8 Langkah Sederhana Yang Kamu Butuhkan Untuk Sukses di Usia Muda

Cara sukses di usia muda
Cara sukses di usia muda

Nasionalis.id – Muda, sukses dan mapan, tiga kata sederhana yang sudah pasti jadi impian besar semua orang. Mungkin kamu bertanya – tanya bagaimana sih caranya menjadi sukses di usia muda ? apa langkah yang diambil mereka agar bisa sukses seperti sekarang ini ? Tentunya langkah dan cara yang diambil oleh mereka yang mendahului sukses bukanlah sebuah langkah dan cara yang mustahil untuk kamu lakukan juga jika kamu punya keinginan sukses semuda mungkin, satu mantra ajaib yang wajib kamu tahu adalah “jika mereka bisa, saya pasti juga bisa”. Tapi kamu juga harus paham kalau kesuksesan bukanlah hal yang bisa kamu dapatkan hanya dengan males-malesan dirumah sambil nonton Tv, “kesuksesan tidak akan mendatangi kamu, kamulah yang harus mendatanginya”, “kesuksesan bukanlah sesuatu yang ditunggu, kesuksesan adalah sesuatu yang harus kamu cari”. Jadi gampangnya gini, kesuksesan adalah suatu hal yang bisa didapatkan dengan kemauan keras dan usaha ekstra. Nah kecuali kalau bapak kamu itu bos, konglomerat, juragan kamu nggak perlu usaha biar bisa sukses, nanti juga diwarisin ke kamu. Tapi perlu kamu ketahui, kalau kesuksesan yang di dapat bapak kamu, atau bapaknya bapak kamu dan seterusnya pasti juga dimulai dari kemaun keras dan usaha yang ekstra. Lagian sensasi yang didapat dari warisan kesuksesan orang tua dengan yang dibuat diri sendiri itu bakalan beda jauh genk, nah lantas apa saja langkah dan cara yang bisa menentukan kesuksesan di usia muda ? oke daripada penasaran, langsung simak ulasan di bawah ini;

1. Niat dan Keinginan yang kuat

Niat untuk sukses
Niat untuk sukses

Lagi – lagi niat, ada apa dengan niat ? adakah rangga disana ? (korban AADC ?). Lupakan awal kalimat tadi balik ke topik utama, jadi gini genk untuk mendapat, meraih dan menggapai kesuksesan di usia muda itu harus punya niat sukses dan memiliki keinginan untuk sukses pula. Jangan cuma menghayal dan berandai – andai saja tapi mantapkan niat kamu dengan kuat, bakar ambisi kamu hingga membara dan jadikan dasar menuju kesuksesan kamu. Singkatnya gini genk, kalau kamu punya tempat tujuan tapi tidak ada niat melakukan perjalanan, kamu tidak akan pernah mencapai tempat tujuan kamu itu. Nah jadi niat dan keinginan itu memang punya peranan penting, mungkin bisa dibilang juga sebagai pedoman dasar untuk menuju kesuksesan.


2. Dreams

Jangan malu bermimpi
Jangan malu bermimpi

Yang saya maksud disini bukan wet dreams ya, itu lain ceritanya. Dreams atau mimpi juga punya peranan penting untuk mencapai kesuksesan, mungkin kamu sendiri juga telah banyak mendengar cerita orang – orang sukses yang diawali dari bermimpi, nah hal itu juga berlaku buat kamu. Jadi bermimpilah karena bermimpi itu gratis, bermimpilah karena kamu nggak butuh tiket masuk untuk bermimpi. Jangan pikirkan perkataan orang lain tentang mimpimu, karena mimpi mampu menjadi amunisi semangat kamu, jangan ragu juga untuk menuliskan mimpi – mimpimu dalam sebuah list yang panjang kalau perlu tempelkan pada dinding rumah kamu. Dengan begitu semangat dan motivasi sukses kamu akan tetap terjaga.


3. Punya tujuan

Tujuan dalam meraih kesuksesan
Tujuan dalam meraih kesuksesan

Jika kamu ingin meraih kesuksesan di masa muda kamu harus punya tujuan, tentukan dan buatlah tujuan sukses versi kamu sendiri. Paling tidak buatlah menjadi 3 tujuan, seperti tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah dan tujuan jangka panjang. Sudah banyak orang sukses di usia muda yang menerapkan langkah ini dalam perjalanan kesuksesannya, mereka membuat tujuannya sendiri lalu berusaha untuk meraih tujuan tersebut. Kamu juga melakukan hal sama, fokuslah pada tujuan yang telah kamu buat lalu kejarlah.


4. Tentukan target suksesmu

Tentukan target suksesmu
Tentukan target suksesmu

Jangan takut untuk mentargetkan kapan kamu bisa dan harus berhasil, nah lho bingung ya? Jadi mentargetkan itu misalnya kaya gini genk, “dalam dua tahun saya harus bisa beli mobil”, “dalam enam tahun saya harus bisa ajak orang tua keliling eropa”. Nah intinya jangan takut mentargetkan keberhasilan kamu, bahkan kalau bisa buat seekstrim mungkin asal jangan punya target menguasai dunia ya.


5. Strategi yang jitu

Strategi yang jitu
Strategi yang jitu

Jangan kira cuma perang sama COC aja yang membutuhkan strategy jitu, kesuksesan juga perlu genk bahkan wajib. Kesuksesan nggak akan bisa diraih tanpa adanya strategy, jadi buat dan aturlah strategi yang tepat untuk mencapai tujuan kamu. Jika kamu bingung, kamu bisa belajar dari 3 hal berikut;

  • Metode : Cara atau jalan yang akan kamu tempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan
  • Tools : Alat atu barang yang mempermudah dan dibutuhkan untuk mencapai tujuan kamu, seperti dana dan transportasi.
  • Leverage : Rasio antara dana trader sendiri dan dana pinjaman, jadi perhitungkan kemampuan kamu. Jika misalnya kurang kamu tambah, dan jika tidak lengkap kamu lengkapi. Hal ini mencakup, resort, Ide, Contact, dan exercise.

 

6. Kembangkan Competence diri

Competence
Competence

Untuk yang belum mengetahui Competence adalah kemampuan seseorang di dalam melakukan sesuatu, nah hal inilah yang harus kamu tingkatkan. Kamu bisa memulainya dari pengetahuan, sikap sukses kamu dan yang tidak kalah penting adalah skill atau keahlian yang meliputi soft skill dan hard skill;

  • Soft skill merupakan kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya dan bisa berupa keterampilan personal dan inter personal.
  • Hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.

 

7. Action

Take Action !
Take Action !

Nah jika semua langkah – langkah diatas sudah optimal, its time to Action dude!. Buang jauh – jauh semua pikiran akan kegagalan, mulailah dengan langkah yang berani karena dengan begitu kamu akan mengetahui ketidak jelasan masa depanmu. Dalam sebuah tujuan ada dua hal yang harus kamu pahami, yaitu peluang dan resiko. Jika kamu ingin mendapat peluang, jangan pernah ragu lagi untuk mengambil resiko. Dengan berani mengambil resiko kamu akan mendapat banyak pelajaran berharga tentang perjalanan sukses di usia muda dan satu hal lagi bahwa tidak ada kesuksesan tanpa resiko, jalan aja punya resiko kesandung kok. So, you never fail until you stop trying !


8. Result

Result
Result

Dan yang terakhir adalah hasil, mungkin sebagian orang akan merasa horror saat mengetahui hasil dari usahanya tidak sesuai dengan yang di harapkan. Tapi itulah yang sebaiknya jadi pembelajaran, sebuah gedung tidak akan langsung berdiri tegak dengan puluhan lantai didalamnya, semuanya membutuhkan proses, setahap demi setahap, sedikit demi sedikit dan begitu seterusnya. Jadi belajarlah menerima kenyataan dari hasil usaha kamu, mau tidak mau, suka tidak suka itulah hasil usaha kamu, karena setiap hasil yang kamu inginkan akan berbanding seimbang dengan usaha yang telah kamu lakukan. Selain itu, mengetahui hasil dari usaha yang kamu lakukan juga akan membuat kamu lebih paham akan suatu kesalahan, dan dari kesalahan itulah kemampuan kamu dalam berinovasi akan semakin baik dan berkembang.

Nah itulah langkah – langkah yang bisa kamu coba dan terapkan jika kamu ingin sukses di usia muda, jangan takut untuk jatuh berkali – kali, karena dari jatuh kita akan belajar bagaimana caranya berdiri. Memang tidak ada yang mudah, tapi tidak ada yang tidak mungkin. Terus berdoa, berusaha dan berupaya karena usaha keras buahnya akan manis, yang jelas tidak ada hal yang mustahil di dunia ini jika kita berani mencoba. Oke genk, good luck dan semoga kesuksesan menyertai usaha yang telah kamu lakukan 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!