5 Kamera DSLR untuk Belajar Fotografi bagi Pemula

Kamera DSLR
Kamera DSLR

Kamera DSLR Untuk Pemula – DSLR merupakan jenis kamera fotografi yang banyak digunakan. Penggemar dan memiliki hobi fotografi pastinya memiliki kamera favorit tersendiri yang digunakan. Banyak alasan kenapa suatu kamera menjadi favorit digunakan, begitu juga banyak dari para pemula yang baru belajar fotografi umumnya lebih menyukai beberapa merk dan tipe tertentu. Yang jelas kamera yang disukai adalah yang mudah penggunaanya dan tentunya murah. Berikut ini ada beberapa kamera yang recommended dan paling banyak dicari untuk pemula yang baru belajar fotografi.

  1. Canon 550D

Urutan pertama kamera DSLR yang paling banyak dicari dan sudah familiar tentunya oleh para penggemar fotografi khususnya Canon adalah seri 550D yang sekarang telah hadir generasi terbarunya yaitu Canon 600D , 550D dan keluarganya banyak diincar karena kamera ini memiliki fitur yang sangat mumpuni. 550D termasuk tipe kamera fotografi entry level, harga yang sangat terjangkau bagi seorang pemula, walaupun harganya tidak terlalu tinggi namun 550D memiliki kualitas yang jauh diatas harganya, siapapun yang memakai kamera ini entah amatiran atau profesional sekalipun akan tetap pantas menggenggam Canon 550D ini. Kemampuan Canon 550D diantara lain adalah memiliki sensor 18 megapiksel, grip Canon 550D ini termasuk kokoh dan aman dan bagian bawah bodi yang membesar sehingga membuat 550D terasa ringan digenggam, kemampuan merakam video pada 50D juga sangat hebat karena mampu merekam kualitas 1080p/full HD pada frame 24,25 atau 30 fps. Memiliki prosesor DIGIC 4 serta sensor CMOS.

  1. Nikon D3200

Kamera fotografi yang satu ini adalah pilihan yang sangat ideal untuk mengambil gambar yang berkualitas sehari-hari karena bodinya yang mungil dan sangat nyaman untuk Anda bawa dan simpan saat berpergian, fitur Nikon 3200 adalah memiliki fitur Live View dan mampu merekam video dengan kualitas video Full HD, menggunakan sensor CMOS yang artinya akan lebih hemat baterai dibanding pendahulunya Nikon D3000 dengan sensor CCD nya. Nikon D3200 Memiliki 14 megapiksel dan ISO yang juga ditingkatkan ke 3200.

Nikon D3100 termasuk dalam jajaran kamera fotografi pemula dan murah namun tetap mempertahankan kualitas ini dibuktikan segala hal baik yang ada di D3000 seperti 11 titik AF dan adanya Guide Mode untuk membantu pemula memakai kamera dan mendapatkan hasil yang baik. Secara dimensi dan bentuk bodi kameranya pun D3200 masih relatif sama dengan D3000 hingga D40 yang termasuk kecil dan ringan. Nikon D3200 termasuk kamera DSLR murah namun bukan berarti jelek. Kinerja kamera cukup cepat, mulai dari dihidupkan hingga siap mengambil gambar, shutter lag, shot to shot semuanya terasa cepat. Kalaupun yang membuat lama itu kalau kita mengatur fitur pengurang debu diaktifkan saat kamera dinyalakan. Dengan demikian saat kamera dinyalakan sensor akan sejenak dibersihkan dulu dan itu bisa membuat kita kehilangan momen bila ada kejadian tak terduga.

  1. Canon 1100D

Canon 1100D merupakan kamera fotografi pemula, disukai oleh orang awam karena memiliki letak tata kontrol yang sederhana sehingga Anda dapat mengatur dan menggunakan kamera DSLR ini dengan sangat lancar. Canon 1100D ini tergolong DSLR yang unik karena tersedia dalam warna abu-abu dan merah marun, Canon 1100D memiliki Live View dan modus pengaturan otomatis sehingga bagi pemula akan sangat mudah menghasilkan gambar terbaik. Kamera ini cukup ringkas, ukuran mungil untuk kamera dslr sehingga cocok dibawa kemana saja. Canon 1100D cocok sebagai kamera untuk kebutuhan fotografi saat anda traveling ataupun sehari-sehari.

Bila diperhatikan, spek kamera Canon EOS 1100D cukup lumayan yang notabene merupakan kamera DSLR murah bila dibandingkan dengan EOS 600D, maka perbedaannya hanya di megapiksel (12 MP vs 18 MP), resolusi HD video (720p vx 1080p) dan sedikit lebih cepat (3 fps vs 3,7 fps). Selain itu 600D punya layar LCD resolusi tinggi yang bisa dilipat dan bisa memicu lampu kilat eksternal secara nirkabel. Namun keduanya sama dalam hal desain (termasuk pentamirror dan bodi plastik), modul AF 9 titik, modul metering 63 zone (yang persis sama seperti di EOS 7D) dan ISO 6400.

  1. Canon 650D

Canon 650D adalah kelanjutan dari seri 600D, 650D ini menggunakan sensor CMOS Hybrid belum full frame sehingga masih masuk golongan kamera fotografi pemula. Sensor ini berguna untuk mengkombinasikan fase deteksi dan kontras autofokus, fitur ini sangat berguna pada saat Anda menggunakan kamera ini untuk merekam video. Prosesor pada 650D menggunakan Canon Digic 5 14-bit. Canon 650D dapat mencapai ISO 100-12800 yang dapat diperbesar sampai ISO 25000. Yang menjadi nilai tambah bagi 650D adalah kamera DSLR ini memiliki layar sentuh dan vari-angle sehingga menjadi pengalaman unik tersendiri bagi pemakainya, 650D adalah DSLR pertama yang memiliki fitur layar sentuh. Fitur lainnya yang tidak kalah menakjubkan adalah Hybrid AF yang akan memberikan autofokus yang terus menerus saat Anda memakai mode live mode dan video. Kamera ini cocok untuk keperluan fotografi dan pembuatan film.

  1. Nikon D70

Tipe kamera yang satu ini masuk dalam golongan kamera fotografi profesional dengan harga terjangkau sehingga Nikon D70 cukup banyak dicari oleh para antusias fotografi. Nikon D70 mampu menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi dan resolusi yang tajam dan color range yang optimal. kemampuan kamera fotografi ini sangat mumpuni, hanya diperlukan waktu setengah detik dari kondisi kamera ini mati sampai menyala dan siap untuk digunakan dan hanya 1/10 detik saja waktu yang diperlukan untuk mengambil gambar dari saat tombol ditekan. Kelebihan lain dari seri ini adalah hadirnya built-in speedlight untuk peningkatan performa kamera. Untuk akurasi gambar tentu saja kamera ini juga dilengkapi dengan fitur autofocus yang merupakan fitur wajib kamera fotografi masa kini.

Keywords:

  • 550d generasi pertama
About Candra Purnama 32 Articles
Fly....

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!