Tips Memilih Hijab Yang Sesuai Bentuk Wajah

Tips dan trick memilih hijab
Tips dan trick memilih hijab

Nasionalis.id – Berhijab memang bukan hal baru lagi buat kaum hawa apalagi kalau mereka seorang muslim, sudah pasti wajib hukumnya menggunakan hijab. Tapi seiring berjalannya waktu hijab tak lagi menjadi sekedar kewajiban buat wanita muslim tapi juga menjadi sebuah fashion, bahkan sekarang mulai banyak desainer hijab dan pakain muslimah dari Indonesia yang karyanya sudah banyak dikenal bahkan sudah tembus pasaran dunia, sebut saja Dian Pelangi yang karyannya sudah diekspor ke negara lain seperti Yordania, Kairo dan Australia, ada lagi Ria Miranda yang terkenal dengan ciri khas desain berkonsep girly dan feminimnya. Nah, ngomongin soal hijab nona-nona tau ngga kalau ternyata bentuk wajah atau muka itu punya pengaruh besar dalam pemilihan hijab yang nanti akan digunakan, selain itu pemilihan hijab yang sesuai dengan bentuk wajah akan menambah kesan anggun dalam diri nona-nona. Oke langsung aja simak panduan memilih hijab di bawah

Pemilihan hijab untuk bentuk wajah panjang

Turkish hijab style
Turkish hijab style

Bentuk wajah panjang bisa dibilang sebagai bentuk wajah idaman, karena semua bagian dari wajah tersusun sempurna dan proposional dari jarak rahang, pelipis, tinggi kening dan panjang dagu. Dan untuk bentuk wajah seperti ini nona akan terlihat lebih cantik jika menggunakan Turkish Hijab Style atau Hijab Arab, karena model hijab seperti ini menggunakan undercaps atau yang lebih biasa disebut ciput dalam. Dengan begitu akan mengurangi kesan panjang wajah nona, selain itu juga akan memberikan volume lebih dan padat bagi wajah yang panjang.

Pada bagian rambut nona bisa menggelungnya tapi disarankan jangan digelung terlalu tinggi keatas karena malah akan menambah kesan lebih panjang di kepala nona.

Pemilihan hijab untuk bentuk wajah segetiga

Cara memilih hijab wanita muslim
Cara memilih hijab wanita muslim

Bentuk wajah segitiga memiliki dagu panjang sebagai ciri utamanya, selain itu jarak pelipis yang lebih lebar dibandng jarak pangkal rahang. Buat nona yang memiliki bentuk wajah segitiga akan cocok kalau menggunakan model jilbab yang longgar, selain itu juga bisa menggunakan hijab atau kerudung dengan garis yang ditarik kebelakang hingga bertemu di tengkuk sehingga bagian rahang akan nampak terbuka dan wajah akan terlihat lebih penuh. Untuk menutupi kesan lebar yang ada pada bagian dahi, nona bisa gunakan bandana yang bagian depannya dibentuk menjadi lengkungan garis kurva yang dimulai dari pelipis dekat alis

Untuk menanmbah kesan oval pada wajah, nona bisa menggunakan ciput dengan ukuran pet yang kecil hanya dari atas telinga saja.

Pemilihan hijab untuk bentuk wajah bulat

Tips memilih hijab yang benar
Tips memilih hijab yang benar

Bentuk wajah bulat biasanya juga sering diartikan chuby. Bentuk wajah bulat memiliki jarak dahi ke dagu yang sama dengan jarak kedua pelipis serta tulang rahang yang tertimbun pipi. Nah, buat nona yang mempunyai bentuk wajah seperti ini harus lebih selektif dalam memilih dan menggunakan hijab karena jika salah malah akan membuat wajah terlihat lebih gendut.

Buat nona yang memiliki bentuk wajah bulat akan lebih cocok kalau menggunakan hijab dengan sematan di dagu yang bagian sampingnya ditarik kedepan sehingga sedikit menutupi bagian rahang, gunakan hijab berbahan sifon serat jagung, rajut ringan dan crepe yang akan berfungsi sebagai pemberi dimensi antara hijab dan wajah. Kalau nona mempunyai rambut panjang bisa di kucir biasa karena jika di cepol malah akan menanmbah kesan besar pada bagian kepala nona. Sebaiknya nona juga jangan menggunakan hijab ketat dan hindari pemakaian aksesoris yang berlebihan di area kepala.

Pemilihan hijab untuk bentuk wajah persegi

Panduan memilih hijab
Panduan memilih hijab

Wajah persegi ini memiliki ciri lebar antar pelipis dan antar pangkal rahang kurang lebih sama, bagian tulang rahang terlihat kuat dan dagu samar. Buat nona yang memiliki bentuk wajah seperti ini akan lebih cantik jika memilih hijab yang membulat membinkai wajah sehingga garis-garis tajam area bawah muka akan tersamarkan, bisa juga dengan menggunakan undercaps yang bevolume di bagian atas. Pada garis hijab, nona bisa menariknya hingga menutupi area pipi sehingga wajah akan terkesan lebih panjang dan ramping.

Pemilihan hijab untuk bentuk wajah oval

Tips menggunakan hijab
Tips menggunakan hijab

Bentuk wajah oval bisa memiliki jarak rahang, pelipis, tinggi kening dan panjang dagu terbentuk secara proposional, bisa dibilang juga bentuk wajah seperti ini adalah bentuk wajah ideal. Nah buat nona yang memiliki bentuk wajah seperti ini ngga akan direpotkan dengan pemilihan hijab karena bentuk wajah oval akan terlihat cocok dengan semua model hijab, nona tinggal menyelaraskan antara warna hijab dengan warna kulit dan tinggal memilih gaya berhijab sesuai usia nona.

Pemilihan hijab untuk bentuk wajah hati

Hijab untuk wanita muslim
Hijab untuk wanita muslim

Bentuk wajah hati terlihat lebih kecil dengan jarak antara dahi dan mata yang cukup dekat. Nona yang memiliki bentuk wajah seperti ini bisa memilih model hijab bergo, selain praktis hijab bergo juga akan memberi kesan wajah lebih besar. Bisa juga memilih model hijab gipsi sehingga wajah tidak akan terlihat tenggelam dan hindari memilih model hijab layering.

Pemilihan hijab untuk bentuk wajah berdahi lebar

Cara berhijab sesuai bentuk wajah
Cara berhijab sesuai bentuk wajah

Sebenarnya nona yang memiliki bentuk wajah seperti ini juga tidak perlu bingung dalam memilih hijab. Nona bisa memilih hijab yang memakai inner bagian sisi kiri dan kanan, selain menggunakan inner nona juga bisa menggunakan ciput arab yang memang berfungsi menutupi sebagian area dahi sehingga wajah akan nampak lebih oval sehingga nona akan terlihat lebih cantik dan anggun.

Nah buat nona-nona yang masih berfikir hijab itu ngga keren dan ngga modis, nona salah besar. Selain untuk menutupi aurat, sebenarnya nona juga bisa berkreasi dengan gaya berhijab nona apalagi perawatan hijab juga ngga terlalu ribet. Mungkin beberapa tips diatas bisa membantu nona yang sedang dilanda resah saat memilih hijab. Oke semoga tulisan diatas bisa bermanfaat dan buat nona-nona yang punya pengalaman dalam memilih hijab bisa langsung share di kolom komentar. Tengkyu 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!