16 Phobia Aneh Yang Sering Di Derita Orang Indonesia

Phobia aneh yang sering diderita orang Indonesia
Phobia aneh yang sering diderita orang Indonesia

Nasionalis.id – Pernah nggak genk kamu merasakan suatu ketakutan pada suatu hal atau fenomena tertentu ? nah jika pernah, berarti kamu menderita suatu hal yang disebut dengan phobia. Tapi jangan salah ya genk, phobia ini berbeda dengan rasa takut biasa. Seseorang yang menderita phobia pada suatu hal atau fenomena ini cenderung merasakan rasa takut yang amat sangat berlebihan ketika melihat, merasakan maupun menyentuh phobia-nya tersebut. Nah penyebab ataupun pemicu rasa takut berlebihan pada diri seseorang ini beragam genk, seperti pernah mengalami ketakutan yang hebat, pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah akan suatu hal yang kemudian ditekan kedalam alam bawah sadar, serta bisa juga karena peristiwa traumatis di masa kecilnya.

Kita ambil contoh pada seseorang yang menderita phobia terhadap “kecoa”, buat kita yang tidak menderita phobia tersebut akan merasa biasa saja saat melihatnya. Tapi berbeda dengan apa yang dirasakan seseorang yang menderita phobia tersebut. Di bayangan mental seorang pengidap fobia tersebut, “kecoa” menjadi monster yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan dan menakutkan. Nah itulah kenapa kita tidak boleh menjadikan phobia seseorang sebagai bahan bercandaan, karena hal tersebut bisa mempengaruhi perkembangan mental si penderita phobia itu sendiri. Oke genk, ngomong – ngomong soal phobia nih. Kamu tahu nggak, kalau ternyata tidak sedikit orang – orang Indonesia yang mengidap phobia loh, bahkan kebanyak dari phobia tersebut terbilang aneh dan konyol. Penasaran ? simak ulasan Nasionalis.id di bawah ini.

1. Eisoptrophobia

Eisoptrophobia
Eisoptrophobia

Penderita eisoptrophobia ini nggak bakalan perduli dengan penampilan wajah, make up, maupun gaya rambutnya genk, karena penderita phobia yang satu ini memiliki rasa takut berlebihan terhadap cermin dan juga takut untuk bercermin. Dibayangan pengidap eisoptrophobia, cermin merupakan portal yang dapat mengantarkan seseorang dari dunia nyata ke dunia gaib, begitu pula sebaliknya. Mereka juga merasa bahwa cermin adalah tempat berkumpulnya roh – roh jahat yang akan menarik siapa saja yang melihatnya.


2. Xanthophobia

Xanthophobia
Xanthophobia

Inilah phobia yang membuat spongebob squarepants terlihat seperti pembunuh paling sadis ala film horror slasher Hollywood. Yaps, xanthophobia adalah rasa takut berlebihan terhadap warna kuning. Dalam kasus paling ekstrim, penderita xanthophobia ini akan berteriak – teriak histeris bahkan hanya karena mendengar kata kuning saja. Mereka merasa bahwa warna kuning adalah suatu hal yang sangat mengerikan dalam hidup mereka.


3. Triskaidekaphobia

Triskaidekaphobia
Triskaidekaphobia

Triskaidekaphobia diartikan sebagai ketakutan terhadap angka 13. Bagi penderita triskaidekaphobia, mereka akan merasa gelisah jika dihadapkan dengan angka 13. Mereka percaya bahwa apa pun yang berhubungan dengan angka 13 erat kaitanya dengan hal – hal sial dan berbau ghaib, seperti kamar nomor 13, lantai 13 dan sebagainya.


4. Ergophobia

Ergophobia
Ergophobia

Kalau kamu sering melihat banyak orang Indonesia yang masih belum kerja alias nganggur, jangan su’udzon dulu ya genk karena mungkin saja mereka menderita phobia yang satu ini. Ergophobia merupakan rasa takut berlebihan terhadap pekerjaan, takut ya genk bukan benci karena takut dan benci adalah dua hal yang berbeda. Nah kebanyakan pengidap ergophobia merasa bahwa pekerjaan adalah hal paling gore yang akan menimpa mereka jika tetap dilakukan, bahkan mereka juga akan tetap ketakutan meskipun pekerjaan dilakukan secara berkelompok.


5. Trypophobia

Trypophobia
Trypophobia

Jika kamu merasa ngeri, histeris bahkan lari jika melihat suatu benda yang berlubang, bisa dipastikan genk kalau kamu menderita phobia yang satu ini. Yaps, trypophobia merupakan ketakutan terhadap suatu hal/benda yang berlubang. Penderita trypophobia biasanya akan merasa gemetar bahkan lemas jika melihat sesuatu yang berlubang, mereka cenderung menghindar dari apapun yang memiliki lubang, seperti donat, karang, maupun sarang tawon.


6. Anuptaphobia

Anuptaphobia
Anuptaphobia

Ini nih genk phobia yang sering dialami para jones – jones bumi pertiwi. Anuptaphobia merupakan rasa takut menjadi jomblo/melajang seumur hidup, pengidap phobia ini akan lebih mudah menangis apabila menonton film romantis dan depresi ketika melihat pasangan yang sedang bermesraan. Bahkan akibatnya jika ada wanita yang mengidap anuptaphobia, mereka menjadi cenderung tidak selektif dalam memilih pasangan, sementara pria akan lebih mudah berganti-ganti pasangan.


7. Pogonophobia

Pogonophobia
Pogonophobia

Belakangan ini trend berjenggot sangat booming di Indonesia, jadi nggak heran kalau banyak kaum laki – laki yang wira – wiri cari tips menumbuhkan jenggot sampai beli obat jenggot biar bulu – bulu halus di dagunya itu tumbuh lebat. Tapi tahukah kamu wahai kaum adam, bahwa ada orang yang menderita saat melihat jenggotmu itu. Yaps, pogonophobia merupakan phobia unik yang menyebabkan penderitanya merasa seperti sesak napas, keringat dingin, mual, dan ketakutan berlebihan saat melihat jenggot. Meskipun jarang, tapi sejumlah penelitian menyebutkan penderita pogonophobia semakin meningkat seiring berkembangnya trend berjenggot sekarang ini.


8. Heliophobia

Heliophobia
Heliophobia

Julukan vampir mungkin pantas disematkan pada penderita phobia yang satu ini, pasalnya penderita heliophobia mempunyai rasa takut yang sangat menyiksa terhadap matahari dan sinarnya. Banyak pengidap heliophobia yang mengatakan tidak bisa berpikir jernih, cemas, gelisah bahkan sampai lepas kendali jika melihat atau terpapar sinar matahari secara langsung. Sehingga penderita phobia yang satu ini lebih memilih berdiam diri di rumah dan menutup setiap celah dirumahnya agar sinar matahari tak bisa masuk.


9. Antlophobia

Antlophobia
Antlophobia

Nah ini nih phobia yang wajar apabila di rasakan warga ibu kota. Buang sampah ke kali, saluran tersumbat, air sungai meluap, banjir deh. Yaps, antlophobia merupakan rasa takut berlebihan terhadap air bah atau banjir. Pengidap phobia ini merasa banjir adalah bencana paling mematikan dalam hidup mereka, kebanyakan phobia ini dipicu trauma masa lalu dari si penderita, misalnya mereka pernah hanyut terbawa arus banjir atau hal lainya yang berhubungan dengan bencana alam tersebut.


10. Atelophobia

Atelophobia
Atelophobia

Kamu punya temen yang ingin selalu terlihat perfect dalam segala hal, mulai dari penampilan, tindakan dan hal – hal lainya. Waspada genk, mungkin temen kamu itu penderita atelophobia. Nah atelophobia ini sendiri merupakan keadaan di mana seseorang menunjukkan rasa takut akan kegagalan untuk mencapai kesempurnaan dalam segala sesuatu yang dilakukannya. Pengidap phobia yang satu ini akan lebih sering merasakan stres yang luar biasa dan cenderung sangat kritis kepercayaan diri terhadap apa yang mereka katakan atau lakukan. Intinya sih pengidap phobia ini paling anti sama yang namanya ketidaksempurnaan genk.


11. Didaskaleinophobia

Didaskaleinophobia
Didaskaleinophobia

Banyak hal yang menyebabkan murid tidak masuk sekolah, seperti ada kepentingan mendadak, sakit atau mungkin emang dasarnya si murid males buat sekolah. Tapi ada satu hal yang sangat berbahaya genk, yaitu jika si murid mengidap didaskaleinophobia. Phobia yang satu ini merupakan ketakutan seseorang untuk menuntut ilmu pengetahuan atau pergi ke sekolah. Banyak hal yang memicu terjadinya phobia ini, misalnya lingkungan sekolah yang tidak aman, bisa juga karena takut tindakan bullying dari teman – temannya. Penderita didaskaleinophobia ini akan sering mengalami jengkel, paranoid bahkan menangis jika mengetahui dirinya harus pergi ke sekolah.


12. Gerascophobia

Gerascophobia
Gerascophobia

Buat mbak-mbaknya dan mas-masnya yang takut kulitnya jadi keriput, kendor dan nggak kenceng lagi, hati – hati ya ! bisa jadi kamu menderita gerascophobia. Nah secara harafiah, gerascophobia ini bisa diartikan sebagai rasa takut untuk menjadi tua. Penderita phobia ini akan menangisi proses pertumbuhan dirinya sendiri, sebab pertumbuhan berarti juga penuaan. Bahkan kebanyakan pengidap phobia ini akan melakukan apa saja agar tubuhnya tak menua, seperti Glass Laser Fractional, suntik Botox, sampai operasi plastik. Tapi ada hal yang perlu di ketahui nih buat mbaknya dan masnya, bertambah usia itu kepastian, kalau awet muda itu baru pilihan. Nah, buat yang pengen awet muda bisa baca tipsnya disini.


13. Arithmophobia

Arithmophobia
Arithmophobia

Nah, ini nih phobia yang paling mudah ditemui di Indonesia, terutama dikalangan pelajar. Arithmophobia merupakan keadaan dimana penderita merasa takut, tidak nyaman, tidak menyukai, dan ingin menghindari segala persoalan yang berhubungan dengan matematika. Phobia yang satu ini biasanya disebabkan karena pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah yang kemudian ditekan ke dalam alam bawah sadar, Tidak hanya itu seorang arithmophobia juga akan merasa gelisah jika menghadapi mata pelajaran Matematika bahkan kasus paling ekstrem si penderita bisa merasakan sakit sampai ke saraf otak jika terus – terusan dipaksa menghadapi phobia-nya ini.


14. Uranophobia

Uranophobia
Uranophobia

Kamu punya temen nggak genk yang pas diajakin beribadah susahnya minta ampun tapi kalau masalah maksiat nomor satu, nah bisa jadi tuh genk temen kamu menderita uranophobia dan lagi berjuang ngumpulin dosa biar bisa masuk neraka. Uranophobia sendiri merupakan keadaan dimana seseorang merasakan ketakutan yang luar biasa terhadap surga. Aneh ya genk ? mungkin penderita phobia yang satu ini merasa bahwa surga adalah tempat yang mengerikan dan neraka adalah tempat yang menyenangkan.


15. Pentheraphobia

Pentheraphobia
Pentheraphobia

Phobia yang satu ini bisa dibilang unik nih genk, dan bisa jadi di Indonesia banyak yang mengidapnya. Pasalnya pentheraphobia merupakan ketakutan seseorang terhadap mertuanya sendiri. Seorang pentheraphobia akan merasa cemas, takut, mual, bahkan depresi jika berhadapan langsung dengan mertuanya sendiri. Rasa takut tersebut timbul karena penderita takut berbuat hal – hal yang memalukan di depan mertuanya, sehingga sosok mertua menjadi sangat mengerikan di mata para penderita pentheraphobia.


16. Nomophobia

Nomophobia
Nomophobia

Dan yang terakhir adalah nomophobia. Nah nomophobia ini merupakan perasaan takut yang tiba – tiba muncul pada diri seseorang karena tidak bisa mengakses telepon genggam/handphone miliknya, baik itu karena bateray habis maupun kehilangan handphone itu sendiri. Penderita nomophobia ini akan cenderung mementingkan handphone miliknya ketimbang hal lainya, bahkan nomophobian akan sibuk sendiri dengan handphone miliknya meskipun sedang berkumpul dan berbincang – bincang dengan orang lain. Dan Nasionalis.id rasa hampir semua orang di Indonesia mengidap phobia yang satu ini.

Nah itulah beberapa phobia aneh yang sering diderita orang Indonesia. Adapun hal yang harus kita inget nih genk, jangan sampai mempermainkan phobia yang diderita seseorang karena hal tersebut akan sangat mempengaruhi perkembangan mental si penderita phobia itu sendiri. Jadi tetep hormati kekurangan seseorang ya genk, jangan sok jago, jangan sok keren, karena cuma ane yang paling jago dan keren 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!