7 Aksi Peretasan Terbesar dan Terhebat yang Menghebohkan Dunia Sepanjang Sejarah

Aksi Peretasan Terbesar yang Menghebohkan Dalam Sejarah
Aksi Peretasan Terbesar yang Menghebohkan Dalam Sejarah

Nasionalis.ID – Dunia internet ini memang sangat luas ya pren? Sejak pertama kali internet ini di temukan, banyak manusia-manusia jenius yang bermunculan dari sisi gelap internet. Manusia-manusia ini biasa disebut dengan Hacker, dan Hacker/Peretas sendiri adalah seseorang yang melakukan kegiatan mempelajari serta menerobos sebuah sistem keamanan komputer ataupun jaringan komputer, tanpa ada hak akses yang legal.

Dunia Hacking sangat menarik untuk selalu diikuti perkembangannya, hingga saat ini sudah banyak kasus-kasus yang menjadi korban dari aksi para Hacker. Dari aksi-aksi mereka yang berdampak besar tersebut, banyak nama dan juga kelompok Hacker yang mencuat ke permukaan, dan tak jarang membuat mereka direkrut oleh pemerintah atau malah dipenjarakan. Nah, dari sekian banyak operasi Hacking yang mereka lakukan, saya mengambil beberapa aksi terbesar dalam sejarah yang saya tuliskan dibawah ini.

1. Peretasan Tunggal Situs-situs Besar

Michael Demon Calce Melakukan Aksi Peretasan Pada Usia 15 Tahun
Michael Demon Calce Melakukan Aksi Peretasan Pada Usia 15 Tahun

Pada tanggal 7 Februari 2000 seorang Hacker bernama Michael Demon Calce, melakukan peretasan terhadap situs ternama Yahoo. Dia berhasil membuat server Yahoo menjadi kelebihan beban, yang membuat Yahoo sempat down selama beberapa jam. Selang beberapa waktu Hacker dengan nama samaran MafiaBoy ini kembali melancarkan serangan terhadap situs besar lainnya, seperti Ebay, CNN, Amazon serta Dell. Aksinya tersebut membuat dunia Cyber menjadi gempar pren, namun dia berasil ditangkap FBI dan kepolisian kanada.

Dia berhasil ditangkap karena dia mengklaim bahwa di adalah orang yang bertanggung jawab atas down-nya server situs-situs besar tersebut. Pada 12 September 2001, MafiaBoy dihukum menjalani tahanan luar selama 8 bulan, 1 tahun percobaan, pelarangan menggunakan internet serta dikenai sejumlah denda. Dia mengakui kalau aksinya tersebut dilakukan semata-mata hanya untuk mengangkat nama kelompoknya. Yang membuat kasus ini lebih heboh lagi adalah, dia melakukan aksinya tersebut hanya dalam waktu beberapa jam dan di saat umurnya masih 15 tahun. Keren B-)

2. Peretasan TJX

TJX Berhasil diretas Dan dicuri Data Kartu Kredit Pelanggannya
TJX Telah diretas Dan dicuri Data Kartu Kredit Pelanggannya

TJX sendiri adalah perusahaan perdagangan yang membawahi perusahan retailer, seperti TJ Maxx, Marshall’s, dan HomeGoods. Kasus peratasan terhadap perusahaan publlik asal Amerika Serikat ini didalangi oleh seorang Hacker legendaris bernama Albert Gonzalez. Pada tahun 2006 lalu Gonzalez berhasil membobol masuk kedalam database jaringan perusahaan tersebut dan ia mencuri data kartu kredit para pelanggan TJX. Aksinya tersebut berakhir pada tahun 2007, dan selama 18 bulan Gonzalez berhasil mencuri sekitar 94 juta data kartu kredit serta debit dari pelanggan. Akibat dari peretasan tersebut perusahaan mengalami kerugian yang sangat besar, namun pihak TJX tidak mau membeberkan berapa total kerugian yang mereka alami.

3. Peretasan Heartland Payment Systems

Heartland Payment Systems diretas Oleh Albert Gonzalez, Orang Yang Sama Dengan Pelaku Peretasan TJX
Heartland Payment Systems diretas Oleh Albert Gonzalez, Orang Yang Sama Dengan Pelaku Peretasan TJX

Aksi sang Hacker Albert “Soupnazi” Gonzalez tidak hanya pada perusahaan TJX saja. Pada tahun 2009 Gonzalez kembali melakukan aksi peretasan, namun kali ini targetnya adalah perusahaan Heartland Payment Systems. Perusahaan ini bergerak dalam bidang penyedia layanan kartu kredit, Gonzalez dan kawan-kawanya berhasil mencuri data kartu kredit pelanggan dengan jumlah yang lebih besar dari TJX sebelumnya. Tercatat ada sekitar 134 Juta kartu kredit yang berhasil di curi. Untuk melakukan aksinya tersebut, Gonzales tetap menggunakan virus SpyWare yang sebelumnya ia gunakan untuk meretas TJX.

Bayangkan aja pren, jika 134 Juta karu kredit tersebut diambil masing-masing 1 US Dollar saja, berapa yang bisa Gonzalez peroleh? Yap, Gonzalez bisa mendapat 134 Juta USD atau sekitar 1,7 Triliun Rupiah, bener-bener gila ni orang. Namun aksinya tersebut berhasil dihentikan, dan pada tahun 2010 lalu, Gonzales di jatuhi vonis hukuman 20 tahun penjara. Gonzalez alias Soupnazi ini meminta maaf kepada Ayah, Ibu serta kakaknya, Gonzalez mengatakan bahwa sebenarnya dia tau apa yang dia perbuat itu salah, namun dia tidak bisa menghentikannya karena dia kecanduan internet.

4. Peretasan Sony PlayStation Network

Data Akun Pengguna PlayStation Network Yang Telah Terenkripsi Berhasil dibobol Hacker
Data Akun Pengguna PlayStation Network Yang Telah Terenkripsi Berhasil dibobol Hacker

Sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang game ini, pernah menjadi korban peretasan pada bulan April 2011. Sekolompok Hacker berhasil menghebohkan dunia dengan menembus sistem keamanan Sony dan mencuri 77 Juta data akun serta kartu kredit yang telah di enkripsi. Dalam aksi yang berlangsung selama 2 hari ini, membuat banyak user tidak bisa memainkan game di PS 3 dan PS portable secara online via layanan Sony PlayStation Network. Setelah pihak Sony melakukan penelusuran, kasus peretasan tersebut mengarah kepada kelompok Hacker Anonymous.

Hal itu di ungkapkan Sony karena mereka mengindikasi bahwa adanya aksi balas dendam terhadap Sony, yang sebelumnya telah menyeret 2 nama akibat aksi peretasan. Namun pihak Anonymous membantah keras tuduhan tersebut, dengan mengeluarkan pernyataan yang bertuliskan “For once we didn’t do it.” Akibat dari aksi peretasan tersebut, Sony menanggung biaya recovery sebesar 171 Juta Dollar. Selain itu Sony juga tepaksa mematikan sistem dan menghentikan pengoprasian selam kurang lebih 23 hari.

5. Peretasan Epsilon

Data Email Epsilon Menjadi Target Serangan Hacker
Data Email Epsilon Menjadi Target Serangan Hacker

Pada tahun 2011 silam perusahaan pemasaran online yang berbasis di Dallas, Texas ini melaporkan bahwa mereka telah menjadi korban peretasan, dan banyak data yang telah dicuri dari mereka. Hal ini mereka ketahui setalah adanya laporan dari klien Epsilon bahwa dari subset data pelanggan Epsilon, terpapar entri yang tidak sah ke dalam sistem email Epsilon. Juru bicara Epsilon  mengatakan bahwa seorang Hacker (belum diketahui namanya) berhasil menerobos masuk ke jaringan sistemnya, dan menganggap ini sebagai pencurian terbesar dalam sejarah Epsilon.

Data yang di curi tersebut berupa informasi, nama dan e-mail, namun pihak Epsilon tidak menjelaskan berapa total jumlah data yang dicuri tersebut. Selain data tersebut, Epsilon juga membenarkan alamat email konsumen Barclaycard telah berhasil dicuri, namun khusus daerah Amerika Serikat saja. Pihak Epsilon menjelaskan bahwa mereka sudah bekerjasama dengan Penegak Hukum unutk menangani kasus pencurian data e-mail tersebut. Akibat dari aksi peretasan ini sejumlah perusahaan langsung terkena dampaknya, seperti Capital One, JP Morgan Chase, Hotel Marriot International Group, AbeBooks (anak perusahaan Amazon) dan jaringan supermarket besar AS Kroger.

6. Peretasan Israel

Serangan Anonymous Terhadap Israel disebut #OpIsrael
Serangan Anonymous Terhadap Israel disebut #OpIsrael

Serangan Hacker yang disebut dengan OpIsrael ini adalah serangan Cyber besar-besaran dan juga terorganisir. Operasi yang terjadi pada 7 April 2013 ini melibatkan kelompok Hacker Anonymous di seluruh dunia. Melalui pesan dari salah satu anggota Anomymous yang mengatakan “Mulai lawan Israel dan lakukan serangan cyber pada tanggal 7 April,” banyak kelompok hacker yang Pro-Palestina dari seluruh penjuru dunia memutuskan untuk ikut bergabung dalam operasi tersebut. Pihak Anonymous menyatakan bahwa aksi mereka berhasil dengan melumpuhkan ribuan situs pemerintahan, militer, perusahaan sampai dengan account Facebook, Twitter. Selain itu data penting kenegaraan serta data kartu kredit juga berhasil dicuri, bahkan ada sebagian situs yang di hapus paksa.

Namun setelah serangan tersebut di luncurkan, muncul sebuah nama dari pasukan elit Cyber Israel  bernama “Buddax”. Buddax mengklaim bahwa dia berhasil memperoleh akses ke beberapa komputer dari anggota Anonymous, serta mendapat screenshot dari webcam komputer yang mereka gunakan. Tidak hanya itu Buddax juga menuliskan pesan yang muncul di komputer anggota Anonymous tersebut dengan tulisan “Saya juga bukan seorang peretas ulung. Tapi saya cukup mahir untuk membongkar dirimu”. Beberapa anggota tersebut di duga berasal dari Indonesia, Malaysia, Portugal, Inggris, Italia, Swiss, Finlandia, Aljazair dan Arab Saudi. Setelah itu beberapa anggota tersebut juga tidak tinggal diam, mereka masih terus melumpuhkan sejumlah situs-situs penting milik Israel.

7. Peretasan Website ISIS

Anonymous Meretas Ratusan Website Milik ISIS
Anonymous Meretas Ratusan Website Milik ISIS

Selain Israel, kelompok Hacker terbesar di dunia Anonymous juga mengibarkan bendera perang terhadap ISIS. Pernyataan perang itu mereka lontarkan setelah insiden pengeboman di Paris November 2015 lalu. Tak hanya untuk kelompoknya saja, Anonymous juga mengajak semua orang untuk ikut ambil bagian dalam penyerangan ISIS melalui jalur Cyber ini. Kelompok Hacker satu ini memang terkenal blak-blakan dan Anonymous juga memberikan panduan Hacking untuk menyerang ISIS. Panduan itu antara lain adalah NoobGuide (panduan dasar hacking), Reporter (panduan membuat twitterbot), Searcher (panduan untuk mencari dan menemukan website milik ISIS).

Panduan-panduan tersebut mereka rilis dalam saluran Internet Relay Chat (IRC) milik Anonymous, dan menyimpan teksnya dalam Ghostbin (semacam Pastebin). GhostSec sebuah grup yang berafiliasi dengan Anonymous berhasil meretas website milik ISIS dan merubah tampilan website tersebut menjadi sebuah iklan jualan obat yaitu CoinRx. CoinRx sendiri adalah sebuah situs penjualan obat terkemuka yang berasal dari Deep Web, dengan mata uang virual seperti BitCoin sebagai alat pembayarannya. Tidak hanya itu, Anonymous juga melumpuhkan Ratusan website propaganda milik ISIS di seluruh dunia serta Puluhan Ribu akun Twitter ISIS.

Yah itulah pren 7 Aksi Peretasan Terbesar dan Terhebat yang Menghebohkan Dunia, gimana kamu tertarik nggak dengan aksi-aksi Hacker diatas? Dalam dunia peretasan, aksi dari para peretas (Hacker) memang selalu mengundang perhatian tersendiri dan menarik pula untuk diikuti perkembangannya, dan saat ini pun sudah banyak film tentang Hacker. Saya sendiri pun senang menelusuri dan mencari tau kisah ataupun aksi para Hacker didunia. Kalau kamu mengetahui aksi peretasan besar lainnya, mungkin bisa kamu bagikan lewat kolom komentar dibawah. Makasi 🙂

Keywords:

  • serangan hacker terbesar di dunia
  • perang hacker terbesar di dunia
  • aksi anonymous
  • kasus hacker terbesar
  • kasus peretasan terbesar
  • kasus hacker terbesar di dunia
  • peretasan terbesar sepanjang sejarah
  • kasus peretasan
  • peretasan terbesar
  • film tentang peretasan
About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!