5 Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan dan Kualitas Otak yang Harus Kamu Ketahui

Cara-cara ini Bisa Kamu Terapkan Untuk Membantu Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Otak
Cara-cara ini Bisa Kamu Terapkan Untuk Membantu Meningkatkan Kesehatan dan Kualitas Otak

Nasionalis.ID – Salah satu kelebihan yang di miliki oleh manusia adalah otak, organ itu pula yang membuat kita dapat berfikir, mengingat susatu hal serta otak jugalah yang memerintahkan anggota tubuh lain untuk melakukan tindakan. Namun bagaimana jika otak kita rusak? Atau mengalami penurunan kemampuan? Tentu akibat yang di timbulkan bisa bermacam-macam bukan?

Dalam sebuah penelitin menemukan bahwa otak kita membutuhkan 17% konsumsi energi dan 20% oksigen. Dengan memenuhi kebutuhan tersebut, kita bisa menjaga otak kita tetap sehat. Kebiasaan berolahraga dan pola hidup yang sehat perlu di lakukan, karena memang otak adalah organ terpenting dalam tubuh kita. Siapa lagi yang mau menjaga dan merawat otak selain diri kita sendiri. Lalu bagaimana cara menjaga otak kita agar tetap sehat? Tenang saja pren tak beritai, eh.. tak beritau cara-cara menjaga otak kita agar tetap sehat dan berkualitas lewat artikel di bawah ini.

1. Bersyukur Atas Keberhasilan Sekecil Apapun

Bersyukurlah Untuk Hal Keberhasilan Kecil Yang Kamu Lakukan
Bersyukurlah Untuk Keberhasilan Kecil Yang Sudah Kamu Lakukan

Yo’i pren, bersyukur adalah hal utama yang perlu kita lakukan untuk menjaga otak kita tetep waras. Karena dengan bersyukur membuat otak akan merespon itu sebagai perasaan bahagia, sehingga menjauhkan kita dari stres berlebih. Perasaan yang bahagia juga menimbulkan semangat yang akan mendorong kita untuk melakukan kebiasaan yang baik lainnya dan menghindarkan kita dari stres. Stres tentu saja sangat berpengaruh untuk kesehatan otak kita, dan mungkin juga akan mengakibatkan kita menjadi depresi atau frustasi bahkan berpengaruh pada kesehatan tubuh yang lain.

2. Latihlah Otak Kita

Asahlah Otakmu Dengan Hal-hal yang Baru
Asahlah Otakmu Dengan Mepelajari Hal-hal yang Baru

Dalam usia tua otak kita pasti akan mengalami penurunan kemampuan seperti anggota tubuh lainnya, dan tidak dapat di pungkiri bahwa otak kita memang tidak bisa melawan proses alamiah tersebut. Maka dari itu pren kita perlu melakukan pelatihan terhadap otak agar tidak terjadi penurunan kemampuan yang signifikan. Untuk melatih kemampuan otak, kita perlu mempelajari hal-hal yang baru seperti bahasa baru atau pengetahuan yang belum kita ketahui sebelumnya. Selain itu kita juga bisa melakukan variasi baru kepada rutinitas membosankan yang kita lakukan setiap harinya. Dengan hal tersebut, di yakini mampu menjaga kesehatan otak kita.

3. Berolahraga Secara Teratur

Usahakanlah Meluangkan Waktu Untuk Berolahraga Secara Teratur
Usahakanlah Meluangkan Waktu Untuk Berolahraga Secara Teratur

Jika berbicara tentang kesehatan maka kita tidak bisa lepas dengan yang namanya olahraga. Karena cara ini memang sangat terbukti ampuh menjaga kesehatan. Iya sih olahraga bisa menyehatkan badan, tapi apakah bisa juga menjaga kesehatan otak? Tentu sangat bisa pren, seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa otak kita memerlukan konsumsi energi sebesar 17% dan oksigen sebesar 20%. Nah dengan olahraga yang teratur tentunya energi yang kita berikan ke tubuh akan lebih stabil, selain itu olahraga juga dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam darah kita. So, olahraga memang hal yang sangat-sangat perlu kita lakukan dalam hal menjaga kesehatan. Olahraga yang sangat berpengaruh pada otak salah satunya adalah Aerobik, karena melakukan aerobik secara rutin di percaya dapat membantu pertumbuhan neuron. Nah, neuron ini berguna untuk menambah kapasitas otak kita pren.

4. Menjaga Pola Tidur yang Teratur

Aturlah Pola Tidur Yang Teratur, Agar Tidurmu Berkualitas
Aturlah Pola Tidur Yang Teratur, AgarMendapat Kualitas Tidur yang Baik

Pola tidur yang teratur juga sangat penting bagi kesehatan otak, karena menurut penelitian otak bekerja lebih aktif ketika kita sedang tidur. Yang bener? Iya pren, karena pada saat tidur otak menambah kerjanya dengan proses pembuangan limbah dan juga pembuangan racun dalam tubuh (proses detoksifikasi). Jika kita kurang tidur, maka proses-proses tersebut otomatis tidak bisa maksimal dan itu berarti kita menyakiti otak kita. Orang yang kurang tidur biasanya akan mengalami kesulitan saat berkonsentrasi, lebih parahnya lagi kurang tidur juga dapat menyebabkan kita berhalusinasi. Ya kalau halusinasinya sama Maria Ozawa, lha kalau yang aneh-aneh? Kan malah bisa mengganggu tingkat kewaspadaan mental kita. So, jaga pola tidur kamu ya pren, kalau perlu habis baca artikel ini, buru-buru deh kamu tidur.

5. Melakukan Semedi atau Meditasi

Luangkan Waktu Bermeditasi Untuk Melepaskan Hal-hal Yang Mengganggu Pikiran
Luangkan Waktu Menenangkan Diri Untuk Melepaskan Hal-hal Yang Mengganggu Pikiran

Meditasi atau Semedi atau Bertapa atau apalah istilahnya, pokoknya yang begituan lah pren diyakini mampu menjaga kesehatan otak kita lho. Nggak percaya? Pengertian meditasi sendiri adalah tindakan relaksasi yang melibatkan otak untuk melepaskan semua pikiran yang membebani kita. Terbukti jika kita melepaskan hal-hal yang membebani pikiran, dapat membantu menjaga otak kita tetap dalam kondisi yang sehat. Selain itu menurut para ahli, meditasi dengan metode tertentu dapat membantu pertumbuhan neuron baru dan mengaktifkan area-area otak yang sebelumnya tidak terpakai. Nah, kebayang nggak pren kalau kita, memiliki banyak area otak yang aktif? Apalgai di tambah dengan pertumbuhan neuron, tentu kualitas dan kesahatan otak kita akan sangat oke kan.

Sampai di sini paham kan apa yang kita omongin? Nah, seperti itulah pren cara-cara yang dapat menjaga kesahatan dan kualitas otak kita, terus kamu sudah melakukan cara yang mana? Atau malah sudah melakukan semuanya? Jika kamu sudah melakukan semuanya tentu otak kamu memiliki kesehatan yang bagus. Namun jika semua cara sudah dilakukan dan rasanya otak kamu masih kurang sehat, saran saya ya pren kurangin dikit deh kebiasaan nonton bokepnya.

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!