Menelusuri Pesona 5 Goa Paling Indah di Indonesia

Nasionalis.id – Memang tak terbantahkan lagi jika Indonesia adalah negara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat kaya, tanah yang subur untuk ditanami serta keindahan alamnya yang luar biasa menakjubkan seakan menambah kemolekan tanah air kita ini. Tidak hanya keindahan gunung, pantai dan lautnya saja. Ternyata Indonesia juga banyak menyimpan goa – goa yang sangat cantik dan sayang jika kamu tidak mengetahuinya. Yah mungkin sebagian orang yang masih awam dengan obyek wisata Gua akan memandang remeh akan kecantikan pemandangan yang di suguhkan di dalam Gua tersebut, namun jika kamu sudah melihatnya secara langsung, kamu pasti akan terpesona dengan kecantikan yang ditawarkan oleh Goa yang ada di alam kita Indonesia ini. Bahkan ada beberapa Goa Indonesia yang dinobatkan sebagai Gua terindah di Asia Tenggara karena kecantikan Goa tersebut, tidak hanya itu salah satu dari beberapa Goa di Indonesia ternyata juga dinobatkan sebagai Goa terindah di dunia, kereen ! Lalu apa dan dimana saja Goa – goa indah tersebut ? berikut Nasionalis.id berikan ulasanya.

1. Goa Jatijajar, Kebumen

Goa Jatijajar, Kebumen
Goa Jatijajar, Kebumen

Goa ini pertama kali ditemukan pada tahun tahun 1802 oleh seorang petani yang memiliki tanah diatas Goa tersebut yang bernama “Jayamenawi”. Dalam penemuan goa indah ini, Jayamenawi mengisahkan pada waktu itu dirinya sedang mencari rumput. Namun tanpa sengaja dirinya malah jatuh kesebuah lubang, ternyata lubang tersebut adalah sebuah lubang ventilasi yang ada di langit-langit Goa tersebut. Jayamenawi yang sempat mengukur lubang yang menghubungkan antara langit – langit goa dengan desar goa tersebut mengatakan bahwa lubang ventilasi langit gua tersebut mempunyai garis tengah berukuran 4 meter dan tinggi dari tanah yang berada dibawahnya 24 meter. Meskipun Goa Jatijajar sudah digunakan untuk objek wisata namun hingga saat ini tidak ada yang mengetahui secara persis asal muasal dari goa tersebut. Sedangkan nama Jatijajar sendiri diberikan oleh Bupati Ambal, salah satu penguasa Kebumen di waktu itu menjumpai dua pohon jati tumbuh berdampingan dan sejajar pada tepi mulut gua. Jadi nama Jatijajar sendiri merupakan istilah dari kata jati yang sejajar. Jika kamu tertarik mengunjungi goa ini, kamu bisa datang ke desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.


2. Goa Petruk, Kebumen

Goa Petruk, Kebumen
Goa Petruk, Kebumen

Goa Petruk merupakan goa yang berlokasi di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Goa ini menyimpan keindahan alami yang sangat menawan, beragam bentuk eksotis dari stalaktit dan stalagmite bisa kamu temukan di goa ini, seperti bentuk mayat, buaya, dan lumbung. Goa indah yang cenderung basah dan lembab ini memiliki tiga tingkat, dimana pada tingkat dasar digunakan sebagai tempat tinggal bagi kelelawar dan berbagai serangga kecil, jadi jangan heran jika kamu berada di tingkat dasar pada Goa Petruk ini kamu akan banyak menemui taburan kotoran kelelawar. Keindahan dan kealamian Goa Petruk semakin terpancar ketika beragam tetesan air menetes dari atas langit – langit goa, sedangkan di tingkat dua akan dihubungkan dengan batu terjal dengan sudut kemiringan 45 derajat. Disana kamu akan menemui sendang, dan air terjun kecil yang sangat cantik. Berbagai keindahan itulah yang membuat Goa Petruk di nobatkan sebagai salah satu goa terindah yang dimiliki Pulau Jawa.


3. Goa Pindul, Gunung Kidul

Goa Pindul, Gunung Kidul
Goa Pindul, Gunung Kidul

Goa Pindul merupakan objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Didalam goa sepanjang 350 meter dengan lebar 5 meter ini terdapat aliran sungai bawah tanah bewarna jernih kehijauan, aliran sungai ini berasal dari mata air Gedong Tujuh. Goa Pindul ini dikenal karena cara menyusuri bagian goa-nya yang berbeda dari kebanyakan goa lainya, wisatawan yang penasaran dengan keindahan Goa Pindul akan diajak menyusuri setiap bagian goa dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua tersebut, kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing. Tour Goa Pindul ini akan memakan waktu kurang lebih selama satu jam yang berakhir pada sebuah bendungan kecil.


4. Goa Jomblang, Yogyakarta

Goa Jomblang, Yogyakarta
Goa Jomblang, Yogyakarta

Goa Jomblang merupakan salah satu goa yang terkenal karena kunikan dan keindahannya yang mengagumkan, Goa yang juga pernah dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika 2011 ini terletak di Semanu, Wonosari, Gunung Kidul, DIY. Goa ini berbentuk vertikal dan terbentuk akibat amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ribuan tahun yang lalu, sehingga Goa Jomblang juga bisa diartikan sebagai goa dengan tipe collapse doline. Dan dari proses geologi tersebutlah muncul sebuah sinkhole atau lubang runtuhan di Goa Jomblang (atau yang biasa disebut dengan Luweng Jomblang) dan yang kini dijadikan sebagai pintu masuk kedalam Goa tersebut. Para pengunjung yang ingin memasuki Goa Jomblang akan melewati mulut gua dengan panjang sekitar 50 meter tersebut menggunakan seutas tali tambang, sampai dibawah para pengunjung akan berjalan selama 15 menit menuju lokasi utama Ray of Light sebuah fenomena alam yang luar biasa indah dan hanya ada dua di dunia, yaitu di Indonesia dan Belgia.


5. Goa gong, Pacitan

Goa gong, Pacitan
Goa gong, Pacitan

Dan yang terakhir adalah Goa gong. Goa gong sendiri terletak di desa Bomo, Kabupaten Pacitan, sekitar 30 km dari pusat Kota Pacitan. Jika kamu dari Yogyakarta, kamu bisa menuju kota ini melalui Wonosari Gunungkidul, Solo, maupun jalur Ponorogo. Namun dari semua rute tersebut, jalur termudah untuk menuju Goa Gong adalah dari kota Solo karena jalannya yang relatif halus berliku naik turun khas pegunungan. Goa gong merupakan sebuah goa sepanjang 256 meter yang menyuguhkan keindahan pemandangan stalaktit dan setalakmit yang sangat cantik. Saat kamu menelusuri goa ini, kamu akan disuguhkan dengan pilar-pilar stalagmit yang tumbuh menjulang tinggi dan terlihat saling bertumpuk satu sama lain, menawarkan panorama ukiran batuan yang hidup bersama dengan tetesan air yang tak pernah kering. Kamu tidak perlu khawatir akan gelap saat menyusuri kedalaman Goa Gong Pacitan ini karena bagian-bagian goa telah dilengkapi dengan lampu warna-warni yang semakin menambah keindahan dalam goa. Jadi tak heran jika goa yang berlokasi sekitar 12 km dari Goa Tabuhan ini dinobatkan sebagai salah satu goa tercantik di wilayah Asia Tenggara. Mungkin “menyesal” adalah kata yang pas jika kamu sudah mengetahui Goa gong namun tidak mengunjunginya.

Nah, itulah goa – goa di Indonesia yang memiliki pesona yang luar biasa, keindahan-keindahan dari goa-goa tersebut tentu adalah hal langka yang tidak akan kita temui di tempat lain, sehingga keindahan yang ada di dalamnya akan menjadi keunikan tersendiri dan menjadi satu-satunya di dunia. Kita sendiri bisa berbangga diri karena keindahan – keindahan tersebut berada di bumi Indonesia, kita juga harus bersyukur atas hasil karya cipta yang dianugrahkan oleh Yang Maha Kuasa, dan sudah sewajarnya pula kita sebagai orang yang hidup di Indonesia senantiasa menjaga dan melindungi keindahan alam di bumi pertiwi ini.

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!