Fenomena Menakjubkan Ini Hanya Bisa Kita Rasakan Saat Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total Indonesia
Gerhana Matahari Total Indonesia

Nasionalis.ID – Gak kerasa ya jer kalau bentar lagi event akbar dunia yang ditunggu – tunggu bakalan terjadi. Apa’an tuh? Ya apa lagi kalo bukan gerhana matahari total. Fenomena alam ini juga sudah dijadwalkan sama BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi serta Geofisika) dan LAPAN (Lembaga Penerbangan serta Antariksa Nasional) yang nantinya bakal terjadi pada 9 Maret 2016 mendatang.

Gerhana matahari total ini bakal berlangsung mulai pagi hari jam 06. 20 WIB di daerah Palembang dan yang paling lambat berlangsung di lokasi Indonesia sisi Timur, yaitu di Ternate pada jam 08. 53 WIT. Kenapa sih gerhana matahari selalu ditunggu – tunggu dan apa menariknya sih si gerhana matahari ini ? Nah ini jer penjelasannya kenapa fenomena menakjubkan saat gerhana matahari total menjadi primadona.

Fenomena Menakjubkan Gerhana Matahari Total Indonesia
Fenomena Menakjubkan Gerhana Matahari Total Indonesia

Penantian panjang

Sebelum gerhana matahari yang akan terjadi 9 Maret 2016 mendatang, sebenarnya Indonesia sudah pernah dilintasi gerhana matahari total jer. Tepatnya ada 3 gerhana total yakni pada 11 Juni 1983, 22 November 1984 dan 18 maret 1988. Dan gerhana matahari besok menjadi gerhana matahari ke empat yang melintasi Indonesia, setelah itu gerhana matahari total berikutnya akan terjadi pada tanggal 20 April 2042 dan 12 September 2053.

Siang menjadi gelap

Fenomena ini akan dimulai saat bulan perlahan – lahan mulai menutupi Matahari, semakin lama piringan Matahari yang ditutupi Bulan akan semakin besar, setelah seluruh permukaan Matahari tertutupi oleh Bulan keadaan sekitar yang awalnya terang akan menjadi gelap seperti malam bualan purnama dan langit – langit disekitarnya akan nampak seperti sore hari.

Binatang akan kebingungan

Saat fase gerhana Matahari total, binatang akan menganggapnya sebagai malam hari sehingga binatang nokturnal akan mulai keluar dari sarangnya sementara hewan Diurnal akan kembali ke sarangnya

Penurunan suhu

Penurunan suhu sekitar 3º Celsius ini terjadi saat Gerhana Matahari Total pada tempat-tempat yang dilintasi gerhana tersebut. Penurunan temperatur ini akan memyebabkan uap air jadi lebih mudah berkumpul sehingga pembentukan awan menguat.

Itulah hal menakjubkan yang bisa kita rasakan saat gerhana Matahari total

Inget jer, ini peristiwa alam yang langka dan gak mudah didapetin. Jadi lingkari tanggal 9 Maret pasang alarm biar bisa bangun pagi, usahain bisa menikmati event akbar dunia ini.

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!