6 Cara Mudah Ini Membuat Tubuhmu Tetap Sehat Tanpa Olahraga

Tubuh tetap sehat tanpa olahraga
Tubuh tetap sehat tanpa olahraga

Nasionalis.id – Mempunyai tubuh sehat dan bugar sudah pasti jadi dambaan setiap orang, karena dengan memiliki tubuh sehat kita bisa menjalani setiap rutinitas kita tanpa ada kendala selain itu tubuh yang sehat juga akan menunjang produktifitas kita dalam bekerja. Nah jadi ngga heran kalau banyak orang yang ingin selalu menjaga kesehatan tubuh mereka bahkan ada yang rela membayar mahal agar kesehatannya tetap terjaga.

Mereka yang sadar akan pentingnya kesehatan tubuh pasti akan rutin berolah raga seperti rajin nge-GYM, joging dan menjaga pola hidup sehat lainya. Tapi tidak semua orang mempunyai banyak waktu luang untuk pergi ke pusat kebugaran, bahkan karena super sibuknya rutinitas pekerjaan terkadang membuat kita tak bisa hanya sekedar joging di pagi hari. Tapi tidak perlu khawatir sekalipun kita tidak sempat berolah raga, ada hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Kamu bisa mengganti jadwal olahraga yang hilang karena kesibukanmu dengan melakukan kebiasaan – kebiasaan sederhana tapi terbukti bisa menunjang daya tahan tubuh kamu agar tetap bugar dan sehat.

Banyak minum air putih

Tetap sehat tanpa olahraga
Tetap sehat tanpa olahraga

Tahukah kamu jika 80 % dari tubuh kita terdiri dari air, dimana kadar tertinggi itu terdapat pada otak dan darah. Pada otak kita 90% komponen penyusunnya terdiri dari air dan pada darah mencapai 95%.

Oleh karena itu secara normal kita membutuhkan 2 liter air  minum atau kurang lebih 8 gelas air perhari agar keseimbangan air dalam tubuh kita tetap terjaga, Selain itu air juga menjadi komponen penting bagi tubuh kita agar metabolisme tubuh tetap berjalan secara baik dan normal sehingga tetap terjaga kelangsungan hidupnya. Nah maka dari itu air putih sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, bahkan dengan rutin minum air putih akan membuat tubuh kita menjadi selalu segar, menyehatkan jantung, memperlancar sistem pencernaan, air putih juga bisa membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Selain mudah dan murah air putih juga bisa jadi alternatif buat kamu yang ingin tetap sehat meskipun ngga sempat olahraga.

Pola makan sehat

Sehat tanpa olahraga
Sehat tanpa olahraga

Selain berfungsi sabagai kelangsungan hidup makan juga menjadi sumber energi untuk beraktivitas, tapi mungkin karena kesibukan kerja tak jarang setiap orang lebih memilih junkfood sebagai pilihan ideal padahal itu justru akan menimbulkan suatu penyakit.

Dalam Junkfood banyak terkandung minyak jenuh dan bahayanya, lemak jenuh bisa menjadi biang kegemukan dan meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. apabila kondisi tersebut terjadi pada seseorang, maka masalah kesehatan serius lainnya pun akan terpicu. Kanker, penyakit jantung, dan stroke adalah contoh penyakit yang diakibatkan oleh kandungan lemak jenuh tinggi.

Oleh karena itu pola makan sehat sangat dianjurkan, selain energi yang didapat dari pola makan sehat lebih tinggi dan meningkatkan semangat saat beraktifitas pola makan sehat juga bisa menghindarkan kita dari berbagai ancaman penyakit seperti obesitas, penyakit jantung dan beberapa jenis penyakit kanker lainnya

Tidur Cukup

Manfaat tidur sehat
Manfaat tidur sehat

Seperti yang telah banyak orang ketahui, bahwa tidur adalah cara yang dilakukan tubuh untuk beristirahat setelah lelah seharian melakukan aktivitas dengan tidur yang cukup keseimbangan mental emosional, fisiologi, dan kesehatan juga akan terjaga. Waktu ideal yang dianjurkan untuk tidur juga dibedakan berdasarkan usia

Usia  0 – 3 bulan, 14 – 17 jam per hari yang sebelumnya 12-18 jam per hari

Usia 4-11 bulan, 12-15 jam per hari yang sebelumnya 14-15 jam per hari

Usia 1-2 tahun, 11-14 jam per hari yang sebelumnya 12-14 jam per hari

Usia 3-5 tahun, 10-13 jam per hari yang sebelumnya 11-13 jam per hari

Usia 6-13 tahun, 9-11 jam yang sebelumnya 10-11 jam.

Usia 14-17 tahun, 8-10 jam per hari yang sebelumnya 8,5 – 9,5 jam per hari

Usia 18-25 tahun, 7-9 jam per hari

Usia 26-64 tahun 7-9 jam

Usia 65 ke atas yakni 7-8 jam per hari

Selain itu tidur yang cukup dan berkualitas juga berdampak positif bagi kesehatan kita. Seperti studi yang dilakukan pada tahun 2010 juga membuktikan, dengan tidur yang cukup akan terhindar dari resiko peradangan, peradangan ini sendiri masih berkaitan dengan arthritis, diabetes, jantung, penuaan dini dan stroke.

Hindari stres

Hindari stres untuk kesehatan
Hindari stres untuk kesehatan

Stres juga berdampak negative bagi kesehatan, dengan tingkat stres yang berlebihan tanpa penanganan khusus bisa menjadi sangat berbahaya. Orang yang mengalami stres berlebihan berpotensi mengalami gangguan kesehatan tubuh secara fisik bahkan mental, jadi usahakan menghindari stres yang berlebihan. Mungkin bisa dengan cara bermain game, mendengarkan musik, tertawa dan aromaterapi.

Berfikir positif

Manfaat berfikir positif
Manfaat berfikir positif

Sepertihalnya yang telah disampaikan oleh ahli kesehatan Dr. Yul Iskandar DAJ, MBAP, Ph.D, bahwa otaklah yang mempengaruhi kondisi tubuh seseorang sama halnya pemikiran, karena pemikiran seseorang bersumber dari otak.

Jadi bisa dikatakan bahwa pemikiran menjadi pusat kejiwaan seseorang, jika pemikiran terganggu itu akan mempengaruhi kondisi tubuh seseorang. Apabila gangguan pada pemikiran mereda maka gangguan kesehatan yang dialami tubuh juga akan menghilang. Itu disebabkan karena otaklah yang berfungsi mengatur segala fungsi tubuh.

Nah jadi sebaiknya kamu selalu berfikir positif dalam menghadapi semua hal, dengan berfikir positif dapat menurunkan resiko kardiovaskular, depresi dan meninggal di usia muda.

Tersenyum

Manfaat tersenyum untuk kesehatan
Manfaat tersenyum untuk kesehatan

Meskipun terkesan sepele tapi dengan senyum banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan, saat kita tersenyum setidaknya ada 12 otot wajah yang ikut bergerak dan itu bisa memperlambat keriputan, saat tersenyum kita juga meningkatkan kekebalan endorphin, pemati rasa alamiah, dan serotonin ketiga hormon tersebutlah yang mengendalikan rasa sakit dan yang terakhir senyum juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Itu disebabkan saat kita tersenyum tubuh kita akan menjadi lebih nyaman dan memicu meningkatnya kekebalan tubuh dengan begitu penyakit seperti flu, batuk dapat dengan cepat disembuhkan.

Memang sudah sewajarnya kita lebih peduli dengan kesehatan tubuh kita, karena kesehatan adalah aset yang tak ternilai harganya. Mungkin beberapa cara diatas bisa digunakan buat kamu yang super sibuk dan tidak punya waktu luang untuk berolahraga. Tapi jika punya waktu luang, lebih bagus lagi kalau kamu pergi ke pusat kebugaran atau setidaknya berolah raga ringan lainya.

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!