Inilah, Fakta – fakta Menarik Tentang Sepak Bola Yang Belum Banyak Diketahui

Fakta unik tentang sepak bola

Nasionalis.id – Siapa coba yang nggak tahu sepak bola? sudah pasti semua orang tahu dengan sepak bola yang bahkan digadang – gadang sebagai olahraga paling populer dan paling diminati di seluruh penjuru dunia ini. Yaps memang benar genk, sepak bola adalah olahraga yang paling populer di muka bumi bahkan sepak bola sendiri telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara di dunia ini dan apa pun yang berkaitan dengan sepak bola seperti jersey, sepatu, maupun game konsol adalah salah satu produk yang paling dicari oleh masyarakat dunia wuiidih keren !!. Nah ngomong – ngomong soal olahraga sejuta umat ini, pasti kalian sudah tahu kan segala macam seluk beluk sepak bola apalagi buat yang udah addict berat pasti bakalan hafal semua tentang si sepak bola ini. Mulai dari klub, nama pemain, nama lapangan, nama manager sampai nama semua suporternya tahu juga. Tapi kamu tahu nggak genk ternyata sepak bola punya beberapa fakta menarik yang mungkin belum terekspos seluruhnya, dan mungkin juga belum kamu ketahui. Penasaran apa saja fakta – fakta menarik tentang si sepak bola ini ? simak ulasan Nasionalis.id di bawah ini. Yang ngaku fans berat sepak bola merapat genk !

1. Pemain sepak bola termuda adalah anak berusia 20 bulan

Bryce Brites
Bryce Brites

Jika pada umumnya seorang pemain bola yang ingin menyandang status sebagai pemain sepak bola profesional harus melewati serangkaian proses latihan bersama akademi sepak bola dari sebuah klub hingga mendapat sertifikat pengakuan dan dinyatakan lulus uji coba kelayakan untuk bermain bersama tim, jadi tak jarang seorang pemain akan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai belasan tahun untuk mendapat status tersebut. Nah tapi apa yang terjadi jika ada pemain sepak bola yang mendapat status profesional di usia yang masih sangat muda yaitu 20 bulan, tentu mengundang pertanyaan ya genk. Tapi hal ini memang pernah terjadi genk, adalah Bryce Brites seorang balita yang masih berusia 1 tahun 8 bulan direkrut dan mengikat sebuah kontrak dengan sebuah klub sepak bola asal Belgia yakni FC Racing Bocberg. Pihak manajemen klub meyakini bahwa sang balita memiliki bakat serta talenta terpendam luar biasa dan dipercaya akan menjadi pesepakbola masa depan dengan karir yang cermelang. Kejadian langka dan unik ini sekaligus mencatatkan Bryce Brites sebagai pemain sepak bola profesional yang pernah ada di dunia.


2. Pemain sepak bola yang dapat kartu merah tercepat dalam pertandingan

Lee Todd
Lee Todd

Bisa dibilang kartu merah adalah hukuman paling berat dalam sebuah pertandingan sepak bola yang mengharuskan pemain sepak bola keluar lapangan pertandingan jika melakukan pelanggaran keras maupun melawan ketentuan wasit, nah tapi tahukah kamu siapa pemain yang mendapat kartu merah tercepat dalam sejarah pertandingan sepak bola. Adalah Lee Todd seorang pemain sekaligus penyerang dari klub Cross Farm Park yang mendapatkan kehormatan sebagai pemain yang mendapatkan kartu merah tercepat dalam sejarah sepak bola dunia, yakni dalam waktu 2 detik setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai. Nah usut punya usut, sang pemain mengucapkan kata kotor “F*ck me, that was loud” dan seketika itu pula wasit mengusirnya keluar lapangan pertandingan.


3. Skor terbanyak dalam suatu pertandingan sepak bola

AS Adema
AS Adema

Nah jika kamu sering menonton sepak bola, berapa skor terbanyak yang pernah kamu temui ? 3 – 0, 5 – 0, 7 – 0 atau mungkin 10 – 0. Kalau kamu menganggap skor – skor tersebut adalah skor terbanyak dalam sejarah sepak bola, kamu salah besar genk karena ternyata ada skor yang lebih banyak dari skor – skor diatas. Kejadian ini terjadi pada 31 Oktober 2002 dalam Kejuaraan Nasional Madagaskar, yang kala itu mempertemukan AS Adema melawan SO I’Emyrne. Pertandingan tersebut berhasil dimenangkan oleh AS Adema dengan skor yang super mencengangkan, yaitu 149 – 0 (gokill !) Karena kejadian ini AS Adema dinobatkan sebagai klub dengan hasil skor terbanyak yang sekaligus menggeser rekor yang sebelumnya dipegang oleh Arbroath, saat mengalahkan Bon Accord 36-0 dalam Piala Skotlandia.


4. Legenda bola Argentina, Diego Maradona memiliki agamanya sendiri

Diego Maradona
Diego Maradona

Buat kamu yang sudah mulai menonton sepak bola sejak tahu 80-an pasti udah nggak asing lagi kan sama Diego Maradona, yaps legenda sepak bola Argentina yang sekaligus dikenal sebagai si Tangan Tuhan karena gol kontroversinya ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986 ini ternyata juga sangat di puja di Argentina. Bahkan saking berpengaruhnya Maradona, di Argentina sampai ada ‘agama’ baru yang disebut Iglesias Maradoniana. Kepercayaan yang dibentuk oleh para fans sang legenda ini juga memiliki hari rayanya sendiri sepertihalnya hari natal maupun hari – hari raya pada agama lain, nah hari raya ‘agama’ Iglesias Maradoniana ini sendiri jatuh pada hari yang sama dengan hari kelahiran sang legenda.


5. Kota Lusail, tuan rumah pada piala dunia FIFA tahun 2022 di Qatar masih belum ada

Lusail Stadion
Lusail Stadion

Umumnya pada ajang piala dunia FIFA selalu diselenggarakan di berbagai kota pada negara yang ditetapkan sebagai tuan rumah pesta olahraga tersebut, seperti Rusia misalnya yang mengajukan kota tuan rumah di Kaliningrad, Kazan, Krasnodar, Moscow, Nizhny Novgorod, Rostov-on-Don, Saint Petersburg, Samara dan kota lainya pada ajang piala dunia FIFA 2018 mendatang. Tapi hal berbeda terjadi pada ajang piala dunia FIFA tahun 2022 mendatang, yang menempatkan Qatar sebagai tuan rumah. Pasalnya kota Lusail yang akan menjadi salah satu kota penyelenggaraan pesta olah raga tersebut masih belum ada, bahkan belum dibangun alias fana. Nah kabarnya lokasi kota ini terletak pada area padang pasir yang nantinya akan disulap menjadi tempat penyelenggaraan piala dunia FIFA tersebut. Pihak pengembang sendiri berjanji akan merampungkan kota Lusail pada tahun 2019, dimana didalam kota tersebut nantinya akan disediakan dua lapangan golf, dua pantai, sebuah pusat perbelanjaan dan kebun binatang serta hunian sebanyak 450,000 unit.


6. Korban jiwa terbanyak dalam sejarah pembangunan fasilitas sepak bola

Pembangunan Lusail
Pembangunan Lusail

Mungkin sudah banyak dari kita yang mengetahui tentang insiden 9/11, dimana pada insiden itu 19 teroris Al-Qaeda membajak pesawat komersial Amerika Serikat dan menabrakkannya ke Gedung WTC dan Pentagon. Peristiwa itu disebut – sebut sebagai tragedi paling memilukan abad ini, karena banyak memakan korban jiwa mencapai 2,977 orang. Tapi tahukah kamu ada yang lebih memilukan lagi dibandingkan insiden 9/11 tersebut, yaps terhitung pada tahun 2010 hingga 2014, ada 4,000 pekerja yang meninggal di Qatar dikarenakan kecelakaan pada saat pembangunan fasilitas untuk piala dunia 2022 mendatang. Jumlah sebanyak itu tentu melebihi jumlah korban jiwa akibat insiden 9/11 Gedung WTC dan Pentagon tersebut.


7. Perang antar Negara pertama karena Sepak bola

Perang Sepak Bola
Perang Sepak Bola

Mungkin akan terasa wajar jika suatu peperangan akan terjadi apabila ada keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan/jajahan maupun perbedaan ideologi antara kedua belah pihak, namun hal berbeda terjadi pada tahun 1969. Yaps karena pada tahun tersebut perang antara El Savador dan Honduras pecah, penyebab terjadinya perang yang biasa disebut sebagai Perang Seratus Jam ini juga terbilang sepele. Yaitu karena kalahnya El Salvador terhadap Honduras dalam sebuah pertandingan sepak bola, perang yang terjadi selama 4 hari tersebut kini juga dikenal sebagai Perang Sepak Bola.


8. FIFA memiliki anggota negara lebih banyak daripada anggota negara PBB

FIFA
FIFA

Dan inilah fakta terakhir yang sekaligus akan membuat kamu yang belum percaya bahwa sepak bola adalah olahraga sejuta umat adalah anggota FIFA ternyata lebih banyak daripada anggota PBB. Yaps seperti yang kita ketahui nih genk kalau PBB atau United Nation merupakan organisasi internasional yang memiliki anggota sebanyak 193 anggota di seluruh dunia, tapi ternyata angka sebanyak itu masih di bawah jumlah anggota yang dimiliki oleh FIFA, yakni mencapai 209 negara di seluruh dunia. Jadi tidak heran kalau olahraga yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat dunia.

Meskipun sepak bola terbilang sebagai salah satu cabang olahraga tertua didunia, tapi kepopuleran olahraga yang satu ini tidak terbantahkan lagi. Semua ini tidak lepas dari berbagai elemen menarik yang bisa kamu temui dalam sebuah pertandingan sepak bola, seperti action, commedy serta drama. Jika diibaratkan sebagai menu makanan, sepak bola adalah paket lengkap rendah kalori tapi tinggi nutrisi. Nah itulah beberapa fakta menarik tentang sepak bola yang mungkin belum kamu ketahui, buat kamu yang punya pendapat lain. Yuk coret – coret di komentar 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!