Inilah 7 Pantai Unik dan Menarik di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

Keunikan yang Terdapat di Pantai-pantai Indonesia (Traveller Wajib Singgah)
Keunikan yang Terdapat di Pantai-pantai Indonesia (Traveller Wajib Singgah)

Nasionalis.ID – Sudah banyak yang mengakui bahwa Indonesia adalah negara yang memiliki pemandangan alam luaar biasa, seperti danau, gunung, sungai, dan tentunya pantai. Nah, ngomong-ngomong soal pantai nih pren, udah tau kan pantai itu apa? Yo’i bener sekali, pantai adalah sebuah garis pembatas antara laut dengan daratan, dalam hal ini Indonesia memiliki banyak sekali pantai-pantai yang indah. Kalau membayangkan soal pantai indah, pasti banyak dari kita yang membayangkan pantai-pantai di Bali. Memang pulau yang juga dikenal dengan nama Pulau Dewata ini dikelilingi pantai-pantai yang sangat cantik nan indah. Namun perlu kamu tau pren, ternyata masih banyak pantai indah sekaligus unik di Indonesia, selain pantai-pantai di pulau Bali. Kalau kamu seorang pecinta traveling, tentu kamu harus menyinggahi pantai-pantai unik nan indah berikut ini. Pantai apa aja itu? Langsung aj simak ulasannya di bawah.

1. Gosong Pantai (Maluku Utara)

Fenomena Pantai di Tengah Laut Yang menghubungkan 2 Pulau
Fenomena Pantai di Tengah Laut Yang menghubungkan 2 Pulau

Di daerah Halmahera, Maluku Utara terdapat suatu fenomena alam yang sangat menakjubkan, yaitu fenomena laut yang terbelah menjadi dua. Laut tersebut terbelah oleh gosong pantai yang menghubungkan Pulau Dodola Besar dengan Pulau Dodola Kecil, gosong pantai tersebut bisa kita lihat ketika air laut sedang surut. Kita bisa menyebrangi gosong pantai tersebut dengann waktu 5 menit jalan kaki, ketika melintasinya kita bakal merasakan pasir lembut yang berwarna putih, di tambah lagi dengan pemandangan laut biru di kanan kiri kita. Selain itu kita juga bisa menemukan Batu Kopi, ini adalah batu besar yang menebar aroma khas kopi. Sedangkan Pulau Dodola Besar dan Dodola Kecil, memiliki pemandangan yang sama-sama indahnya. Di kelilingi pasir pantai yang berwarna putih, dengan air laut yang jernih berwarna hijau kebiruan. Pemandangan bawah laut yang menawan serta terdapat beberapa kapal karam yang digunakan pada masa perang dulu, membuatnya menjadi tempat yang tepat untuk menyelam atau pun snorkling, terdapat 13 titik penyelaman yang ada di sekitar Pulau Dodola. Pulau tersebut tidak berpenghuni, namun di sana terdapat penginapan yang bisa digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi para wisatawan yang datang. Pesti seru banget pren.

2. Pantai Akesahu (Maluku Selatan)

Pantai Dengan Pemandian Air Panas
Pantai Dengan Pemandian Air Panas

Pantai yang terletak di Tidore, Maluku Selatan ini, terkenal dengang keunikan pemandian air panas yang berada di tepi pantai. Suasana dan pemandangan laut biru di Pantai Akesahu ini akan menambah sensai tersendiri ketika kita sedang berendam di air panas. Uniknya lagi, meskipun pemandian air panasnya berada di pantai atau di tepian laut, namun air yang ada di pemandian tersebut adalah air tawar lho pren. Selain itu, pantai Akesahu hampir mirip dengan pantai Sanur, Bali,  pantai panjang dan landai cocok untuk kita berjemur di bawah sinar matahari. Sambil minakmati pemandangan air laut yang biru jernih, apalagi ketika cuaca cerah dan sinar matahari sedang terik, membuat air laut tampak gemerlip yang tentu saja akan menggoda mata kita. Pengelolaan Pantai Akesahu sudah cukup baik, terbukti dengan terdapatnya pondok-pondok yang di sekian bagi para pengunjung yang ingin beristirahat. Bagi kamu yang bosan dengan pantai yang gitu-gitu aja, Pantai Akesahu ini sangat recommended banget buat kamu kunjungi.

3. Pantai Ngurtafur (Maluku Tenggara)

Pantai yang Memanjang 2 km Ke Tengah Laut
Pantai yang Memanjang 2 km Ke Tengah Laut

Masih berada di provinsi Maluku, sebuah Pantai bernama Ngurtafur ini berada di Pulau Warbal, Kepulauan Kei, Maluku Temggara. Keunikan dari pantai ini yaitu hamparan pasir putih yang menyelimuti pantai sepanjang 2 km ke tengah laut, dan dengan lebar sekitar 7 meter. Kita bisa merasakan sensasi seolah berjalan di tengah lautan luas yang berwarna biru, di tebah dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Nggak hanya itu saja, jika kita beruntung di Pantai Ngurtafur ini kita bisa melihat kawanan burung pelikan, yang pada waktu tertentu bermigrasi dari tempat asalanya yaitu Australia dan Papua New Guinea. Jadi nggak bisa setiap saat burung pelikan dari jenis Australian Pelican ini berada di sana. Selain burung pelikan, para wisatawan juga bisa bertemu dengan Penyu Belimbing atau oleh warga sekitar biasa disebut dengan nama Tabob. Penyu ini adalah salah satu jenis Penyu yang langka dan di lindungi oleh WWF (World Wide Fund for Nature). Letaknya yang berada di antara Laut Arafuru, Laut Banda, dan Laut Seram, membuat Pantai Ngurtafur memiliki banyak jenis biota laut. Sehingga pengunjung bisa menikmatinya dengan snorkling atau hanya sekedar berenang.

4. Pantai Tanjung Aan (Lombok Tengah)

Pantai Dengan 2 Pasir Yang Berbeda
Pantai Dengan 2 Pasir Yang Berbeda

Jika kita pergi ke Pantai Tanjung Aan ini, kita bakal menemukan 2 pasir berbeda dalam 1 pantai, yang di pisahkan oleh bukit batu. Pasir pertama memiliki warna putih seperti tepung, dan bentuknya pun sangat halus, sehingga terasa lembut ketika tersentuh kaki kita. Sedangkan pasir kedua memiliki warna agak gelap, warga setempat menyebutnya pasir merica, karena bentuk dan warnanya yang menyerupai butir merica. Selain itu, Pantai Tanjung Aan ini juga di keliling banyak perbukitan, yang mudah kita tuju saat ingin menikmati keindahan pantai dari atas bukit. Tanjung Aan berhadapan langsung dengan samudera Hindia dan ombak di sana cukup tenang, sehingga sangat menyenangkan untuk kegiatan snorkling di tambah lagi kedalamannya yang relatif dangkal. Namun ketika sore hari tiba, permukaan airnya akan mulai naik, dan membuatnya lebih cocok di gunakan untuk berselancar. Ketika kita berkunjung kesana di bulan Februari, kita bisa menemukan even spesial yang di sebut dengan Ritual Bau Nyale. Ritual ini berhubungan dengan mitos yang beredar di desa setempat, mitos jaman dulu tentang seseorang bernama Puteri Mandalika.

5. Pantai Tangsi (Lombok Timur)

Pantai Dengan PAsir Berwarna Merah Muda (Pink)
Pantai Dengan PAsir Berwarna Merah Muda (Pink)

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Pink ini, terletak di desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur. Disebut dengan Pantai Pink, karena pasir yang terdapat di pantai ini berwarna kemerah-merahan atau pink. Warna pasir tersebut tercipta karena pasir putih yang bercampur dengan serpihan karang berwarna merah muda. Warna pink dari pasir tersebut akan terlihat semakin jelas ketika cuaca sedang cerah dan ketika terkena air laut. Pantai unik ini patut masuk dalam daftar tujuan traveling kita pren, selain karena keunikan pasir pantainya, pantai ini juga memiliki pemandangan alam yang indah dan juga cantik. Disekitar Pantai Tangsi terdapat tebing-tebing tinggi lengkap dengan pendopo di atasnya, sehingga kita bisa menikmati terpaan angin laut dan hamparan air laut yang luas dari atas tebing. Cara lain menikmati keindahan di sana yaitu dengan menyewa perahu nelayan setempat, yang cukup untuk dinaiki 10-12 orang. Dengan tarif Rp 10.000 per orang, kita bisa berkeliling di gugusan pulau-pulau kecil yang berjarak sekitar 2 km dari garis pantai.

6. Pantai Banyu Tibo (Jawa Timur)

Pantai Dengan Air Terjun
Pantai Dengan Air Terjun

Pantai Banyu Tibo terletak di Desa Widoro, Donorojo, Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini memiliki pemandangan yang cukup unik, yaitu terdapat air terjun di bibir pantainya, hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Banyu Tibo. Jadi kita bisa menikmati kucuran air terjun sambil menikmati pemandangan laut biru yang luas dan biru. Air terjun di Pantai Banyu Tibo ini berasal dari mata air sungai yang tak pernih kering walau musim kemarau, muara sungai tersebut mengalir turun dari atas tebing di sekitar pantai tersebut, sebelum akhirnya menyatu dengan ombak dan air laut. Walaupun area pantainya tidak begitu luas, namun kita tetap bisa mandi di bawah guyuran air terjun atau bisa juga berenang di tepian laut. Namun kita perlu berhati-hati, karena ketika sore hari air laut disana sudah mulai naik. Jadi kita bisa menikmati suasana laut dari atas tebing, yang berada di sekitaran pantai tersebut. Selain bersantai dan menikmati sunset, pengunjung juga dapat menyalurkan hobi memancingnya dari atas tebing tersebut. Pengelola Pantai Banyu Tibo menyediakan warung-warung bisa kita gunakan sebagai tempat istirahat sambil menikmati jajanan yang ada.

7. Pantai Tanjung Api (Sulawesi Tengah)

Pantai Dengan Gas Alam
Pantai Dengan Gas Alam

Tanjung Api adalah sebuah tanjung yang berlokasi di Teluk Tomini, Ampana, Sulawesi Tengah. Di Pantai Tanjung Api kita bakal disuguhi keunikan alam yang berbeda dari kebanyakan pantai, di sepanjang tanjung tersebut terdapat gas alam yang keluar secara alami. Dengan menggali sampai kedalaman sekitar 10 cm, maka dengan sendirinya gas tersebut akan keluar, bahkan bisa langsung apinya yang menyembur. Gas yang keluar tersebut bisa di nyalakan dengan korek, dan tidak akan padam sampai kita menutup kembali galian tersebut. Walaupun begitu, keindahan laut yang ditawarkan Pantai Tanjung Api juga tak kalah indah dengan pantai-pantai yang lain. Pengunjung bisa berenang atau snorkeling di Pantai Tanjung Api ini, bahkan bisa menikmati indahnya sunset. Di sekitar Tanjung Api terdapat sebuah hutan tropis yang masih alami, dan disana terdapat hewan endemik seperti anoa, babi rusa, monyet dan berbagai jenis burung.

Gimana pren, unik-unik kan pantainya? Jadi kamu pilih pantai yang mana nih? Kalau sudah punya pilihan, segera deh atur waktu dan persiapkan semuanya, biar bisa berlibur dengan irit di pantai-pantai unik tersebut. Jangan sampai kamu jadi orang yang kurang piknik ya 😀 . Oke pren kalau gitu, selamat berlibur 🙂

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!