10 Manfaat Luar Biasa dari Minyak Kayu Putih Yang Belum Kamu Ketahui

cajuput oil

Nasionalis.id – Udah akrab kan sama yang namanya minyak kayu putih ? Iya karena hampir seumur hidup kita terutama orang Indonesia tidak akan pernah terlepas dari penggunaan minyak angin yang satu ini, entah itu bayi, remaja maupun aki nini, hampir semua kalangan pernah menggunakan cajuput oil atau yang biasa disebut minyak kayu putih ini. Jadi kalau kamu masih tanya apa itu minyak kayu putih, atau malah belum tahu sama sekali, berarti hidup kamu kebangetan genk. Nah ngomongin minyak kayu putih, apa yang biasanya kamu lakukan dengan minyak hasil olahan daun kering dari pohon kayu putih ini ? Apakah untuk dioles ke perut saat masuk angin ? Ataukah untuk mengatasi perut kembung ? Jika hanya itu yang kamu tahu dari kegunaan dan manfaat minyak kayu putih, kamu salah genk. Ternyata minyak dari hasil olahan tanaman jambu-jambuan (Myrtaceae) dan genus Melaleuca ini punya banyak manfaat, tidak hanya dari segi kesehatan tapi juga bermanfaat untuk hal lainya juga. Penasaran apa saja manfaat dan kegunaan cajuput oil atau minyak kayu putih ini ? simak ulasan dari Nasionalis.id berikut;

1. Aromaterapi saat stres

Aromaterapi saat stres
Aromaterapi saat stres

Memang tidak dipungkiri lagi jika stres berlebih adalah salah satu pembunuh mematikan dari keproduktifan bekerja pada diri seseorang, bahkan jika terus-terusan dibiarkan stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Nah jika sudah begini kamu bisa mencoba aromaterpai dari minyak kayu putih, hiruplah aroma khas dari minyak kayu putih dan rasakan seluruh stres dan ketegangan yang kamu rasakan perlahan menghilang. Hal ini bisa terjadi karena didalam minyak kayu putih mengandung zat analgesik yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran kamu, mengurangi kabut otak, kelesuan, dan meningkatkan konsentrasi. Tidak hanya itu, aromaterapi dari hasil olahan Melaleuca leucadendra ini juga berguna untuk mengusir kecemasan serta mendorong perasaan percaya diri.


2. Sebagai distress pernapasan

Sebagai distress pernapasan
Sebagai distress pernapasan

Buat kamu yang sedang mengalami masalah pada saluran pernapasan yang biasanya disebabkan oleh batuk, flu, infeksi pneumonia, bronkitis maupun sleep apnea (COPD), kamu bisa menggunakan minyak putih sebagai alat bantu untuk meringankan rasa sesak pada dada serta hidung tersumbat yang sedang kamu alami. Minyak kayu putih mempunyai kemampuan untuk mengencerkan dahak dan mengeluarkan lendir dari paru-paru, sehingga saluran pernapasan akan terasa lebih ringan dan rasa sesak akan berkurang. Kamu bisa mencobanya dengan meneteskan setidaknya 20 tetes minyak kayu putih pada baskom yang berisi air mendidih, kemudian kamu hirup uap dari air campuran minyak kayu putih tersebut.


3. Sebagai bahan campuran untuk memaksimalkan kinerja sunscreenmu

Manfaat minyak kayu putih campur sunscreen
Manfaat minyak kayu putih campur sunscreen

Bekerja dan beraktivitas di luar ruangan atau outdoor memang akan membuat kita sering terkena sinar matahari, meskipun sinar matahari tergolong baik dan dibutuhkan bagi kehidupan bumi. Namun tidak bisa dipungkiri juga jika terus – terusan terkena paparan sinar ultraviolet yang terkandung didalamnya juga akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh, oleh karena itu sangat dianjurkan menggunakan sunscreen saat beraktivitas diluar ruangan. Tapi terkadang hasil dari sunscreen sendiri kurang maksimal, jika sudah begini kamu bisa mencampurkan minyak kayu putih pada setiap olesan sunscreen yang kamu gunakan sehingga kinerjanya dalam melindungi seluruh kulitmu dari terik matahari akan lebih optimal.


4. Sebagai obat luka yang mujarab

Minyak kayu putih sebagai obat luka yang mujarab
Minyak kayu putih sebagai obat luka yang mujarab

Jatuh dan terluka adalah hal yang biasa, namun salah dalam penanganannya bisa berakibat fatal. Alih – alih sembuh, luka yang diderita bisa – bisa bertambah parah bahkan infeksi jika penanganannya asal – asalan. Nah jika kondisi tersebut menimpamu, kamu perlu tahu bahwa ternyata minyak putih juga berguna untuk menyembuhkan dan mempercepat proses pengeringan luka. Hal ini disebabkan kandungan antimikroba dan antiseptik didalam minyak kayu putih bisa melindungi luka dari kuman-kuman yang datang sehungga mencegah kemungkinan terjadinya infeksi pada luka, seperti goresan maupun luka bakar bahkan proses pengeringan yang disebabkan dari kandungan minyak kayu putih tersebut juga akan lebih cepat. Kamu bisa menggunakan beberapa tetes minyak kayu putih yang dicampurkan dengan air bersih, kemudian gunakan untuk mencuci luka yang diderita (*hal ini tidak berlaku pada luka patah hati ya genk)


5. Mengatasi kulit berminyak

Minyak kayu putih mengatasi kulit berminyak
Minyak kayu putih mengatasi kulit berminyak

Masalah kulit berminyak sering dialami pada masa pubertas seseorang, biasanya terjadi karena kadar hormon sedang tidak seimbang dari dalam tubuh sehingga menyebabkan sekresi pada kelenjar minyak yang berlebihan bahkan jika dibiarkan bisa menimbulkan jerawat di wajah. Tidak hanya mengganggu, kondisi seperti ini juga membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Apabila kondisi seperti menimpa kehidupanmu, kamu bisa menggunakan manfaat kayu putih sebagai solusinya. Minyak kayu putih memiliki sifat astringent yang kuat, sehingga mampu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Kamu cukup mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air bersih, kemudian oleskan pada wajah berminyak menggunakan kapas.


6. Mampu menghilangkan bekas jerawat dan noda pada wajah

menghilangkan bekas jerawat dan noda pada wajah
menghilangkan bekas jerawat dan noda pada wajah

Jerawat memang menjadi salah satu masalah klasik pada remaja yang cukup menjengkelkan, apalagi jika sudah meninggalkan bekas. Nah menghilangkan bekas noda jerawat ini bukan perkara mudah, bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bekas noda jerawat tersebut memudar dan benar – benar menghilang. Tapi nggak perlu khawatir genk jikalau masalah ini menimpa dirimu, kamu bisa menggunakan campuran antara minyak kayu putih dengan gel aloevera (lidah buaya), kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda bekas jerawat tersebut. Sifat inflamasi yang tinggi dari minyak kayu putih terbukti sangat cocok untuk merawat kulit berjerawat dan mampu menyamarkan bekas noda jerawat pada wajah.


7. Mencegah kaki dari gangguan jamur kaki

Mencegah kaki dari gangguan jamur kaki
Mencegah kaki dari gangguan jamur kaki

Beraktifitas sejak pagi hingga sore hari atau bahkan sampai pagi lagi tentu sudah menjadi hal biasa, terutama buat kamu yang tergolong sebagai manusia super sibuk. Tapi satu hal yang sering terlupakan adalah dampak kesehatan kaki dari penggunaan sepatu tersebut. Terlalu lama menggunakan sepatu apalagi di negara yang beriklim tropis seperti di Indonesia tak jarang membuat kaki berkeringat bahkan menciptakan bau yang tak sedap, tidak hanya itu kemungkinan kaki menjadi berjamur juga sangat besar. Jika sudah begini kamu bisa memanfaatkan kandungan antijamur pada minyak kayu putih untuk mencegah timbulnya jamur-jamur di kaki, kamu cukup siapkan air hangat yang telah dicampur dengan beberapa tetesan minyak kayu putih, kemudian rendam kakimu dalam air tersebut sepulang bekerja maupun beraktifitas. Selain melemaskan otot – otot kaki yang tegang, rendaman air minyak kayu putih juga bermanfaat untuk menghilangkan jamur-jamur yang ada pada kaki kamu.


8. Menghilangkan ketombe

Menghilangkan ketombe
Menghilangkan ketombe

Punya masalah dengan ketombe, sudah kesana kemari mencari solusi tapi tidak ada hasil, sudah menggunakan shampo ketombe mulai dari yang murah sampai yang mahal gila, tapi hasilnya masih saja nihil dan ketombe masih meneror kehidupan kamu. Mungkin sudah saatnya kamu mencoba cara tradisional berikut, campurlah minyak kayu putih secukupnya dengan minyak kelapa, kemudian oleskan secara merata pada bagian kulit kepala lalu pijat lembut selama 20 menit. Lakukan hal tersebut secara rutin dan lihatlah keajaiban formula nenek moyang dari minyak kayu putih tersebut. Selain bermanfaat untuk menghilangkan ketombe, minyak kayu putih juga bisa meningkatkan elastisitas rambut sehingga rambut kamu akan terhindar dari kepatahan dan kerontokan.


9. Pengganti hand sanitizer

Pengganti hand sanitizer
Pengganti hand sanitizer

Menggunakan hand sanitizer mungkin memang sudah menjadi hal umum bagi setiap orang, terutama buat mereka yang sangat peduli dengan kebersihan tangan sebelum menyantap makanan. Nah pernahkah kamu suatu ketika kehabisan hand sanitizer, namun ingin tanganmu tetap bersih sebelum makan. Tidak perlu bingung genk, kalau hand sanitizer kamu lagi habis tapi kamu punya minyak kayu putih. Didalam minyak kayu putih ternyata mengandung antibakteria yang bermanfaat untuk membunuh spesies bakteri tertentu dalam tubuh, sehingga mencuci tangan menggunakan air campuran minyak kayu putih sebelum makan, sama halnya membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer karena sifatnya yang sama, yaitu melawan dan menghilangkan bakteri.


10. Campuran yang efektif untuk membersihkan dan menjaga kesehatan rumah

Campuran yang efektif untuk membersihkan dan menjaga kesehatan rumah
Campuran yang efektif untuk membersihkan dan menjaga kesehatan rumah

Dan yang terakhir adalah, minyak kayu putih mampu dijadikan sebagai bahan campuran untuk membersihkan sekaligus menjaga kesehatan rumah kamu. Mungkin masih asing terdengar dari manfaat kayu putih yang satu ini, namun sifat antimikroba yang dimiliki minyak kayu putih mampu mengoptimalkan pekerjaan sabun pembersih untuk mengatasi berbagai masalah rumah terutama yang berhubungan dengan masalah kuman. Kamu bisa mencobanya dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan air pel dan digunakan untuk mengepel lantai, atau mungkin juga mencampurkan minyak kayu putih dengan pembersih toilet untuk membersihkan toilet kamu, dan bisa juga mencampurkan minyak kayu putih dengan pembersih jendela. Selain efektif untuk menjaga kebersihan rumah kamu, campuran minyak kayu putih dengan sabun pembersih juga lebih sehat, karena bisa membunuh kuman dan bakteri di rumahmu.

Itulah beberapa manfaat dari minyak kayu putih yang mungkin belum kamu ketahui, mungkin memang terkesan sebagai barang biasa saja dan umum ditemui. Tapi siapa sangka jika salah satu jenis minyak esensial hasil penyulingan dari daun kayu putih ini mengandung banyak sifat yang sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia, bahkan kemasannya yang kecil juga membuatnya mudah dibawa kemana – mana dan siap digunakan pada saat yang dibutuhkan. Semoga ulasan tentang manfaat lain dari minyak kayu putih diatas bisa bermanfaat, dan semoga kamu tidak lagi meremehkan benda kecil yang sering kamu temui ini. Tengkyu 😀

Keywords:

  • manfaat minyak kayu putih
  • minyak kayu putih
  • khasiat minyak kayu putih
  • manfaat minyak kayu putih untuk wajah
  • kegunaan minyak kayu putih
  • manfaat kayu putih
  • gel kayu putih
  • manfaat lain minyak kayu putih
  • fungsi minyak kayu putih
  • minyak kayu putih untuk wajah

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!