5 Game Jadul Ini Ternyata Menyimpan Filosofi Kehidupan Yang Berguna Bagi Hidup Kamu

Filosofi Kehidupan Dari Game Jadul
Filosofi Kehidupan Dari Game Jadul

Nasionalis.id – Oke genk yang doyan banget main game, langsung aja nimbrung di mari ! Ngomongin soal game nih pasti nggak bakalan lepas dari tiga hal gokil yang dimilikinya, yaitu seru, candu dan lupa waktu. Yaps, karena tiga hal itulah yang sukses membuat kita betah nongkrong berjam – jam didepan TV buat maen game konsol. Bahkan karena tiga hal itu jugalah yang membuat warna nilai raport kita nggak monoton alias merah alias jeblok. Ya meskipun banyak hal terkesan negatif dari main game, tapi tidak bisa dipungkiri juga kalau main game konsol adalah hiburan paling seru selain bersosial bersama teman – teman. Apalagi buat anak generasi 90-an ke bawah, main game pixel – art bisa dibilang kegiatan wajib di waktu luang (jadi kangen masa kecil dulu). Ya walaupun game jaman dulu terbilang sederhana banget, namun hal tersebut tidak menghilangkan keseruan yang kita dapetin pas maininnya. Nah, tapi kamu sadar nggak genk ? kalau game jadul yang dulu sering banget kamu mainin itu punya filosofi kehidupan yang sangat berguna bagi hidup kamu. Nggak percaya ? Okelah kita bahas sama – sama sekalian nostalgia sama game – game jadul ini, lanjutin baca ke bawah ya genk !

1. Pac Man

Pac Man
Pac Man

Kamu pasti udah nggak asing lagi kan sama game arkade yang dikembangkan Namco ini, ya meskipun konsep dan tampilanya terbilang sederhana tapi game yang dirilis di Jepang pada 22 Mei 1980 ini sukses negebuat anak – anak era 90-an malas belajar. Tapi tahu nggak genk jika kamu perhatikan lagi ternyata game konsol ini menyimpan sebuah filosofi kehidupan keren yang sangat berguna bagi hidupmu, apaan tuh ? Secara nggak sadar dari game ini kamu belajar mencari sebuah jalan keluar dari rintangan yang ada dalam game tersebut. Nah kejaran ghost dan rumitnya labirin diibaratkan sebagai masalah yang menghantuimu, dan satu – satunya cara agar semua masalah itu teratasi adalah dengan menghadapinya dan nggak boleh ada kata menyerah. Dalam game tersebut Pac Man juga dibantu dengan adanya titik besar yang membuatnya menjadi lebih kuat, samahalnya dengan kehidupanmu karena kamu juga tidak sendirian di setiap masalah yang sedang kamu hadapi, akan selalu ada orang lain yang selalu menguatkanmu, entah itu sahabat, kerabat maupun pacar. Dan satu hal lagi yang tak kalah penting adalah dengan berdoa pada Tuhan, agar setiap masalah bisa terselesaikan.


2. Tetris

Tetris
Tetris

Generasi 90-an pasti juga udah paham banget sama game yang satu ini, popularitasnya juga nggak kalah hebat dari game Pac Man bahkan sampai sekarang Tetris juga masih sering dimainin. Salah satu hal yang membuat game berbasis pixel art ini digandrungi adalah karena cara mainya yang terbilang mudah, tapi nanti dulu genk, meskipun sepele tapi jika kamu salah penataan, kamu juga nggak bisa lanjut ke level selanjutnya. Nah, ternyata jika kamu telisik lebih dalam lagi, game yang didesain sama Alexey Pajitnov ini punya kemiripan sama kehidupan yang kita jalani. Nggak percaya ? jadi gini genk, kadang apa yang telah kita bangun dan susun dari nol bisa hancur dan runtuh begitu saja karena keteledoran kita sendiri. Sama halnya dengan Tetris, jika kamu salah dalam penempatan balok – baloknya otomatis game yang sedang kamu mainkan juga akan cepat berakhir. Nah, poin penting yang bisa kamu pelajari dari game ini adalah bagaimana cara kita bangkit dari keterpurukan dan memulainya dari awal lagi. Secara kan genk, hidup itu nggak melulu lurus, lempeng dan lancar gitu aja. Pasti ada yang namanya masalah dan kegagalan, so keep fighting dude !


3. Harvest Moon

Harvest Moon
Harvest Moon

Game yang masih terus dikembangkan sampai saat ini tentu bukan menjadi hal baru lagi buat kamu penggemar game konsol klasik, memainkan game ini di malam hari dengan musik dan suara derap langkah yang khas semakin menambah keseruan game Harvest Moon ini. Tak hanya itu, game yang berkisah tentang kehidupan di peternakan ini sering sekali dijadikan teman seru – seruan buat ngelepas penat akibat seharian memikirkan pekerjaan sekolah. Kamu tahu nggak genk, ternyata eh ternyata dibalik keseruan game Harvest Moon ini kita juga bisa belajar untuk peduli pada sesama mahluk hidup yang ada disekitar kita, merawat dan menyayangi mereka seperti kita menyayangi sesama manusia adalah hal baik yang bisa kamu tiru dari game ini. Dari game ini pula kita diajarkan untuk bersosial dan menjaga kelestarian alam sekitar. Mungkin ada baiknya juga agar game ini terus dimainkan oleh anak – anak, karena semakin kesini kesadaran manusia akan pentingnya alam dan mahluk hidup didalamnya semakin berkurang.


4. Sokoban

Sokoban
Sokoban

Lalu ada game Sokoban, game yang ngga kalah populer dari game – game berbasis pixel art lainya ini juga sering sekali dimainkan anak – anak jaman dulu. Cara mainya yang mudah, konsep yang sederhana tapi juga memaksa otak kita bekerja keras agar bisa menuntaskan seluruh level dari game yang satu ini. Intinya sih kalau kita ingin menuju level selanjutnya, setiap jalan untuk menata kotak – kotaknya ketempat yang benar nggak boleh asal atau sembarangan. Ini juga berlaku pada kehidupan kamu genk, setiap jalan yang kamu ambil menuju kesuksesan harus diperhitungkan matang – matang. Tidak boleh asal ambil gitu aja, karena salah – salah nanti kamu bisa terjebak dalam kondisi yang merugikan dirimu sendiri. Dari game ini juga kita bisa belajar untuk membuat strategi jitu untuk memecahkan setiap kesulitan yang kita alami. Dan satu lagi game ini juga mengajarkan kita untuk tidak terlalu bergantung pada orang lain, karena dalam game Sokoban ini tidak ada opsi bantuan, semuanya riil kerja keras dari kita sendiri.


5. Super Mario Bros

Super Mario Bros
Super Mario Bros

Dan inilah game paling populer sejagat, mungkin juga bisa dibilang sebagai game sepanjang masa. Ya karena sejak awal kemunculanya pada akhir 1985 sampai sekarang, game besutan Nintendo ini selalu dikenal. Bahkan dari generasi 90-an sampai generasi sekarang, jika ditanya soal Super Mario Bros pasti bakalan tahu. Nah, game ini sendiri berkisah tentang petualangan Mario dan karibnya Luigi untuk menyelamatkan Si Princess dari cengkraman King Koopa, yaitu seekor raja kura-kura yang sekaligus menjadi tokoh antagonis dalam game ini. Dalam petualangannya, kedua karib ini harus melewati berbagai halangan dan rintangan sebelum pada akhirnya berhasil menyelamatkan sang Tuan Putri. Sadar atau tidak, jika kamu mengulik lebih jauh tentang game Super Mario Bros ini, kamu bakal menemukan filosofi kehidupan yang berharga buat hidup yang sedang kamu jalani lho genk. Dari game Super Mario Bros ini kamu dapat belajar tentang arti perjuangan untuk mendapatkan cinta sejati, dan sang tuan putri bisa di ibaratkan sebagai wanita yang kamu cintai. Begitu pula pada kehidupan kamu yang sesungguhnya, jalan untuk mendapatkan wanita yang kamu cintai tidak akan selalu mudah. Kamu harus menghadapi berbagai halangan berat yang mungkin saja bisa menghentikan langkah kamu untuk mendapatkan hati do’i, tapi satu hal penting yang bisa kamu tiru dari Mario, yaitu semangat dan kegigihanya yang tak pernah luntur untuk mendapatkan pujaan hatinya. Jadi tunggu apa lagi genk ? kalau kamu emang suka, yaudah kejar terus. Masa kalah sama game, malu donk !

Nah itulah beberapa game jadul yang ternyata menyimpan filosofi keren yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu. Ya walaupun beberapa game diatas bakal sulit ditemui di era sekarang karena kalah saing dan tergantikan dengan game – game modern seperti game android, namun kenangan dan keseruan yang dimiliki game – game jadul diatas nggak bakalan tergantikan. Dan buat kamu juga yang punya pendapat lain dan game jadul favorit tapi belum sempat kesebut, bisa langsung dituliskan di kolom komentar. Siapa tahu ada filosofi tersembunyi di dalam game favoritmu tersebut yang nantinya bisa kita bahas lebih mendalam.

Keywords:

  • filosofi pacman
  • filosofi game
  • filosofi mario bros
  • game android yg mengajarkan arti kehidupan
  • game berbasis pixel
  • game jadul menyimpan balok di kereta
  • game tentang hidup yang berharga
  • game yang berbasiskan pixel tapi keren
  • filosofi anak yang sering main game
  • Game yang mengajarkan arti kehidupan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!