7 Manfaat Tersembunyi Bunga Lavender Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Selain Untuk Aroma Terapi, Bunga Lavender Juga Memiliki Manfaat Lain
Selain Untuk Aroma Terapi, Bunga Lavender Juga Memiliki Manfaat Lain

Nasionalis.ID Bunga lavender atau nama latinnya Lavandula Angustifolia (Lamiaceae). Seperti yang kita ketahui, kalau di bumi yang kita tinggali ini banyak sekali ditumbuhi dengan bermacam-macam bunga, seperti mawar, melati semuanya indah dan lain sebagainya. Selain memiliki warna dan bentuk yang indah, beberapa jenis bunga juga memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah bunga lavender. Bunga kecil berwarna ungu yang termasuk tumbuhan jenis rumput-rumputan, semak kecil dan juga semak pendek ini berasal dari wilayah Afrika Utara dan Timur, Eropa selatan (terutama Perancis selatan), Arabia, sampai India.

Sering kita jumpai produk-produk yang menggunakn Bunga Lavender sebagai bahan dasarnya, karena bunga ini memang memiliki banyak kandungan zat yang bermanfaat. Seperti Nerol, Linalool Asetat, Lavandulol, Geraniol, Monoterpene Hidrokarbon, Camphene, Alokasi Ocimene, Limonene. Kandungan-kandungan tersebutlah yang memiliki manfaat buat tubuh kita, lalu apa sajakah manfaatnya? Oke langsung saja simak manfaat-manfaatnya dibawah ini.

1. Mengatasi Insomnnia

Mengatasi Insomnia Menggunakan Minyak Lavender
Mengatasi Insomnia Menggunakan Minyak Lavender

Insomnia atau gejala susah tidur seringkali membuat aktivitas di pagi hari kita jadi terganggu, ya nggak pren? Pas waktu kerja jadi ngantuk dan sulit konsentrasi, gegara malemnya susah tidur. Bisa aja sih kita minum obat tidur buat ngatasi insomnia, tapi kalau di konsumsi terus -menerus kan nggak baik juga pren buat kesehatan kita. Untuk itu kamu bisa coba menggunakan Bunga Lavender, aroma terapi dari bunga ini terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur dan juga tubuh rileks. Menurut penilitian juga menemukan bahwa pijat menggunakan minyak atsiri lavender (ekstrak bunga lavender) bisa membuat mood lebih stabil, konsentrasi lebih baik, mengurangi kecemasan, serta meningkatkan kualitas tidur.

2. Kesehatan Kulit

Minyak Lavender Dapat Meremajakan Kulit
Minyak Lavender Dapat Meremajakan Kulit

Seiring berkembangnya olahan atau ekstrakan dari Bunga Lavender, membuatnya memiliki kegunaan yang beragam pula. Sifat anti jamur dan anti septiknya, telah lama dipercaya mampu mengatasi masalah kulit, seperti menghilangkan jerawat, mencegah peradangan jerawat, mencegah degenerasi jaringan, serta menenangkan psoriasis. Kamu bisa menggunakan minyak hasil ekstrak Bunga Lavender, untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Selain itu, kandungan zat Linaloolnya juga dapat membantu mengobati luka goresan, luka bakar, dan sengatan matahari.

3. Menyehatkan Rambut

Minyak Lavender Dapat MEnghilangkan Ketombe dan Mengatasi Rambut Rontok
Minyak Lavender Dapat Menghilangkan Ketombe dan Mengatasi Rambut Rontok

Rambut memang rentan dengan yang namanya rontok, entah karena minyak berlebih, stres ataupun karena alopesia areata. Sudah tau belum maksud dari alopesia areata? Ini merupakan gangguan autoimun yang membuat rambut kita menjadi rontok. Nah, disini kita bisa menggunakan minyak lavender untuk mengatasinya, caranya kamu bisa mencampurkan minyak lavender dengan beberapa minyak essensial lainnya, seperti minyak rosemary, minyak ataupun minyak jojoba. Atau kamu juga bisa menggunakannya untuk memijat area kulit kepala, cara tersebut diyakini dapat memperkuat ramput dan juga menghilangkan ketombe. Selain itu, minyak lavender ini juga dipercaya mampu menyehatkan rambut dari akar sampai ujung serta dapat menjaga rambut nampak berkilau dan maslah kulit kepala lainnya.

4. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Mengatasi Batuk Menggunakan Minyak Lavender
Mengatasi Batuk Menggunakan Minyak Lavender

Pernah nggak kamu merasakan tenggorokan gatal-gatal, terus jadinya batuk-batuk terus? Kan mengganggu banget ya pren? Malem, lagi enak-enak tidur, kebangun gara-gara batuk. Jangan sampai begitu pren, segera diobati, kamu bisa menggunakan minyak lavender sebagai alternatifnya. Menurut penelitian, minyak lavender ini mampu mengatasi masalah gangguan pernapasan, seperti infeksi tenggorokan, flu, batuk, pilek, asma, sinus kemacetan, bronkitis, batuk rejan, dan tonsilitis. Kamu bisa mengoleskan minyak lavender dibagian leher, dada serta punggung atau untuk hasil yang lebih baik kamu bisa menggunakan uap. Campurkan beberapa minyak lavender kedalam air panas/mendidih atau bisa juga menggunakan inhaler, lalu hirup uap tersebut sampai saluran pernapasan kamu menjadi lebih lega.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengatasi Sakit Perut dan Kram Perut
Mengatasi Sakit Perut dan Kram Perut

Banyak sekali kandungan zat dalam Bunga Lavender yang diyakini sangat mujarab untuk mengatasi gangguan kesehatan, salah satunya pencernaan. Perut kita memiliki banyak syaraf, nah bunga lavender juga dapat menenangkan sistem pencernaan sama halnya dengan otak. Minyak Lavender dapat bekerja sebagai antispasmodic dan juga merangsang produksi asam lambung serta empedu. Dengan begitu minyak lavender mampu mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, kolik, perut kembung, muntah dan diare. Selain itu minyak lavender juga dipercaya dapat meningkatkan mobilitas usus.

6. Mengatasi Nyeri dan Sakit Kepala

Mengatasi Nyeri Otot ataupun Keseleo
Mengatasi Nyeri Otot ataupun Keseleo

Fungsinya sebagai Aroma Terapi, membuat minyak lavender sering digunakan untuk penenangan sistem saraf. Aromanya yang bersifat menenangkan dapat membantu dalam mengobati migrain, sakit kepala dan menurunkan ketegangang saraf. Selain itu minyak lavender juga dapat meredakan sakit akibat nyeri otot, otot tegang, nyeri otot, rematik, keseleo, sakit punggung atau sakit pinggang. Pijatan lembut dan teratur menggunakan minyak essensial lavender dapat mengatasi masalah diatas.

7. Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan Imunitas Tubuh
Meningkatkan Imunitas Tubuh

Banyak sekali kegunaan minyak lavender untuk kesehatan tubuh kita, dan kali inii minyak lavender telah terbukti menurunkan hormon kortissol. Hormon ini dapat menurunkan sistem kekebalan kita, yang membuat kita lebih rentan terserang penyakit. Tidak hanya itu minyak esensial lavender juga baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta dapat menstabilkan tekanan darah. Bagi yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi, dapat menggunakan minyak lavender untuk menurunkan tekanan darah tersebut.

Itulah 7 Manfaat Tersembunyi dibalik Bunga Lavender Untuk Kesehatan, bunga lavender memang sangat populer sebagai aroma terapi. Namun sering kemajuan dan kecanggihan dalam meng-ekstrak bunga lavender ini, kita bisa mendapat manfaat lain dari kandungan zat dari bunga tersebut. Jadi kita bisa mendapat pengobatan secara alami dan yang pasti lebih menyehatkan. Oke,, sekian artikel saya pren, semoga bermanfaat. Matur Suwun 🙂

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

1 Comment on 7 Manfaat Tersembunyi Bunga Lavender Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Cuap-cuap di sini gan!!!