Kurang Minum Air Putih ? 10 Bahaya ini Sedang Mengintai Kamu

Perbanyak Konsumsi Air Putih
Perbanyak Konsumsi Air Putih

Nasionalis.id – Berapa gelas air putih yang kamu konsumsi setiap hari ? 8 gelas air putih, 4 gelas air putih atau cuma waktu kamu haus saja ? Kalau kamu mengkonsumsi air putih disaat kamu merasa haus saja, percayalah kamu dalam masalah besar. Ngga percaya ? Oke mari kita bahas, seperti yang kita ketahui kalau 60% dari tubuh kita adalah air, selain itu air juga menjadi elemen penting dalam tubuh kita. Air juga yang bertanggung jawab terhadap fungsi dari seluruh sistem organ tubuh, membantu melarutkan mineral, pengatur suhu tubuh, meringankan beban ginjal dan hati dalam melarutkan sisa metabolisme, serta sebagai alat tranportasi nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan sel. Dan apa akibatnya jika tubuh kita kekurangn cairan tersebut ? Sudah pasti itu akan mengacaukan setiap fungsi sistem organ di dalam tubuh kita, bahkan tubuh kita tidak akan bisa bertahan selama tiga hari tanpa minum air, efek yang jauh lebih mengerikan dibanding akibat yang disebabkan jika kita tidak makan. Selain itu beberapa masalah di bawah ini juga akan mengincar tubuh kamu jika masih menyepelekan pentingnya air untuk tubuh kamu, apa saja itu ? scroll down !!

Bau mulut

Mengatasi bau mulut
Mengatasi bau mulut

Mungkin memang terdengar sepele, tapi bau mulut ini sangat mengganggu apalagi kalau kamu adalah orang yang aktif dalam pergaulan. Bayangin aja ya misalnya kamu lagi nongrong sama temen-temen kamu, tapi kamu punya masalah bau mulut, bisa dijamin temen-temen kamu bakalan kabur semuanya. Itu baru sama temen ya, gimana kalau sama pacar ? mungkin udah katakan putus !

Penjelasan ilmiah tentang bau mulut karena kurang air putih ini juga di ungkapkan oleh Dokter gigi Marshall Young dari Newport Beach, California. Dia mengatakan ketika dehidrasi, produksi air liur akan menurun. Padahal air liur memiliki sifat antibakteri, nah jika sudah begitu bakteri yang ada didalam mulut akan lebih mudah berkembang sehingga akan menyebabkan bau mulut.

Kehilangan konsentrasi

Kehilangan konsentrasi
Kehilangan konsentrasi

Nah ini juga akan menjadi masalah fatal jika kamu adalah pekerja keras dan dituntut untuk bekerja dengan penuh konsentrasi. Karena jika kamu kurang minum air putih otak akan lebih mudah kehilangan konsentrasi bahkan bisa menyebabkan kamu gampang lupa. Terlebih lagi jika kamu adalah seorang yang sering mengemudi dengan jarak yang jauh, sudah pasti konsentrasi penuh menjadi hal penting. Tapi permasalahannya kebanyakan pengandara tidak mau minum air putih karena takut jika tiba-tiba ingin buang air kecil dan sulit mencari toilet, tapi percayalah inilah yang nantinya akan menjadi bom waktu untuk kamu sendiri. Karena jika kamu tidak minum kamu akan dehidrasi dan kalau kamu sudah mengalami dehidrasi kamu akan kehilangan konsentrasi, jika sudah begitu akan berpotensi terjadinya human error. Bahkan sudah ada penelitian yang menunjukkan, jumlah kesalahan mengemudi terjadi dua kali lipat selama dua jam ketika pengemudi mengalami dehidrasi. Peneliti menyimpulkan, dehidrasi bisa meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas. Jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi air sebelum berkendara jauh, jangan takut kebelet ke toilet karena nyawamu jauh lebih penting ketimbang buang air dibalik pohon.

Sakit kepala

Mengatasi sakit kepala
Mengatasi sakit kepala

Jangan menganggap pemicu sakit kepala hanyalah saat kamu mengalami strees dan depresi, ternyata kekurangan asupan air juga bisa menjadi pemicu terjadinya sakit kepala. Hal ini juga sudah dijelaskan oleh dokter Casciari, Dia mengatakan kekurangan air bisa menurunkan tingkat serotonin dalam tubuh sehingga menyebabkan sakit kepala. Nah kalau sudah begitu dokter Casciari menyarankan ketika sakit kepala cobalah minum dua gelas air putih dan makan buah yang mengandung tinggi air, dengan begitu sakit kepala akibat dehidrasi akan cepat dinetralisir.

Kelelahan

Kelelahan
Kelelahan

Masih ingatkan fungsi air dalam tubuh adalah sebagai alat transportasi nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan sel, nah jika asupan air dalam tubuh kamu tidak dalam takaran yang dianjurkan sudah bisa dipastikan kondisi tubuh kamu akan mengalami gangguan, seperti penurunan tekanan darah, denyut jantung meningkat, dan akan memperlambat aliran darah ke otak. Kurang air juga membuat otot melemah sehingga saat melakukan aktivitas akan terasa melelahkan. Jadi jangan langsung beranggapan kalau kamu adalah terlalu keras dalam bekerja, tapi ingat-ingat lagi apa kamu sudah mengkonsumsi air dengan cukup.

Mudah tersinggung

Mudah tersinggung
Mudah tersinggung

Kamu sering marah-marah, sering tersinggung ? jangan langsung mencari kambing hitam apalagi turun ke jalan buat cari musuh, bisa saja kamu kekurangan cairan. Bingung apa hubunganya kurang cairan dengan perubahan emosi kita ? jadi gini suasana hati dan emosi itu ternyata juga dipengaruhi oleh kondisi cairan tubuh. Kalau tubuh kurang cairan, emosi akan mudah terpancing dan mudah marah. Fakta ini juga sudah dilakukan penelitian oleh dua orang ahli saraf dari University of Connecticut, Lawrence E Armstrong dan Harris R Lieberman, mereka melibatkan 26 pria dan 25 wanita sehat dan diminta untuk melakukan olahraga selama 3×40 menit dalam ruangan bersuhu 28 derajat celcius, tapi peserta yang terlibat tidak diperbolehkan banyak minum meski olahraga yang dilakukan cukup menguras keringat. Dan alhasil status mental dan kejiwaan peserta mengalami perubahan, peserta pria dan wanita mulai merasa letih pikiran, bingung, gelisah, dan mudah stres yang menyebabkan mereka menjadi lebih mudah marah dan tersinggung.

Kuit kering

Menobati kulit kering
Menobati kulit kering

Kurang cairan juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering, hal itu disebabkan saat kita mengalami dehidrasi fungsi enzim tidak akan bekerja dengan baik sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar. Hal serupa juga diungkapkan Anne Marie Tremain, seorang dokter spesialis dari California. Dia mengungkapkan kalau ingin menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya, disarankan untuk minum air yang cukup. Dia juga menganjurkan untuk minum air putih setelah melakukan olahraga dan setelah banyak meminum kopi, nah untuk alasan agar kita minum air putih sesudah mengkonsumsi banyak kopi adalah karena kopi yang mengandung kafein yang bersifat diuretik, yang bisa menyebabkan kita dehidrasi.

Masalah pencernaan

Masalah pencernaan
Masalah pencernaan

Ini juga akan menjadi masalah serius jika kamu tidak menjaga asupan air dalam tubuh. Lapisan dinding perut ini terdiri dari 98% air dan mengandung bikarbonat untuk melindunginya terhadap asam lambung, kadar lapisan ini harus selalu dijaga agar bisa mencegah masalah perut dan air-lah yang membantu menjaga lapisan lambung tersebut. Apabila jumlah air yang dikonsumsi tidak dalam porsi yang dianjurkan, siap-siaplah untuk mengalami berbagai masalah kerusakan sistem pencernaan seperti mulas dan sembelit.

Radang sendi

Mengatasi radang sendi
Mengatasi radang sendi

80% air terkandung dalam setiap persendian di tulang rawan tubuh kita, cairan itu dibutuhkan untuk melumasi setiap permukaan sendi yang halus dan bertujuan untuk memudahkan pergerakan tubuh kita. Apabila air yang dikonsumsi tidak sesuai porsi yang dianjurkan, itu akan menyebabkan kurangnya pelumas pada sendi, sehingga menghasilkan gesekan yang lebih besar. Jika sudah begitu akan berpengaruh buruk terhadap fungsionalitasnya akan  mulai merosot dengan cepat dan menyebabkan timbulnya arthritis.

Masalah ginjal

Gejala penyakit ginjal
Gejala penyakit ginjal

Seperti yang kamu ketahui kalau ginjal adalah salah satu organ penting dalam sistem kemih yang ada dalam tubuh, ginjal sendiri memiliki fungsi sebagai penyaring racun dalam darah karena metabolisme, dan kembali mendistribusikan darah yang telah bersih kembali keseluruh tubuh. Jika kekurangan cairan, pekerjaan ginjal akan semakin berat bahkan sisa kotoran akan menumpuk pada ginjal karena tak bisa dikeluarkan dengan baik melalui sistem kemih, jika sudah begitu tubuh akan lebih mudah mengalami infeksi kandung kemih yang biasanya ditandai dengan tidak bisa menahan buang air kecil dan nyeri saat buang air kecil.

Tekanan darah tinggi

Menurunkan darah tinggi
Menurunkan darah tinggi

Masalah kurang cairan yang terakhir adalah tekanan darah tinggi, kurangnya asupan air dapat menyebabkan beberapa pembuluh kapiler menutup yang akan menyebabkan pembatasan pergerakan darah. Nah dari pembatasan pergerakan darah inilah yang mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi, karena jantung akan berusaha lebih keras lagi untuk menmompa darah. Kekurangan air juga akan membatasi aliran darah ke ginjal hal itu mengakibatkan konstriksi pembuluh darah dan arteri yang membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi.

Sudah tahu kan, bahaya apa saja yang akan mengancam tubuh kamu kalau asupan air dalam tubuh tidak sesuai dengan yang dianjurkan ? jika sudah begitu apa kamu masih mau menyepelekan minum air putih dan masih tidak mau menyisihkan sedikit waktumu hanya untuk meminum air putih ?

Ada baiknya kamu mulai memperhatikan kesehatan tubuh kamu, kalaupun tidak sempat untuk berolah raga setidaknya sempatkanlah untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari. Ya meskipun sepele tapi itu punya dampak besar bagi kelangsungan hidup kamu. Okelah semoga tulisan ini bisa membantu dan membuatmu lebih sadar akan pentingnya kesehatan, singkatnya drinking water will save your life 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!