, membuang semua pikiran yang membebani kita. Dan lebih mendekatkan diri pada sang pencipta, dengan bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk bisa menikmati indahnya pagi.

Banyak juga kan manfaat yang bisa kita dapat dari bangun pagi, so awali kesuksesan kamu dengan bangun pagi. Seperti ungkapan “Bangun pagilah, kalau tidak mau rezeki mu di patok ayam“, pernah denger kan? Okelah pren kalau gitu, artikel ini akan saya tutup dengan kata-kata bijak dari Mike Murdock dan semoga artikelnya bermanfaat buat kita semua. Matur Suwun 😀

“Kamu tidak akan pernah mengubah hidupmu, sampai Kamu mengubah sesuatu yang Kamu lakukan setiap harinya.”

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!