Ini Dia 7 Sungai Yang Patut Kamu Kunjungi, Karena Memiliki Sensasi Seperti di Luar Negeri

Sungai-sungai Tepat Untuk Kamu Jadikan Destinasi Wisata
Sungai-sungai Tepat Untuk Kamu Jadikan Destinasi Wisata

Nasionalis.ID – Bagi pecinta traveling, jalan-jalan ke gunung atau pantai tentunya sudah sering dilakukan dong. Mungkin kalau kamu sudah sering atau mungkin sudah bosen, kamu bisa traveling ke sungai aja pren. Sungai? Yo’i, jangan salah pren, sungai-sungai yang ada di Indonesia banyak yang bagus-bagus kok dan pastinya cocok buat dijadikan tempat wisata atau traveling. Selain indah, sungai-sungai ini bakal bikin kamu berasa di luar negeri. Oke, kalau gitu langsung liat aja pren artikel tentang 7 Sungai Yang Patut Kamu Kunjungi, Karena Memiliki Sensasi Seperti di Luar Negeri dibawah ini.

1. Sungai Ayung (Bali)

Menikmati Spa ditepi Sungai Ayung
Menikmati Spa ditepi Sungai Ayung

Memang kalau ngomongin Bali, itu nggak ada habisnya. Karena memang Bali ini salah satu ikon wisata yang dimiliki Indonesia. Tapi kamu tau nggak pren? selain memiliki pantai-pantai yang indah, Bali juga mempunyai sungai yang menarik untuk dikunjungi lho. Terletak di Ubud, Gianyar, sungai Ayung ini terkenal dengan keindahan yang memukau para pengunjungnya. Selain itu, di dekat Sungai Ayung juga terdapat resort-resort yang menawarkan spa di piggir kali tersebut. Dengan diiringi kicauan burung dan arus sungai, yang akan menambah suasana tenang dan damai. Jadi kalau kamudatang ke Bali, jangan cuma berhenti di pantai-pantainya aja pren, sempetin deh dateng ke Sungai Ayung ini. Dijamin kamu bakal ngehhh deh

2. Sungai Kampar (Riau)

Ombak di Sungai Kampar, Bisa digunakan untuk Berselancar
Ombak di Sungai Kampar, Bisa digunakan untuk Berselancar

Jika ngomongin selancar, pasti kita berpikir tentang ombak dan laut, ya nggak pren? Tapi siapa yang nyangka, kalau di Sungai Kampar, Riau kita juga bisa berselancar. Jangan khawatarin soal ombak, karena letak sungainya nggak terlalu jauh dari laut, membuat sungai ini kerap di hampiri ombak. Dan pada waktu tertentu ombak yang menghampiri Sungai Kampar ini junga terhitung besar dan cukup untuk berselancar. Penduduk lokal menyebut ombak besar ini dengan sebutan Bono, dan pada saat bulan purnama penuh Bono ini bisa mencapai ketinggian 3 meter. Keren juga ya pren? Jadi kalau bosen berselancar di laut, datengin tuh Sungai Kampar biar merasakan sensasi yang berbeda.

3. Sungai Martapura (Kalimantan Selatan)

Di Sungai Martapura Terdapat Pasar Terapung Lok Baintan yang Mirip di Thailand
Di Sungai Martapura Terdapat Pasar Terapung Lok Baintan yang Mirip di Thailand

Kalimantan Selatan memiliki sungai yang indah juga pren, dan di sungai itu terdapat pasar terapung yang bernama Lok Baintan. Kalau kamu anak 90’an pasti tau dong iklan disalah satu stasiun tv nasional, yang menampilkan embah-embah sedang berjualan di atas kapal. Nah, itulah yang terdapat di Sungai Martapura, Kalimantan Selatan ini pren. Cobain aja dateng ke sana, nikmati dan rasakan ketika kamu berada di sana. Jadi nggak perlau jauh-jauh pergi ke Thailand kalau cuma pengen merasakan sensasi berada di Pasar Terapung Pattayanya.

4. Sungai Mahakam (Kalimantan Timur)

Sungai Mahakam Kamu Bisa Menyaksikan Lumba-lumba Air Tawar, yang disebut Pesut Mahakam
Di Sungai Mahakam Kamu Bisa Menyaksikan Lumba-lumba Air Tawar, yang disebut Pesut Mahakam

Masih di Pulau Kalimantan, namun kali ini berada di Kalimantan Timur, tepatnya di Kutai Barat. Di sana kamu bakal nemuin yang namanya Sungai Mahakam, sungai ini sangat indah pren. Dan kalau kamu datang pas musim-musim tertentu, kamu juga bakal nemuin dan melihat lumba-lumba secara langsung. Tapi ya itu pren, spesies yang dijuluki Pesut Mahakam ini, hanya datang ke sungai tersebut pada musim-musim tertentu saja. Jadi kamu harus cari tau dulu kapan lumba-lumba akan datang ke Sungai Mahakam tersebut. Sehingga kamu nggak perlu jauh-jauh ke Jamaika, kalau mau liat lumba-lumba, karena disana juga terkenal dengan lumba-lumba liarnya yang jinak.

5. Sungai Maron (Pacitan)

Sensasi Sungai Amazon Bisa Kamu Rasakan Saat Berada di Sungai Maron
Sensasi Sungai Amazon Bisa Kamu Rasakan Saat Berada di Sungai Maron

Sungai yang berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan ini, menawarkan keindahan yang luar biasa pren. Miriplah sama sungai Amazon di Brasil, bedanya cuma ikannya paling, haha. Ketika kamu menjelajahi sungai yang bermuara ke pantai Ngiroboyo ini, kamu bakal disuguhi keindahan alam sekitar di sekitar sungai yang ditumbuhi pohon-pohon yang berjajar dan juga rindang tentunya. Pokoknya mirip banget lah sama sungai Amazon, cobain aja pren. Nggak sampai di situ aja, keindahan lain bakal kamu temuin ketika sudah sampai di ujung muara sungai ini. Yak bener, ujung adalah pantai Ngiroboyo, disana kamu bakal menjumpai pantai dengan pasir hitam. Cocoklah buat yang suka traveling..

6. Sungai Kalisuci (Gunung Kidul)

Di Sungai Kalisuci, Sesekali Kamu Bakal diajak Menyusuri Goa yang Gelap
Di Sungai Kalisuci, Sesekali Kamu Bakal dibawa Menyusuri Goa yang Gelap

Pernah nyobain Cave Tubing? ya, menjalajahi goa tapi dengan cara rafting. Di sungai Kalisuci ini kamu bakal diajak menyusuri sungai yang berada didalam goa bawah tanah, di sana kamu bakal merasakan sensai berada di sungai dalam goa yang gelap. Jadi kamu perlu jauh-jauh ke Selandia Baru untuk merasakan sensasi menyusuri sungai di dalam goa. Di Sungai Kalisuci ini kamu bakal di pandu dan dibekali dengan peralatan seperti helm pengaman, jaket pelampung dan juga ban karet, untuk bersantai sambil melintasi goa-goa tersebut.

7. Sungai Cijulang (Pangandaran)

Cukang Tanaeuh Atau Biasa disebut Sungai Cijulang Green Canyon
Cukang Tanaeuh Atau Biasa disebut Sungai Cijulang Green Canyon

Sungai Cijulang berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Jawa Barat, yang aslinya bernama Cukang Taneuh. Sungai ini diapit oleh 2 bukit dan tebing yang di tumbuhi pohon-pohon rindang. Yang lebih menarik lagi, airnya berwarna hijau jernih, kamu bisa berenang atau pun menggunakan kapal untuk menikmati keindahannya. Orang perancis yang pernah datang ke sini, menyebut sungai ini dengan sebutan Green Canyon. Keren juga ya pren Cukang Taneuh ini.

Jadi itulah pren, Sungai-sungai yang memiliki keindahan dengan rasa luar negeri. Kamu pengen nyobain yang mana pren? Ngapain ya pren jauh-jauh ke luar negeri kalau di Negera kita sendiri ada? Tapi yang pasti kita harus menjaga keindahan-keindahan alam tersebut pren, biar nggak rusak dan tetep menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi setiap saat. Tapi sebelum berkunjung Kamu baca dulu nih Tips Liburan Irit ala Backpacker.

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!