Pencipta Mobil Listrik Nasional, Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara Dengan Denda Sebesar 17 Milliar Rupiah

Dasep Ahmadi Telah Dijatuhi Vonis Hukuman Penjara dan Juga Denda
Dasep Ahmadi Telah Dijatuhi Vonis Hukuman Penjara dan Juga Denda

Nasionalis.ID – Dunia teknologi saat ini sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, mulai dari komputer, ponsel, televisi, bahkan sampai mobil. Salah satu jenis mobil yang mengalami kemajuan teknologi adalah mobil listrik. Banyak perusahaan luar negeri yang gencar membuat mobil listrik ini dan di Indonesia pun juga juga pernah membuatnya. Kalian masih ingat nggak, sama kasus mobil listrik yang gagal lulus uji emisi tahun 2013 silam? Nah, kasus inilah yang akan saya ceritakan di sini. Belum lama ini saya mendengar kabar yang nggak mengenakkan sekaligus miris, pokoknya sulit dipercaya lah.

Baca Juga:

Tax Amnesty Pemerasan Terhadap Rakyat Kecil?

Siapa Saja yang Harus Ikut Tax Amnesty?
SELURUH WARGA NEGARA INDONESIA (baik yang tlh memiliki NPWP maupun yang belum) yang memiliki harta berupa apapun (tanah, rumah, investasi, deposito, bisnis, uang kas, emas, perhiasan, barang seni dll yang memiliki nilai uang) yang belum pernah dilaporkan ke pajak (SPT/ SuratPemberitahuan Pajak Tahunan). Harta tsb baik yang berada di Indonesia atau di luar negeri.

Dasep Ahmadi Direktur PT. Sarimas Ahmadi Pratama Dengan Mobil Listrik (Autonetmagz.com)
Dasep Ahmadi Dengan Mobil Listrik Yang diberi Nama Evina (Autonetmagz.com)

Awal mula kasus ini terjadi pada bulan April 2013, ketika PT. Sarimas Ahmadi Pratama diminta oleh kementrian BUMN yang waktu itu dipimpin oleh Dahlan Iskhan untuk menyiapkan 16 unit mobil listrik. Mobil listrik tersebut rencananya akan digunakan untuk mendukung kegiatan Konferensi Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC) di Bali bulan Oktober 2013. Bayangkan dalam kurun waktu 6 bulan tersebut Dasep Ahmadi sebagai direktur PT. Sarimas Ahmadi Pratama beserta timnya harus menyiapkan 16 mobil listrik hingga siap digunakan. Pada akhirnya dengan waktu yang sangat singkat tersebut, PT. Sarimas Ahmadi Pratama hanya mampu membuat 8 mobil listrik dan itupun tidak lolos uji emisi.

Menurut hasil pengujian, mobil listrik tersebut akan overheat jika digunakan pada kecepatan 70-80 km/jam. Dan perlu kamu tau pren, kalau biaya yang digunakan untuk membuat prototype ini memakan biaya sekitar Rp. 2 Milyar per unitnya. Biaya segitu sangatlah sedikit pren, atau bisa dikatakan sangat murah. Karena pada umumnya, membuat satu buah prototype itu membutuhkan dana yang sangat mahal, bisa berkali-kali lipat dari biaya terseebut. Dan waktunya pun ngak cepet, bahkan perlu bertahun-tahun pren. Nah ini malah cuma 6 bulan, udah gitu 16 mobil lagi.

Tesla Roadster Prototype
Tesla Roadster Prototype

Saya berikan contoh, buat perbandingan aja pren. Pernah denger nggak perusahaan yang bernama Tesla Motors Inc.? Perusahaan yang di pimpin oleh Elon Musk ini sudah bergerak di bidang ototmotif sejak tahun 2003. Nah, Tesla ini pertama kali membuat mobil listrik dengan nama Tesla Roadster Prototype. Dalam proses pengembangan prototype tersebut, Elon Musk mengeluarkan biaya dari kantong pribadinya sebesar 7,5 Juta Dollar, belum lagi di tambah 13 Juta Dollar dari investor lain. Dan itu pun hanya untuk membuat satu buah Roadster Prototype, sedangkan proses pembuatannya sendiri memakan waktu hingga 3 tahun.

Baru setelah prototype tersebut berhasil menarik minat masyarakat, Tesla mendapat penggalangan dana dari penggede-penggede lainnya. Seperti Founder Google dan juga Presiden eBay yang memberikan dana sebesar 40 USD, serta dana dari JP Morgan sebesar 45 USD. Dana itu semua hanya untuk biaya produksi Roadster Prototype secara massal, dan waktu yang dibutuhkan untuk produksi massal tersebut memakan waktu hingga 5 tahun. Gimana pren? Kamu bisa bayangin sendiri kan?

Dahlan Iskhan Mengecek Mesin Evina
Dahlan Iskhan Mengecek Mesin Evina

Namun hal tersebut tidak perhatikan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi), sehingga Arif Waluyo selaku ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor tetap memutuskan bahwa “Dasep Ahmadi telah melakukan tindakan memperkaya diri (korupsi) menggunakan uang negara.” Keputusan tersebut membuat Dasep di vonis hukuman 7 tahun penjara dan membayar uang pengganti kerugian sebesar Rp 17,1 Milliar. Dan jika dalam tempo 30 hari uang pengganti tersebut tidak dibayarkan, maka seluruh harta kekayaan Dasep akan disita. Kalau seluruh hartanya masih belum cukup juga, Dasep akan diberi tambahan hukuman penjara selama 2 tahun. Muke Gile nggak tuh? Oh ya, masih ada lagi, Dasep juga kena denda sebesar Rp200 juta subsider 3 bulan penjara. ckckck

Dasep Ahmadi mengatakan pada media jika pembuatan mobil listrik nasional merupakan aset yang berharga bagi negara dan perlu dukungan penuh dari pemerintah. Ia juga menilai jika riset yang dilakukan masih gagal, itu merupakan hal yang wajar dan pihak-pihak yang menilai perbuatannya sebagai tindak pidana, sebenarnya belum memahami betul bidang penelitian.

Biaya 2 Milliar itu sangat jauh dari kata cukup jika kita bandingkan dengan biaya pembuatan Tesla Roadster Prototype, ya nggak pren? Kita sih nggak mengharap mobil listrik buatan Pak Dasep ini sebagus buatan Tesla. Kita tau kalau waktu dan biaya yang diberikan sangat minim, jadi kalaupun mobil listriknya kurang bagus itu adalah hal yang sangat wajar. ehh,,, ini malah bisa-bisanya dituduh korupsi, mikirnya dari mana coba? Apalagi kata Aisar yang waktu itu bekerja dengan pak Dasep bahwa “mobil tersebut sudah diuji coba oleh Kemenristek dan BPK, mobil tersebut dapat bekerja dengan baik dan tidak ada komponen yang dikurang-kurangi dari spesifikasi yang disepakati.” Hal ini dia tuliskan dalam akun facebook miliknya.

Ungkapan Aisar Dalam Postingan di Akun Facebook Miliknya
Ungkapan Aisar Dalam Postingan di Akun Facebook Miliknya

Kalau hal seperti itu dianggap korupsi, maka nggak menutup kemungkinan kalau banyak insyur atau ilmuwan-ilmuwan di negeri kita tercinta ini akan mengkerut. Nggak bakal mau deh nunjukin kualitas mereka, kalau ujung-ujungnya seperti itu, ya nggak pren? Kalau menurut kamu gimana pren? Hal ini lumrah atau memang ada indiksai korupsi? Oke pren, artikel tentang Pencipta Mobil Listrik Nasional Yang di Vonis 7 Tahun Penjara ini akan saya tutup dengan qoute dari Rick Beneteau ~

“Berikan sebuah alat kepada pria tunawisma dan ia akan membangun rumah. Inspirasilah dia, doronglah dia, berikanlah dia visi, maka ia akan membangun sebuah kerajaan.”

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

78 Comments on Pencipta Mobil Listrik Nasional, Dasep Ahmadi Divonis 7 Tahun Penjara Dengan Denda Sebesar 17 Milliar Rupiah

  1. Menurut perkiraan saya, ada kekuatan besar dibalik kasus ini, maksudnya agar bangsa ini tidak maju sengaja dibunuh karakternya, supaya bangsa ini selalu tergantung dengan para mafia otomotif, ingat bangsa ini merupakan salah satu pangsa pasar terbesar di dunia, kita perlu curiga, kenapa hukuman pak Dasep diperberat agar orang yang akan mengembangkan mobil di Indonesia takut.

    • Jika memang ada kekuatan besar di balik kasus ini, itu dikarenakan kita sebagai pemilik bangsa ini menyetujui kelangsungan dan kelestarian kekuatan seperti itu. Hanya dgn persetujuan kita lah kekuatan semacam itu berdatangan dan berdiam di Negara kita.

    • Memang sebaiknya Pak Dahlan Iskan turun membantu dan memberikan pembelaan krn Beliau yg memerintahmdan beliai juga bisa menebus tuntutan itu dgn assetnya

  2. Iklim di negri ini memang memprihatinkan.
    Lalu untuk “menyelamatkan” Dasep Ahmadi, apa yang telah dilakukan dahlan iskan? Bukankah proyek ini dari dia? Seharusnya secara moral ia ikut bertanggung jawab

  3. Kalau begini caranya apa boleh buat. Mereka (para ilmuwan) harus ‘berkhianat’ dengan ‘memajukan’ negara lain yang notabenenya negara super power. Orang pintar memang berbahaya, namun akan lebih berbahaya orang ‘pintar’ (bukan dukun ya, hehehe) yang duduk di kursi pemerintahan.

      • KOMEN TOLOL YG RASIS…EMANG PD DASARNYA KUALITAS MANUSIANYA TOLOL…..APALGI YG MERASA PRIBUMI YG RATA2 MENTAL MALING DAN MENTAL PENGEMIS. SPT DI JAKARTA GUBERNUR YG BAIK, TEGAS, JUJUR NGGA MALING DAN BERANI DI TENTANG ABIS2SAN DGN S,A,R,A LG….YG KY SETAN SPT FOKE NGGA ADA YG NENTANG, DIAM SEMUA, …MASYARAKAT SAKIT, TOLOL,,,TERMASUK ENTE, TOLOLNYE NGGA KETOLONGAN….

    • Hukuman yg dijatuhkan kpd beliau merupakan pembunuhan bibit bangsa yg berkwalitan. Pengembangan ilmu pengetahuan tersendad oleh bayangan hukum. Ini sebuah keprihatinan mendalam utk genetasi kita.

  4. Kok aneh anak bangsa bangsa punya skill yang baik,bikin mobil dg biaya minim,hasilnya bagus,keren, sudah di uji coba menristek ,seharusnya pemerintah bersyukur pada atas berkat rahmat alloh yang maha kuasa punya anak bangsa ahli dalam bidang otomotif bisa memgangkat derajat nama negara indonesia raya,kok malah di vonis 7tahun,dan denda 17 miliar denda sama biaya buat mobil mahal dendanya hukum macam apa ini,terus bukti kalau dia ini korupsi berdasarkan faktanya apa, aneh ,orang berjasa di penjara,pejabat koruptor di pelihara! Semoga tuhan memberikan yang terbaik buat hambanya yg tetap di jalanya.s

  5. Sebagai pelajaran saja bagi para pembuat barang baru untuk lebih hati hati jgn mudah menerima job kl tidak sesuai prediksi waktu pembuatan dan dana yg ditawarkan lebih baik menolak dari pada akhirnya dituntut dengan tuduhan korupsi

  6. Sy jd curiga ada pihak yg menginginkan Indonesia tidak menjadi negara maju…dengan membatasi kiprah para insinyur dengan dalih hukum…. Dengan demikian Indonesia jadi ajang pasar teknologi asing….., sadarlah pemangku jabatan…majukan negeri dan sejahterakan.rakyat

  7. Mungkin pemerintah takut BUMN minyak gak laku kalau jadi transportasi pakai listrik. Jadi dibilangnya memperkaya diri (korupsi). Coba kepalanya di buka, terus otaknya di cuci pakai sabun deterjen biar gak kotor

  8. Saran saya, jangan andalkan pemerintah.

    Karena hanya jago mencari kesalahan orang khususnya rakyat biasa. Ga punya solusi, tajam ke bawah, tumpul ke atas.

    Semoga pak Dasep, dan tim, dapat jalan keluar. Dan mobil listriknya dapat berkembang.

  9. Monyet semua orang pemerintahan.. gak ada yg bner.. klo gak jd smua mobilnya ya udh uangnya minta dikembalikan aja.. ngapain pake tuntut orang sgala GOBLOK KALIAN MONYET BERSERAGAM.. ud untung anak negri bisa membanggakan bangsa ini.. ANAK NEGRI diinjak2.. ORANG ASING dipuja2.. KALIAN GAK MENGHORMATI SUKARNO HATTA..

  10. Seperti ini lah negara-ku. Saya seorang anak bangsa yang di kasihi Tuhan bisa belajar di luar Negri sejak kecil. Sekarang saya adalah seorang ilmuan Tamat dan menetap di luar Negri. Saya mendengar berita seperti ini pasti saya takut berkarya dan kembali ke negara saya sendiri. Sebenarnya Indonesia memiliki uang dan resources yang mencukupi dan anak bangsa banyak yang mau mengembakan negara dengan initiative seperti bapak inventor ini, tetapi, hal-hal politik seperti ini membuat saya merasa rugi kalau saya kembali ke negara saya sendiri. Hal satu… keinginan ada tetapi support tidak ada, malah di denda dan di tuduh korupsi dan hal dua, ekspetasi kita tinggi tapi biaya sekecil mungkin, bagaimana bisa? Harus ada initiative. Memang, kalau Indonesia mau maju, kita harus berani start dari scrap. Dalam kata lain, kita harus berani reset system kita. Saya sendiri tinggal di Inggris, system disini jelas dan yang namanya korupsi bisang dibilang tak ada. Bbsrc badan biological research di sini mempunyai biaya yang di subsidi pemerintah bisa sebesar £3billion setahun. Kalau mau kita bandingkan, itu adalah lebih dari setengah dari military budget nya Indonesia tahun ini. Dan uang itu di bagi dalam system application. Setiap researcher dapat aplikasi untuk seberapa besar biaya, itu tidak terkorupsi karena sudah jelas semuanya. Setau saya, di Indonesia kita belum punya system sebagus ini untuk bidang research kita khususnya bagi interest saya, itulah biological science. Saya terkadang berpikir, banyak sekali yang ingin saya mulai, ingin saya kembangkan di Indonesia, tetapi, saya takut karena initiative kita seperti ini buruknya untuk sebagai negara pencipta.

  11. Negara aneh, dibelenggu oleh kebodohan dan kekuatan mafia yang tidak menginginkan bangsa ini maju, saya akui pertama proyek ini memang salah prosedur, dari menteri BUMN nya, harusnya proyek ini dilakukan oleh dunia pendidikan, bukan swasta, karena memang tidak mudah n dananya akan tidak terbatas, namanya juga riset, perlu coba n coba lagi…saya menangis untuk bangsa ini……peringatan bagi orang yang mau melakukan riset, jangan pernah menerima bantuan dari negara, karena bisa jadi itu jebakan, mendingan pake modal sendiri atau dari swasta yang kita kenal…

  12. Sy jd miris dgn adanya kasus seperti ini. Menurut sy, wajar byk tenaga2 ahli di Negara kita seperti insinyur, doktor, profesor dll yg ahli dibidangnya, dibajak oleh Negara2 lain atau mereka mengembangkan skillny diluar negri. Bahkan sampai mempunyai 2 kewarganegaraan atau bahkan Pindah Negara.
    Karena para tenaga ahli tsb, Mungkin karyanya lebih ‘Dihargai’ oleh Negara lain.
    Semoga kejadian ini bs jd renungan bersama.

  13. ada udang di balik batu ^^ itulah kata pepatah.
    – proyeknya terlalu singkat waktunya, apakah org yg diatas tidak survey dulu prakira estimasi waktu yg diselesaikan. mungkin pemerintah hanya tau bongkar pasang saja seperti mainan mini 4 wd[tamiya]
    – estimasi anggrana biaya kalau misalkan dikasih segitu pasti alhasil jadinya seperti kurang lebih biaya yang diberikan
    – dukungan riset minim

    1. kenapa mau menerima proyek tersebut? padahal estimasi dan waktunya hanya segitu
    2. apakah ada org ketiga yg menyuruh paksa?
    3. bisa jadi sebagai kambing hitam saja untuk menaikan popularitas saja,

  14. Semoga aja ada media asing yg denger kasus ini terus akhirnya pak dasep diundang untuk mengembangkan karyanya di negara yg lebih menghargai dibandingkan indonesia yg ga menghargai karya anak bangsa sama sekali, ky bj habibie yg diledekin karna bercita2 bikin pesawat terbang, akhirnya malahan jerman yg lebih mengapresiasi kan?

  15. Itu sebabnya negeri ini tidak pernah berkembang karna sedikit ajah kesalahan sudah diperbesar padahal itu adalah aset bangsa yang berharga dimata dunia..
    Diharapkan kepada semua yang berkaitan harap mengerti mengembangkan sdm anak bangsa

  16. Seperti ini lah bangsa kita…
    Saat perkembangan technology sedang difikirkan oleh rakyat kecil demi bangsa nya dan Harus dikalahkan oleh pejabat negara yang hanya memikirkan uang daripada kemajuan dan kemandirian bangsa nya.. 🙁

  17. Inilah indonesia dari dulu hingga sekarang ga ada bedanya…. makanya banyak orang jenius atau pintar pindah jadi warga negara lain…. udah ga usah bingung semuanya dari dulu udah seperti itu….

  18. Orang bisa buat mobil dihukum, gak skalian yang buat onde onde juga dihukum… hancur hancur negeri ini kalau begini terus

  19. Mmang ini negara Indonesia. Koruptor slalu dipelihara dengan mematikan para ilmuan. Miris dengan negara Indonesia. Ini krna yg mejebolkanny pn makan banyak uang dri perusahan luar ini mkanya ga mendukung proyek pembuatan mobil dlam negeri krna tkut ga ada uang sma dia lagi ntk. Jdi untuk ilmuan lagi mari kiprarkan smangat kita bersama ga usah takut sma bajingan2 negara yg hanya memperkaya diri sendiri. Mana ini keadilan negeri ini. Mna kah lndasan negara ini yg memajukan negara bersama2 yg malah hanya mementingkan pihak sendiri. Bolehkan hukum negara yg semena2 menghukum yg lemah untuk memperkaya diri sendiri. Mna ini suara negaraku. Merdekakanlh kami yg lemah hukum ini jangan kami buat budak hukum klian. Merdekalah Indonesiaku.

  20. Pengertiannya begini, kalo mobil listrik laku siapa yang mau beli BBM? Jadi agar pebisnis BBM tetep kaya dan takut bangkrut makanya masalah itu dibuat. Kayak di film film itu lho.

  21. Klo menurut gw wajar kena hukum korupsi, klo misalnya gak sanggup jangan teken tu kontrak sebelumnya, jangan terlalu memaksakan diri, semua kontrak reset harusnya di baca secara detail, kelemahan di bangsa kita, terlalu semangat mengerjakan sesuatu, tanpa dilihat resiko untuk diri sendiri. Teknologi untuk memajukan bangsa oke, tapi klo di baca artikel nya dari atas kebawah, itu project kagak masuk akal klo secara perhitungan. sory ane klo terlalu kasar komentnya

  22. Seharusnya negara ini berhenti menggunakan hakim dan pengacara2 yg gaptek untuk mengurusi kasus seperti ini, kadang miris juga kalo melihat persidangan2 yg kasusnya berhubungan dgn teknologi yg komplex tapi hakim dan pengacaranya malah mempertanyakan sesuatu yg sangat dasar yg bahkan hampir tidak ada hubungannya dgn kasus yg sedang dipersidangkan.

  23. Itumii anehx negara kita..orang yg punya kemampuan mlah kyak diasingkan.sma ji hal nYa dgn bpk bj habibi dlu.knpa beliau mnding kluar negri dpda diindo..krena diasingkan yg berbakat.

  24. Selamat datang di Indonesia, tempat dimana ilmuan cerdas dan pintar disingkirkan dan dibuang, sementara wakil rakyat yang korup dan mementingkan kepentingan pribadi disayang dan dipelihara dengan baik. Miris

  25. Indonesia tercintaku, kenapa harus menangkap orang selalu membuat Indonesia maju. Apa harus para Pemuda dan pemudi yang pintar itu berkarya di luar negeri?
    Indonesia hanya dengan lebel MERDEKA, tapi nyatanya belum MERDEKA.

  26. Kalau begini caranya akan lebih banyak orang pintar indonesia yg bekerja dan mengabdikan ilmunya di luar negeri karena mereka diapresiasi dan di beri gaji yg sangat layak…dibandingkan di negeri sendiri….

  27. Semoga Hakim nya sadar bhw dia itu org goblok.
    Di negri ini, susah org mau maju. Makanya bnyk yg hengkang ke LN. Dan yg tertinggal adl manusia2 oon.

  28. Anak bangsa gk boleh pintar dan maju, imigran gelap dan perusahaan asing yg harus memajukan INDONESIA… Itu sudah keputusan mutlak dari sang wasit…

  29. Inilah Indonesia.
    Hanya boleh produksi kerupuk, bakwan, kue-kue, kain sarung, ukiran Jepara, lantai kayu, atau sejenis macam itu.
    Sedangkan untuk barang-barang terkait teknologi seperti mobil, komputer, televisi, hand phone dan sejenisnya harus import dari luar.
    Sampai kapanpun penduduk Indonesia harus di kebiri dan tetap bodoh dibidang ristek agar tetap jadi konsumer yang potensial bagi dunia.

  30. Artikelnya bagus.

    Cuman istilah “pren” nya mengganggu.
    1. “Gimana menurut kalian pren?”
    2. “Iya gak pren?”
    3. Dll

  31. Ada yang mencurigakan , kemungkinan ada pihak yg tidak mau indonesia maju, bisa saja dari pesaing Otomotif , atau pun dari pihak-pihak yang mengandalkan minyak bumi sebagai penghasil utamanya. Bisa organisasi ataupun negara . Yang disesalkan pihak pemerintah khususnya yang bergerak dibidang Hukum. Begitu mudahkah menjatuhkan hukuman ? Terima kasih aparat hukum , engkau telah menunjukkan taringmu , sayangnya bukan pada tempatnya.

  32. Entar kalo para ahli kita hasil kerjanya di hargai negara lain ,di anggap tidak nasionalis,bahkan dicap penghianat
    Itulah indahnya Indonesia..

  33. Makanya perlu pemimpin kayak Prabowo. Tegas n berani. Indonesia sdh parah, bth pemimpin yg sangat keras n tegas. Pemimpin sipil melempem.justru jadi antek asing.

  34. Nggak dihargai ilmunya,.
    Pantas aja sprt pak habibie lebih nyaman tinggal dinegara lain dr pada tinggal di indo. Mungkin banyak ilmuwan indo yang berfikir demikian kalau tidak ada dukungan dr pemerintah

  35. Salah sendiri lah…
    Kalo udah tau gak bakal bisa dgn waktu dan duit segitu kenapa dipaksain? Kalo mereka bisa gugat berarti landasan hukumnya kuat dan ini kebiasaan orang indonesia, penrjanjian kontrak tidak diperhatikan, yg penting asal dapat dulu proyeknya, begitu dikerjain dan rugi baru mulai minta kontrak direview dan tambah dana. Sudah sering digituin, tanda tangannya apa, janjinya apa… hasilnya beda dgn kontrak.
    Makanya jgn maruk, kalo gak bisa terus terang bilang gak bisa, masih bisa dimaklumi, perusahaan besar dan berduit saja butuh waktu dan dana besar… atas dasar apa kalian berani tanda tangan kontrak hanya 6 bulan dgn dana minim? Jangan pandang enteng ikatan kontrak. Dan belajar untuk jadi real man, kalo udah janji, musti bisa dipenuhi.

  36. Salah sendiri, kenapa mau jadi peneliti di Indonesia. Kalau jadi peneliti di Sigapore, pasti dihargai. Di Indonesia malah dihina.

  37. Kpn ini trjadi?
    Siapa presiden ny?
    Apa mungkin gak tau?
    Kok gak tau berita hot putra bangsa yg cerdas n inovatif yg di penjara ini?
    Trus tau gak bus trans jakarta yg rongsokan sdang broperasi n terbakar di jln raya namun mmiliki harga yg WAW mahel?
    Apa tanggapan presiden??
    Mungkin juga presidenny gak tau. Atau bukan urusan saya.

  38. Ya itulah,… kenapa banyak orang2 Indonesia yg pinterj
    dan berprestasi lebih memilih mengembangkan keahlian nya dan berkarir di LN,.. salah 1 contohnya ya kasus ini nih,… paling mereka cari kambing hitam,… uang yg mereka makan bisa berkali lipat,… memang petinngi2 di RI ini mentalnya bobrok semua kok

  39. Ini adalah konspirasi dari mafia otomotif di Indonesia, mereka takut ada anak Indonesia bisa memproduksi mobil listrik, yang merupakan mobil andalan dimasa depan.

    Pemerintah Indonesia selama ini dijadikan sebagai kacung kepentingan asing. Kejadian seperti ini, akan mematikan kreatifitas anak Indonesia dalam memproduksi alat dan kendaraan berteknologi mutakhir.

  40. Dulu ane pernah baca berita (tapi lupa sumbernya),ada orang indo bisa bikin bbm dari kantong kresek bekas tapi malah ada yang ngancam mau dibunuh

  41. 7 tahun… seseorang yang mempunyai wawasan luas, seoarang profesor, bahkan seorang pencipta harus menderita di negeri sendiri.
    Kapan Indonesia bisa maju jika selalu membuat orang pintar di salahkan.

Cuap-cuap di sini gan!!!