Inilah 7 Danau di Indonesia Yang Berada diketinggian Lebih Dari 2000 mdpl

Selain Berada Pegunungan, Danau-danau ini Juga Menawrkan Banyak Keindahan Alam
Selain Berada Pegunungan, Danau-danau ini Juga Menawrkan Banyak Keindahan Alam

Nasionalis.ID – Jika artikel saya sebelumnya membahas tentang Sungai di Indonesia, kali ini saya akan membahas tentang Danau tertinggi yang ada di Indonesia. Memang bukan rahasia lagi kalau Indonesia itu memiliki banyak keindahan alam yang luar biasa. Tak jarang turis-turis dari mancanegara berkunjung ke Indonesia untuk menyaksikan sendiri keindahan-keindahan alam yang ada, dan banyak dari mereka mengatakan kalau mereka sangat menyukai Indonesia.

Negara Indonesia sendiri terdiri dari ribuan pulau, gunung-gunung dan juga lautan yang luas, dan setiap bagian tersebut mempunyai keindahan masing-masing. Nah, menariknya lagi, terdapat bebrapa danau air tawar yang terletak di pegunungan-pegunangan, yang membuat danau-danau tersebut menjadi danau tertinggi di Indonesia. Selain itu, danau-danau tersebut juga menambah keindahan yang memanjakan mata kita. Penasaran danau-danau apa aja itu? Langsung aja deh simak artikelnya dibawah ini.

1. Danau Segara Anak, Lombok (2010 mdpl)

Danau Segara Anak Berada diketinggian 2010 mdpl
Danau Segara Anak Berada diketinggian 2010 mdpl

Danau Segara Anak adalah sebuah danau yang terletak di kawah gunung Rinjani, Lombok Nusa Tenggara Barat. Danau ini berada diketinggian 2010 meter diatas permukaan laut, menariknya lagi di tengah-tengah danau ini terdapat gunung kecil bernama Ggunung Baru Jari yang masih aktif. Selain itu danau ini memiliki air yang berwarna biru seperti air laut, dengan pemandangan alam sekitar yang indah danau ini sering digunakan untuk tempat peristirahatan para pendaki gunung Rinjani (3726 Mdpl).

2. Danau Ranu Pani, Jawa Timur (2162 mdpl)

Danau Ranu Pani Berada di Ketinggian 2162 mdpl
Danau Ranu Pani Berada di Ketinggian 2162 mdpl

Danau ini berada di kaki Gunung Semeru, desa Ranu Pani, Lumajang, Jawa Timur, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Danau Ranu Pani berada di ketinggian 2162 meter diatas permukaan laut, dengan luas danau kurang lebih 1 hektare. Pepohonan dan padang rumput hijau bersandingan dengan air danau yang berwarna hijau, sering kali memikat mata para pendaki gunung Semeru (3.767m dpl) untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam tersebut.

3. Danau Ranu Regulo, Jawa Timur (2256 mdpl)

Danau Ranu Regulo Berada diketinggian 2256 mdpl
Danau Ranu Regulo Berada diketinggian 2256 mdpl

Danau Ranu Regulo juga berada di kaki Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, lokasinya tidak jauh dari Danau Ranu Pani. Danau yang terletak di ketinggian 2256 meter diatas permukaan laut ini, sangat cocok untuk jadi tempat peristirahatan. Selain suasananya yang tenang, di danau ini juga terdapat udara yang segar.

4. Danau Ranu Kumbolo, Jawa TImur (2469 mdpl)

Danau Ranu Kumbolo Berada diketinggian 2469 mdpl
Danau Ranu Kumbolo Berada diketinggian 2469 mdpl

Danau ini merupakan danau tertinggi yang berada dikaki Gunung Semeru, dengan ketinggian 2496 meter diatas permukaan laut. Danau yang memiliki luas sekitar 15 hektare ini, menjadi tempat persinggahan favorit bagi para pendaki Gunung Semeru. Menariknya kita bisa menyaksikan keindahan matahari terbit yang perlahan muncul diantara 2 bukit hijau, kamu bisa merasakan sensasi tersendiri ketika berada di danau ini.

5. Danau Tage, Papua (2192 mdpl)

Danau Tage Berada diketinggian 2192 mdpl
Danau Tage Berada diketinggian 2192 mdpl

Danau Tage ini terletak di Kabupaten Paniai, Papua, dimana kabupaten Paniai ini berada di pegunungan yang berhawa sejuk. Untuk pergi ke Danau Tage yang memiliki ketinggian 2192 meter diatas permukaan laut ini, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Namun perjalanan tersebut akan terbayar jika kamu sudah bertemu dengan Danau yang memiliki luas ±150 hektare. Di Danau ini kamu akan menemui batu karang dan pepohonan yang mengelilinginya, dari sini kamu juga bisa melihat langsung Gunung Deiyai serta dapat melihat langsung matahari terbenam sambil berenang. Keindahan di Danau Tage ini akan memberikan kamu kesan tersendiri.

6. Danau Kumbang, Jambi (2702 mdpl)

Danau Kumbang Berada diketinggian 2702 mdpl
Danau Kumbang Berada diketinggian 2702 mdpl

Danau yang terletak di Gunung Masurai ini, memiliki ketinggian 2702 meter diatas permukaan laut. Dari danau ini kamu bisa melihat langsung keindahan gunung Kerinci dan juga hutan hujan Sumatra, banyak para pendaki yang berkemah di pinggiran danau ini. Selain itu, pemandangan yang terdapat di sekitaran danau Kumbang ini juga sangat memikat hati.

7. Danau Habema, Papua (3321 mdpl)

Danau Habema Berada diketinggian 3321 mdpl
Danau Habema Berada diketinggian 3321 mdpl

Danau Habema terletak di lembah Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua, dengan ketinggian 3321 meter diatas permukaan laut. Danau yang disebut danau diatas awan ini, sering di jadikan tempat peristirahatan bagi para pendaki gunung Trikora. Ketika cuaca cerah kita dapat melihat keindahan puncak gunung Trikora, selain itu kita juga dapat menikmati hamparan padang rumput serta air danau yang tenang. Di sana juga menjadi habitat beberapa spesies burung dan juga tanaman seperti anggrek, sensasi menyenangkan bisa kamu dapatkan di tempat ini.

Yah, itulah pren 7 Danau di Indonesia Yang Berada diketinggian Lebih Dari 2000 mdpl, danau manakah yang pengen kamu kunjungi? Tapi sebelum berlibur ke danau-danau tersebut ada baknya kamu baca Tips Liburan Irit ala Backpacker ini dulu pren, biar liburan kamu lebih seru.

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!