Menguak Sejarah 7 Kota Mati Paling Mengerikan Di Dunia

Kota mati paling mengerikan di dunia
Kota mati paling mengerikan di dunia

Nasionalis.id – Apa sih yang ada di pikiran kamu kalau mendengar kota mati ? pasti nggak bakalan jauh kan dari sebuah kota terbengkalai tak berpenghuni yang dipenuhi sejuta misteri di dalamnya. Yaps, bener genk sebuah kota mati emang identik dengan kisah – kisah horror dan misterinya bahkan sudah banyak cerita tentang arwah penasaran yang menempati tempat – tempat tersebut lantaran memang tidak satu pun kehidupan manusia yang ada di sana. Nah kalau kamu udah pernah nonton TV series atau film horror fiksi seperti The Walking Dead dan War World Z, pasti udah paham banget deh sama suasana mencekam dari si kota mati ini. Yaps emang tidak jarang sineas horror luar negeri menggunakan set kota mati ini untuk menambahkan nuansa kelam nan mengerikan dalam film garapannya tersebut, tapi tahu nggak genk ? ternyata kisah, tempat dan kengerian kota mati tersebut tidak hanya ada dalam film horror fiksi Amerika saja, di dunia nyata juga ada lhoh. Nggak percaya ? simak ulasan Nasionalis.id berikut.

1. Prypiat, Ukraina Utara

Kota Mati Prypiat, Ukraina Utara
Kota Mati Prypiat, Ukraina Utara

Yang pertama ada di Prypiat, kota besar yang menjadi tempat peradaban di Ukraina Utara ini bisa dibilang sebagai saksi bisu tentang keganasan senjata pemusnah masal bernama nuklir. Kota yang didirikan pada tahun 1970 ini dulunya merupakan tempat paling terasing di Ukraina utara yang di fungsikan sebagai tempat tinggal para pekerja kawasan nuklir Chernobyl. Namun kawasan yang ditetapkan sebagai kota nuklir kesembilan di dunia tersebut seketika menjadi kota mati setelah terjadi bencana nuklir hebat pada 1986 sehingga membuat pemerintah mengevakuasi warga keluar dari kota ini dan mengosongkanya sampai sekarang. Kini lokasi tersebut ditetapkan sebagai museum dan bagian sejarah kelam yang erat kaitannya dengan Uni Sovyet, jika kamu mengunjungi tempat ini kamu akan dengan mudah menemukan bangunan seperti apartemen, kolam renang, rumah sakit serta bangunan – bangunan lain yang hancur karena radiasi nuklir.

2. Oradour SuR Glane, Prancis

Kota mati Oradour SuR Glane, Prancis
Kota mati Oradour SuR Glane, Prancis

Memang benar jika Prancis merupakan negara yang melambangkan cinta dan kasih sayang, tapi tahukah kamu jika semua kisah romantis yang kamu dengar tentang Prancis tidak semunya merupakan kisah bahagia. Yaps, Oradour SuR Glane adalah buktinya. Sebuah kota kecil yang terletak di bagian barat tengah Prancis ini seakan menjadi saksi bisu tentang kekejaman para tentara NAZI pada masa perang dunia ke II, setidaknya ada 624 penduduk Oradour SuR Glane mulai dari pria, wanita sampai anak-anak dibantai dengan kejam oleh para pasukan NAZI yang kala itu melakukan perluasan wilayah ke Benua Eropa. Hingga sekarang kota tak berpenghuni tersebut hanya menyisakan puing – puing bangunan dan kehidupan hening mengerikan, bahkan tak sedikit wisatawan yang mengisahkan kejadian – kejadian diluar nalar (ghaib) saat mengunjungi kota mati ini. Banyak dari mereka yang mengatakan pernah menjumpai sesosok bayangan misterius , bau hangus dan darah, suara tangisan sampai bagian tubuh yang melayang.

3. Kolmanskop, Namibia

Kota mati Kolmanskop, Namibia
Kota mati Kolmanskop, Namibia

Kolmanskop merupakan kota mati di selatan Namibia yang mendapat julukan sebagai kota hantu, ya meskipun tidak banyak wisatawan yang menceritakan kisah mistis saat mengunjungi kota ini, tapi dari penampakan seram yang ditampilkan kota mati Kolmanskop ini akan membuat siapa saja yang melihatnya mengira kalau kota ini adalah kota hantu. Pada tahun 1908, kota yang terletak beberapa kilometer dari pelabuhan Luderitz ini terkenal karena hasil tambang berliannya yang sangat melimpah. Banyak pemburu berlian yang datang ke Kolmanskop untuk mengeruk hasil tambang tersebut, sehingga dalam waktu singkat, orang-orang Luderitz mampu membangun kota di tengah padang pasir dengan baik, termasuk menyediakan prasarana tempat judi, sekolah, rumah sakit, serta rumah-rumah eksklusif. Namun karena krisis yang disebabkan oleh perang duni ke I membuat jual beli berlian menjadi terhenti, perekonomian kota menurun, dan kebutuhan hidup tidak lagi bisa dipenuhi. Puncaknya terjadi tahun 1950, orang – orang mulai meninggalkan kota ini. Lama – kelaman kota ini menjadi kota mati yang hampir semua bangunannya diselimuti oleh hamparan pasir, hanya sebuah bangunan seperti gedung teater yang nampak masih berdiri.

4. Kowloon, China

Kota mati Kowloon, China
Kota mati Kowloon, China

Kota Kowloon yang terletak di luar Hongkong, China ini dulunya ditempati tentara Jepang pada masa perang dunia ke II, namun setelah Jepang menyerah pada sekutu kawasan ini diambil alih oleh penduduk liar disana. Pada masa itu penduduk kota Kowloon membangun kotanya sendiri, bangunan – bangunan yang tinggi, jalan – jalan kumuh dipenuhi sampah serta koridor – koridor sempit menyerupai labirin adalah penampakan kota Kowloon pada masa itu. Di dalam kota ini kamu juga akan dengan mudah menemukan tempat ilegal seperti rumah bordil, tempat judi, tempat memakai narkotika, iya karena pada masa itu kota Kowloon terkenal sebagai kota yang bebas hukum. Puncaknya terjadi pada 1993, dimana pada saat itu Inggris masih berkuasa atas wilayah Hong Kong memaksa pemerintah China bertanggung jawab atas keadaan kota Kowloon yang tidak taat pada hukum pemerintah Britania. Sehingga kedua pemerintahan negara tersebut bekerja sama menyelesaikan masalah tersebut, mereka mengusir penduduk Kowloon dan membiarkan kota padat nan kumuh tersebut terbengkalai.

5. Bodie, California

Kota mati Bodie, California
Kota mati Bodie, California

Kota Bodie dulunya sangat ramai karena terkenal dengan hasil emasnya yang sangat melimpah, bahkan kota yang sekarang dikenal sebagai kota mati di California ini memiliki semua fasilitas seperti kota-kota besar pada umunya, salon – salon berjajar bermil-mil panjangnya di sepanjang Main Street, Bank, berbagai toko pedagang, rel kereta api serta serikat pekerja untuk para penambang dan mekanik tersedia di kota ini pada masa kejayaannya. Namun ketika jumlah emas mulai menipis dan akhirnya habis sekitar tahun 1915, kota ini mulai ditinggalkan warganya, hingga pada akhirnya kota ini benar – benar tak berpenghuni dan terbengkalai begitu saja. Seiring kesunyian dan keheningan kota mati Bodie ini mulai banyak beredar cerita mistis yang mengatakan bahwa hantu mulai mendiami tempat tersebut. Salah satu pengunjung yang berjalan – jalan di kawasan kota mati Bodie ini mengaku melihat seorang pria misterius yang menatap keluar dari jendela lantai dua di salah satu bangunan di tempat tersebut, ada juga yang mengatakan sering melihat seorang gadis muda sedang berjalan melalui kuburan tua kota Bodie, serta dilaporkan kerap terlihat sebuah kursi goyang yang bergerak maju-mundur dengan sendirinya.

6. Craco, Italia

Kota mati Craco, Italia
Kota mati Craco, Italia

Kota ini terletak di didaerah Basilicata dan provinsi Matera sekitar 25 mil dari teluk Taranto, kota yang memiliki area khas dengan dipenuhi bukit yang berombak-ombak ini dulunya memiliki populasi lebih dari 2000 orang, kebanyakan penduduk Craco pada masa itu menggantungkan hidupnya pada pertanian gandum. Lalu pada tahun 1891, penduduk kota Craco banyak dilanda permasalahan social dan kemiskinan yang banyak membuat mereka putus asa. Sehingga pada 1892 dan 1922, penduduk asli Craco sekitar 1300 orang mulai meninggalkan Craco dan pindah ke Amerika Utara. Menginjak tahun 1959, kondisi kota ini semakin memburuk. Bencana alam gempa bumi, tanah longsor, peperangan serta semakin buruknya hasil pertanian membuat penduduk Craco bermigrasi massal. Puncaknya terjadi pada 1963, ketika bencana alam memaksa sisa penduduk Craco harus meninggalkan kotanya tersebut dan pindah ke suatu lembah dekat Craco Peschiera. Kota Craco kini tak lebih dari sebuah kota mati yang dipenuhi puing – puing bangunan yang dulu sempat diporak porandakan bencana alam, kesunyian serta kesan angker akan terasa sangat kental ketika kamu mengunjungi kota ini.

7. Sah Zhi, Taiwan

Kota mati Sah Zhi, Taiwan
Kota mati Sah Zhi, Taiwan

Dan yang terakhir adalah kota Sah Zhi, sebuah kota yang dulunya dibangun dengan nuansa masa depan (futuristik) dengan bangunan mirip obat tablet ini terletak di utara Taiwan. Pada mulanya, pembangunan kota Sah Zhi ini akan difungsikan sebagai tempat peristirahatan untuk para taipan Taiwan, namun proyek pembangunan kota ini pada akhirnya harus dihentikan karena terkendala dana dan sumber daya manusia, ditambah lagi banyaknya kecelakaan fatal yang terjadi pada saat proyek pembangunan kota futuristik ini. Hingga kini, proyek kota Sah Zhi masih terbengkalai bahkan mulai banyak cerita – cerita mistis mengenai hantu dari para pekerja yang tewas saat membangun kota mulai mendiami tempat tersebut.

Kota bisa diartikan sebagai simbol sebuah peradaban dan kehidupan, namun tidak semua peradaban dan kehidupan di dalam kota tersebut akan terus berlangsung untuk selama – lamanya. Ada masanya dimana sebuah kota dengan bangunan berarsitektur luar biasa tersebut akan terbengkalai dan akhirnya menjadi sebuah kota mati yang ditinggalkan penduduknya. Meskipun demikian, beberapa kota tersebut malah menjadi layak untuk dikunjungi sebab nilai historysnya. Itulah beberapa kota mati paling mengerikan versi Nasionalis.id, nah menurut kamu mana yang paling mengerikan genk ? jangan lupa tuliskan di kolom komentar ya 😀

Keywords:

  • 7 kota mati di dunia
  • 7 kisah kota yang mati
  • kota terbekalai yg mengerikan
  • kota mati yang memutasi gen di dunia karena nuklir
  • kota mati diluar negeri
  • kota mati di luar negeri
  • kota mati di hongkong
  • Kota mati
  • kota di gta dan asli nya
  • film horor kota mati

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!