7 Tempat Terbaik Untuk Melihat Sunset di Jogja Dengan Suasana yang Romantis

Yogyakarta Banyak Tempat-tempat Bagus Untuk Melihat Sunset
Yogyakarta Banyak Tempat-tempat Bagus Untuk Melihat Sunset

Nasionalis.ID – Ketika senja menjelang momen matahari tenggelam atau biasa disebut sunset, memang memiliki daya pikat tersendiri bagi sebagian orang. Bahkan ada yang rela pergi jauh hanya demi mendapatkan kesan yang tak terlupakan saat melihat sunset, karena memang, momen dan tempat yang tepat sangat menentukan suasana yang akan tercipta, ya nggak? Dan buat kamu yang lagi di Jogja, kamu bisa datengin beberapa tempat ini nih, dijamin kamu bakal menikmati sunset dengan suasana yang berbeda.

Istana Ratu Boko

Sunset di Candi Ratu Boko
Sunset di Candi Ratu Boko

Istana Ratu Boko adalah situs peninggalan sejarah yang memiliki luas sekitar sekitar 25 hektare dan berada disebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Disana kita bisa melihat reruntuhan atau sisa-sisa bangunan bekas kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha, mulai dari tiga miniatur candi, arca Ganesha dan Durga, lempengan emas dan perak bertuliskan mantera agama Hindu, arca Buddha, reruntuhan stupa, serta stupika. Tak hanya itu saja, disana kita dapat melihat sunset yang indah, dengan background gapura dan bangunan-bangunan kuno serta suasana yang tak begitu ramai, akan menambah nuansa romantis ketika bersama pacar. Situs prasejarah yang berjarak ±2 kilometer dari Candi Prambanan (ke arah selatan) ini juga sangat cocok untuk spot foto prewedding, kamu bisa bayangkan sendiri bagaimana hasil foto prewedding dengan tema candi.

Candi Prambanan

Sunset di Candi Prambanan
Sunset di Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan komplek Candi yang bercorak Hindu terbesar di Indonesia, dengan ikonnya yang bernama Loro Jonggrang. Siapa sangka, ketika senja tiba Candi yang terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman ini akan menampakkan siluet dari bangunan Candi Prambanan yang berdiri setinggi 47 meter, hal itu tentu akan menambah nuansa romantis ketika menikmati momen sunset bareng pacar atau suami/istri kamu. Kebanyakan para pengunjung yang datang kesana tidak berfokus pada momen sunset yang eksotis tersebut, mereka biasanya hanya menikmati keindahan dan mempelajari sejarah terbentuknya bangunan Candi Prambanan. Tapi setidaknya, kamu bisa melepaskan penat setelah belajar sejarah dan berekeliling seribu candi dengan duduk sembari menantikan momen sunset yang sangat indah dari sana.

Candi Ijo

Senja di Candi Ijo
Senja di Candi Ijo

Satu lagi kompleks candi yang bisa kamu jadikan tempat romantis untuk menikmati momen sunset bersama pasangan, yaitu kompleks Candi Ijo. Candi yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman ini merupakan Candi yang paling tinggi di jogja, karena terletak di bukit yang tingginya ±410 mdpl. Dari sana kamu bisa melihat hamparan sawah yang hijau, pantai parang tritis serta pesawat-pesawat yang sedang landing di Bandara Adisucipto. Apalagi jika sore hari telah tiba, langit senja yang cerah akan memanjakan mata kamu. Dengan background siluet candi yang telah berdiri sejak berabad-abad lamanya ditaambah dengan tema ala kerajaan, akan memberikan sensasi yang berbeda ketika kamu menikmati momen sunset bersama pacar ataupun suami/istri.

Embung Nglanggeran

Senja di Embung Nglanggeran
Senja di Embung Nglanggeran

Sebuah tempat wisata baru didaerah Gunung Kidul tepatnya di Dusun Nglanggeran Wetan, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul. Awalnya embung ini dibuat karena warga di daerah gunung Gandu sulit untuk mendapatkan air, kemudian dibuatlah telaga tersebut untuk menampung air hujan yang nantinya akan dialirkan ke perkebunan dan persawahan milik warga. Letaknya yang berada di ketinggian membuat Embung Nglanggeran memiliki pemandangan yang indah, kamu bisa duduk di gazebo yang disediakan sambil menikmati pemandangan dan hembusan angin yang sepoi-sepoi. Embung Nglanggeran dibuka untuk umum setiap saat, bisa pagi, siang, sore ataupun malem. Tapi saya sarankan untuk pergi ke sana di sore hari, karena kamu bakal mendapatkan bonus pemandangan sunset yang memanjakan mata. Sinar matahari senja yang berwarna kuning keemasan akan menciptakan refleksi serta gradasi warna di permukaan air telaga, sehingga nuansa alami dan juga romantis bisa kamu rasakan disana.

Kalibiru

Sunset di Kalibiru
Sunset di Kalibiru

Kalibiru adalah sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang indah, jauh dari hiruk puikuk perkotaan karena terletak di perbukitan Menoreh daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Kita bisa menaiki menara pandang yang sudah disediakan, duduk diatas papan dan menikmati pemandangan alam serta terpaan angin yang begitu sejuk. Dari atas menara pandang akan terlihat panorama Waduk Sermo yang dikelilingi pohon-pohon hijau, jika di sore hari kita akan mendapat bonus momen matahari tenggelam (sunset). Ciri khas langit senja akan tampak dengan jelas, ditambah pancaran cahaya matahari yang hendak tenggelam akan menyinari Waduk Sermoo dengan warna keemasan. Nikmati quality time bersama pasangan dengan nuansa romantis di Kalibiru, tapi tempat ini tidak dianjurkan buat kamu yang punya fobia ketinggian.

Bukit Parang Endog

SUnset di Tebing Parang Endog
SUnset di Tebing Parang Endog

Bukit Parang Endog merupakan bukit yang digunakan untuk landasan paralayang, tapi hingga sekarang masih jarang digunakan karena disana belum ada penyewaan paralayang. Namun, bukit tersebut menjadi salah tempat yang terbaik untuk melihat momen matahari tenggelam. Untuk sampai keatas bukit perlu sedikit tenaga dengan menaiki anak tangga, tapi kamu nggak bakalan kecewa kalau sudah melihat pemandangan yang masih alami, tenang, dan eksotis. Langit yang berwarna jingga yang mendominasi, khas langit senja akan menghiasi penglihatan mata kamu, ditambah dengan angin sejuk yang menerpa dan juga deburan ombak yang menyapu pasir pantai akan senantiasa menambah suasana romantis bersama pasangan mu.

Pantai Parangtritis

Sunset di Pantai Parangtritis
Sunset di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang populer, mungkin banyak dari kita yang sudah pernah ke pantai yang terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul ini. Disana banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti menyewa ATV untuk mengitari pantai, atau bisa juga berkeliling menggunakan Bendi atau haya sekedar duduk santai sambil menikmati pemandangan pantai. Waktu yang tepat ke pantai Parangtritis adalah sore hari, kamu bakal disuguhkan pemandangan pantai yang eksotis. Dengan pasir pantai dan deburan ombak yang menari perlahan, senantiasa membuat kamu pengen segera mengabadikan momen indah tersebut. Jalan yang mudah diakses, menjadikan pantai ini menjadi pantai favorit wisatan lokal maupun asing.

Pantai Pok Tunggal

Sunset di Pantai Pok Tunggal
Sunset di Pantai Pok Tunggal

Pantai kawasan Gunung Kidul ini berada di sebalah barat Pantai Indrayanti. Memang jalan untuk mencapai ke sana kurang begitu bagus, jalan sempit dan berbatu, tapi jika sudah masuk ke pantai kamu bakal disambut pasir pantai yang putih sepanjang garis pantai. Jika ingin mendapatkan panorama yang lebih indah dari ketinggian, kamu bisa naik keatas bukit yang terletak sisi barat (Bukit Tirta Asri) dan sisi timur (Bukit Panjong). Di bukit Tirta Asri ada tangga untuk menuju puncak bukit, dan diatas terdapat sebuah gazebo beratap rumbia untuk bersantai. Sedangkan untuk naik ke Bukit Panjong butuh sedikit tenaga ekstra, karena kamu harus menyesuri setiap pinggang tebing. Namun, di bukit inilah tempat terbaik untuk melihat sunset, terdapat beberapa gazebo dan kamu juga bisa mendirikan tenda disana. Bersantai diatas bukit ditemani angin yang bertiup sepoi-sepoi serta melihat momen sunset yang sangat memanjakan mata, tentu akan memberikan kamu sensasi yang tak terlupakan.


Nah, gimana pren? Kamu bisa bayangin sendiri, gimana romantisnnya berada ditempat-tempat tersebut. Kamu bisa pergi bersama pacar atau suami/istri untuk mendapatkan nuansa romantis, agar lebih merekatkan hubungan kalian lagi. Tapi kalau kamu pengen pergi bersama teman-teman traveler yang lain pun nggak masalah, kamu bisa mengabadikan setiap momen seru yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman, mengabadikan panorama lukisan tuhan yang indah tersebut. So, nggak usah lama-lama lagi, tentukan tempat mana yang terbaik untuk melihat momen matahari tenggelam atau sunset. Selamat melihat sunset ya 🙂

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!