7 Mobil Sport Asal Jepang Yang Menjadi Legenda Karena Keganasannya di Jalanan

Mobil-mobil Sport Legendaris Yang Paling Populer Dari Jepang
Mobil-mobil Sport Legendaris Yang Paling Populer Dari Jepang

Nasionalis.ID – Bila kita berbicara tentang mobil sport, tentu saja dalam benak kita akan terbayang sebuah mobil berpenampilan elegan dan memiliki kecapatan yang diatas rata-rata. Seiring berkembangnya jaman serta kemajuan modern, pabrikan-pabrikan mobil sport mengalami masa kejayaannya masing-masing. Saat ini, predikat mobil sport tercepat dipegang oleh pabrikan asal Amerika, dengan mobilnya Hennessey Venom GT yang mampu melaju hingga kecepatan 270 mph (434 kmh).

Tapi di era 1990 sampai 2000’an, masa kejayaan mobil sport dipegang oleh produsen-produsen asal Jepang. Mobil-mobil sport pada masa itu, disukai hampir semua kalangan serta menuai banyak pujian positif dari pengamat dan penggila mobil dengan kecapatan tinggi. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa mobil-mobil sport asal Jepang tersebut adalah mobil sport yang legendaris. Nah, untuk itulah saya kembali menghadirkan mobil-mobil sport yang meraih masa kejayaan diera 1990-2000an tersebut

Honda S2000

Honda S2000
Honda S2000

Mobil diproduksi oleh Honda Motor Company ini menggunakan kerangka berjenis Roadster 2 pintu dan nama S2000 diambil dari volume silindernya yang menggunakan silinder 2000 cc. Honda S2000 pertama kali diperkenalkan dalam rangka memperingati 50 tahun berdirinya perusahaan Honda tepatnya April 1999. Hingga akhir produksi di bulan Juli 2009, mobil sport ini mengalami beberapa perbaikan drivetrain serta suspensinya di tahun 2004.

Bagian Belakang Honda S2000
Bagian Belakang Honda S2000

Walaupun tanpa menggunakan  turbo, tapi mesin 2.0L I-4 F20C 4 silinder 2.000 cc-nya mampu menghasilkan kekuatan 240 hp (horse power), mengungguli mesin bersilinder 2000 cc lainnya yang rata-rata hanya mampu menghasilkan tenaga 150 hp (horse power).

Tak hanya itu saja, Honda S200 mampu berakselerasi dari 0-60 mph (0-100 kmh) hanya dalam waktu 6,4 detik dan menyelesaikan perjalanan sepanjang 400 meter dalam waktu 14,7 detik saja. Dalam urusan handling mobil yang bertransmisi 6 speed-manual inisangat mengagumkan, hal itu lebih ditunjang lagi dengan bobot mobil depan dan belakang yang hampir 50:50, sehingga Honda S2000 kerap dijuluki sebagai mobil yang memiliki handling cekatan.

Mazda RX-7

Mazda RX-7
Mazda RX-7

Dari namanya tentu saja kita sudah paham kalau RX-7 merupakan produksi perusahaan otomotif Mazda Motor Corporation (1978-2002), yang bermarkas di Fuchu, Distrik Aki, Hiroshima, Jepang. Walaupun disebut-sebut memiliki penerus, yaitu Mazda RX-8.

Namun banyak pecinta mobil sport yang lebih terpikat dengan pesona dan performa RX-7. Sejak awal produksinya di tahun1978, Mazda RX-7 terus mengalami perubahan dari generasi pertama (SA22CC), generasi kedua (FC) dan generasi ketiga (FD).

Bagian Belakang Mazda RX-7
Bagian Belakang Mazda RX-7

Pada generasi pertamanya, Mazda RX-7 menggunakan mesin Wankel/Mesin Rotary (mesin pembakaran dalam, yang mengubah tekanan menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu) dengan silinder 1,146 cc, yang mampu menghasilkan daya sebesar 135 hp (horse power).

Hingga kemudian muncul generasi ketiga, yang menggunakan mesin bertipe 13B-REW 1.300 cc dan ditambah dengan Twin-Turbocharged, membuat Mazda RX-7 mampu menghasilkan tenaga sebesar 280 hp (horse power). RX-7 digadang-gadang menjadi salah satu mobil sport terkuat, karena mampu mempermalukan mobil-mobil sport lain yang bermesin besar. Walaupun menggunakan transmisi 5 speed-manual, tapi mobil sport ini tak halus dan nyaman dibandingkan dengan mobil-mobil saat ini.

Toyota Celica

Toyota Celica
Toyota Celica ZZT230

Toyota Celica merupakan mobil sport coupe (3 doors liftback) yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation asal Jepang. Mobil sport tersebut diproduksi dari tahun 1970 hingga tahun 2006, dari generasi 1 hingga generasi 7. Celica sangat populer dan banyak diminati, karena memiliki handling yang lincah serta tampilan eksterior yang mewah dan sporty.

Celica generasi ke-6 (1994-1999) juga terdapat varian GT-Four dengan kode ST205, yang digadang-gadang sebagai versi paling cepat di antara varian yang ada dan juga paling cepat dari varian GT-Four di generasi-generasi sebelumnya.

Bagian Belakang Toyota Celica
Bagian Belakang Toyota Celica

Menggunakan mesin 2.0 L Turbo 3S-GTE I4 membuatnya mampu memproduksi tenaga sebesar 250 hp, sedangkan untuk penjualan ke luar negeri 237 hp. Di tahun 1994 mobil ini diikut sertakan dalam kompetisi Rally of Australia dan menjadi mobil resmi di kejuaraan rally dunia (WRC) tahun 1995.

Untuk Celica generasi terakhir/7 (2000-2006), terdapat 2 varian yaitu ZZT230 dan ZZT231. Varian ZZT230 menggunakan mesin 1.8 liter 1ZZ-FE VVT-i (VVT-i disebut GT untuk Amerika/SS-I untuk Jepang), sedangkan ZZT231 menggunakan mesin berkekuatan besar yaitu 1.8 liter 2ZZ-FE VVTL-i (VVTL-i disebut GT-S/untuk Amerika/SS-II untuk Jepang). Celica generasi ke-7 ini memiliki ukuran lebih kecil dan lebih ringan dari generasi sebelum, sehingga mampu memberikan perbandingan dari segi kecepatan dan kelincahan.

Toyota Supra

Toyota Supra JZA80
Toyota Supra JZA80

Selain Celica, perusahaan yang bermarkas pusat di Toyota, Aichi, Jepang tersebut, juga memiliki mobil sport yang tak kalah keren dan populer, apa lagi kalo bukan Toyota Supra (1978-2002). Pada mulanya, Toyota Supra merupakan versi mewah dari Toyota Celica, namun mulai pada tahun 1986 Supra menjadi sebuah mobil sport yang berdiri sendiri, tidak lagi menjadi versi mewah dari Celica (tidak ada hubungannya lagi).

Seperti halnya Celica, Toyota Supra juga dibuat dengan beberapa generasi, yaitu empat generasi hingga tahun 2002. Generasi pertama bernama Celica XX untuk penjualan di Jepang, dan Celica Supra untuk penjualan di luar negeri. Celica XX tersedia dalam beberapa tipe mesin, antara lain tipe M 2000 cc, 4M 2600 cc, dan 5M 2800 cc.

Generasi kedua tidak jauh berbeda dari generasi pertama Sedangkan generasi ketiga yang diproduksi mulai tahun 1986 (versi resmi Toyota Supra), sudah banyak mengalami perubahan serta peningkatan yang cukup signifikan. Walaupun tetap menggunakan body Liftback, namun mobil sport yang bernama Supra MA70 ini tersedia dengan beberapa mesin terbaru, antara lain 2000 cc 1G-GEU & 1G-GTE turbo, 2500 cc 1JZ-GTE dan 2 juga mode Transmisi, yaitu 5 speed manual dan 4 speed automatic.

Bagian Belakang Toyota Supra
Bagian Belakang Toyota Supra

Sedangkan untuk penjualan ke luar negeri (export), Supra MA70 menggunakan mesin 3000 cc 7M-GE normally aspirated dan 7M-GTE turbo. Mobil sport ini memiliki teknologi yang terhitung canggih pada masanya, seperti rem ABS serta TEMS (Toyota Electronic Modulated Suspension), sebuah teknologi yang dapat mengatur kekerasan pada suspensi. Di tahun berikutnya, tepatnya tahun 1987, Toyota Supra MA70 Toyota menjadi mobil balap resmi Team Europe pada Kejuaraan Rally Dunia (WRC).

Kemudian di tahun 1993, muncul Generasi keempat dari Toyota Supra dengan seri JZA80. Supra JZA80 adalah mobil sport yang paling cepat diantara generasi-generasi sebelumnya. Hal itu disebabkan karena menggunakan mesin bertenaga besar, yaitu 2JZ-GTE Turbocharged berkapasitas 3000 cc dengan mode transmisi 6 speed-manual. Alhasil, mobil sport ini mampu melaju hingga kecepatan 270 km/jam dan akselarasi dari 0-60mph (o-100 kmh) hanya dalam waktu 4,3 detik saja. Walaupun, desain bodinya agak sedikit tambun dari pada generasi sebelumnya, namun Supra JZA80 diyakini lebih aerodinamis karena menggunakan spoiler dengan ketinggian yang tepat.

Mitsubishi Lancer Evolution

Lancer Evo IX
Lancer Evo IX

Saya rasa sudah banyak yang kenal mobil sport satu ini, mobil yang diproduksi oleh perusahaan yang berlogo 3 berlian tersebut, menjadi mobil yang sangat populer pada masanya. Mitsubishi terus melakukan perkembangan untuk mobil sport Lancer Evolution atau biasa dikenal dengan nama Lancer Evo miliknya, mulai dari Lancer Evo I hingga Lancer Evo X.

Mitsubishi Lancer Evolution dikenal memiliki performa yang sangat tinggi, lincah ditikungan dan juga kenyamanan yang khas di jalanan. Pada Lancer Evo I menggunakan mesin 2,0 L turbocharged dan drivetrain (penggerak) berupa 4WD. Mobil tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 244 hp (horse power) dan melaju dengan kecepatan maksimal 142 mph (228 kmh).

Gentlemen’s Agreement memberi batasan untuk spesifikasi mobil Jepang, yaitu performanya tidak boleh dari 280 PS (276 hp). Hal itu sudah diterapkan pada Lancer Evo IV, yang menambahkan mesin Twin-Turbocharged kedalamnya, sehingga bisa lebih menambah performa dari seri-sebelumnya, yakni sebebesar 276 hp (horse power).

Lancer Evo IX
Lancer Evo IX

Setelah Lancer Evo IV, Lancer-lancer Evo yang selanjutnya terus mengalami perkembangan dan pertambahan kecepatan. Dan itu terbukti pada Lancer Evo IX, yang menggunakan 2,0 L Mitsubishi Sirius 4G63T MIVEC (berteknologi variable valve timing) serta merivisi desain turbochargernya, sehingga mampu menamba daya resmi menjadi 291 PS (287 hp). Sedangkan dipasaran luar negeri, khususnya Inggris, Evo IX memiliki versi resmi yang berdaya 405 hp.

Bahkan untuk generasi terakhir yaitu Evo X (2005), Mitsubishi juga melakukan banyak perubahan, mulai dari pengunaan mesin baru 2.0L 4B11T (semua-aluminium inline-4 GEMA mesin) dan menggunakan HKS di bagian Turbocharger. Ditambah dengan transmisi 6-speed TC-SST (Twin Clutch Transmission shift Sportronic), Evo X mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 hp-360 hp.

Subaru WRX STI

WRX STI
WRX STI

WRX versi STI (Subaru Technical International) merupakan mobil sport yang menjadi pesaing berat dari Lancer Evolution. Karena produkan Subaru tahun 2004 ini, mampu mengalahkan dominasi Lacer Evo IX dan merupakan mobil tercepat dari semua versi WRX.

Subaru Impreza WRX STI mengunakan mesin 2.0 L EJ20 (untuk di Amerika 2.5 L EJ257) Turbo-charged yang menghasilkan tenaga sebesar 298 hp – 300 hp (horse power) untuk varian STI “S201”. Kemudian, Subaru kembali melakukan perbaikan, sehingga berhasil menciptakan varian baru STI “S206”.

WRX STI S206
WRX STI S206

Menggunakan mesin 2.5 L EJ255 Turbocharged Flat-4, mampu menaikkan tenaga hingga sebesar 316 hp (horse power). Akselerasinya pun sangat memukau, dari 0-60 mph (100 kmh) mampu dilibas dalam waktu 4,5 detik saja.

Di tahun 2006, WRX STI hadir dengan spoiler dibagian belang serta mendapat Driver Controlled Centre Differential (DCCD) yang telah disempurnakan. DCCD sendiri adalah alat yang dapat mendistribusikan torsi ke differential depan dan belakang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan. Dan pada tahun 2007, WRX STI kembali hadir dengan tema Limited Edition dengan warna merah serta spoiler yang lebih kecil.

Nissan Skyline

Nissan Skyline GT-R
Nissan Skyline GT-R

Bagi pecinta ottomotif khususnya mobil sport, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan gila yang satu ini. Di dunia film dan juga game balap mobil, Nissan Skyline kerap muncul dengan tampilan sporty dan laju yang luar biasa kencang. Bahkan dalam event dunia nyata pun, Nissan Skyline sangat terkenal ganas, karena berhasil mengalahkan lawan-lawannya.

Generasi yang paling populer dan paling banyak disukai dari Nissan Skyline adalah generasi kelimanya yang tidak lain dan tidak bukan adalah Nissan Skyline GT-R R34. Tidak hanya dari tampilannya yang sporty dan tidak menjenuhkan, tapi juga mesinnya yang sangat bertenaga, membuat Skyline GT-R R34 menjadi pilihan para penggemar mobil cepat.

Bagian Belakang Nissan Skyline
Bagian Belakang Nissan Skyline

Menggunakan mesin bertenaga RB26DETT (RB= Racing Build, 26= 2600 cc, D= DOHC, E=EFI/Electronic Fuel Injetcion, TT= Twin Turbo) berkatup 24 dengan sistem buka tutup (DOHC). Alhasil, Skyline GTR-R R34 mampu menghasilkan tenaga sebesar 499 PS (493 hp), dan melibas lintasan sejauh 402 meter dalam waktu 10,06 detik saja.

Hebatnya lagi, mesin dari Nissan Skyline GT-R R34 masih dapat di oprek atau dimodifikasi, dan bisa menghasilkan tenaga hingga lebih dari 700 hp (horse power). Bahkan, HKS pernah mencoba membuild-up mesin RB26DETT pada mobil Nissan Skyline R33, dan berhasil menaikkan dayanya hingga ke angka 1000 hp.


Gimana pren, keren-keren kan mobil? Kalau kamu pecinta game balap mobil, seperti NFS: Underground 2 atau NFS (Need For Speed) lainnya, pasti kalian bakal menemukan mobil-mobil sport diatas. Karena memang, mobil-mobil sport pabrikan asal jepang tersebut, sangatlah populer dan terkenal ganas pada masanya. Nah, kalau kamu tau informasi seputar mobil sport legendaris asal Jepang lainnya, silahkan utarakan pendaptmu di kolom komentar ya. Terimakasih…

Keywords:

  • mobil sport jepang
  • mobil legendaris
  • mobil sport buatan jepang
  • mobil jepang tercepat
  • mobil sport jepang terbaik
  • mobil legenda
  • mobil rally tercepat di dunia
  • mobil legendaris jepang
  • mobil sport jadul
  • Mobil rally terbaik
About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!