5 Hotel Berhantu di Indonesia ini Sering Terlihat Penampakan Makhluk Tak Kasat Mata

Hotel-hotel di Indonesia yang Kental Dengan Aura Mistisnya

Nasionalis.ID – Makhluk astral atau yang biasa kenal dengan nama hantu, memanglah menjadi suatu topik pembicaraan yang selalu menimbulkan rasa ngeri/horor bagi sebagaian orang. Sementara sebagian orang lagi, menganggap itu adalah suatu bahasan yang menarik, sering mereka malah mencari-cari kesenangan, memacu adrenalin dengan mendatangi tempat-tempat angker atau tempat-tempat yang di anggap berhantu, hanya demi bertemu dan menyaksikan langsung eksistensi mereka (hantu) di dunia manusia.

Setiap tempat, setiap daerah, bahkan setiap negara, pasti memiliki paling tidak 1 kisah mistis yang lekat dengan daerah tersebut, seperti misalnya bangunan tua, gedung tak terpakai, atau mungkin pohon-pohon yang di keramatkan. Tapi pernahkah kalian berfikir, bahwa tempat-tempat ramai, tempat-tempat modern yang dihuni manusia pun bisa memiliki aura mistis tersendiri? Nah, kalau penasaran, kamu nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia banyak tempat ramai yang dipercaya memiliki penghuni dari dimensi lain. Seperti hotel-hotel di Indonesia berikut ini.

Hotel Grand Aquila (Bandung)

Hotel Grand Aquila
Hotel Grand Aquila

Hotel yang terletak di Jl. Dr. Djundjunan No.116 ini, menjadi hotel paling megah yang ada di Bandung. Yang terkenal dengan pelayanan dan fasilitas yang memanjakan pengunjungnya. Tapi dibalik pelayanannya yang menyenangkan, hotel tersebut jug akental akan hawa-hawa mistisnya.

Beberapa pengunjung pernah merasakan gangguan-gangguan supranatural di Hotel Grand Aquila, seperti halnya melihat penampakan misterius yang sedang melintas di lorong-lorong kamar hotel tersebut. Tak hanya itu saja, pengunjung di sana juga pernah mendengar suara-suara di balik jendela kamar, ketukan-ketukan pintu kamar di tengah malam, dan juga suara air dari keran yang terbuka.

Menurut para ahli supranatural, gangguan tersebut berasal dari Rumah Gurita yang terletak di belakang Hotel tersebut. Sekilas rumah itu tampak biasa saja, tapi yang membuatnya aneh yaitu terdapat patung gurita yang menutupi atap rumah tersebut.

Menurut kabar yang beredar, Rumah Gurita tersebut dulunya pernah digunaan untuk berlangsungnya ritual anggota sekte Gereja Setan yang ada di Bandung, seperti ritual minum darah untuk anggota baru, hingga ritual seks bebas. Jadi tak heran suasana mistis penyembahan setan di Rumah Gurita tersebut, bisa sampai ke Hotel Grand Aquila.

Hotel Indonesia – HI (Jakarta)

Hotel Indonesia (HI)
Hotel Indonesia (HI)

Menjadi hotel berbintang yang pertama kali, membuat hotel yang berada di Jakarta ini tak luput dari penampakan-penampakan gaib. Walupun selalu ramai, selau penuh di kunjungi para wisatawan, peghuni astral di hotel ini tak minder untuk menampakan eksistensi mereka.

Salah satu yang paling terkenal adalah noni cantik asal Belanda yang mengenakan gaun putih panjang, yang mendiami lantai 7 di hotel tersebut. Beberapa pengunjung hotel pernah melihat penampakan wanita tersebut.

Ketika itu seorang pengunjung pria, sedang berada di lantai 7 dan hendak turun ke lobby, namun saat menuju lift, pria itu mengaku tiba-tiba berpapasan dengan seorang wanita cantik. Dan saat dia berada di lift, wanita cantik bergaun putih dengan bros anggrek tersebut berada tepat di belakangnya. Hanya berselang beberapa detik wanita tersebut sudah menghilang, karena penasaran akhirnya pengunjung tersebut kembali naik ke lantai 7.

Dia pun berhasil bertemu dengan wanita misterius itu, tapi ketika ia mendekatinya sampai jaraknya tinggal ±2 meter, wanita tersebut berjalan menembus dinding, sebelum akhirnya menghilang. Kejadian aneh yang dialami pria tersebut juga di konfirmasi/dialami oleh pengunjung lain, yang juga mengaku pernah melihat wanita cantik yang menggunakan gaun putih panjang.

Hotel Inna Garuda (Yogyakarta)

Hotel Inna Garuda
Hotel Inna Garuda

Jogja memang dikenal sebagai kota pendidikan dan juga kota pariwisata. Karena memang disana banyak ditemukan Universitas-universitas yang memiliki kualitas bagus, tak jarang pelajar dari luar kota, bahkan luar pulau Jawa yang memilih Jogja sebagai tempat menimba ilmu mereka. Selain itu, di Jogja juga banyak tempat-tempat pariwisata yang indah, seperti pantai, candi, atau yang lainnya.

Tapi dibalik itu semua, Jogja adalah salah satu tempat yang masih kental dengan adat budayanya, sehingga terkenal pula dengan fenomena-fenomena supranatural dibeberapa tempat disana. Mulai dari bangunan tua sampai hotel-hotel di Jogja, dipercaya memiliki aura mistis yang sangat kuat. Salah satunya adalah Hotel Inna Garuda. Hotel yang terletak Jalan Malioboro No. 60, Yogyakarta ini, merupakan hotel legendaris berbintang 4, yang dibuka pertama kali tahun 1908.

Layaknya hotel bintang 4 lainnya, Hotel Inna Garuda memiliki banyak fasilitas-fasilitas kamar yang cukup modern, mulai dari AC, TV Kabel, Kulkas Mini, Bath Tub dengan air panas, dan banyak lainnya. Nah, dari 233 kamar yang tersedia di Hotel tersebut, ada kamar yang dianggap paling mistis atau paling berhantu, yaitu kamar 911 dan 912.

Menurut penuturan pegawai dan beberapa pengunjung hotel yang dibangun sejak masa penjajahan Belanda tersebut, ketika malam hari pintu kamar nomer 911 dan 912 kerap terbuka dengan sendirinya. Pernah ada seorang pengunjung yang menginap di kamar hotel tersebut, mengatakan kalau ia pernah di ganggu dengan suara-suara aneh di dalam kamar dan meskipun banyak pengunjung yang lalu lalang, tapi kamar tersebut terasa sangat sunyi senyap.

Tak hanya itu saja, pengunjung itu juga menuturkan kalau ia melihat salah satu kursi di kamar tersebut bergoyang-goyang sendiri, padahal tidak ada yang mendudukinya. Menurut pegawai Hotel Inna Garuda, kamar tersebut dulunya menjadi tempat favorit Jendral Sudirman, dan kini kamar bernomor 911 dan 912 menjadi tempat favorit pecinta hal-hal mistis.

Hotel Inna Samudra Beach (Sukabumi)

Hotel Inna Samudra Beach
Hotel Inna Samudra Beach

Seperti Hotel Inna Garuda, hotel yang berada di Jl. Raya Cisolok Km 7 Sukabumi (dekat Pantai Pelabuhan Ratu) ini merupakan hotel berbintang 4, dengan beragam fasilitas menarik, seperti Kolam Renang (dengan Bar di sampingnya), Coffee Shop, Layanan Laundry dan banyak lainnya.

Tapi dibalik semua ke-modernan yang ada di Hotel Inna Samudra Beach, tak dapat dipisahkan dengan kisah mistis yang menyelimuti di kamar 308. Konon kamar tersebut menjadi tempat peristirahatan Legenda Ratu Pantai Selatan yaitu Nyi Roro Kidul, jadi pengelola hotel tidak menyewakan kamar nomor 308 untuk umum.

Jika memasuki kamarnya, mungkin kamu akan merinding, karena aura mistisnya sangat kental. Kamar tersebut didesain serba hijau, ciri khas dari sang Ratu Pantai Selatan. Terdapat lemari kaca yang berisi gaun-gaun cantik seperti yang dikenakan Nyi Roro Kidul, dan juga meja rias lengkap dengan komestiknya, konon hal itu adalah permintaan dari Nyi Roro Kidul sendiri.

Kamar 308 di Hotel Inna Samudra Beach
Kamar 308 di Hotel Inna Samudra Beach

Nyi Roro Kidul dipercaya datang ke kamar tersebut hanya pada malam-malam tertentu, hal itu diperkuat oleh para petugas kebersihan hotel yang beberapa kali mendapati kasur di kamar 308 tersebut berantakan, seperti bekas ditiduri seseorang.

Selain kamarnya yang berdesain hijau, seperti payung penganti, seprei, horden dan yang lainnya, kamar tersebut juga terdapat banyak sesaji dan dupa. Kebanyakan sesajen tersebut dibawa oleh para pengunjung yang sengaja datang ke kamar tersebut, untuk bersemedi (berkomunikasi dengan Nyi Roro Kidul) atau meminta hal-hal lainnya.

Keberadaan Nyi Roro Kidul di Hotel Inna Samudra beach semakin diperkuat dengan kepercayaan adat istiadat warga setempat, yang meyakini bahwa Batu Karut (±100 meter dari Hotel) sebagai pintu gerbang ke Istana Kerajaan Nyi Roro Kidul. Ditambah dengan ritual tahunan yang dilakukan oleh para ahli spiritual setempat dengan membawa sesaji dari kamar hotel 308 untuk diletakan di Batu Karut yang diyakini sebagai Pintu Gerbang tersebut.

Hotel Niagara (Malang)

Hotel Niagara
Hotel Niagara

Hotel Niagara berlokasi di Jl. Raya Doktor Soetomo No.63, Lawang, hotel klasik ini telah di bangun sejak 1918, tak heran jika kisah mistis kerap kali menyelimuti hotel tersebut. Hotel Niagara dibangun oleh seorang arsitek dari Brasil beranama Fritz Joseph Pinedo, dengan konsep dan tampilan yang eksotis menjulang sampai dengan 5 lantai.

Konon, pada masa penjajahan Belanda, Hotel yang berusia hampir 1 abad ini dihuni oleh sekelompok orang Belanda dan menjadi lokasi pembantaian. Dilantai tiga hotel tersebut dipercaya menjadi lokasi terbunuhnya 3 noni Belanda, sedangkan lantai dasar hotel terdapat sebuah bunker yang dulunya digunakan sebagai tempat pembuangan mayat, jadi tak heran jika suasana mistis selalu menyelimuti hotel tua tersebut.

Menjadi cagar budaya yang di lindungi Undang-undang, Hotel Niagara selalu menjaga keaslian bentuk bangunan mereka. Sehingga tak jarang banyak turis-turis asing maupun lokal yang sedang berlibur ke Malang, memillih Hotel Niagara sebagai tempat peristirahatan mereka. Salah seorang pemandu wisata di Malang pernah menuturkan, pada waktu itu ada rombongan turis dari Belanda yang memilih hotel Niagara, karena bangunannya yang kuno dan antik.

Di suatu malam, salah satu turis tersebut sedang melintasi lorong lantai 3, dan tanpa sengaja ia mendengar suara tawa dari salah satu kamar (yang waktu itu memang tidak dibuka untuk umum/tidak disewakan). Karena penasaran, si turis langsung mendekatkan telinganya ke kamar itu, tapi anehnya suara-suara tersebut tiba-tiba menghilang dan seketika itu pula ia melihat sekelebat bayangan 3 orang noni Belanda berpenampilan kuno lewat didekatnya. Di malam kedua, turis tersebut kembali melihat 3 noni Belanda yang berwajah pucat melintas di depan kamarnya dan langsung duduk di sudut kamarnya. Akhirnya, sang turis pun hanya bertahan selama 2 hari, dari rencana semula yang ingin menginap selama 5 hari.

Selain kisah mistis dari sang turis Belanda tersebut, ada lagi kisah horor lain yang menyelimuti hotel tersebut, yaitu kisah wanita gantung diri. Konon katanya wanita tersebut adalah seorang noni Belanda yang depresi lantaran melihat suaminya telah berselingkuh dengan wanita lain. Hal, itu diperkuat dengan beberapa penuturan warga sekitar yang melewati hotel tersebut, mereka mengaku pernah melihat sosok wanita dengan wajah mengenaskan tergantung di jendela kamar kosong itu.

Terdapat Penampakan Sosok Wanita di atap Hotel Niagara
Terdapat Penampakan Sosok Wanita di atap Hotel Niagara

Tak hanya itu saja, nuansa mistis juga terdapat di bagian atap Hotel Niagara. Pernah ketika itu seorang pria yang entah iseng atau apa yang jelas nggak bisa tidur, sehingga dia memutuskan naik ke atap Hotel tersebut, karena memang dari sana pemandangan indah akan kita dapatkan, seperti pemandangan Gunung Semeru dan juga Gunung Arjuna. Tapi sungguh malang pria ini, karena dia melihat sosok wanita yang sangat cantik, namun ketika ia mendekat, lama kelamaan wajah cantik tersebut berubah menjadi tua dan sangat mengerikan. Hingga ia menjadi sangat ketakutan, bahkan dia diam tak berucap sampai beberapa hari karena saking takutnya.

Banyak sekali kisah mistis yang ada di hotel tersebut, bisa dikatakan hotel ini adalah hotel aktif paling angker yang ada di Indonesia. Beberapa kisah lain yang turut menambah keangkeran hotel tersebut, adalah suara tangisan bayi dari dalam kamar mandi, yang pernah di dengar beberapa pengunjung ketika jam menunjukkan pukul 2 lebih. Dan juga suara ketukan pintu berulang kali, hal ini dialami oleh seorang pria yang tengah menginap bersama keluarganya.


Gimana pren pendapat kamu tentang hotel berhantu diatas, serem kan? Sebelum melihat dan merasakan sendiri, mungkin banyak dari kita yang tidak akan mempercayai hal-hal mistis yang terjadi di hotel-hotel tersebut. Karena memang hal-hal mistis adalah hal yang menyangkut kepercayaan masing-masing orang, kita tidak bisa memaksakan mereka untuk percaya dengan hal-hal berbau supranatural. Okke pren, kalau kamu tau hotel yang berhantu lainnya, bisa beritahu saya lewat kolom komentar di bawah. Terima Kasih

 

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!