5 Motor Klasik yang Mirip Sepeda Ontel ini Terjual Dengan Harga yang Fantastis

Motor-motor Klasik Unik ini Memiliki Harga Jual yang Cukup Mahal
Motor-motor Klasik Unik ini Memiliki Harga Jual yang Cukup Mahal

Nasionalis.ID – Sepeda motor menjadi alat transportasi yang paling banyak digunakan saat ini, selain praktis, alasan menghindari kemcetan sangatlah umum di ucapkan para pengguna motor. Dari pertama kali pembuatannya sepeda motor banyak sekali mengalami perkembangan, entah dari segi tampilan ataupun mesin penggeraknya, selain itu jenis dan merek sepeda motor pun beragam, mulai dari Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki dan sebagainya.

Di zaman yang serba modern sekarang ini, mayoritas penduduk di negara kita pastilah memiliki setidaknya satu motor di rumahnya, yah karena selain alasan diatas, untuk memiliki sepeda motor pada saat ini memanglah sangat mudah. Berbeda dengan zaman dulu, dimana untuk mendapatkan sebuah motor kita perlu bersusah payah mengumpulkan uang dan juga produksi motornya pun terbilang sangat terbatas, mungkin itulah yang membuatnya menjadi sulit untuk dimiliki.

Namun, motor-motor yang dijual terbatas tersebut justru malah memiliki daya tarik tersendiri bahkan memiliki nilai jual lebih tinggi, tak jarang kolektor atau pecinta barang antik yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memilikinya. Yah, menurut saya pribadi sih harga mahal pada motor klasik itu termasuk hal yang wajar, mengingat kebanyakan motor yang diproduksi saat ini memiliki model atau tampilan yang hampir sama, nggak ada kesan kerennya (ya walau nggak semua sih). Dibawah ini ada beberapa motor klasik yang unik dan berharga mahal.

1. Indian 8-Valve Board 1915

Indian 8-Valve Board 1915 Memiliki Harga Rp 794,1 juta
Indian 8-Valve Board 1915 Memiliki Harga Rp 794,1 juta

Indian 8-Valve Board adalah salah satu sepeda motor yang mengikuti perlombaan balap motor di tahun 1910-1920, melintasi lintasan berbentuk oval dari papan kayu. Diproduksi oleh Indian Motor Company pada tahun 1915, menggunakan dua silinder dengan 4 katup ditiap silindernya. Motor yang mampu melaju dengan kecepatan 100km/jam ini dilelang dan berhasil terjual dengan harga US$ 60 Ribu atau setara dengan Rp 794,1 juta.

2. Roper Steam Motorcycle 1894

Roper Steam Motorcycle 1894 Seharga 4,6 Miliar Rupiah
Roper Steam Motorcycle 1894 Seharga 4,6 Miliar Rupiah

Motor yang berumur lebih dari satu abad ini adalah motor yang dirancang oleh Sylvester H. Roper asal Boston, Amerika Serikat. Roper Steam di produksi tahun 1894, menggunakan mesin uap silinder kembar (Twin Cylinder Steam) dan menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya. Motor klasik yang hanya dibuat 2 unit ini mampu melaju dikecapatan maksimal 40 km/jam, sejarah juga mencatat bahwa Roper Steam bisa menjelajah hingga jarak 7 mil atau 11,2 km di Dorchester Road, Boston. Motor yang menjadi saksi perkembangan dunia sepeda motor abad 19-an ini, dijual dengan harga sekitar 4,6 Miliar Rupiah.

3. Harley-Davidson Strap Tank 1907

Harley-Davidson Strap Tank 1907 Seharga Rp 4,65 Miliar
Harley-Davidson Strap Tank 1907 Seharga Rp 4,65 Miliar

Siapa yang tak mengenal produkan Harley Davidson, sekarang ini Harley Davidson identik dengan moge (motor gede), tak jarang para kolektor benda-benda antik melirik motor garapan perusahaan asal Milwaukee, Amerika Serikat tersebut. Namun, kamu tau nggak, kalau Strap Tank 1907 adalah motor bermesin Harley Davidson paling mahal yang pernah dijual, yaitu seharga US$ 352 ribu atau sekitar Rp 4,65 miliar. Sepeda motor yang mirip sepeda kumbang (onthel) ini merupakan produk motor Harley Davideson yang paling langka, karena hanya di produksi sebanyak 150 buah saja. Strap Tank 1907 menggunakan mesin 1 silinder, jadi kita perlu mengayuhnya terlebih dahulu untuk menyalakan mesinnya.

4. Cyclone Board Track Racer 1915

Cyclone Board Track Racer 1915 Seharga 6,3 Miliar Rupiah
Cyclone Board Track Racer 1915 Seharga 6,3 Miliar Rupiah

Cyclone Board adalah motor balap yang diproduksi tahun 1915, oleh Perusahaan Joerns Motor Manufacturing Company asal Amerika. Yang pada masa itu antara tahun 1910-1920 banyak podusen motor yang bersaing memproduksi motor khusus balap. Cyclone Board juga menjadi sepeda motor pertama yang memiliki ruang pembakaran hemispherical dengan kapasitas 996 cc SOHC V-Twin dan kerennya lagi motor ini hanya diproduksi sebanyak 12 unit saja. Selain dari segi mesin yang menggunakan teknologi V-Twin pertama, mungkin produkksi yang hanya sedikit sekali tersebut yang membuat Cyclone Board Track Racer 1915 ini terjual di pelelangan dengan harga yang fantastis yakni 520 Ribu USD atau sekitar 6,3 Miliar Rupiah.

5. Winchester 1910

Winchester 1910 Seharga 6,6 Miliar Rupiah
Winchester 1910 Seharga 6,6 Miliar Rupiah

Motor klasik satu ini dirancang dan diproduksi pada tahun 1909 hingga 1911 oleh perusahaan yang dikenal sebagai produsen senjata di Amerika, yaitu Winchester. Winchester 1910 ini menggunakan mesin 6 silinder tunggal Marsh-Metz serta clutchless belt drive langsung yang menghasilkan tenaga 6 hp (Horse Power). Pada masa itu Winchester hanya memproduksi motornya sebanyak 200 buah, yang membuat Winchester 1910 kini menjadi barang antik yang mahal.Terbukti pada sebuah pelelangan pemilik motor ini berhasil menjual Winchester 1910 dengan harga yang fantastis yaitu 580 Ribu USD atau setara dengan 6,6 Miliar Rupiah.

Nah, gimana pren pendapat kamu? Apakah motor-motor klasik tersebut patut dihargai segitu? Mungkin bagi seorang penyuka barang antik , harga segitu bukanlah masalah utama, yang penting kepuasan hati terpenuhi ya nggak? Motor klasik diatas memang mirip dengan sepeda onthel, tanpa ada starter elektrik ataupun starter engkol, jadi kita harus menggowessnya terlebih dahulu untuk menghidupkan mesin. Tapi mungkin hal itulah yang menjadikan motor klasik tersebut memiliki keunikan serta nilai seni tersendiri. Oke pren, kalau kamu punya info tentang sepeda motor klasik yang mirip sepeda onthel lain, bisa disalurkan lewat kolom komentar dibawah. Matur Suwun 🙂

Baca Juga: Inilah Efek Fatal Jika Membalik Arah Rotasi Ban

 

Keywords:

  • motor ontel
  • motor mirip sepeda
  • sepeda ontel bermesin
  • sepeda kumbang bermesin
  • jual mesin sepeda onthel
  • Sepeda mirip motor
  • motor klasik mirip sepeda
  • motor model sepeda ontel
  • mesin sepeda ontel
  • sepeda klasik mesin
About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!