Battlebots : Turnamen Dimana Robot Saling Membunuh

Battlebots Perang Antar Robot
Battlebots Perang Antar Robot

Nasionalis.id – Robot merupakan alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, maupun menggunakan program kecerdasan buatan yang tujuanya untuk membantu pekerjaan manusia. Tapi apa jadinya kalau ada sebuah robot yang diciptakan untuk saling bertarung dan saling menghancurkan satu sama lain dalam sebuah arena, tentu akan terlihat lebih seru. Bahkan ide tentang pertarungan robot ini sudah pernah dituangkan dalam sebuah film bergenre scince – fiction yang berjudul Real Steel dan rilis pada 28 Oktober 2011 lalu, nah kalau kamu belum sempat menontonnya, film tersebut mengisahkan pertandingan robot di dalam sebuah arena yang dikendalikan oleh pemiliknya. Layaknya petinju, robot Real Steel tersebut saling baku hantam sepanjang jalanya pertandingan dan baru berhenti jika salah satu robot dinyatakan kalah. Tapi itu di dunia fiktif ya, nah di dunia nyata ternyata juga ada lho duel robol yang tentunya ngga kalah seru dari robot – robot Real Steel dan namanya adalah Battlebots. Si Battlebots ini sendiri adalah sebuah acara Tv series Amerika, dimana peserta diperbolehkan bahkan dianjurkan untuk mendesain sebuah robot dengan remote control yang nantinya akan diadu dengan robot lainnya.

Sedikit mengulik tentang perjalanan turnamen robot ini ya, awalnya Battlebots sudah diadakan pada tahun 1999 tapi sempat dihentikan. Dan pada tahun 2015 lalu turnamen para robot petarung ini kembali diadakan, dengan rules baru, robot baru dan peserta yang baru pula. Nah dalam pertempuran mematikan ini (untuk robot tentunya) jangan berpikir kalau robot yang digunakan adalah robot dengan desain imut ya, justru sebaliknya. Karena ditujukan untuk sebuah pertempuran, robot – robot hasil ide gila manusia ini didesain dengan bentuk yang aneh sekaligus dibekali dengan item – item mematikan untuk mengalahkan lawanya, mulai dari senjata boor, cakar yang tajam, bisa menyemburkan kobaran api sampai senjata yang bisa menghancurkan lawanya sampai berkeping – keping layaknya mesin pemotong rumput.

Battlebots Gameplay

Battlebots
Battlebots

layaknya olahraga fighting sesungguhnya, kelas robot di Battlebots turnamen dipisahkan berdasarkan berat robot – robot yang akan digunakan untuk bertarung;

Lightweight – 60 pounds (27 kilograms)
Middleweight – 120 pounds (54 kilograms)
Heavyweight – 220 pounds (100 kilograms)
Superheavyweight – 340 pounds (154 kilograms)

Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam turnamen Battlebots ini, semua robot bisa melakukan dan menggunakan apa saja yang ada di arena untuk menghancurkan lawanya. Dalam sebuah pertandingan yang menggunakan sistem satu lawan satu ini, akan diberi waktu pertandingan selama 3 menit. Dalam waktu tempur 3 menit tersebut tidak ada yang diperbolehkan untuk memasuki arena pertarungan, karena akan membahayakan. Hanya ada 2 peristiwa yang menyebabkan pertandingan dihentikan dan orang – orang diperbolehkan untuk memasuki arena, yaitu :

  • Jika dalam sebuah pertandingan, robot – robot yang sedang mengalami kendala seperti robot terjebak bersama-sama dan tidak dapat memisahkan diri sehingga membutuhkan bantuan dari kru dan tim.
  • Ketika sebuah robot yang bertanding mengalami over destroyed atau hancur parah dan tidak mampu melanjutkan pertandingan lagi, ada juga skenario dimana salah satu dari kedua robot tersebut terbakar. Sehingga kru dari Battlebots harus memasuki arena untuk memadamkan api tersebut.

Pertandingan akan berakhir sekaligus dimenangkan, apabila salah satu robot peserta tidak dapat bergerak selama tiga puluh detik karena rusak atau terjebak dalam part berbahaya yang sengaja di tanamkan pada arena Battlebots sehingga dinyatakan gugur. Para pengendali atau yang mengontrol robot tersebut juga diperbolehkan memanggil “tap out” untuk mengambil robotnya apabila robot kendalinya akan segera hancur, namun dengan resiko akan kehilangan pertandingan.

Jika dalam waktu 3 menit pertandingan kedua robot mampu bertahan, pemenangnya akan ditentukan dari perhitungan point yang diberikan oleh juri. Dimana tiga juri memiliki hak untuk mendistribusikan total 45 poin (15 poin hakim, 5 poin per hakim per kategori) dari tiga kategori yang menjadi acuan penilaian, yaitu Agresi, Strategi, dan Kerusakan. Point Agresi mencakup dari perjuangan robot untuk menghancurkan lawanya sedangkan Point Strategi mencakup seberapa baik robot mengeksploitasi kelemahan lawannya, melindungi sendiri, dan menangani bahaya.

Battlebots Arena

Battlebox
Battlebox

Arena pertandingan Battlebots disebut dengan Battlebox, sebuah arena pertempuran berbentuk persegi dengan lantai yang terbuat dari besi baja, bagian dinding juga dilapisi dengan kaca anti peluru polikarbonat yang dirancang khusus untuk melindungi driver dan penonton dari pecahan-pecahan robot yang beterbangan waktu pertarungan. Tim yang akan bertanding membawa robot mereka masing – masing melalui sebuah pintu arena yang nantinya akan disegel setelah para kru Tim keluar. Dan para pengendali atau controllers akan mengendalikan robot andalan mereka dari luar arena.

Dan salah satu yang menarik dari Battlebox ini adalah Danger Arena, yaitu sebuah arena yang dilengkapi dengan part mematikan yang bisa menghancurkan setiap robot yang sedang bertempur. Dengan kata lain, Danger Arena ini bertujuan untuk menguji kelihaian setiap controllers saat mengendalikan robot masing – masing. Selain itu para controllers juga bisa menggunakan part mematikan tersebut untuk melumpuhkan bahkan menghancurkan robot lawan. Dan berikut part – part berbahaya yang ada di dalam Danger Arena;

Pulverizers
Pulverizers

Pulverizers adalah sebuah bahaya yang mengancam setiap robot yang sedang bertempur, mengambil wujud sebuah palu godam dengan berat 50 pound sampai 150 pound. Pulverizers akan aktif dan menghantam apapun yang ada di dekatnya, part ini akan menjadi momok menakutkan bagi robot kelas Lightweight – Middleweight.

Spike Strips
Spike Strips

Spike Strips merupakan ancaman berikutnya bagi robot yang berada di Danger Arena, Spike Strips sendiri merupakan rangkaian paku tajam yang tersusun padi dinding arena Batlebox. Mendorong dan menghempaskan robot lawan ke bagian ini bisa melumpuhkan gerakan robot tersebut.

The Ramrods
The Ramrods

The Ramrods masih mengambil wujud paku, namun sedikit berbeda dengan spike strips. The Ramrods tertanam di lantai yang mampu menghujam keatas secara otomatis, meskipun sedikit terbilang sadis namun the ramrods hanya menimbulkan kerusakan minimal pada robot.

Killsaws
Killsaws

Killsaws memiliki kemiripan dengan The Ramrods karena juga tertanam dilantai, seperti namanya Killsaws adalah sebuah set gergaji pembunuh yang akan akan muncul dan menyebabkan kerusakan pada robot yang melintas di atasnya.

Pistons
Pistons

Pistons menjadi salah satu penyebab berakhirnya sebuah pertandingan Battlebox karena memiliki tingkat kehancuran tinggi, pistons sendiri merupakan besi berbentuk silinder yang tertanam di lantai yang mampu menyerang robot yang melintas diatasnya.

Screws
Screws

Screws mungkin bisa dibilang sebagai penyebab utama dari kehancuran robot, karena posisinya yang berdekatan dengan Pulverizers. Fungsi screws sendiri adalah menarik setiap robot yang terjebak kearah pulverizers untuk di hentak, jadi bisa dibilang Screws dan Pulverizers adalah kombinasi pembunuh dalam arena Battlebox.

Dan masih banyak lagi Danger Arena yang terdapat pada Battlebox yang mampu merusak dan melumpuhkan robot petarung. Turnamen Battlebox ini menggunakan sistem eliminasi, dimana setiap robot yang dikendalikan oleh masing – masing Tim akan akan berjuang dan saling membunuh untuk mencapai tahta tertinggi di Battlebots.

Battlebots Robots

 

Battlebots mungkin bisa menjadi jawaban untuk kamu yang sudah bosan dengan sebuah pertandingan fighting mainstream yang pernah kamu tonton, karena selain seru, strategi yang digunakan setiap Tim untuk mengalahkan lawannya juga sangat menarik untuk diikuti. Tulisan ini hanya untuk memberi informasi, nah kalau kamu pensaran dengan turnamen yang satu ini bisa langsung search di YouTube. yuk mari cek beberapa video pertempuran antar robot ini…

VIDEO Battlebots: Turnama Pertempuran antar Robot

Oke itu mungkin itu aja sih, dan jangan lupa juga untuk menuliskan komentar kamu dikolom komentar ya tentang duel para robot penghancur ini. Tengkyu 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!