5 Pemain Sepak Bola Dengan Kemampuan Unik dan Langka, yang Jarang dimiliki Pemain Lain

Kemampuan Langka ini Jarang dimiliki Pemain Lainnya
Kemampuan Langka ini Jarang dimiliki Pemain Lainnya

Nasionalis.ID – Tentunya kalian tidak akan menyangkal jika saya katakan, sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling populer saat ini. Sejak pertama kali ditemukan/diciptakan, olahraga yang dimainkan 11 orang (pemain inti) tiap tim ini terus mengalami kemajuan dan terus bertambah peminatnya. Nah, dalam sebuah tim sepak bola pasti memiliki pemain-pemain yang berkualitas, sehingga namanya pun menjadi dikenal luas. Hingga saat ini sudah banyak sekali tercatat bintang-bintang yang lahir dari lapangan hijau dan tak jarang dari mereka yang terus menjadi pusat atau sorotan media. Umumnya para bintang sepak bola tersebut mulai dikenal seiring pemberitaan tentang dirinya, entah itu aksinya ketika dilapangan, entah karena dia menjadi top skor atau bisa juga karena bayarannya yang luar biasa mahal. Dari situlah sepak bola selalu menghadirkan cerita-cerita tersendiri, meghadirkan kesan yang tak terlupakan bagi para penontonnya. Katakan saja Maradonna, Cristiano Ronaldo, Messi, Ronaldinho, mereka hanyalah sedikit dari banyaknya nama-nama pemain sepak bola yang berhasil menyita perhatian dari jutaan penikmat olahraga ini. Dan berikut ini ada beberapa bintang lapangan hijau yang memiliki skill langka, dengan kata lain tidak semua orang memiliki kemampuan ini.

Manuel Neuer

Manuel Neuer
Manuel Neuer

Mungkin diantara kamu banyak yang sudah tau siapa itu Manuel Neuer. Dan pasti kamu setuju jika kiper asal Jerman satu ini saya katakan memiliki kemampuan yang sangat lengkap, kemampuan yang jarang dimiliki kiper lain. Pasalnya kiper dengan nama lengkap Manuel Peter Neuer ini telah banyak menunjukkan prestasinya baik di Klub maupun di Timnas. Namanya mulai melambung setelah ia menyabet gelar sebagai kiper terbaik serta berhasil membawa Timnasnya menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil lalu. Dia juga pernah mencatat rekor menjaga gawang lebih dari 1.000 menit tanpa kebobolan sewaktu membela Bayer Munich, yang sekaligus mengalahkan rekor yang dicetak Oliver Kahn sebelumnya. Tak hanya memiliki refleks cepat dalam menjaga gawang, Neuer juga sangat cerdik dalam memimpin lini pertahanan, bahkan ia pun turut menentukan irama permainan di luar kotak pinalti.

Selain menjadi kiper yang sulit ditembus, Neuer juga mampu berperan sebagai Sweeper, karena dia sering membantu mengatur serangan dari belakang, dan dia juga memiliki umpan yang cukup akurat. Seperti yang tercatat ketika Jerman melawan Aljazair di Piala Dunia 2014 kemarin, 59 sentuhan bola, 21 diantaranya dilakukan Neuer di luar kotak penalti. Pelatih kiper Timnas Jerman, Jerman Andreas Köpke mengatakan “Saya jarang menyaksikan libero yang lebih baik (dari Neuer), kecuali Franz Beckenbauer. Manuel Neuer tidak jengah mengolah bola dengan kakinya. Dan sejak beberapa tahun terakhir ia menjadi lebih percaya diri.” Kemampuan menjadi bek bayangan dalam menyapu bola-bola liar tidaklah mudah dilakukan, perlu intuisi yang tingggi agar bola yang dibuang tersebut tidak berubah menjadi blunder. Neuer membuktikan kemampuannya sebagai kiper sekaligus bek bayangan yang handal sejak masih berkostum Schalke 04.

Thomas Muller

Thomas Muller
Thomas Muller

Muller lahir pada tanggal 13 September 1989 di Jerman. Sekilas dia memang tampak seperti pemain biasa, tidak ada tampang mahir, tapi perlu kamu tau dia adalah pemain yang ditakuti oleh lawannya. Dalam permainan, Muller memang tidak menonjol, tidak memukau seperti rekan-rekan lainnya, tapi dia bisa sangat mematikan ketika mendapat sebuah momentum saja. Karena memang dia tidak memiliki kecepatan seperti Frank Ribery atau Arjen Robben, dia juga tidak seperti Bastian Schweinsteiger yang selalu berkuasa di lini tengah, dia juga bukan target man atau poacher seperti Fillipo Inzaghi. (2009/2010) Pernah ketika itu ia hendak dijual oleh petinggi Bayern Munich karena dianggap tidak akan mampu menyamai rekan-rekannya, seperti Arjen Robben, Frank Ribery atau bahkan Hamit Altintop. Tapi Louis van Gaal bersikeras mempertahankannya, dia percaya kalau Muller mempunyai kemampuan unik yang tidak dimiliki pemain lain.

Dan Muller pun membuktikan kualitasnya, dia berhasil membawa Timnas Jerman menduduki peringkat ke-3 dalam ajang Piala Dunia 2010. Tidak hanya itu saja, ketika itu ia juga berhasil menyabet gelar sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2010 dan juga top skor dengan mencetak 5 gol. Prestasi tersebut di raih bukan sebagai penyerang utama yang menjadi target-man, tapi dia berperan di belakang striker. Yah karena di memang bukanlah seorang striker murni, dia lebih dominan berada di posisi gelandang serang, sayap kanan/kiri, second stricker dan center forward. Dengan posisi dan prestasi tersebut, membuat Muller dijuluki “Ramdeuter” yang artinya “Si Penafsir Ruang”. Dia memang pantas dengan julukan itu, karena dia mampu membuat seakan-akan selalu berada pada waktu dan tempat yang tepat untuk menerima bola. Bukan sekedar memahami ruang gerak, dia juga mampu memahami pergerakan kawan serta lawannya. Itulah yang membuat Muller menjadi pemain yang ditakuti, seolah-olah dia dapat mengelabuhi atau menipu penglihatan lawannya.

Filippo “Pippo” Inzaghi

Filippo Inzaghi
Filippo Inzaghi

Filippo Inzaghi atau akrab disapa Pippo atau Superpippo adalah seorang striker sepak bola murni. Walaupun dikenal sebagai “Raja Offside”, laki-laki yang lahir di Piacenza, 9 Agustus 1973 ini memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar sepak bola dunia. Dia memang tidak memiliki tendangan keras seperti Roberto Carlos atau teknik menggiring bola layaknya Ronaldinho, bahkan kemampuannya sebagai pemain bola terkesan dibawah rata-rata. Tapi jangan salah, Pippo memiliki kemampuan spesial yang tidak dimiliki kebanyakan striker lainnya, yaitu kemampuan dalam menempatkan dirinya pada posisi yang tepat dan juga ketenangan dalam hal finishing.

Seperti komentar yang dilontarkan oleh Johan Cruyff: ”Begini, sebenarnya dia tidak bisa bermain sepakbola. Hanya saja, dia selalu berada di posisi yang tepat.” Pippo memang dikenal rajin membuka ruang dan sangat jeli mencari ruang kosong, apalagi dia memiliki kemampuan finishing yang tergolong mematikan. Kemampuan spesial tersebutlah yang membuat Filippo Inzaghi disegani oleh lawan ataupun rekan se-timnya, hal itu pula yang mebuat ia menjadi salah satu Striker yang paling tajam dan mematikan. Bahkan pelatih kenamaan seperti Jose Mourinho pun pernah memuji skill Inzaghi dengan berkata, “AC Milan boleh memasang 10 striker, tapi jangan Inzaghi. Karena itu akan merepotkan kami.

Rory Delap

Rory Delap
Rory Delap

Lahir pada tanggal 6 Julli 1976 dengan nama lengakap Rory John Delap, nama yang mungkin kurang begitu kamu kenal. Tapi percayalah dia adalah pemain sepak bola yang memiliki kempauan unik, kemampuan yang tidak dimiliki pemain lainnya. Pemain yang sering membuang bola ke sisi lapangan, pasti akan berpikir dua kali ketika yang dihadapinya adalah Rory Delap. Karena hanya dari lemparan kedalam (throw-in), Delap bisa membuat bencana bagi lawannya. Yap, itu adalah spesialisnya, ia mampu melempar bola hingga ke tengah kotak pinalti lawan dengan sangat keras, layaknya bola yang ditendang. Hal tersebut, tentu sangat menguntungkan karena bola yang dilempar pasti lebih terarah atau lebih akurat. Tim-tim seperti Arsenal, Everton, Aston Villa pernah merasakan lemparan sadis dari Rory Delap ini.

Arsenal kalah dari Stoke karena dua gol yang dihasilkan dari lemparan Delap. Dimenit akhir Aston Villa kebobolan lewat lemparan Delap. Everton pun 2 kali kebobolan, hasil dari lemparan Delap. Sampai-sampai pelatih Everton, David Moyes, pun berkata, “Ia seperti ketapel manusia.” Tercatat, sudah lebih dari 30 gol yang dihasilkan dari lemparan Delap, catatan tersebut tentu saja membuat lawan-lawannya lebih waspada dan hati-hati menghadapi lemparan tersebut. Dan Delap sendiri tidak tahu bagaimana cara teknisnya, “Saya tidak tahu bagaimana teknisya. Yang jelas, bola itu dilempar mendatar sehingga tenaganya lebih besar, serta memutar sehingga lebih lurus,” ujarnya. Dia menjadi sosok yang sangat berbahaya ketika bermain untuk Stoke City waktu itu, banyak tim-tim dari liga Inggris yang memutar otak, mencari taktik jitu untuk menghadapi lemparan maut dari Delap.

René “El Loco” Higuita

José René Higuita
José René Higuita

José René Higuita lahir 27 Agustus 1966 berkebangsaan Kolombia. Kiper yang terkenal kontroversial ini sangat populer diera 90-an. Kata “gila”, saya rasa sangat pantas untuknya, karena dia adalah kiper yang sangat pecicilan, dia sering keluar sarang, menggiring-giring bola, bahkan ia ikut andil dalam eksekusi tendangan bebas ataupun tendangan pinalti. Namun, kegilaannya tidak hanya disitu saja pren, dia punya kemampuan yang cukup unik, yaitu menghalau bola yang datang kegawangnya menggunakan teknik yang disebut Scorpion Kick. Itu adalah sebuah aksi akrobatik, dimana ia melompat dengan posisi kepala di depan dan kaki ditekuk ke belakang, layaknya seekor kalajengking. Aksinya memukaunya tersebut pernah ia lakukan ketika menahan tendangan dari Jamie Redknapp saat pertandingan persahabatan melawan Inggris. Aksinya tersebut memanglah sangat konyol sekaligus malah berbahaya, karena bisa saja meleset dan berujung sebuah gol. Tapi itu tetap patut diacungi jempol, karena butuh teknik yang tinggi dan jika salah gerakan sedikit bisa saja berujung cidera.


Nah, gimana pren menurut kamu? Kemampuan pemain-pemain bola diatas memang jarang yang memilikinya, karena kebanyakan pemain bola berkutat di aksi drible ataupun tendangan. Dan saya yakin, dunia persebak bolaan akan terus melahirkan pemain-pemain baru yang memiliki kemampuan unik dan juga langka, karena memang disitulah sisi menarik dari lapangan hijau. Kalau kamu tau pemain yang memiliki kemampuan unik lainnya, beritahu saya lewat kolom komentar dibawah ya. Matur Tengkyu

Keywords:

  • pemain sepakbola dengan kemampuan billiard
  • 5 pesepak bola dengan kemampuan langka dan jarang dimiliki pemain lainnya
  • pemain bola unik
  • Striker yang mempunyai kemampuan spesial
  • penyerang unik
  • penyerang bola unik
  • pencipta skill sepak bola terbaik
  • pemain skill langka
  • pemain sepakbola unik
  • pemain sepak bola yang memiliki kemampuan tersendiri
About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!