Inilah ! 6 Game Sukses Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Game Terkenal Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

Nasionalis.id – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melepas penat karena seharian bekerja dan beraktifitas, seperti refresing ketempat wisata yang keren, hangout bareng temen atau main game. Nah buat kamu yang lebih memilih melepaskan penat di rumah, main game mungkin bisa menjadi pilihan yang sempurna. Karena selain bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres kamu, ternyata bermain game juga punya manfaat positif terhadap kinerja otak kamu. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti di University of Rochester di New York, Amerika menjelaskan bahwa orang yang bermain game akan memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, selain itu orang yang sering bermain juga lebih menguasai kinerja multitasking yang lebih baik dibanding mereka yang jarang bahkan tidak pernah bermain game sama sekali. Nah, itu hanya salah satu manfaat dari sekian banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bermain game. Kalau kamu sering bercengkrama dengan game, pasti kamu tahu kalau game punya banyak jenis dan versi, seperti FPS, TPS, Strategy, Racing, Action Adventure, Hack and slash dan masih banyak lagi. Namun tahukah kamu, jika ternyata ada beberapa game ternama yang tokoh, alur serta jalan ceritanya diangkat dari kisah nyata, hanya saja ada bagian game yang mungkin mengalami perubahan, seperti nama tokoh. Selain booming di kalangan gamers, alur cerita dari game – game yang diangkat dari kisah nyata tersebut juga sangat menarik untuk diikuti. Nah apa dan bagaimana game – game yang diangkat dari kisah nyata tersebut, berikut Nasionalis.id rangkum menjadi 6 Game Sukses Yang Diangkat Dari Kisah Nyata;

Stronghold Crusader

Game yang mengisahkan perang salib
Game yang mengisahkan perang salib

Yang pertama adalah Stronghold Crusader, buat kamu yang suka bermain game platform PC berbasis real-time strategy mungkin game yang satu ini ngga bakalan asing lagi ditelinga kamu. Game stronghold crusader ini menceritakan peristiwa bersejarah masa lalu tentang sebuah perang akbar antara kafir penjajah ‘tentara salib’ atau Crusader dengan pasukan Islam. Dalam pandangan sejarah sendiri, perang besar antara kafir dan muslim ini lebih dikenal dengan sebutan perang salib. Perang ini juga dikenal sebagai pertempuran terbesar dan berlangsung sangat lama dalam sejarah peperangan dunia. Kalau kamu penasaran dengan sejarah perang salib, kamu bisa search di google, disana kamu akan menemukan banyak artikel yang menceritakan sejarah perang ini, yang memiliki alur cerita sangat mirip dengan story line yang ada pada game Stronghold crusader, bahkan nama – nama tokohnya hampir serupa. Game besutan Firefly Studios ini mengkombinasikan elemen strategy dengan simulasi istana abad pertengahan yang sangat epic, kalau kamu pecinta game strategy dan belum memainkannya, kamu wajib mencoba game yang satu ini.

Dynasty Warrior

Game Zaman Tiga Kerajaan
Game Zaman Tiga Kerajaan

Yang sering main game console pasti udah ngga asing lagi sama game yang satu ini, Dynasty Warrior adalah sebuah game bertemakan peperangan yang mengusung genre Hack and slash. Dalam game ini kamu akan berperan sebagai pejuang dinasti yang melawan ribuan musuh di medan perang, tapi tahukah kamu kalau game besutan Koei Tecmo ini ternyata diangkat dari kisah nyata ? Yaps, Dynasty Warrior merupakan game yang diangkat dari kisah nyata pada jaman peperangan dinasti Han. Diangkat dari sejarah China pada masa Zaman Tiga Negara atau juga dikenal dengan nama Samkok, sebuah zaman di penghujung Dinasti Han dimana Cina terpecah menjadi tiga negara yang saling bermusuhan, yaitu Shu, Whu dan Wei. Zaman Tiga Negara ini mengisahkan perjuangan dua raja yaitu Liu Bei (negeri Shu) dan Sun Quan (negeri Wu) dalam menggapai kedamaian dari rezim sang kaisar keji Cao-Cao (negeri Wei).Kisah Zaman Tiga Negara ini menjadi salah satu legenda yang terkenal di China, bahkan banyak tokoh dan jendral – jendral besar lahir dalam masa peperangan Tiga Negara tersebut, seperti Lu Bu, Guan Yu, Ma Chao, Zhao Yun dan masih banyak lagi.

Assassin Creed

Game Assassin Creed
Game Assassin Creed

Siapa yang tidak kenal dengan game buatan Ubisoft ini, game yang sangat mendunia yang juga dikenal denga aksi parkour yang selalu digunakan para karakter game ini untuk melawati rintangan dan menuntaskan setiap misinya. Tapi siapa sangka kalau game yang berjudul Assassin Creed ini ternyata diangkat dari kisah nyata, game yang diangkat dari kisah perjuangan para perkumpulan Assassin pada zaman raja Salahadin dan Richard ini mengambil setingan waktu pada saat perang salib berlangsung. Bertempat di kota suci Damaskus, mengisahkan tindakan pembunuhan yang dilakukan oleh klan Hanssasin, sebuah kelompok pembunuh bayaran yang melakukan pembunuhan terhadap tokoh-tokoh politik pada abad ke-11 sampai abad ke-13. Meskipun karakter Altair yang merupakan tokoh utama dari game Assassin Creed ini adalah fiktif, namun beberapa tokoh politik dari kubu templar memang asli dan nyata bahkan tokoh – tokoh tersebut juga meninggal akibat pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok Assassin.

Call Of Duty (Black Ops)

Call Of Duty (Black Ops)
Call Of Duty (Black Ops)

Call Of Duty merupakan game yang mengambil latar belakang peperangan yang menempatkan pemain sebagai salah satu prajurit yang diturunkan ke medan perang untuk menjalankan sebuah misi, Call Of Duty sendiri memiliki banyak seri tapi dari semua seri Call Of Duty, hanya Black Ops yang ceritanya diangkat dari kisah nyata. Mengisahkan sebuah perang dingin yang terjadi pada tahun 1960-an, dimana banyak prajurit Amerika yang diturunkan untuk melakukan operasi militer di sejumlah negara, seperti Vietnam & Hongkong. Game Call Of Duty series Black Ops ini sukses menggambarkan kondisi mengerikan di medan perang, duel brutal berdarah – darah antar prajurit serta aksi baku tembak di wilayah urban maupun pedesaaan adalah hal yang di tonjolkan dalam series Black Ops ini, jadi tidak heran kalau pihak Treyarch memberikan rate M pada game-nya, yang berarti untuk usia 17 tahun ke atas dan sangat tidak dianjurkan untuk dimainkan anak dibawah umur.

Medal Of Honor : Operation Anaconda

Medal Of Honor : Operation Anaconda
Medal Of Honor : Operation Anaconda

Satu lagi game bertemakan peperangan yang menjadi cikal bakal terciptanya Call Of Duty, yaps Medal Of Honor adalah game perang yang lebih dulu dikenal oleh para pecinta game war dunia ketimbang Call Of Duty. Oke saya tidak akan membahas lebih lanjut tentang siapa yang lebih dulu lahir, tapi saya akan membahas salah satu series Medal Of Honor diangkat dari kisah nyata. Yaitu Medal Of Honor : Operation Anaconda, mengisahkan satuan pasukan khusus Tier1 yang diterjunkan di sebuah perang modern di Afghanistan, untuk melakukan sebuah misi sulit yang bernama Operation Anaconda. Dimana para US Special Forces ini ditugaskan untuk menangkap gembong terorist Osama bin Laden, di Tora Bora, Afganistan. Ada yang unik dari operasi rahasia yang dilakukan Tier1 ini, karena setiap prajurit yang tergabung dalam Operation Anaconda diwajibkan untuk memanjangkan jenggot mereka, ini bertujuan agar mereka bisa berbaur dengan orang-orang sekitar. Bahkan pembuatan game series Operation Anaconda ini dibuat sangat total, karena melibatkan beberapa anggota dari Tier 1 yang kala itu juga ikut dalam Operation Anaconda.

Fatal Frame

Game Horror Fatal Frame
Game Horror Fatal Frame

Dan yang terakhir ada Fatal Frame, nah buat kamu yang dulu doyan main game console bertemakan horror pasti sudah tidak asing lagi sama salah satu game besutan Koei Tecmo ini. Fatal Frame sendiri merupakan game survival horror, yang menugaskan pemainya untuk menangkap sebuah penampakan dan perlawanan terhadap hantu-hantu dirumah yang sudah tak berpenghuni menggunakan kamera tua yang telah disediakan pada game ini. Tapi tahukah kamu jika ternyata Himuro Mansion tempat setting game Fatar Frame dengan segala misteri dan hantu – hantunya itu memang nyata adanya. Yaitu Himikyru Mansion sebuah tempat yang tidak diketahui secara luas di masyarakat Jepang karena terletak di daerah be-batuan di perbatasan kota Tokyo yang telah menginspirasi pembuatan game Fatal Frame. Di dalam rumah/mansion ini dikatakan pernah terjadi sebuah kejadian mengerikan dimana pernah terjadi sebuah pembunuhan besar-besaran pada sejarah Jepang modern di tempat tersebut. Bahkan ada sebuah urban legend yang mengatakan bahwa keluarga Himuro melakukan sebuah ritual “memelintir” atau yang disebut dengan “The Strangling Ritual” untuk menyegel karma buruk dari dalam bumi, sebagian masyarakat Jepang juga pernah mengatakan bahwa karma buruk akan timbul setiap bulan Desember ( ada juga yang bilang akhir tahun ) dari portal bawah tanah di Himikyru Mansion.

Itulah beberapa game yang kisah dan ceritanya diangkat berdasarkan kisah nyata. Selain seru dan menghibur, game – game yang diangkat dari kisah nyata tersebut juga sangat menarik untuk diikuti jalan ceritanya. Nah kalau kamu tertarik dan penasaran dengan game – game di atas, kamu bisa mencobanya sendiri. Dan buat kamu yang mengetahui game yang based on true story tapi belum sempat terangkum di atas, bisa langsung di tuliskan di kolom komentar.

Baca Juga : 10 Game Android Terbaik Ini Wajib Ada di Hanphone Kamu ! Kalau Kamu Emang Gamer Sejati

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!