Deep Web, Sisi Terdalam Dari Dunia Internet Yang Tidak Mudah Kita Akses

Mungkin Masih Banyak Dari Kita Yang Tidak Mengetahui Tentang Adanya Deep Web ini
Mungkin Masih Banyak Dari Kita Yang Tidak Mengetahui Tentang Adanya Deep Web ini

Nasionalis.ID – Di jaman yang serba modern seperti saat ini, kehadiran internet sangatlah bermanfaat bagi kita. Bahkan banyak dari kita yang menjadikan internet sebagai kebutuhan sehari, tanpa internet mereka merasa ada yang kurang. Banyak yang dapat kita pelajari dari web-web yang kita akses melalui internet tersebut, ya nggak pren? Namun tahukah kamu, web yang sering kita akses seperti Google, Yahoo, Bing, Wikipedia, Amazon atau yang lainnya, itu hanyalah sebagian kecil dari semua bagian internet yang sebenarnya.

Mengenal Deep Web

Sedikit Pengertian Mengenai Deep Web
Sedikit Pengertian Mengenai Deep Web

Perlu kamu ketahui, bahwa internet yang sering kita akses dengan mudah ini hanyalah 4% dari keseluruhan internet yang ada. Lalu di mana 96% lainnya? Bagian terdalam dari internet yang tidak bisa kita akses begitu saja disebut dengan istilah Deep Web. Istilah ini diperkenalkan oleh Mike Bergman, sang pendiri BrightPlanet. Dan isi dari Deep Web ini, tidak bisa kita temukan oleh mesin pencari biasa, seperti Google, Yahoo dan mesin pencari yang umum lainnya. Istilah lain dari Deep Web adalah Deepnet, DarkNet, Invisible Web, Undernet atau Hidden Web, dan di situlah 96% bagian internet berada.

Isi Dari Deep Web

Deep Web Berisi Konten-konten yang Ilegal dan Berbahaya
Deep Web Berisi Konten-konten yang Ilegal dan Berbahaya

Kenapa Deep Web tidak mudah di akses? Jawabannya sangat simple, karena Deep Web ini memang sangat berbahaya bagi kita pengguna internet biasa, banyak hacker atau pihak lain yang dengan mudah mengetahui keberadaan kita saat berselancar di Deep Web ini. Maka dari itu untuk kita yang tidak mengerti apa-apa tentang internet, lebih baik sangat berhati-hati ketika masuk ke Deep Web. Kecerobohan sekecil apapun, memungkinkan hacker atau pihak yang berada di Deep Web mengungkap identitas dan mengambil informasi yang kita miliki.

Sebenarnya apa aja sih yang ada di Deep Web ini? Nah, isi dari Deep Web inilah yang sewajarnya tidak kita akses. Karena Deep Web ini berisi tentang hal-hal yang bersifat ilegal. Seperti, jual beli narkoba, jasa pembunuh bayaran, jual beli manusia, pornografi ilegal, eksploitasi anak sebagai obyek seks, konten yang dibuat oleh para hacker, black market, bahkan penelitian yang menggunakan manusia sebagai bahan percobaan dan masih banyak konten ekstrim lainnya. Intinya di dalam Deep Web ini sangatlah luas dan berisi tentang konten-konten berbahaya.

Menjelajahi Deep Web

Deep Web Bisa diakses Menggunakan TOR Browser
Deep Web Bisa diakses Menggunakan TOR Browser

Memanglah isi dari Deep Web ini tidak sewajarnya kita akses, apalagi kita yang hanya mengenal internet secara umum saja. Tapi kalau kamu benar-benar penasaran dengan isi dari Deep Web, silahkan mencobanya sendiri. Yang terpenting adalah perhatikan tips dari saya ini, 1. berhati-hati, 2. jangan berindak ceroboh, 3. jangan pernah login ke situs man pun ketika browsing, 4. waspadai traffic yang mencurigakan, 5. jangan menyimpan sandi apapun di browser, 6. jangan mengunduh menggunakan IDM, 7. gunakan block pop-up. Jadi cukuplah kamu mengetahui isi dari Deep Web, jangan sampai berselancar terlalu jauh jika kamu belum benar-benar mengerti tentang internet.

Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, tapi ini untuk kebaikan kamu sendiri. Karena saya tidak bisa menjamin apa yang akan terjadi ketika kamu berselancar di Deep Web tersebut. Dan satu hal lagi, Deep Web ini tidak bisa di akses menggunakan browser yang kita pakai sehari-hari. Ada browser khusus yang bernama TOR (The Onion Router), dengan TOR kamu bisa mengakses Deep Web dengan mudah. Karena situs-situs di Deep Web ini tidak menggunakan .(dot)com tapi menggunakan .(dot)onion, dan nama-namanya cenderung sulit di ingat.

Kalau kamu memang penasaran tentang Deep Web ini, kamu bisa gunakan browser TOR di Google, dan cari alamat situsnya di Hidden Wiki. Dan perlu diingat lagi, kalau kamu memang belum paham betul tentang internet sebaiknya berhati-hati dan perhatikan tips-tips di atas. Tapi kalau kamu seorang internet surfer handal serta tau lebih banyak tentang Deep Web ini, silahkan sharing ilmu kamu lewat komentar di bawah.

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!