5 Manfaat Tersembunyi dari Parfum selain untuk Pewangi Tubuh

Manfaat Parfum Selain Untuk Pengharum Tubuh

Nasionalis.id – Udah kenal kan sama yang namanya parfum ? parfum atau yang biasa disebut minyak wangi ini merupakan campuran minyak esensial dengan berbagai bahan seperti senyawa aroma, fiksiaktif dan pelarut yang digunakan untuk memberikan bau wangi pada tubuh manusia. Wewangian yang satu ini sebenarnya punya banyak jenis jika di bedakan melalui jumlah dan tipe pelarut yang tercampur, seperti Parfum, Eau de parfum, Eau de toilette, atau Eau de Cologne. Nah penggunaan parfum ini sendiri tidak akan mudah dipisahkan dari gaya hidup seseorang, ngga peduli laki – laki atau perempuan, tua atau muda kehadiran parfum sangat dibutuhkan. Bahkan bagi kebanyakan orang, ada bagian kecil yang hilang ketika tubuh mereka tidak mendapatkan aroma wangi dari parfum. Iya karena selain menunjang penampilan parfum juga mampu meningkatkan rasa percaya diri. Nah apalagi buat kamu yang punya masalah bau badan, udah pasti parfum jadi must have item. Tapi pertanyaannya, seberapa kenalkah kamu dengan parfum ? manfaat apa saja yang kamu dapatkan dari wewangian yang satu ini ? kalau kamu kenal parfum cuma sebatas pemberi aroma wangi pada tubuh, kamu salah besar guys. Sebenarnya ada banyak manfaat parfum bagi tubuh kamu selain untuk memberikan aroma wangi aja, nah apa saja manfaat tersembunyi dari parfum ini ? berikut Nasionalis.id beberkan 5 Manfaat Tersembunyi Parfum Selain Sebagai Pewangi Tubuh;

Mengurangi Stres

Manfaat Parfum
Manfaat Parfum

Hari yang berat ditambah pekerjaan dan tugas menumpuk dari tempat kamu bekerja atau kuliah adalah salah satu pemicu terjadinya stres, kalau sudah begini kamu bisa menggunakan aroma therapy dari parfum untuk mengurangi tingkat stres kamu. Nah percaya atau tidak, ternyata ada beberapa jenis aroma parfum yang memiliki fungsi untuk menurunkan tingkat stres sehingga tubuh menjadi lebih relaks. Salah satunya adalah Chamomile, aroma dari chamomile atau rempah-rempahan seperti daun kenanga dan kayu manis ternyata bermanfaat untuk menurunkan tingkat ketegangan pada seluruh tubuh seseorang, sehingga orang yang menghirup aroma tersebut akan merasa lebih tenang dan relax.

Selain itu stres terkadang juga menyebabkan seseorang menjadi susah untuk tidur atau insomnia, jika sudah begini akan berakibat pada menurunya tingkat produktifitas dalam bekerja. Tapi tidak perlu takut, aroma dari Lavender bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Beberapa psikolog juga sudah menuturkan, menghirup aroma lavender dapat memberikan mendatangkan suasana tenang dan meningkatkan kualitas tidur seserorang.


Meningkatkan Fokus

Meningkatkan Fokus Dengan Parfum
Meningkatkan Fokus Dengan Parfum

Kehilangan fokus dan konsentrasi saat bekerja bisa mengakibatkan hasil pekerjaan yang tidak optimal, apalagi jika kehilangan fokus saat berkendara tentu sangat fatal akibatnya. Oleh karena itu menjaga fokus dan konsentrasi saat beraktifitas adalah wajib hukumnya, dan dari sekian banyak cara menjaga fokus dan konsentrasi, kamu bisa menggunakan aroma dari Citrus. Menghirup wewangian citrus bisa meningkatkan kemampuan kamu untuk lebih fokus dalam segala hal, ini disebabkan aroma citrus mampu mengirimkan sinyal ke otak yang bisa membantu kamu untuk lebih fokus pada apapun yang terjadi disekitar kamu. Selain itu kamu juga bisa menghirup aroma Rosemary untuk meningkatkan konsentrasi kamu, sebuah study dari Northumbria University pada tahun 2013 juga membuktikan, dengan menghirup aroma rosemary bisa meningkatkan konsentrasi, kecepatan, dan akurasi yang berhubungan dengan tugas mental.


Mood Booster

Parfum Sebagai Mood Booster
Parfum Sebagai Mood Booster

Memulai kegiatan dengan mood negative tentu akan membuat hari yang kamu jalani akan terasa tidak menyenangkan, kurang bergairah bahkan seorang profesor dari Pittsburgh University yaitu Peter Gianaros menjelaskan, bahwa suasana hati yang buruk (Bad mood) bisa mengakibatkan terkena resiko Aterosklerosis yang dapat mempengaruhi cara kerja jantung ( ngeri kan guys ? ). Jadi jangan sekali – kali meremehkan mood negative yang sedang menjangkit keseharian kamu guys, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar hari – hari kamu diawali dengan mood yang baik salah satunya dengan menghirup aroma Peppermint dari parfum. Cukup sederhana dan hasilnya juga menakjubkan, aroma peppermint mampu meningkatkan mood seseorang dan terbukti efektif untuk menyingkirkan pemikiran negatif yang ada pada sistem otak. sebuah penelitian dari Wheeling Jesuit University juga menunjukan bahwa menghirup aroma peppermint mampu meningkatkan mood dan motivasi pada diri seseorang, pengujian ini dilakukan pada sejumlah atlet dan terbukti atlet yang mencium bau peppermint akan berlari lebih cepat dan melakukan lebih banyak push-up. Nah jika kamu membutuhkan mood booster agar lebih bersemangat dan termotivasi, aroma peppermint bisa membantu kamu.


Super Energi

Super Energi
Super Energi

Tubuh memang membutuhkan asupan energi ekstra untuk beraktifitas, apalagi jika setiap hari selalu di hadapkan dengan pekerjaan – pekerjaan yang berat. Banyak yang bisa kamu lakukan untuk menjaga energi dan stamina tubuh, misalnya dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti yogurt, telur dadar dan kacang – kacangan, bisa juga mengkonsumsi kafein yang terdapat pada kopi. Namun padatnya jadwal dan pekerjaan membuat sebagian orang tidak punya waktu untuk menyiapkan asupan energi tersebut, nah jika sudah begitu kamu bisa memanfaatkan parfum beraroma Citrus, menghirup parfum beraroma citrus dapat memberikan efek menyegarkan dan membuat tubuh tidak mudah lelah saat bekerja. Ini disebabkan aroma dari citrus mampu menstimulasi bagian otak yang memiliki tugas penting, yaitu membuat tubuh tetap terjaga dan memberikan sensasi lebih berenergi. Nah kalau kamu butuh super energi untuk menghadapi setiap kesibukan dalam beraktifitas, kamu bisa menggunakan parfum beraroma citrus tersebut. Tapi jika kamu punya banyak waktu, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan asupan energi bagi tubuh tentu sangat dianjurkan untuk kamu lakukan.


Pemikat Lawan Jenis

Parfum Penakhluk Lawan Jenis
Parfum Penakhluk Lawan Jenis

Dan yang terakhir adalah senjata penakhluk lawan jenis, uidih keren ya guys ? Oke yang pengen enteng jodoh merapat guys. Pernah dengar tentang Pheromone ? Pheromone merupakan suatu zat alami yang dihasilkan oleh tubuh untuk menarik dan merangsang ketertarikan lawan jenis yang disebarkan melalui udara, efek dari zat alami tubuh kita ini juga dahsyat guys yaitu akan memicu perasaan nyaman bahkan ketertarikan secara seksual pada lawan jenis. Lalu apa hubunganya si pheromone ini sama parfum ? Jadi gini guys, sejumlah ilmuwan menjelaskan bahwa feromon yang kita keluarkan dari tubuh akan berefek semakin kuat saat tercampur dengan parfum yang tepat, oleh karena itu pemilihan dan penggunaan parfum yang tepat sangat diwajibkan. Kamu bisa menyemprotkan parfum di sisi dalam pergelangan tangan, jangan digosok biarkan sampai kering. Kemudian semprotkan di leher dekat telinga, tapi ingat ya guys secukupnya saja.

Kebanyakan orang mungkin mengetahui manfaat parfum hanya sebagai penangkal bau badan saja, tapi seiring waktu dan penelitian yang dilakukan para ahli ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan parfum atau wewangian ini. Nah itulah manfaat tersembunyi dari parfum selain untuk pengharum tubuh, beberapa manfaat diatas bisa kamu coba dan rasakan sendiri khasiatnya. Kamu juga bisa bereksperimen untuk mendapatkan manfaat parfum dengan beberapa aroma yang kamu sukai. Oke guys sekian dan selamat bereksperimen 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!