Inilah 8 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan Pria dan Wanita Yang Perlu Kamu Tahu

Kafein pada Kopi Banyak Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan Pria Maupun Wanita
Kafein pada Kopi Banyak Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan Pria Maupun Wanita

Nasionalis.ID – Kopi. Tentunya semua orang tahu apa itu kopi, ya nggak? Tak sedikit dari kita yang pernah atau bahkan sering menikmati minuman berkafein ini. Mungkin ada juga yang menganggap kopi adalah penyuplai energi, penghilang ngantuk, atau bisa juga dijadikan teman bersantai. Yah, saya setuju dengan itu, karena memang kopi bukanlah sekedar minuman berwarna hitam. Banyak senyawa yang tekandung dalam minuman dari biji kopi yang telah dihaluskan ini, seperti kafein, xanthine, spermidine, asam klorogenik (Chlorogenic) dan masih banyak lainnya. Dari hal itu kita bisa mengetahui, kalau konsumsi kopi dalam batas yang wajar akan memberikan suatu manfaat tersendiri. Bahkan para pakar menyebutkan, kalau wanita yang mengkonsumsi secangkir kopi tiap hari dapat mengurangi resiko terkena stroke, sekitar 25% lebih sedikit dari pada yang tidak mengkonsumsi kopi. Dan berikut ini ada 8 Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Kopi Hitam Dapat Mencegah Serangan Jantung
Kopi Hitam Dapat Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Hal ini diyakini karena adanya kandungan antioksidan yang terdapat pada kopi, seseorang yang minum 1-3 cangkir setiap harinya lebih rendah terkena serangan jantung. Dan gagasan ini lebih diperkuat lagi dengan adanya riset yang dilakukan oleh beberapa pakar dari John Hopkins University. Mereka menyebutkan bahwa, mengkonsumsi kopi setiap hari dapat mengurangi risiko penyumbatan arteri (pengendapan kalsium di arteri) yang dapat menyebabkan serangan Jantung. Eliseo Guallar, pemimpin penelitian tersebut berpendapat, walaupun secangkir kopi dapat mencegah risiko penyakit jantung, namun tetap tidak dikonsumsi secara berlebihan dengan kata lain dikonsumsi dalam batas yang wajar saja. dr Daniel Tanubudi, SpJP ahli penyakit jantung dari Eka Hospital, BSD, Tangerang, mengaku kalau ia adalah kopi pecinta kopi tanpa gula, karena biji kopi itu sejatinya menyehatkan karena mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Kopi jadi tak sehat dikonsumsi jika ditambahkan gula dan krim, “Sebisa mungkin hindarilah minum kopi three in one. Kopi dengan banyak tambahan itu biasanya berkualitas kurang baik,” kata dr Daniel Tanubudi. Tapi konsumsi kopi yang berlebihan juga sangat berbahaya, karena dapat membuat jantung berdebar-debar.

Menjaga Kesehatan Hati

Melindungi Dari Penyakit Hati
Melindungi Dari Penyakit Hati

Banyak sekali riset yang membuktikan peran kafein dalam kopi yang membantu mengurangi risiko seseorang dari penyakit hati, seperti hepatitis, sirosis, fibrosis hati bahkan kanker hati. Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Nasional Cancer Center di Jepang (2005), yang telah melakukan survei terhadap 330 orang dewasa yang menderita kanker hati fase awal. Hasil riset tersebut menunjukkan kalau orang yang mengkonsumsi kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah mengalami jenis kanker hati paling umum (hepatocellular carcinoma), dibandingan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Lalu sebuah penelitian kembali dilakukan terhadap orang-orang yang mengkonsumsi kopi 1-4 cangkir kopi setiap harinya. Hasil yang dikemukakan 2006 dalam “Archives of Internal Medicine” itu menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pengonsumsi kopi hingga 4 cangkir setiap harinya dan yang tidak mengkonsumsi kopi. Para peneliti mengatakan kalau peminum kopi lebih rendah terkena risiko sirosis dibandingkan yang tidak meminum kopi. Sirosis adalah jaringan parut pada hati yang diiringi dengan penurunan fungsi hati sebagai akibat dari penyakit hati kronis.

Mencegah Diabetes

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe II
Mengurangi Risiko Diabetes Tipe II

Kopi sering juga disebut-disebut sebagai penyebab penyakit diabetes, namun hal itu dibuktikan salah oleh beberapa peneliti dari seluruh dunia. Dimana studi mereka menyebutkan kalau orang yang mengkonsumsi kopi setiap harinya dapat menurunkan risiko terserang diabetes tipe dua (diabetes yang dikaitkan dengan obesitas). Riset yang mereka lakukan menunjukkan kalau mengkonsumsi kopi 1-3 cangkir per hari dapat menurunkan risiko diabetes 7 hingga 36 persen. Kandungan asam klorogenik pada kopi yang berfungsi sebagai antioksidan, yang dapat mengurangi penyerapan glukosa di dalam usus. Selain itu asam klorogenik juga bisa memperlambat pelepasan gula ke dalam darah setelah mengonsumsi makanan. Jadi kopi juga bagus dikonsumsi saat perut kosong, tapi bukan kamu yang menderita penyakit maag tentunya. Mungkin yang menyebabkan diabetes itu bukan kopinya, tapi campuran gula atau krimnya, seperti yang diungkapkan oleh dr Daniel Tanubudi diatas tadi.

Menjaga Kualitas Otak

Meningkatkan Daya Fokus
Meningkatkan Daya Fokus

Mengkonsumsi kopi juga dapat menjaga kualitas otak kita pren, karena didalam biji kopi mengandung antioksidan yang dapat menurunkan risiko Demensia dan Alzheimer. Pada sebuah presentasi pada Alzheimer Europe Annual Conference, disebutkan orang dewasa yang meminum kopi 1-3 cangkir perhari dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer sampai 20%. Dalam hal ini kandungan kafein pada kopi akandiserap dan kemudian dialirkan oleh darah ke otak, yang diyakini mampu memaksimalkan berbagai aspek dari fungsi otak, seperti ingatan, kewaspadaan dan lainnya. Tak hanya itu saja, kopi juga dapat membantu meningkatkan fokus atau konsentrasi bagi pria, yah, walaupun efeknya hanya sementara tapi bagus juga ketika dibutuhkan. Kopi juga dapat memicu adrenalin sehingga membuatnya jadi lebih bersemangat serta dapat berpengaruh terhadap suasana hati.

Meningkatkan Kualitas Olahraga

Membantu Kegiatan Olahraga
Membantu Kegiatan Olahraga

Kopi juga dapat membantu kita dalam berolahraga, meminum kopi hitam sebelum berolahraga dapat meningkatkan daya tubuh kita. Selain itu kopi yang diminum 1 jam atau lebih sebelum berolahraga dapat mengurangi dehidrasi. Mike Gleeson seorang profesor terkemuka berkata “Studi menemukan bukti kafein memiliki efek lebih besar terhadap kinerja fisik orang yang aktif berolahraga daripada atlet terlatih. Kafein dapat meningkatkan kemampuan bersepeda, berjalan dan olahraga intensitas tinggi seperti sepak bola dan rugby selama 80-90 menit,” dalam latihan biokimia di Loughborough University. Jadi waktu dan takaran yang tepat dapat meningkatkan kinerja daya tahan tubuh kita.

Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Kopi Hitam Juga Dapat Membantu Meningkatkan Kualitas Sperma Pria
Kopi Hitam Juga Dapat Membantu Meningkatkan Kualitas Sperma Pria

Penelitian menyebutkan kopi dapat meningkatkan kualitas sperma bagi pria, hal ini dibuktikan dengan survei oleh para peneliti dari University of Sao Paulo, Brasil. Data yang mereka peroleh dari survei terhadap pria yang minum kopi 1-3 cangkir perhari, menununjukan terjadinya peningkatan dalam kecepatan berenang sperma pria yang dapat meningkatkan tingkat kehamilan. Selain itu, mereka juga menyebutkan adanya pengurangan risiko disfungsi ereksi sebanyak 42% dibandingan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi. Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh University of Texas menyebutkan bahwa, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat menjadi zat pemicu aliran darah darah ke alat kelamin pria menjadi lebih lancar, dan membuat alat kelamin pria tersebut menjadi lebih rileks sehingga akan mengurangi risiko lemah syahwat.

Menurunkan Depresi Bagi Wanita

Mengurangi Stres Berlebih Pada Wanita
Mengurangi Stres Berlebih Pada Wanita

Mungkin sebagian orang tidak mengetahui hal ini, namun penelitian sudah menunjukkan adanya hubungan antara kafeinn dan tingkat depresi pada wanita. Para wanita yang mengkonsumsi kopi 1/2 cangkir setiap harinya dapatkan menurunkan setres hingga 10%. Selain itu aroma yang ditimbulkan kopi hitam juga dapat memicu gen-gen yang melindungi sel-sel saraf. Seimur Damond, M.D dari Chicago ‘s Diamond Hadche Clinic membuktikan bahwa kandungan senyawa kafein pada biji kopi dapat mengurangi sakit kepala, stress, dan depresi.

Membantu Program Diet

Bisa Menjadi Menu Diet Sehatmu
Bisa Menjadi Menu Diet Sehatmu

Diet seringkali dikaitkan dengan wanita yang menginginkan tubuh langsing, namun tahukah kamu kalau hampir disetiap suplemen pembakar lemak terkandung kafein? Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa kafein adalah zat alami yang benar-benar telah terbukti membantu pembakaran lemak. Dengan begitu kamu bisa menggunakan kopi dalam menu diet sehatmu, karena secangkir kopi hitam memiliki kafein sebanyak 85 mg Ada baiknya kamu tidak mencampur kopi hitam ini dengan kopi ataupun krim, hal itu hanya akan menambah kadar kalori pada kopi. Jadi jika ingin menambahkan pemanis, gunakan gula atau pemanis lain yang bebas kalori. Adapun hal-hal lain yang bisa kita peroleh dari kopi untuk program diet adalah:

  • Pembakaran Lemak. Konsumsi kafein 400 mg (3-5 cangkir kopi) dalam sehari dapat membantu pembakaran lemak hingga 10% untuk orang dengan obesitas dan 29% untuk orang kurus. Jadi bersyukarlah bagi kamu yang ingin diet, karena ada kopi hitam yang siap masuk dalam menu diet sehat.
  • Menekan Nafsu Makan. Hal ini tentu saja bagus bagi yang sedang menjalankan program diet, karena jika nafsu makan kamu berkurang otomatis kamu jadi nggak terlalu banyak makan, jadi lebih cepat mendapatkan tubuh ideal yang kamu inginkan.
  • Pemeberi Energi. Jangan khawatir lemes kalau nggak banyak makan, karena minuman rendah kalori ini juga bisa memberikan kamu energi. Seperti yang saya katakan tadi, kalau kafein dapat membantu proses pembakaran lemak, jadi akan banyak lemak yang dikorbankan sebagai ganti energi kamu.

Black Coffee
Black Coffee

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat bisa kita peroleh dari kopi untuk kesehatan kita, namun beberapa manfaat diatas telah banyak dibuktikan dan dipercaya banyak orang. Yah, meskipun kopi itu memiliki banyak manfaat, tapi kita juga perlu memperhatikan takaran atau jumlah konsumsi kafein yang masuk ke tubuh kita. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi kopi malah kurang bagus jadinya, karena dapat menyebabkan beberapa hal seperti kegelisahan, kecemasan, mudah marah dan sulit tidur. Dan perlu diperhatikan jika kamu penderita penyakit maag, jantung koroner, ataupun penyakit lain, sebaiknya konsumsilah kopi seminimal mungkin atau kamu bisa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Dan bagi para pecinta kopi yang masih sehat, mari kita lanjut ngopi 😀

Keywords:

  • manfaat kopi hitam bagi pria
  • kopi hitam dan nasionalisme
  • kopi mempertajam sel sperma laki2
  • manfaat kopi untuk alat kelamin
About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!