5 Misteri Kapal Hantu Paling Melegenda Di Dunia

Kisah Kapal Hantu Paling Terkenal Didunia
Kisah Kapal Hantu Paling Terkenal Didunia

Nasionalis.id – Kehidupan manusia tak mungkin bisa lepas dari sebuah legenda yang diceritakan secara turun temurun oleh pendahulunya, bahkan banyak legenda yang lahir dan dipercaya di nusantara ini. Seperti legenda Roro Jonggrang yang hingga kini dipercaya sebagai cikal bakal terciptanya candhi Prambanan, ada juga legenda mistis penguasa laut selatan yaitu Ratu Laut Selatan atau Kanjeng Ratu Kidul yang hingga kini keberadaanya masih diyakini banyak orang terutama suku Sunda dan Jawa. Lalu apa jadinya jika kamu mendengar legenda tentang kapal hantu ? Memang tak terbantahkan lagi jika luasnya samudra di dunia tak ayal juga menyimpan begitu banyak misteri yang belum terpecahkan, kejadian – kejadian aneh bahkan berbau mistis kerap terjadi di lautan luas yang hingga kini tetap menjadi sebuah misteri. Ada peristiwa dimana seluruh awak kapal tiba-tiba tewas misterius dengan bangkai kapal yang tetap mengapung di lautan, bahkan banyak yang mempercayai kalau arwah awak kapal tersebut masih bergentayangan di lautan lepas dan meneror siapa saja yang melihatnya. Nah apa dan bagaimana legenda kapal hantu tersebut ? berikut Nasionalis.id berikan ulasanya !

Lady Lovibond

Lady Lovibond
Lady Lovibond

Lady Lovibond adalah kisah kapal hantu bertiang tiga yang terkenal di kalangan masyarakat Inggris, kisah tentang kapal ini berawal pada tanggal 12 Februari 1748. Dimana pada hari tersebut merupakan hari bersejarah bagi kapten kapal Simon Reed yang akan mengadakan pesta pernikahan diatas kapal Lady Lovibond dengan pujaan hatinya yang bernama Annette. Pada masa itu ada sebuah mitos yang beredar mengatakan kesialan akan menimpa mereka yang membawa wanita keatas kapal, seakan menjadi kenyataan sebuah bencana sedang mengintai semua awak beserta penumpang Lady Lovibond. John Rivers seorang perwira pertama dari kapal Lady Lovibond ternyata menyimpan perasaan kepada Annette, John Rivers yang kala itu terbakar api cemburu karena melihat Reed dan Annette sedang berduaan merencanakan sesuatu untuk merusak hari pernikahan sang kapten. Ia pun mengambil alih kemudi kapal dan mengarahkannya ke Goodwin Sands, sebuah daerah berbahaya dekat dengan wilayah Town of Deal yang dikenal sebagai kuburan kapal karena banyak kapal karam di daerah tersebut. Bencana pun terjadi, kapal Lady Lovibond karam dan menewaskan seluruh penumpang beserta awak kapal termasuk sang kapten dan calon istrinya. Sebuah rumor yang beredar mengatakan, bahwa Lady Lovibond akan muncul setiap 50 tahun sekali dengan cahaya hijau mengerikan yang menyelimuti seluruh bagian kapal. Teror Lady Lovibond ini pernah dialami oleh seorang kapten kapal Edenbridge pada tanggal 13 Februari 1798, dia melaporkan bahwa kapalnya hampir bertabrakan dengan sebuah kapal layar bertiang tiga. Ketika kapal misterius tersebut melintas, ia mendengar musik yang biasanya terdengar saat hari pernikahan. Pada tanggal 13 Februari 1848 dan 1849, beberapa penduduk setempat juga melihat sebuah kapal layar bertiang tiga sedang berlayar menuju kearah tepi pantai. Namun ketika kapal tersebut akan menabrak, tiba – tiba kapal itu lenyap entah kemana.


Nhorthumberland Strait

Nhorthumberland Strait
Nhorthumberland Strait

Menurut legendanya Nhorthumberland Strait dideskripsikan sebagai sebuah kapal schooner ship atau kapal sekunar berlayar putih yang diselimuti oleh api yang berkobar. Banyak rumor tentang kemunculan kapal hantu Nhorthumberland Strait ini, tapi menurut legenda yang dipercayai oleh penduduk lokal mengatakan bahwa kemunculan kapal hantu ini menandakan akan ada sebuah badai besar yang datang. Karena penampakan dari kapal hantu ini yang tengah dilalap kobaran api, banyak pelaut yang melihatnya sering berusaha untuk menyelamatkan kru dan awak kapal yang ada pada kapal tersebut. Namun begitu para pelaut dan tim penyelamat mencari sumber penampakan kapal, tiba – tiba kapal tersebut lenyap secara misterius. Banyak penampakan kapal telah dilaporkan selama lebih dari 220 tahun dan pada tahun 2008 silam kapal hantu ini muncul kembali. Seorang pemuda bernama Mathieu Giguere melaporkan jika dirinya telah melihat sebuah kapal yang memiliki ciri – ciri sama persis dengan kapal hantu Nhorthumberland Strait, dia menyatakan bahwa dirinya menyaksikan sebuah penampakan kapal berlayar putih dan seterang emas.


Caleuche

Caleuche
Caleuche

Caleuche adalah legenda kapal hantu yang sangat terkenal dari Chilota, Chile. Menurut legenda, Caleuche merupakan sebuah kapal hantu yang muncul dan berlayar setiap malam di dekat pulau Chiloe. Beberapa penduduk lokal mengatakan bahwa kapal hantu Caleuche membawa serta arwah orang-orang yang tenggelam di laut didalamnya, roh – roh tersebut dipercaya dipanggil oleh Sirena Chilota, Pincoya dan Picoy yang merupakan 3 roh air dan dipercaya memiliki wujud seperti putri duyung. Banyak saksi mata yang mengatakan bahwa kapal hantu Caleuche ini terlihat sangat indah, serta selalu diikuti dengan suara musik pesta dan suara orang – orang tertawa. Setelah muncul beberapa saat di permukaan, kapal itu kemudian tenggelam sendiri ke bawah air. Tidak ada yang tahu pasti mengenai peristiwa tersebut, tapi beberapa orang meyakini maksud tenggelamnya kapal Caleuche ini menunjukkan kejadian hancurnya kapal tersebut.


SS Ourang Medan

SS Ourang Medan
SS Ourang Medan

Sebuah kejadian misterius dialami oleh sebuah kapal kargo Belanda, yaitu SS Ourang Medan. Pada Juni 1947 dua kapal Amerika bernama SS City of Baltimore dan SS Silver Star menerima sebuah pesan SOS dari sebuah sumber yang tidak dikenal, pesan kode morse yang berisi kepanikan seluruh kru kapal tersebut berbunyi:

“Semua petugas termasuk kapten sudah mati, tergeletak di beberapa ruangan dan anjungan kapal. Mungkin seluruh kru sudah mati.”

Lalu pesan kedua diterima tak lama setelah pesan pertama berupa rangkaian kode morse yang sulit untuk dibaca, hingga pada akhirnya hanya terdengar sebuah pesan singkat mengerikan melalui radio yang berbunyi:

“Aku Mati !”

Setelah melacak sumber pesan, mereka menyimpulkan bahwa pesan – pesan misterius tersebut berasal dari kapal SS Ourang Medan. Setelah beberapa jam sebuah kapal Amerika bernama SS Silver Star tiba di tempat kejadian, beberapa kru SS Silver Star kemudian membentuk sebuah tim dan berusaha naik ke kapal SS Ourang Medan. Ketika para tim penyelamat menelusuri bagian kapal, mereka dikejutkan dengan banyaknya mayat yang tewas dengan kondisi yang sangat aneh. Di dek kargo juga ditemukan seekor anjing yang sedang berdiri pada keempat kakinya dalam keadaan membeku dengan wajah yang menggeram ke langit – langit. Tidak ada korban selamat yang ditemukan dan yang lebih misterius lagi, seluruh mayat membeku, tangan mereka terulur, mulut menganga dan ekspresi ketakutan nampak pada wajah semua mayat. Hal serupa juga terjadi pada seorang awak penulis pesan SOS di ruang komunikasi, awak tersebut mati dengan tangan yang masih menempel di tombol mesin morse, matanya terbuka lebar. Anehnya, tidak ada tanda-tanda luka atau cedera pada seluruh mayat. Dan ketika SS Ourang Medan hendak ditarik ke pelabuhan terdekat, terjadi sebuah ledakan hebat pada kapal sehingga menyebabkan kapal tersebut tenggelam ke dasar laut Pasifik. Sampai sekarang belum ada penjelasan secara rinci mengenai insiden misterius yang dialami SS Ourang Medan, tapi beberapa orang meyakini bahwa insiden tersebut adalah sebuah kutukan dari kapal hantu.


The Flying Dutchman

The Flying Dutchman
The Flying Dutchman

Mungkin bisa dibilang jika legenda kapal hantu The Flying Dutchman adalah legenda kapal hantu yang paling terkenal diseluruh dunia. Legenda The Flying Dutchman mengisahkan seorang kapten kapal Bernard Fokke dari abad ke-17 yang mengadakan pelayaran dari Holland ke Pulau Jawa dengan kecepatan yang luar biasa, rumor yang beredar mengatakan bahwa kecepatan kapal yang didapat Bernard Fokke adalah bantuan dari iblis. Namun ditengah pelayarannya Bernard Fokke beserta awak kapalnya dihadapkan dengan cuaca buruk dan badai besar, seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan untuk sementara. Namun sang kapten menolak dan justru bersumpah “Aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai utnuk mencapai kota tujuanku atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya.” seketika badai menghantam kapal dan menenggelamkan Bernard Fokke beserta awak kapalnya. Sejak saat itulah sang kapten beserta arwah orang mati dari awak kapalnya mendapatkan kutukan melayari tujuh samudra untuk selama-lamanya, membawa kematian bagi siapa saja yang melihat kapalnya serta tidak akan menemukan kedamaian hingga akhir dunia. Banyak yang telah melihat penampakan dari kapal hantu The Flying Dutchman ini, pada 1823, HMS Leven, Kapten Oweb mengisahkan dua kali melihat sebuah kapal tanpa awak terombang-ambing di tengah lautan dari kejauhan. Namun, dalam sekejap kapal tersebut menghilang. Begitu juga pada tahun 1835, dikisahkan pada tahun ini, sebuah kapal berbendera Inggris terkepung oleh badai di tengah samudra. Ketika tengah berusaha mempertahankan diri, tiba-tiba sebuah kapal muncul tiba-tiba entah dari mana datangnya akan menabrak kapal tersebut. Ketika jaraknya sudah semakin dekat, kapal asing itu lenyap seketika sebelum terjadi benturan.

Nah itulah beberapa kisah kapal hantu yang melegenda diseluruh dunia, bahkan masih diyakini keberadaannya hingga saat ini. Bagaimana dengan kamu sendiri ? apa kamu menganggap kisah kapal hantu ini sebagai mitos, legenda atau fiktif belaka ? Jangan lupa suarakan pendapatmu di kolom komentar ya genk !

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!