8 Hal Spesial Yang Cuma Ada di Bulan Ramadhan ini, Bakalan Buat Kamu Kangen Sama Bulan Penuh Berkah Tersebut

Nasionalis.id – Nggak kerasa ya genk, kayaknya baru kemarin kita ngabuburit nungguin buka puasa eh bulan ramadhan udah mau datang lagi. Jadi keinget nih sama moment – moment dan suasana spesial di bulan ramadhan sebelumnya. Nah ngomongin suasana ramadhan nih genk, emang nggak bisa dibantah lagi ya kalau suasana di bulan yang paling dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di dunia ini beda banget sama suasana bulan – bulan lainya. Suasana ramadhan itu asli ngangenin, apalagi pas suasana kumpul – kumpul keluarga buat buka bersama, udah kaya best moment dalam hidup, ya nggak genk ? Jadi nggak heran ya genk, kenapa suasana dan moment – moment spesial bulan penuh berkah ini selalu ditunggu dan dinanti. Soalnya suasana dan moment – moment spesial tersebut cuma bisa ditemui dalam satu bulan selama setahun, selain itu di dalam ramadhan juga terkandung 1 malam yang dipercaya lebih baik dari 1000 bulan yaitu malam lailatul qadar. Ditambah lagi kita umat muslim akan lebih leluasa dalam beribadah tanpa khawatir dengan godaan setan yang menyesatkan, pasalnya umat Islam mempercayai dibulan ramadhan sohib – sohib kamu tersebut akan dibelenggu eksistensinya. Nah berhubung beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan ramadhan, Nasionalis.id yakin beberapa hal di bawah ini bakalan masuk dalam daftar hal paling kamu tunggu dan kangenin saat bulan ramadhan.

1. Ngabuburit

Ngabuburit
Ngabuburit

Setuju ya genk kalau ngabuburit adalah salah satu moment paling ditunggu di bulan ramadhan, Setuju ya, soalnya pada saat inilah detik – detik menjelang berbuka akan terasa begitu menyenangkan. Taman – taman kota yang biasanya sepi bakalan rame dikunjungi orang – orang yang menanti waktu berbuka, ada yang cuma sekedar nongkrong sambil cuci mata. Ada juga yang jalan – jalan sore sambil nyari menu berbuka, mulai dari yang sudah berkeluarga sampai yang masih single, semuanya membaur menjadi satu sampai adzan maghrib di kumandangkan. Nah tapi inget ya genk, meskipun kegiatan ini terasa menyenangkan, tapi kita juga mesti jaga pandangannya ya jangan sampai pahalanya berkurang cuma gara – gara ngabuburit.

2. Buka puasa

Buka puasa
Buka puasa

Dan inilah moment yang paling ditunggu – tunggu, yaps buka puasa. Moment dimana mulut dan perut kita mengalami gagal sinkron 😀 dimana mulut masih ingin makan tapi kondisi perut sudah tidak mengijinkan. Nah moment – moment buka puasa seperti ini paling pas kalau di lakukan bersama keluarga genk, wuidih rasanya sejuk dan adem bangetlah pokoknya. Dan satu hal lagi nih genk yang nggak kalah seru dari buka bareng keluarga, yaitu buka bersama teman – teman seperjuangan semasa sekolah dulu. Yakin genk bakalan seru banget, karena kita bisa nostalgia rame – rame bareng mereka. Nah jadi nggak heran kan genk kalau bulan ramadhan di jadikan ajang reuni mantan, maaf reuni temen maksudnya. Iya karena manfaat yang kita dapat bakalan dobel genk, pertama buat ngobatin rasa kangen, dan yang kedua untuk menyambung tali silaturahmi sesama umat muslim.

3. Berburu takjil

Berburu takjil
Berburu takjil

Udah paham banget kan genk sama yang namanya takjil, nah pada bulan rammadhan camilan – camilan khas ini bakalan menjadi primadona yang siap diburu sama semua orang. Kapanpun dan dimanapun kamu berada, kamu akan dengan mudah menjumpai pedagang – pedagang dadakan yang menjajakan takjil, seperti kolak, jejongkong, tape bakar saos manis, degan bakar, martabak kurma, bubur lemu, es goyobod dan masih banyak lagi. Nah kalau kamu emang pecinta kuliner sejati, bisa dipastikan kalau bulan ramadhan adalah moment paling pas buat menyalurkan hobi makan kamu itu genk.

4. Tarawih

Tarawih
Tarawih

Salah satu moment yang tidak boleh dilupain dan wajib dilakukan umat muslim pada bulan ramadhan adalah sholat tarawih, selain puasa ya genk tentunya. Inilah moment dimana kita bisa mendekatkan diri pada yang maha kuasa, memohon ampunan dan dihapuskan segala dosa – dosa yang pernah kita perbuat. Tapi sadar nggak sih genk, kalau sholat tarawih itu menyimpan misteri yang sampai kini belum terpecahkan. Nggak percaya ? coba deh perhatiin jemaah sholat tarawih di awal bulan ramadhan, pasti rame banget kan bahkan nyaris penuh. Tapi apa yang terjadi di minggu – minggu berikutnya? jemaahnya makin hari makin berkurang genk. Apalagi kalau udah nyampe akhir bulan, sepi banget genk paling cuma 2 – 3 shaf doang. Iya nggak sih genk ? coba deh kamu perhatiin di bulan ramadhan nanti.

5. Bangunin orang sahur

Bangunin orang sahur
Bangunin orang sahur

Siapa nih yang sering bikin huru – hara di kampung buat bangunin tetangga makan sahur ? pasti hampir semua orang pernah melakukan hal ngangenin ini ya genk. Entah itu sebagai pelaku maupun jadi korbanya 😀 , nah kegiatan kayak gini nih paling sering dilakuin sama anak – anak genk, mereka rela begadang semaleman dimasjid buat bangunin orang – orang makan sahur. Tabuhan yang dipake buat bangunin juga unik – unik genk, seperti wajan, kaleng bekas, ember bekas sampai tiang listrik mereka mainkan beriringan (udah kaya konser musik rock aja genk). Jadi nggak heran ya kalau moment kaya gini bikin bulan ramadhan ngangenin, soalnya bangunin orang sahur cuma bisa dilakuin pas bulan penuh berkah tersebut.

6. Sahur

Sahur On The Road
Sahur On The Road

Inilah moment dimana orang yang sering bangun siang dituntut untuk bisa bangun pagi, yaps makan sahur. Moment kaya gini nih yang bikin suasana bulan ramadhan itu spesial banget, mulai dari suara khas muazin yang bangunin sahur sampai suara imsak yang bikin kita panik. Iya nggak sih genk ? Ada lagi nih yang bikin suasana sahur bulan ramadhan makin ngangenin, yaitu Sahur On The Road. Nah di acara kaya gini nih kita bisa makan sahur rame-rame bareng temen-temen, ada juga yang berbagi nikmat dan rezeki di bulan ramadhan, ada juga yang berburu asmara. Percaya deh genk suasana kebersamaan dan kebersahajaan pas moment kaya gitu bakalan melekat, dan buat kamu yang belum pernah ikut Sahur On The Road cobain deh pas bulan ramadhan besok. Asli genk, seru dan nikmat banget.

7. Nostalgia dengan makanan khas kampung halaman

makanan khas kampung halaman
makanan khas kampung halaman

Mana nih suaranya anak perantauan, yang biasanya jauh dari orang tua dan kampung halaman ? Buat kamu yang udah lama di perantauan dan biasanya cuma makan – makanan ala kadarnya, pasti rasa rindu sama makanan khas kampung halaman nggak tertahankan. Iya nggak genk ? Nah untuk mengobati rasa kangen tersebut, bulan ramadhan adalah moment paling pas sebagai ajang pelepasan rindu buat kamu genk, nggak cuma ke orang tua dan sanak saudara aja genk, tapi juga ke makanan khas kampung halaman kamu. Moment – moment kumpul bareng sama temen dan keluarga di kampung sambil makan – makanan khas daerah bakalan jadi moment yang paling ditunggu – tunggu di bulan ramadhan, terutama buat kamu yang hidup diperantauan.

8. Lebaran

Lebaran
Lebaran

Yang terakhir dan yang paling ditunggu – tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, yaitu Lebaran. Inilah hari perayaan dimana lantunan takbir terdengar sangat menenangkan hati, hari dimana sesama umat muslim akan membukakan pintu maafnya. Nah ada tradisi unik nih genk, di hari fitrah tersebut umat muslim akan mengunjungi tetangga, saudara maupun keluarga besar untuk meminta maaf atas semua kesalahan yang mereka perbuat, yang sengaja maupun tidak sengaja. Kalau tradisi Jawa biasanya di kenal dengan istilah Sungkem, sebuah wujud pengabdian dan bakti kepada orang yang lebih tua (pinisepuh) dengan meminta maaf dan mengakui kesalahan. Nah moment – moment seperti ini bakalan langka banget genk, soalnya cuma terjadi sekali selama setahun. Jadi nggak perlu ditanya lagi ya kenapa lebaran itu ngangenin 😀

Nah itulah beberapa hal yang membuat bulan ramadhan ngangenin dan ditunggu kedatangannya, terutama buat umat muslim. Nah buat kamu genk yang merasa muslim sedikit saran nih ya, buat yang laki – laki sebaiknya “mp4” dan “video panduan” di handphone-nya buruan di hapus gih, biar lebih khusuk saat beribadah. Nah yang buat cewek buruan beli hijab deh, biar tambah berkah 😀 . Oke genk kayaknya itu aja sih, buat kamu yang punya moment spesial di bulan ramadhan, bisa kali curhat di komentar 😀

Keywords:

  • kangen suasana ramadhan
  • suasana begadang dibulan puasa
  • yang bakalan rame saat ramadhan
  • yang ngangenin dari bulan puasa
  • yang Special Di Ramadhan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!