5 Tokoh Fiksi Populer Dalam Film yang Terinspirasi dari Tokoh di Dunia Nyata

Karakater Tokoh Dalam Film ini Diadaptasi dari Tokoh Nyata
Karakater Tokoh Dalam Film ini Diadaptasi dari Tokoh Nyata

Nasionalis.ID – Dalam sebuah film, sinetron, novel, atau apapun yang menggunakan alur cerita, peranan seorang tokoh pastilah sangat dibutuhkan. Karena tokoh merupakan karakter yang diciptakan seorang pemain berdasarkan kisah nyata ataupun hanya fiksi belaka, untuk lebih mendukung jalannya sebuah kisah/cerita.

Nah, ngomong-ngomong soal fiksi atau fiktih nih pren. Meskipun karakter, pesona, ataupun identitas dalam sebuah karya fiksi itu berasal dari imajinasi dari si pembuat tokoh, tapi tak jarang tokoh-tokoh yang dihasilkan dari imajinasi tersebut selalu mengundang decak kagum. Saking banyaknya orang yang kagum dengan tokoh fiksi tersebut, membuat mereka menjadi sangat populer, bahkan ada yang sampai menginspirasi sebagian orang.

Dibalik itu semua, ternyata si pembuat tokoh fiksi tersebut juga mendapat ilham, atau lebih tepatnya terinspirasi dari tokoh-tokoh didunia nyata, entah itu, orang terkenal, orang jenius, atau pun teman dekatnya. Sehingga mereka mampu membuat tokoh-tokoh fiksi yang amat populer di masyarakat. Berikut ini tokoh fiksi populer yang terinpirasi dari tokoh di dunia nyata.

Severus Snape ~ John Nettleship

Severus Snape
Severus Snape

Bagi penggemar karya fiksi berjudul Harry Potter, pasti sudah tau siapa dan bagaimanakah karakter dari tokoh bernama Severus Snape? Dalam karya fiksi ciptaan Joanne Kathleen Rowling (J.K. Rowling) tersebut, diceritakan kalau Severus Snape merupakan seorang guru Ramuan dan Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam yang berkepribadian dingin serta sikap keberpihakan yang tidak menentu.

Tokoh yang digambarkan J.K. Rowling memiliki hidung bengkok layaknya paruh elang tersebut, ternyata terinspirasi dari tokoh di dunia nyata (tapi dia bukan penyihir lho ya). Tokoh tersebut adalah guru kimia dari J.K. Rowling sendiri, yaitu John Nettleship. Awalnya, Nettleship tidak tau kalau Severus Snape adalah tokoh yang terinspirasi dari dirinya, sampai saat murid-murid dan juga istrinya menyadari hal itu.

James Bond ~ Forest Yeo-Thomas

James Bond
James Bond

James Bond atau biasa dijuluki Agen 007, merupakan seorang tokoh fiksi yang diciptakan oleh Ian Fleming ketika ia liburan di Jamaika pada Januari 1952. Dalam kisahnya, James Bond adalah seorang agen rahasia intelejen Inggris (Secret Intelligence Service) yang gemar bermain wanita (playboy) dan juga selalu menggunakan alat-alat canggih dalam setiap aksinya.

Namun siapa sangka, karakter yang begitu luar biasa dari James Bond ini terinspirasi dari tokoh dunia nyata, yaitu Forest Yeo-Thomas. Dia adalah salah satu agen rahasia andalan Inggris pada masa Perang Dunia II. Ketika Thomas pernah terjun dengan parasut ke area pertahanan lawannya sebanyak 3 kali, dengan perintah dan melaporkan langsung pada Winston Churchill. Thomas juga pernah kepergok dan ditangkap oleh Rezim Jerman yaitu Nazi, kemudian ia disiksa habis-habisan sebelum dipindahkan ke kamp konsentrasi, tapi Thomas berhasil lolos dan melarikan diri.

Aksi yang tak asing lagi di Film atau Novel James Bond, bukan? Walaupun Ian Fleming tidak pernah bekerja sama dengan Forest Yeo-Thomas, tapi aksi-aksinya sebagai agen rahasia Inggris sangatlah menginspirasi dirinya untuk menciptakan karakter James Bond.

Indiana Jones ~ Hiram Bingham III

Indiana Jones
Indiana Jones

Dr. Henry Walton Jones, Jr. atau Indiana Jones, merupakan tokoh fiksi petualang dan juga arkeolog terkenal dalam serial Indiana Jones. Dia adalah seorang Profesor di Perguruan Tinggi, yang berpetualang mencari harta karun disela-sela pekerjaannya tersebut.

Indiana Jones adalah tokoh fiktif rekaan George Lucas, yang terinspirasi sekaligus untuk menghormati para petualang yang mempertaruhkan hidupnya demi mencari sesuatu atau hanya sekedar memenuhi rasa ingin tau mereka, seperti Otto Rahn, Roy Chapman Andrews, Percy Fawcett, William Montgomery McGovern, Hiram Bingham III dan banyak lainnya.

Namun menurut kabar yang beredar, karakter Indiana Jones lebih didominasi oleh kisah petualangan dari Hiram Bingham III. Bingham III adalah seorang profesor yang mengajar sejarah Amerika Latin di Yale University, dan ia terkenal sebagai penemu Machu Picchu. Bahkan topi legendaris yang sering di gunakan Indiana Jones merupakan suatu penampilan yang terinspirasi dari Bingham III.

Sherlock Holmes ~ dr. Joseph Bell

Sherlock Holmes
Sherlock Holmes

Tokoh fiksi rekaan Sir Arthur Conan Doyle ini, merupakan seorang detektif fiksi paling terkenal. Sherlock Holmes menyebut dirinya sebagai detektif konsultan, yang memiliki kemampuan deduksi serta pengamatan yang superior, dan ia juga ahli dalam hal penyamaran, untuk memecahkan kasus rumit yang ditanganinya. Walaupun Sherlock adalah seorang detektif, tapi ia juga sering berkutat di laboratorium kimia untuk bereksperimen dan juga menambah ilmu pengetahuannya.

Sebagai seorang pengarang dan dokter berkebangsaan Skotlandia, Sir Arthur mengatakan kalau karakter Sherlock Holmes yang ia ciptakan, terinspirasi oleh atasannya saat bekerja di Royal Infirmary of Edinburgh, Skotlandia, yaitu dr. Joseph Bell.

Sama halnya dengan karakter Sherlock, dr. Joseph Bell dikenal memiliki kemampuan untuk menarik banyak kesimpulan dari sedikit observasi, dia juga mampu menyimpulkan secara tepat dari pengamatan yang tidak pada umumnya dilakukan kebanyakan orang.

Zorro ~ Joaquin Murrieta

Zorro
Zorro

Siapa yang tidak mengenal legenda bertopeng satu ini? Yap, Zorro adalah nama rahasia/identitas rahasia dari bangsawan Spanyol yang bernama Don Diego de la Vega. Tokoh fiktif yang diciptakan oleh Johnston McCulley ini muncul pertama kali di tahun 1919, seorang pendekar ahli pedang yang menegakkan keadilan rakyat dengan caranya sendiri.

Karakter Zorro terinspirasi dari kisah heroik Joaquin Murrieta, yang lahir pada tahun 1829 di Meksiko. Murrieta adalah seseorang yang sukses dengan tambang emasnya di California, sebelum keluarganya diserang dan dibunuh oleh penambang asal Amerika. Dari kejadian tersebut, Murrieta tidak merasakan adanya keadilan dari sistem yang ada, hingga akhirnya dia memutuskan untuk menciptakan keadilan itu sendiri. Dia membentuk sebuah kelompok pemberontak untuk membalas dendam terhadap orang-orang yang membunuh kedua orangtua beserta istrinya, dan juga para penguasa yang tidak berlaku adil terhadap rakyat-rakyat kecil.

Ia dan kelompoknya terus melakukan pemberontakan dan juga merampok bank”, yang kemudian uangnya dibagikan untuk rakyat kecil di Meksiko. Aksi pemberontakannya tersebut diketahui oleh pasukan Texas Rangers, yang kemudian melacak dan menagkap Murrieta. Akhirnya ia tewas pada tahun 1853, semenjak itu kisah heroik dari Joaquin Murrieta sebagai penolong serta pembela rakyat kecil menyebar luas, dan menginspirasi sosok Zorro.


Itulah, tokoh-tokoh populer dalam film yang sebenarnya tidak nyata. Meskipun, karakter atau tokoh tersebut merupakan tokoh karangan seseorang, namun tetap saja tokoh-tokoh diatas berdasarkan tokoh yang ada di dunia nyata. Yang mungkin saja bisa menginspirasi lebih banyak orang lagi. Kalau kamu tau tokoh keren atau tokoh populer yang terinspirasi dari tokoh di dunia nyata, beritahu saya lewat kolom komentar ya. Terima Kasih

Keywords:

  • tokoh fiksi paling terkenal
  • 13 Karakter Fiksi Ini Ternyata Terinspirasi dari Dunia Nyata!
  • Tokoh yang terinspirasi
  • tokoh fiksi yang di adaptasi dari dunia nyata
  • tokoh fiksi penolong
  • Tokoh fiksi paling bijak d film hollywood
  • tokoh fiksi nazi di film
  • tokoh fiksi ahli perang
  • karakter fiksi yang menginspirasi
  • Karakter fiksi terbaik di film
About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!