5 Tips Keren Memilih Batik Untuk Anak Muda

Tips memilih batik untuk anak muda

Nasionalis.id – Tahu batik kan genk ? Malu donk, kalau kamu sampai nggak tahu apa itu batik terutama jika kamu orang Indonesia. Yaps, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang eksistensi-nya sudah diakui dunia Internasional. Bahkan batik juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober 2009 silam, yang sekaligus membuat kita sebagai warga negara Indonesia ikut bangga. Nah perkembangan batik sendiri sebagai pakaian khas orang Indonesia juga nggak diragukan lagi, bahkan belakangan tahun terakhir ini minat seseorang terhadap pakain batik semakin meningkat. Tidak hanya pada orang – orang tua saja, tapi juga anak – anak muda. Karena itulah model batik kini mulai beraneka ragam, terutama yang diperuntukan untuk laki – laki ya. Meskipun sekarang kita sudah mulai dimudahkan dengan banyaknya model batik, namun terkadang tidak sedikit juga dari kita (*khususnya anak muda) yang kebingungan saat memilih motif dan model yang cocok untuk dipakai dan biar nggak terlihat kebapak – bapakan. Nah jika kamu termasuk dalam orang yang kebingungan tersebut, mungkin ulasan dari Nasionalis.id dibawah ini bisa membantu kamu.

1. Fitting

Tips memilih ukuran batik
Tips memilih ukuran batik

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah fitting/ukuran genk, jadi jangan cuma terpaku sama desain dan modelnya aja. Nah menentukan ukuran kemeja batik yang sesuai bentuk badan tidak jauh berbeda dengan menentukan ukuran kemeja pada umumnya, sebaiknya kamu tidak memilih ukuran batik kebesaran atau kekecilan karena hal ini akan membuat penampilan kamu tampak aneh dan tidak enak dipandang genk. Kamu juga perlu memperhatikan panjang dan pendeknya baju batik yang akan kamu gunakan, secara kan genk penggunaan baju batik khususnya pada laki – laki umumnya adalah dikeluarkan, tidak dimasukkan ke dalam celana. Oleh karena itu, berilah perhatian lebih saat fitting baju batik kamu genk, karena semahal dan sekeren apapun baju batik yang kamu gunakan jika kebesaran atau kekecilan pasti juga akan membuat penampilan kamu terlihat aneh.


2. Pilih bahan yang sesuai dan enak di pakai

Tips memilih bahan batik
Tips memilih bahan batik

Kalau ukuran udah sesuai, kamu tinggal menentukan bahan batiknya genk. Kamu harus pintar – pintar memilih bahan batik sesuai dengan kegiatan kamu, jika kamu adalah anak muda yang aktif dan banyak melakukan kegiatan diluar ruangan/outdoor sebaiknya kamu memilih baju batik berbahan katun. Lhoh kenapa harus katun ? jadi gini genk, bahan katun itu punya banyak keunggulan jika dibandingkan dengan bahan – bahan pakaian lainya. Karena selain lembab dan mampu menyerap keringat dari tubuh kamu, bahan katun juga lembut, nyaman dan bisa menghindarkan iritasi kulit, plus non alergi lagi. Jadi kamu bisa bebas beraktivitas tanpa harus kawatir terkena alergi kulit, terutama kalau kulit kamu emang sensitif. Tapi beda lagi jika kamu ingin menggunakan baju batik untuk acara formal, kamu bisa menggunakan baju batik yang berbahan sutra, karena acara formal nggak begitu banyak melakukan pergerakan tubuh seperti hari-hari biasanya.


3. Motif etnik minimalis

Tips memilih motif batik
Tips memilih motif batik

Batik yang menggunakan motif etnik pada umumnya memiliki pola gambar yang sangat rumit dan kebanyakan dari pola – pola gambar itu memiliki kekhas-an dan filosofinya tersendiri. Nah meskipun terlihat khas dan tradiosional, namun pola – pola gambar tersebut akan memberikan kesan tua bagi kamu yang memakainya. Oleh karena itu genk kamu bisa mensiasatinya dengan memilih baju batik yang menggunakan motif etnik minimalis atau sederhana, batik bermotif seperti ini biasanya tidak memiliki bentuk pola yang rumit sehingga jika kamu yang berusia muda memakainya tidak akan tampak tua. Selain itu menggunakan batik motif etnik minimalis atau sederhana juga akan memberikan kesan fresh pada pakaian yang kamu gunakan. Jadi jangan sampai salah motif ya genk.


4. Warna yang lebih cerah

Tips memilih warna batik
Tips memilih warna batik

Meskipun kebanyakan warna batik dominan hitam dan coklat, tapi sebenarnya ada banyak warna yang diaplikasikan ke dalam batik selain kedua warna tersebut. Nah jika kamu ingin tampil keren dengan batik, namun tidak ingin terkesan kebapak – bapakan, usahakan untuk tidak memilih kedua warna batik di atas. Kamu bisa memilih warna yang jauh lebih cerah, seperti warna merah dan biru mungkin. Selain itu genk, batik yang memiliki warna lebih cerah juga akan cocok jika dipakai dalam banyak situasi, seperti nongkrong bareng temen, ngedate sama pacar maupun untuk menghadiri acara yang bersifat semi formal. Ada baiknya juga kamu memperhatikan warna dasar atau background batiknya. Karena dari warna dasar inilah kamu bisa menentukan mana batik yang cocok untuk di padu padankan dengan pakaian lainya maupun warna kulitmu.


5. Pilih desain unik dan modern

Model Batik
Model Batik

Seperti yang kita ketahui, kalau pada awalnya batik hanya dibuat menjadi kemeja standar yang biasanya dipakai untuk acara resmi saja. Tapi seiring perkembangan jaman dan fashion di Indonesia, fungsi dan model dari batik sendiri juga mengalami banyak perubahan. Di era sekarang ini misalnya, sudah mulai banyak batik yang dibuat lebih unik dan menarik. Tidak jarang juga ada modifikasi yang dilakukan pada modelnya, jika biasanya batik hanya didesain dengan model standar, kini batik diubah menjadi model slim-fit yang cocok banget jika digunakan oleh anak muda yang super aktif, ada juga batik yang telah dimodifikasi menjadi jaket sehingga bisa kamu gunakan setiap saat. Bahkan juga sudah banyak motif – motif batik yang diubah menjadi lebih modern, jika biasanya motif batik berbentuk daun, bunga, hewan dan awan. Kini motifnya diubah menjadi motif klub bola dan motif band kebanggaan, jadi akan sangat pas dan serasi kalau digunakan anak – anak muda jaman sekarang. Belum lagi perpaduan motif modern dan motif asli yang digunakan, sehingga nampak lebih segar dan semakin menunjang penampilan anak muda yang memakainya.

Sebagai anak muda Indonesia, sudah sewajarnya kan genk kalau kita ikut serta dalam melestarikan warisan budaya negeri kita sendiri. Dengan menggunakan batik misalnya, selain membuatmu terlihat keren dan Indonesia banget, secara tidak langsung kamu juga ikut serta dalam pelestarian kain bermotif khas Indonesia ini. Nah kalau kamu minder dan takut terlihat tua atau kebapak – bapakan, mungkin kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas tadi saat memilih batik.

Keywords:

  • warna batik untuk anak muda
  • motif batik yang cocok untuk anak muda
  • tips memilih batik untuk anak muda
  • rekomendasi baju batik untuk anak muda
  • cara tampil keren megunakan batik
  • Motif Batik Yang cocok Bagi Anak Muda
  • memilih batik
  • warna batik yang cocok buat anak muda
  • tips memilih batik anak muda
  • tips memilih bahan batik keren 2017

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!