9 Trick Rahasia Jadi Fotografer Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

Trik Mobile Fotografi
Trik Mobile Fotografi

Nasionalis.id – Semakin menggilanya perkembangan teknologi di era modern ini tak ayal membuat dampak yang cukup besar terhadap produk – produk teknologi itu sendiri, tak terkecuali pada teknologi ponsel. Yaps meskipun ponsel lebih dulu dikenal sebagai alat komunikasi, tapi seiring perkembangan jaman membuat fitur – fitur yang dulu mustahil ada di ponsel sekarang menjadi hal yang lumrah ditemui di era teknologi ini, dan kamera adalah bukti nyatanya. Tidak hanya itu kemampuan kamera pada ponsel/smartphone pun semakin kesini juga semakin ditingkatkan, hal ini terus dilakukan karena pihak developer ingin selalu memberikan kepuasan pada penggunanya terutama dalam bidang fotografi. Yaps memang tidak dipungkiri lagi kalau kebutuhan seseorang pada kegitan fotografi semakin hari semakin meningkat, entah itu untuk mengabadikan moment penting maupun untuk kegiatan selfie, belum lagi trend mobile fotografi/phoneography yang semakin diminati oleh sebagian besar pengguna smartphone. Tapi pertanyaanya adalah, bagaimana caranya menghasilkan gambar keren sekelas fotografer profesional hanya dengan menggunakan kamera smartphone ? Nah, kalau kamu pengen tahu, langsung aja simak ulasan di bawah ini.

1. Selalu bawa smartphone kamu kemana saja

Selalu bawa smartphone kamu kemana saja

Yang pertama dan sekaligus menjadi hal wajib kalau kamu ingin menjadi mobile fotografer profesional adalah dengan selalu membawa smartphone milikmu kemana pun kamu pergi. Hal ini bertujuan agar kamu tidak melewatkan moment-moment menarik yang tidak sengaja kamu temui, kamu juga perlu tahu genk kalau sebuah moment yang sama tidak akan terulang untuk yang kedua kalinya. Kan sayang jika terlewatkan dari bidikan kamera smartphone milikmu, siapa tahu hasil jepretan tersebut bisa jadi sebuah mahakarya.


2. Kenali smartphone yang kamu gunakan

Kenali smartphone yang kamu gunakan

Nah ini juga penting genk, beda smartphone tentu akan beda pula fitur-fitur yang dibawa oleh kamera smartphone tersebut. Jadi sebelum membeli ataupun menggunakan smartphone untuk kegiatan mobile fotografi ada baiknya kamu memahami berbagai fitur – fitur penting yang dibawanya, seperti resolusi, fixed-focus, auto-focus, Optical Image Stabilization (OIS), aperture dan lain sebagainya. Semakin kamu mengenal dan memahami fungsi dan kegunaan fitur – fitur yang ada pada smartphone milikmu, semakin bagus juga hasil jepretan kamu.


3. Dapatkan eksposure yang pas

eksposure

Hal ini tidak berlaku pada kamera smartphone saja, melainkan pada keseluruhan kamera yang digunakan, entah itu kamera DSLR maupun kamera saku (pocket). Nah, pada dasarnya kamera adalah sebuah alat yang digunakan untuk memanipulasi cahaya melalui sensor kamera. Cahaya yang masuk akan diolah oleh sensor kamera menjadi sebuah gambar. Apabila cahaya yang diterima oleh kamera kurang, gambar akan menjadi gelap atau Under Exposed (UE), begitu pula sebaliknya jika cahaya yang diterima kamera berlebihan, gambar akan menjadi terlalu terang atau Over Exposed (OE). Hal inilah yang wajib kamu pelajari jika ingin menjadi seorang mobile fotografer handal, pahamilah tentang kombinasi Shutter Speed, Aperture dan ISO karena ketiga hal inilah yang akan menentukan exposure yang kamu dapatkan sudah pas atau masih kurang.


4. Seting angle dan sudut pandang

angle

Salah satu tantangan dalam phoneography/mobile fotografi adalah bagaimana membawa kesan kedalaman pada sebuah foto, mampu menampilkan nuansa tiga dimensi pada gambar dua dimensi. Jika hal tersebut bisa kamu lakukan, hasil jepretan smartphone kamu tentu akan jauh lebih menarik, membuat siapapun yang melihat hasil foto tersebut akan lebih menikmati, serta mengundang mereka yang melihat untuk lebih mengekplorasi semua titik dan bukan sekedar mengamatinya saja. Nah, seting angle dan viewpoint (sudut pandang) yang tepat adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan kesan kedalaman pada foto kamu. Kamu bisa melakukannya dengan mengubah perspektif mata kamu saat memotret, jika biasanya kamu memotret sejajar dengan mata, sekali – kali kamu bisa mencoba memotret dari posisi bawah dekat dengan tanah (frog eye view) atau naik ke ketinggian untuk mendapatkan sudut pandang dari atas (bird eye view). Kamu juga bisa menggunakan angle yang lebih luas untuk menampilkan kesan yang lebih besar dari kedalaman.


5. Minimalisir penggunaan fitur zoom

macro

Oke, siapa nih yang masih sering menggunakan fitur zoom ? kalau kamu pingin hasil gambar yang keren apalagi kepingin jadi phoneographer handal sebaiknya kebiasaan itu dihentikan ya genk. Memang sih kalau kamera pada smartphone itu cenderung memperkecil obyek foto, tapi bukan berarti kita membiasakan diri untuk mengambil foto dengan menggunakan fitur zoom. Karena fitur zoom sendiri berpotensi menurunkan resolusi foto kamu secara keseluruhan dan membuat foto tidak tajam, nah daripada kamu menggunakan fitur zoom yang menyebababkan hasil foto tidak tajam, akan lebih baik lagi jika kamu mendekati objek bidikan tersebut hingga jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame. Dengan begitu hasil jepretan kamu akan lebih tajam.


6. Pegang smartphone stabil mungkin

Steady

Inilah salah satu alasan yang mewajibkan seorang phoneographer untuk sarapan dulu sebelum hunting foto yang keren, atau gampangnya biar nggak gemeter saat membidik objek foto. Meskipun terdengar sepele, tapi usahakan agar tangan kamu tetap tenang dan stabil saat mengambil foto. Kamu juga harus mengetahui kalau kamera smartphone juga memiliki kekurangan yang biasa disebut shutter lag yaitu waktu jeda antara saat kita memencet dan saat kamera mulai mengambil foto, berbeda dengan kamera DSLR yang secepat kilat mengambil foto setelah kita memencet tombol. Nah dalam jeda waktu itulah kestabilan tangan sangat dibutuhkan agar hasil foto tidak goyah, kalau perlu kamu juga bisa menggunakan benda yang lebih stabil sebagai penahan smartphone kamu, dengan tripod khusus smartphone misalnya. Jadi intinya sih gini genk, semakin stabil kamera semakin bagus pula hasil foto yang kamu ambil.


7. Gunakan app edit foto

Girl

Ini bisa dibilang salah satu keunggulan smartphone yang tidak dimiliki oleh kamera DSLR, karena smartphone yang selalu terkoneksi dengan internet bisa langsung mengunduh dan menggunakan app editor foto secara langsung untuk mengedit hasil fotonya tanpa harus memindahkannya terlebih dulu ke perangkat lain. Nah kamu sendiri bisa mempercantik hasil foto kamu menggunakan app edit foto bawaan smartphone milikmu, atau jika dirasa fitur – fitur yang ditawarkan app edit foto bawaan kurang memadai, kamu bisa mengunduhnya sendiri di Play Store. Sedikit rekomendasi app edit foto yang bagus nih genk, kamu bisa mencoba Pixlr, CameraZoom FX, Snapseed, Picsay dan Cymera.


8. Kombinasikan dengan efek filter yang tepat dan tidak berlebihan

Mobile

 

Bukan berniat untuk membatasi kreatifitas kamu nih genk, tapi menurut kebanyakan orang jika foto yang terlalu banyak di filter hasilnya malah tidak akan bagus. Jadi jika diibaratkan memfilter foto itu seperti memasak sayur, jika terlalu banyak menambahkan garam rasanya tidak akan enak. Jadi editlah foto dengan tujuan memperkuat hasil foto, bukan menghiasnya. Tambahkan filter secukupnya saja biar tidak asin, maksudnya biar tidak alay 😀 . Mungkin kamu cukup menyesuaikan kontras, vignette, crop dan tambahkan efek yang membuat foto tampil lebih menarik seakan tanpa di beri filter.


9. Terus berlatih

latihan

Jika kamu sudah memahami semua point diatas, kamu tinggal melakukan latihan dan terus mengembangkan teknik fotografi-mu agar skill kamu dalam mengambil gambar dengan smartphone semakin terasah. Mulailah dengan belajar mencari eksposure yang tepat, menetapkan angle yang pas atau dengan berlatih steady agar tangan kuat menopang smartphone sehingga gambar/foto yang dihasilkan tidak goyah. Ingat ya genk, sebuah keahlian itu tidak akan kamu kuasai dengan hanya membaca, tapi juga harus dipraktekan. Jadi teruslah berlatih, sampai Tuhan tidak menghendaki kamu berlatih lagi.

Nah itulah beberapa trick rahasia menjadi fotografer handal dengan kamera smartphonne, mungkin jika dari segi fitur kamera DSLR akan lebih di unggulkan dari kamera smartphone. Tapi hal itu tidak bisa menjadi patokan kalau hasil foto smartphone tidak bisa lebih bagus dari hasil foto kamera DSLR, semuanya tergantung dari skill dan kreatifitas penggunanya, mungkin fitur bisa dibeli tapi skill dan kreatifitas tidak akan bisa. Oke genk kayaknya itu aja sih beberapa trick foto smartphone yang bisa Nasionalis.id bisa berikan, selamat mencoba & good luck !

Keywords:

  • rahasia fotografer
  • rahasia fotografer profesional
  • trik menjadi fotografer handal
  • trik kamera dan rahasianya
  • trick kamera yang lagi trend
  • rahasia jadi fotografer
  • rahasia fotograver handal yang hanya menggunala
  • 10 rahasia fotografer dgn semartpon
  • rahasia fotografer handal dlam smartfon
  • rahasia fotografer handal di smartphone

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!