Tips Merawat Jilbab Sesuai Dengan Jenis dan Bahan, Beserta Aksesoris Pendukungnya

Pentingnya Perawatan Jilbab, Agar Jilbab Tetap Terawat dan Juga Cantik
Pentingnya Perawatan Jilbab, Agar Jilbab Tetap Terawat dan Juga Cantik

Nasionalis.ID – Seiring perkembangan zaman, dunia fashion mengalami banyak perubahan, khususnya jilbab. Kini mulai banyak beredar dipasaran berbagai model hijab atau jilbab, mulai dari jilbab paris sampai jilbab kaus rayon. Namun pada dasarnya fungsi dari jilbab tersebut tetap sama, yaitu untuk menutup aurat bagi seorang muslimah. Adanya model dari hijab tersebut hanyalah untuk menunjang penampilan dari pemakai hijab atau biasa disebut dengan hijabers.

Nah, seiring banyaknya model atau gaya hijab dipasaran, jenis bahan yang digunakan pun berbeda-beda. Untuk itulah perawatan yang dilakukan untuk model-model hijab tersebut juga nggak sama girls. Kamu perlu tau tentang perawatan-perawatan tersebut, agar hijab beserta aksesoris kamu tetap awet dan tidak cepat rusak. Di artikel ini akan saya berikan cara-cara perawatan jilbab yang mudah untuk kamu terapkan girls. Langsung aja simak artikelnya dibawah ini.

1. Merawat Jilbab Paris

Model Jilbab Paris
Model Jilbab Paris

Yang pertama adalah model hijab paris. Mungkin banyak dari kalian yang senang menggunakan hijab ini, karena memang hijab paris ini berbahan tipis dan juga nyaman digunakan. Cara perawatannya

  • Tidak dianjurkan untuk menggunakan mesin cuci, karena bahannya yang tipis membuatnya cepat rusak bila dicuci dengan mesin cuci.
  • Jangan menggunakan deterjen bubuk girls, karena itu akan memudarkan warna dan merusak serat hijabnya. Gunakanlah sabun cair, dan jika ada noda yang tertinggal jangan mengucek terlalu keras.
  • Untuk mengeringkannya cukup dengan mengangin-anginkannya saja, hindari penjemuran di bawah sinar matahari langsung.
  • Jika kamu pengen menyetrika hijab paris, setelah mencucinya. Usahakan menggunakan suhu panas setrika yang paling rendah, mengingat bahan dari hijab paris ini berjenis tipis. Jika terlalu panas, tidak menutup kemungkinan hijab kamu akan gosong girls.
  • Yang terakhir lipat hijabmu menjadi 2 bagian saja. Karena kalau kamu melipatnya terlalu banyak, akan membuat hijab jadi terlihat kusut. Untuk itulah lipat menjadi 2 bagian, lalu gantung menggunakan hanger atau gantungan khusus hijab.

2. Merawat Jilbab Bahan Chiffon/Sifon

Jilbab Chiffron atau Sifron
Jilbab Chiffron atau Sifron

Jilbab bahan sifon ini walaupun agak panas namun tetap banyak yang menyuakainya, karena jilbab sifon ini bahannya ringan dan mudah dibentuk. Sedangkan cara perawatannya pun berbeda girls.

  • Untuk pencuciannya juga harus manual atau menggunakan tangan, jangan menggunakan mesin cuci. Menguceknya pun harus perlahan, agar tidak  merusak serat kainnya.
  • Sama dengan jilbab paris, jilbab sifon ini juga tidak dianjurkan menggunakan deterjen bubuk. Cukup menggunakan sabun cair, shampoo atau gunakan deterjen khusus bahan sifon. Agar tidak merusak atau memudarkan warna dari jilbab sifon ini.
  • Untuk mengeluarkan sisa airnya, jangan peras jilbab sifon ini dengan kuat. Cukup dikibaskan saja dan hindari sinar matahari langsung saat penjemurannya.
  • Sedangkan untuk penyetrikaannya, jilbab sifon perlu dilapisi dengan kain agar tidak terkena panas setrika secara langsung.
  • Yang terakhir, jangan menggantung jilbab berbahan sifon ini, karena hal tersebut dapat menyebabkan benang-benangnya cepat melar. Lebih baik kamu menyimpannya dilemari atau kotak khusus koleksi jilbab.

3. Merawat Jilbab Bahan Rayon/Kaos

Jilbab Bahan Rayon
Jilbab Bahan Rayon

Jilbab dengan bahan kaos atau rayon ini cenderung lebih adem ketika digunakan, karena bahan ini mudah meneyerap keringat. Selain itu, jilbab rayon juga lebih terkesan casual jika dipakai aktivitas sehari-hari. Cara perawatan jilbab rayon/kaos

  • Pisahkan jilbab rayon ini dengan jilbab atau pakaian yang lain, karena warna dari jilbab ini lebih mudah luntur. Selain itu, jangan gunakan mesin untuk mencucinya, cukkup dengan tangan dan digosok perlahan.
  • Pencucian jilbab rayon ini, kamu bisa menggunakan sabun deterjen atau yang lainnya. namun tetap harus menghindari penggunaan sikat ataupun mengucek dengan keras.
  • Untuk mengeringkannya, tidak di anjurkan menggunakan pengering yang ada pada mesin cuci. Jilbab rayon ini bisa kamu jemur dibawah sinar matahari langsung, namun kamu harus membalik bagian dalam ke bagian luarnya. Karena sinar matahari langsung juga bisa memudarkan warna dari jilbab tersebut.
  • Sedangkan untuk penyetrikaannya, ada baiknya kamu menyetrika jilbab ini dengan posisi terbalik (seperti saat menjemur). Dan sesuaikan temperatur panasnya, jangan sampai setrika terlalu panas.
  • Terakhir untuk penyimpanannya , kamu bisa menggantung jilbab rayon ini atau kamu juga bisa melipat dan menyimpanannya dilemari, bersama tumpukan pakaian lainnya.

4. Merawat Jilbab Bahan Sutra

Jilbab Bahan Sutra
Jilbab Bahan Sutra

Kain bahan sutra pada pakaian sudah sangat terkenal dengan kelembutannya, begitu pula dengan jilbab. Jilbab sutra juga sangat lembut, nyaman dan tidak panas saat digunakan. Perawatannya pun harus ekstra hati-hati.

  • Saat merendamnya jangan menggunakan deterjen bubuk, gunakan saja mild soap, shampoo bayi atau sabun khusus bahan sutra. Tapi jangan juga merendamnya terlalu lama, jangan lebih dari 30 menit.
  • Pencucian jilbab sutra ini juga tidak boleh menggunakan mesin cuci, jadi kamu harus mencucinya dengan manual. Hindari pula penggunaan sikat dan kucekan yang terlalu keras, karena dapat merusak tekstur kelembutan kainnya. Selain itu jangan pula memerasnya dengan kuat, hal ini bisa menyebabkan jilbab menjadi kusut
  • Keringkan di tempat terbuka, tapi jangan terkena sinar matahari langsung. Sama halnya dengan jilbab paris, hal itu bisa memudarkan warna dari jilbab sutra tersebut.
  • Sebetulnya jilbab sutra ini tidak perlu di setrika, karena jilbab ini tidak kusut walau sudah dicuci, jika peroses pencuciannya benar. Namun apabila harus menyetrikanya, kamu harus menyiapkan kain lagi untuk melapisi jilbab sutra ini, agar tidak terkena panas setrika secara langsung.
  • Dalam pemakaian jilbab sutra, jangan menyemprotnya dengan parfurm ataupun deodorant.

5. Merawat Jilbab Jenis Bergo

Jilbab Jenis Bergo
Jilbab Jenis Bergo

Yang kelima ada jilbab bergo atau jilbab instant, jilbab ini sangat mudah dan praktis digunakan. Biasanya jilbab bergo ini terdapat pet, nah pet itulah yang membuatnya perlu perawatan khusus.

  • Saat merendamnya, gunakan air yang sudah dicampur dengan sabun colek atau sejenisnya. Ingat jangan menggunakan deterjen dan juga jangan terlalu lama merendamnya.
  • Kucek secara perlahan-lahan, atau bisa dengan hanya dicelup-celup saja. Jangan menggunakan sikat ataupun mesin cuci, karena bisa merusak aksesoris atau pernak pernik yang menempel pada pet. Dan juga jangan memerasnya dengan kuat.
  • Untuk penjemuran kamu bisa menggantungnya menggunakan hanger kecil, serta dengan posisi yang terbalik. Agar panas matahari tidak langsung mengenai bagian luar jilbab, yang memungkin warna jilbab menjadi pudar.
  • Kamu bisa menyetrika jilbab bergo ini dengan temperatur yang tidak terlalu panas, namun untuk jilbab bergo berbahan higet dan spandek kamu tidak perlu mentrikanya.
  • Pada saat melipatnya, cukup lipat pada bagian bawah petnya saja. Agar pet terhindar dari patahan lipatan. Dan kamu bisa menyimpannya dalam lemari khusus koleksi jilbab.

Cara Merawat Ciput

Ciput Yang Menggunakan Pet
Ciput Yang Menggunakan Pet

Sama halnya dengan jilbab, ciput juga tidak dianjurkan dicuci dalam mesin cuci agar tidak merusak bagian petnya. Namun apabila pet tersebut kotor, cukup direndam dengan sabun cair atau shampoo. Atau kamu bisa menyikatnya dengan sikat halus pada bagian petnya saja. Sedangkan untuk penyimpanannya usahakan pet dalam posisi lurus, jangan sampai ada lipatan pada bagian tersebut.

Cara Merawat Aksesoris Hijab

Aksesoris Pendukung Berhijab
Aksesoris Pendukung Berhijab

Seorang hijabers tentu saja memiliki beberapa aksesoris untuk menambah kesan menarik dalam pemakaian hijabnya. Aksesoris tersebut biasanya adalah jarum pentul, temiti warna emas, bros, bandana, anting hijab, choker dan lain sebagainya. Nah, untuk itu saya sarankan menyimpan aksesoris tersebut dalam sebuah wadah atau kotak tersendiri, dengan sesekali membukanya agar ada pergantian udara yang mengisi kotak tersebut atau kamu juga bisa menyimpannya ditempat yang agak lembab. Dan jika aksesoris tersebut berdebu atau kotor, kamu bisa menggunakan kuas atau pun kain halus untuk mengelapnya.

Oke girls, itulah Tips Merawat Jilbab Sesuai Dengan Jenis dan Bahan. Pada dasarnya dalam pencucian jilbab-jilbab tersebut hampir sama girls, yaitu menghindari penggunaan mesin cuci atau dengan kata lain mencucinya secara manual. Semoga tips-tips diatas dapat membantu kamu dalam perawatan jilbab, agar jilbab yang kamu miliki tetap bagus dan terlihat cantik. Makasih sudah membaca :)

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!