Inilah Efek Fatal Jika Membalik Arah Rotasi Ban

Ini yang terjadi jika membalik arah rotasi ban
Ini yang terjadi jika membalik arah rotasi ban

Nasionalis.ID – Perlu diketahui jer setiap pabrik yang bertindak sebagai suplier produk selalu mempertimbangkan segi kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya, sama halnya dengan Ban. Pihak pabrik sudah mengatur setiap guratan pada ban buatannya dan itu bukan hanya untuk sekedar agar terlihat menarik saja, dan parahnya masih banyak dari kita belum tahu dan memahami hal tersebut. Tentu ini akan menjadi fatal, karena jika salah memahami alur dan arah rotasi ban bisa menyebabkan hal yang tidak kita inginkan.

Contoh ban directional dan asymmetrical
Contoh ban directional dan asymmetrical

Nah pada dasarnya ban dibedakan menjadi dua tipe jer, yaitu ban directional yang ditandai dengan penunjuk arah rotasi berbentuk panah dan ban asymmetrical yang ditandai dengan tulisan ‘outside’ dan ‘inside’ pada dinding ban. Ini penting buat kamu pahami jer, karena jika salah bisa berakibat fatal untuk keselamatanmu dalam berkendara.

Efek Fatal Yang Terjadi Jika Membalik Arah Rotasi Ban

Ban akan selip

Penyebab mobil mengalami selip
Penyebab mobil mengalami selip

Salah pemasangan arah rotasi ban akan beresiko menimbulkan selip pada ban saat melewati jalan yang basah, karena akan menyebabkan aqua planning, hal ini akan berimbas dengan lepasnya stabilitas dan membuat mobil hilang kontrol. Karena sebelum dipasarkan setiap pabrik sudah mendesain secara khusus ban buatanya untuk membuang air, dan apabila rotasi ban dibalik fungsinya pun akan berubah menjadi penampung air.

Traksi ban menjadi besar

Bahaya membalik arah rotasi ban.JPG
Bahaya membalik arah rotasi ban.JPG

Merotasi silang arah ban juga berdampak pada sistem pengereman jer. Jadi jika arah rotasi ban dibalik pada mobil dengan penggerak belakang, ban akan semakin mencekeram saat di rem. Dengan begitu jarak pengereman akan semakin pendek. Tapi hal ini juga berdampak buruk jer, karena ban akan menghasilkan suara bergemuruh bahkan suara berisik yang dihasilkan ban bisa masuk sampai kabin pengendara.

Gimana jer? ada baiknya juga kita memahami dan lebih bijak dalam penggunaan suatu barang. Karena produsen juga ngga akan asal-asalan memasarkan barang sebelum mempertimbangkan segi keamanan dan kenyamanannya. Tengkyuu 🙂

Keywords:

  • arah rotasi ban mobil
  • arah rotasi ban vespa unilie
  • membalik arah rotasi ban
  • suara berisik dari arah ban mobil

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!