Inilah ! 10 Senjata Perang Paling Sadis Dari Masa Lalu

Morning Star

Nasionalis.id – Sifat serakah manusia akan suatu hal bisa menjadi pemicu terjadinya pertumpahan darah. Terbukti pada era kerajaan jaman dulu, dimana kerajaan yang dipimpin oleh raja yang haus akan kekuasaan selalu memerintahkan pasukannya untuk menaklukan wilayah lain dengan jalan peperangan. Perebutan wilayah dan kekuasaan menjadi hal biasa di masa lalu, bahkan kemenangan perang selalu disimbolkan sebagai prestasi yang membanggakan. Maka tak heran jika penguasa jaman dulu selalu membekali pasukanya dengan berbagai macam ketrampilan perang, seperti bela diri, strategi perang dan senjata – senjata mematikan. Nah senjata – senjata yang dimaksud disini, bukanlah senjata perang modern seperti senapan, meriam ataupun rudal. Melainkan senjata tradisional dengan desain dan bentuk yang terbilang sangat mengerikan, berbeda di peperangan era modern ini dimana desain – desain senjatanya dibuat untuk membunuh musuh dengan cepat dan semanusiawi mungkin. Senjata – senjata perang kuno justru berfokus untuk memberi rasa sakit yang luar biasa pada musuhnya, bahkan pada jaman dulu popularitas suatu senjata diukur dari tingkat kebrutalannya. Lalu apa dan seberapa brutal senjata – senjata tersebut ? Berikut Nasi0nalis.id akan membeberkannya menjadi 10 Senjata Perang Tersadis Dari Masa Lalu;

Knobkerrie

Knobkerrie
Knobkerrie

Senjata ini memiliki bentuk yang sama dengan tongkat komando, tapi dengan fungsi yang berbeda. Desain knobkerrie sendiri mengacu pada objek tumpul yang dipasang diujung tongkat, objek berbentuk bola tersebut biasanya terbuat dari material kayu atau logam yang keras. Senjata ini digunakan untuk menghajar bagian hidung maupun pangkal paha pada jarak dekat. Ada berbagai versi yang menceritakan kapan senjata ini mulai digunakan, namun ada sebuah bukti yang menegaskan bahwa knobkerrie pertama kali digunakan oleh kelompok – kelompok suku Afrika sebagai alat pertahanan diri.


Chakram

Chakram
Chakram

Jika kamu pernah menonton film Xena : Warrior Princess, kamu pasti tidak akan asing lagi dengan senjata andalan Xena ini. Chakram adalah senjata kuno berbentuk disk logam dengan bilah besar dan tajam, senjata yang berasal dari India ini memiliki kesamaan dengan Shuriken dan dikenal dengan sebutan gelang perang. Chakram adalah senjata lempar yang sangat mematikan, prajurit India pada masa peperangan menggunakan senjata ini untuk melawan musuh-musuh mereka. Setiap prajurit biasanya membawa sekitar 7 – 8 chakram, satu persatu senjata ini kemudian dilemparkan kearah musuh. Dengan bilah yang tajam dan besar, chakram dapat dengan mudah menyayat bahkan memotong bagian tubuh seseorang. Senjata ini juga memiliki jarak lempar yang mencengangkan, yaitu mencapai 100 meter.


Maul

Maul
Maul

Senjata ini pertama kali digunakan oleh warga Perancis sebagai alat tukang, namun seiring berjalannya waktu Maul mulai digunakan untuk bertempur bahkan menjadi salah satu senjata kuno yang sangat ditakuti. Mengambil wujud sebagai palu godam besar, Maul digunakan untuk menghajar bagian tubuh mana saja dari musuh. Namun sasaran utama dari senjata ini adalah bagian kepala, lengan dan kaki. Biasanya prajurit yang menggunakan senjata ini menyerang bagian kaki terlebih dahulu, yang kemudian diteruskan dengan satu hempasan keras ke arah kepala. Satu ayunan keras Maul kearah kepala, sudah cukup untuk menghancurkan tulang tengkorak dan menyebabkan kematian bahkan ketika musuh menggunakan pelindung kepala sekalipun.


Morning Star

Morning Star
Morning Star

Morning star memiliki bentuk seperti gada, namun lebih mengerikan. Senjata ini terbuat dari kayu atau logam padat yang ditambah dengan paku – paku tajam. Pertama kali digunakan oleh infantri dan pasukan berkuda pada abad pertengahan. Sama seperti Maul tidak ada aturan tentang target serangan, namun yang paling umum Morning Star digunakan untuk menghancurkan bagian wajah dan kepala musuh. Untuk meningkatkan daya serangnya, senjata ini telah mengalami banyak modifikasi dalam bentuk yang berbeda – beda sejak abad pertengahan. Hingga kini Morning Star dikenal sebagai senjata mengerikan yang mengkombinasikan gagang, rantai dan bola logam dengan hiasan paku – paku tajam.


Caltrop

Caltrop
Caltrop

Senjata ini bisa disebut sebagai ranjau darat yang mematikan pada perang kuno, caltrop terbuat dari material besi dengan ujung yang tajam. Senjata ini biasa digunakan sebagai senjata rahasia ketika prajurit dalam pengejaran musuh, atau sering juga di gunakan sebagai perangkap yang disebar ke tanah. Musuh yang terkena atau menginjak perangkap caltrop ini akan mengalami cidera parah pada bagian kaki, senjata ini sering digunakan para ninja – ninja Jepang untuk meloloskan diri dari kejaran musuh.


War Scyth

War Scyth
War Scyth

War Scyth merupakan senjata tajam yang berbentuk sabit, berawal dari sebuah alat pertanian yang kemudian dikembangkan sebagai senjata pembunuh yang menakutkan. Bentuk aerodinamis serta bilah yang tajam membuat War Scyth sangat mudah untuk menyayat dan menusuk setiap bagian tubuh musuh. Senjata ini mulai dikenal saat Perang Tani Jerman pada tahun 1524-1525, dan pertama kali digunakan oleh para petani sebagai senjata pemberontakan melawan sistem tirany yang kala itu berkuasa. Bahkan sebuah cerita mengatakan, bahwa bilah War Scyth ini sangat tajam, dikabarkan senjata yang berbentuk sabit ini mampu memotong helm logam dengan sangat mudah.


Bardiche

Bardiche
Bardiche

Satu lagi senjata tajam yang sangat ditakuti pada masa perang kuno, yaitu Bardiche. Sebuah senjata tajam yang lahir dari kombinasi kapak dan tombak, terbuat dari tiang panjang dengan kapak lebar yang terpasang di sepanjang sisi serta ujung porosnya. Senjata yang berasal dari Eropa Timur ini sangat mematikan, karena memiliki jangkauan yang panjang serta dilengkapi dengan pisau besar yang berukuran 60 sentimeter. Prajurit yang menggunakan senjata ini biasanya memegangnya dengan dua tangan, kemudian diayunkan secara horizontal atau vertikal kearah musuh. Satu tebasan terarah saja ke bagian perut akan mengakibatkan tubuh terbelah menjadi dua bagian.


Katar

Katar
Katar

Katar merupakan senjata tertua dan memiliki karakteristik paling unik yang pernah dibuat oleh bangsa India. Katar juga disebut Suwaiya atau pisau Bundi adalah sebuah pedang pendek yang diciptakan untuk mendominasi pertarungan jarak dekat. Senjata yang berasal dari Kattari ini memiliki desain unik sekaligus berbahaya, digunakan dengan cara digenggam searah dengan lengan (horisontal), sehingga memungkinkan untuk melakukan serangan cepat dan mematikan. Untuk sekilas katar hanya terlihat memiliki pisau tunggal, namun apabila pemicu yang terdapat pada genggaman diaktifkan senjata ini akan terbagi menjadi 3 bagian, satu pisau ditengah dan dua pisau lagi disetiap sisinya. Senjata ini sangat efektif untuk menyerang dan bertahan, bahkan katar juga didesain untuk menembus dan membelah baju pelindung (armor) yang tebal.


Dragon Beard Hook

Dragon Beard Hook
Dragon Beard Hook

Senjata yang berasal dari Dinasti Song ini digunakan para prajurit China untuk menjerat dan melumpuhkan musuhnya. Mempunyai bentuk seperti djangkar tapi dengan ukuran lebih kecil, Dragon beard hook terbuat dari logam yang dilengkapi dengan kait tajam berjumlah 2 – 3 bagian dan dihubungkan ke tangan menggunakan seutas tali atau rantai. Senjata ini digunakan dengan cara dilemparkan ke arah musuh, sampai kail yang terdapat pada senjata ini menancap dan mengunci bagian tubuh musuh, baru kemudian ditarik dan dibunuh. Tajamnya kail yang tertancap pada bagian tubuh serta tarikan keras dari pengguna senjata ini bisa menyebabkan tubuh korbannya robek dan terkoyak parah, bahkan sebagian besar korbannya mati sebelum ditarik untuk dibunuh.


Mancatchers

Mancatchers
Mancatchers

Dan yang terakhir adalah Mancatchers, senjata ini digunakan di Eropa sampai akhir abad ke-18. Sepertihalnya namanya, senjata ini digunakan untuk menarik musuh – musuhnya kemudian menyeret mereka ketempat dimana mereka bisa dibunuh. Terbuat dari tiang besi yang dilengkapi dengan dua cabang, setiap cabang pada umumnya berbentuk lingkaran denga dua pintu pegas disetiap sisi pada bagian depan. Hal ini yang menciptakan sebuah perangkap yang mengunci secara otomatis ketika leher manusia sudah masuk ke dalam cicin mancatchers.

Itulah senjata tersadis dari masa lalu yang telah menjadi mimpi buruk bagi setiap prajurit di jaman perang kuno. Jauh dari kesan manusiawi, prajurit atau korban yang menghadapi senjata – senjata ini sering kali berakhir dengan kematian tragis. Nah bagaimana menurut kamu ? dari 10 senjata masa lalu diatas mana yang menurut kamu paling brutal ?

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!