5 Percobaan Pembunuhan Yang Hampir Mengubah Sejarah Dunia

Nasionalis.id – Seperti yang kita ketahui nih genk, menjadi seorang tokoh atau seseorang yang penting dalam suatu lembaga tertentu bukanlah sebuah perkara yang mudah. Mereka yang menyandang status sebagai tokoh penting tersebut harus memikul beban berat serta dituntut untuk bisa memberikan terobosan terobosan penting demi kemajuan lembaga itu sendiri. Tapi permasalahannya adalah, tidak semua pendapat maupun terobosan terobosan tersebut dianggap baik oleh masyarakat maupun lawan politik dari tokoh penting dalam lembaga tersebut. Jika sudah begini benih – benih pemborantakan akan tumbuh pada salah satu komunitas yang tidak sepaham dengan lembaga tersebut, dan hasilnya tokoh penting dalam lembaga itu sendiri akan teracam keselamatanya. Bahkan menjadi korban pembunuhan dari orang tak dikenal juga bukanlah hal mustahil bagi setiap tokoh penting jika terobosan – terobosannya tersebut berseberangan dan tidak cocok dengan partai maupun komunitas lain. Nah jika tokoh penting itu sampai terbunuh, sudah bisa dipastikan bahwa suatu lembaga yang dipimpinnya juga akan mengalami perubahan. Bahkan tidak hanya itu saja, dunia-pun juga berpotensi untuk ikut merasakan dampak dari perubahan tersebut. Dan berikut ulasan tentang percobaan pembunuhan yang apabila terjadi akan benar – benar merubah sejarah dunia.

1. The Gunpowder Plot

The Gunpowder Plot
The Gunpowder Plot

Percobaan pembunuhan terhadap Raja James I yang direncanakan oleh beberapa anggota Parlemen Inggris termasuk Pangeran Charles yang merupakan anak kandung dari Raja James I itu sendiri terjadi pada 5 November 1605. Aksi memalukan dari para anggota Parlemen Inggris serta sang pangeran itu sendiri dilakukan karena mereka ingin mengangkat toleransi beragama di Inggris yang kala itu mengalami perbedaan paham antara kubu Raja James I dengan kubu Pangeran Charles. Cara yang digunakan para teroris agama ini sendiri cukup sederhana, bawa beberapa drum mesiu ke parlemen, nyalakan, lalu lari. Namun beruntung, upaya licik dari sang pangeran bersama antek – anteknya tersebut gagal karena tercium oleh salah satu pendukung dari Raja James 1. Nah lalu pertanyaanya adalah, apa yang terjadi seandainya rencana tersebut berhasil ? Sudah bisa dipastikan di Inggris akan mengalami sebuah clash agama besar – besaran yang akan menjadikan Inggris sebagai negara absolut monarki beragama Protestan, kamu juga tidak akan pernah tahu apa itu operasi Mayflower yang disebut – sebut biang dari terjadinya Mayflower Compact, akar dari koloni Inggris di Amerika. Selain itu juga jika percobaan pembunuhan pada Raja James I ini sampai berhasil, hampir bisa dipastikan bahwa negara adikuasa bernama Amerika tidak akan pernah ada.


2. The Kaplan Incident

The Kaplan Incident
The Kaplan Incident

The kaplan incident adalah percobaan pembunuhan pada Vladimir Lenin yang dilakukan oleh seorang politisi revolusioner bernama Fanny Kaplan pada masa Revolusi Bolshevik. Belakangan diketahui bahwa Fanny Kaplan bukanlah seorang Bolshevik, melainkan seorang Sosialis Revolusioner yang partainya ditutup Lenin pada masa revolusi tersebut. Nah mungkin karena alasan inilah yang menyebabkan Kaplan memutuskan untuk mencoba membunuh Lenin pada 30 Agustus 1918 silam. Jika percobaan pembunuhan Fanny Kaplan ini sampai berhasil, hampir bisa dipastikan bahwa Revolusi Bolshevik tidak akan pernah terjadi dan NAZI dipastikan akan melanjutkan kekuasaannya ke Timur untuk mengambil alih seluruh Russia yang sekaligus membuatnya memenangkan Perang Dunia II.


3. Pembunuhan Ratu Elizabeth I

Ratu Elizabeth I
Ratu Elizabeth I

Pada tahun 1588, Inggris adalah negara miskin yang jauh dari kesan maju bahkan termasuk dalam salah satu negara tak berdaya pada masa itu, sedangkan negara yang menyandang gelar adikuasa di dataran Eropa pada masa itu dipegang oleh Spanyol. Negara Spanyol yang kala itu dibawah kepemimpinan Raja Philip menginginkan suatu hal yang lebih, Ia menginginkan anaknya menjadi Raja di Inggris dan Katolik disebar di pulau tersebut. Nah untuk mendapatkan keinginannya tersebut Raja Philip harus melengserkan kekuasaan Inggris yang kala itu dipimpin oleh Ratu Elizabeth I, atau dengan kata lain Ia harus membunuh Ratu Inggris tersebut. Jadi atas perintah Raja Philip, Spanyol mulai mengirimkan armadanya ke Inggris untuk membunuh sang Ratu lalu mengambil alih kerajaanya. Namun sayang, pelayaran pasukan Spanyol tersebut harus berakhir di tengah lautan karena terhempas badai dan cuaca buruk yang membuat seluruh awak dan pasukan tersebut tenggelam sebelum menyentuh daratan Inggris. Lalu apa yang terjadi jika rencana pembunuhan Ratu Elizabeth I itu berhasil dilakukan ? Bisa dipastikan bahwa pembiayaan untuk negara koloni Dunia Baru akan terhenti, tidak akan ada yang namanya Kristen Protestan karena selama itu Inggris-lah pusatnya, serta tidak akan ada negara bernama United Kingdom dan tanpa United Kingdom tidak akan ada Revolusi Amerika, tanpa adanya revolusi, negara Amerika tidak akan pernah lahir.


4. Kyujo Incident

Kyujo Incident
Kyujo Incident

Kyujo Incident merupakan percobaan pembunuhan yang akan dilakukan terhadap seorang laksamana Jepang yang bernama Herohito. Jepang yang kala itu di bom atom oleh pasukan sekutu pada Agustus 1945, memaksa Laksamana Herohito untuk memikirkan penyerahan beberapa wilayah jepang kepada Amerika. Namun keputusan dari pemimpin tertinggi Jepang kala itu tidak sepenuhnya didukung oleh bawahannya, beberapa menteri perang serta Imperial Guard tidak setuju dengan perdamaian dan penyerahan beberapa wilayah tersebut. Organisasi yang kontra dengan keputusan Laksamana Herohito tersebut kemudian berencana untuk melakukan pembunuhan kepada Herohito dan menyatakan bahwa Jepang belum menyerah dan masih ingin tetap berperang. Namun rencana tersebut berhasil digagalkan oleh pihak yang pro terhadap Herohito, selain itu Laksamana Herohito juga diamankan dari Jepang sebagai langkah antisipasi jika nantinya terjadi hal – hal yang tidak dinginkan. Berkat gagalnya upaya pembunuhan Herohito ini, Jepang terhindar dari Operation Downfall milik Amerika yang bisa berakibat jatuhnya 7 bom nuklir di negara Jepang pada tanggal 1 November 1945 yang akan semakin memporak – porandakan negara matahari terbit tersebut.


5. Giuseppe Zangara

Giuseppe Zangara
Giuseppe Zangara

Dan yang terkahir adalah percobaan pembunuhan terhadap Franklin Delano Roosevelt. Roosevelt yang kala itu sedang berpidato terkait pelantikanya sebagai Presiden Amerika Serikat yang akan di-inaugurasi sebulan kedepan, hampir saja tewas jika aksi Giuseppe Zangara tidak bisa digagalkan. Giuseppe Zangara sendiri merupakan pembunuh bayaran yang disewa untuk mengakhiri hidup sang Presiden, Giuseppe Zangara yang kala itu juga ikut menyaksikan pidato pelantikan Roosevelt pada Februari 1933 ingin melancarkan tembakan ke arah Presiden Amerika Serikat tersebut. Giuseppe yang hanya memiliki tubuh pendek mengalami kesulitan untuk melihat kepala Roosevelt. Pembunuh bertubuh pendek inipun berupaya menggunakan sebuah kursi lipat agar bisa melihat Roosevelt dari kerumunan orang yang kala itu juga menyaksikan sang Presiden berpidato. Namun sialnya, menembak seseorang dari atas kursi bukanlah perkara mudah. Yaps, dia pun terjatuh dari kursi dan masa yang kala itu berada disekelilingnyapun langsung menahannya, seketika itu pula pidato berakhir dan Roosevelt berhasil diamankan para bodyguard – nya. Giuseppe Zangara yang gagal saat beraksi juga berhasil diamankan oleh pihak berwajib ditempat kejadian tersebut. Jika seandainya Franklin Delano Roosevelt terbunuh kala itu, secara otomatis sang Wakil Presiden Garner akan diangkat. Jika Garner berperan sebagai Presiden, Amerika Serikat akan terisolasi, sekutu akan kalah tanpa bantuannya, dan akhirnya kekuatan lawan akan menjajah Amerika pada 1948.

Dari beberapa peristiwa diatas kita bisa meyakini kalau skenario Tuhan memang berlaku, meskipun ada pihak yang berniat jahat untuk mengakhiri hidup seseorang tapi jika Tuhan belum berkehendak kematian tersebut juga tidak akan pernah terjadi. Nah dari beberapa percobaan pembunuhan yang hampir mengubah sejarah dunia diatas menurut kamu mana yang paling menarik perhatianmu genk ? jangan lupa dituliskan dikolom komentar ya 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!