8 Film Barat yang Menjadikan Indonesia Sebagai Lokasi Syutingnya

Indonesia Memang Memiliki Daya Tarik Tersendiri Sebagai Lokasi Pembuatan FIlm
Indonesia Memang Memiliki Daya Tarik Tersendiri Sebagai Lokasi Pembuatan FIlm

Nasionalis.ID – Tak sedikit manusia yang ada di bumi ini mengatakan bahwa “Indonesia itu indah”, memang hal tersebut benar adanya. Berada di bawah bentangan garis khatulistiwa, membuat Indonesia beriklim tropis dan juga dipenuhi dengan tempat-tempat yang menakjubkan tentunya. Tanah budaya-budaya unik, pantai-pantai serta pegunungan-pegunungannya yang memanjakan mata, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing. Seperti Raja Ampat dan juga Bali yang selalu ramai di kunjungi wisatan asing, untuk membuktikan keindahan alam Indonesia yang ada di sana. Keindahan alam Indonesia tersebut ternyata tak hanya menarik minat bagi wisatawan asing, tetapi juga bagi para produser-produser film luar negeri yang menjadikan Indonesia sebagai lokasi syuting film mereka. Nah, berikut adalah film-film barat yang menggunakan tempat di Indonesia sebagai salah setting di film yang mereka buat.

Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid (2004)

Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid
Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid

Film Anacondas: The Hunt for the Blood Orchid di sutradarai oleh Dwight H. Little, sebuah film yang populer pada tahun 2004, dimana Pulau Kalimantan, Indonesia menjadi salah satu lokasi syutingnya. Ceritanya ada sekolompok peneliti dari Amerika Serikat yang sedang mencari tanaman langka bernama Blood Orchid. Tanaman tersebut dipercaya dapat memberikan umur panjang dan bahkan bisa menyembuhkan penyakit kanker, setelah mencari-cari informasi ternyata tanaman Blood Orchid ini hanya tumbuh di hutan Borneo, Kalimantan. Namun, petualangan mereka untuk mendapatkan tanaman langka tersebut tidaklah mudah, mereka harus berhadapan dengan cuaca yang berubah-ubah, kondisi sungai yang tak menentu dan yang paling berbahaya adalah gangguan dari sosok ular raksasa yaitu Anaconda yang hidup di sungai yang mereka lintasi.

The Fall (2006)

The Fall
The Fall

Film ini di sutradarai oleh Tarsem Singh, dan dibintangi Catinca Untaru (as Alexandria), Justine Waddell (as Nurse Evelyn), Lee Pace (as Roy Walker), Kim Uylenbroek (as Doctor/Alexander the Great). Film yang mengambil salah satu settingnya di Ubud, Bali ini menceritakan tentang seorang anak bernama Alexandria yang dirawat di rumah sakit akibat patah tulang saat sedang memetik buah. Sampai suatu hari ia berjumpa dengan seorang Stuntman bernama Roy Walker yang juga sedang dirumah sakit tersebut, kemudian Roy menceritakan sebuah kisah epik tentang cinta dan balas dendam kepada Alexandria. Kisah tersebut menceritakan 5 karakter antara lain Otto Benga, The Indian, Luigi, Charles Darwin, Black Bandit yang sama-sama memiliki dendam terhadap penguasa jahat yaitu Gubernur Odious.

Eat Pray Love (2010)

Eat, Pray, Love
Eat, Pray, Love

Sebuah film drama yang di produksi oleh Paramount Picture ini, di sutradarai oleh Ryan Murphy dan diadaptasi novel yang berjudul Eat Pray Love: One Woman’s Search for Everything Across Italy, India and Indonesia karya Elizabeth Gilbert. Bercerita tentang pengalaman pribadi dari si penulis novel, dimana ia sedang mengalami frustasi karena kegagalam dalam rumah tangga dengan Steven (diperankan Billy Crudup). Setelah berhari-hari meratapi kesedihannya tersebut, Elizabeth Gilbert (diperankan Julia Roberts) telah memutuskan untuk pergi keluar negeri. Akhirnya Elizabeth menemukan keindahan dan kedamaian, mulai dari kuliner di Italia, beribadah di India, sebelum akhirnya menemukan cinta sejatinya di Pulau Bali, Indonesia.

Savages (2012)

Savages
Savages

Film garapan sutradara Oliver Stone ini rilis pada tanggal 6 Juli 2012, dengan melibatkan artis-artis ternama seperti Blake Lively (as Olivia), Taylor Kitsch (as Chon), Aaron Taylor-Johnson (as Ben) dan juga John Travolta (as Dennis). Menceritakan tentang seorang Mantan Marinir Navy SEAL yaitu Chon yang menyelundupkan biji Marijuana, kemudian ditanam oleh temannya yang bernama Ben, dia adalah lulusan bidang bisnis dan botani dari Universitas of California, Berkeley. Mereka berdua mengembangkan ladang ganja tersebut dan kemudian menjualnya, dari hasil tersebut mereka menjadi sangat kaya raya. Namun mereka mendapatkan sebuah masalah besar, yang membuatnya harus melarikan diri ke Indonesia tepatnya di Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat selama 1 tahun. Nah di pulau tersebut lah pengambilan salah satu seting dari film Savages ini.

Java Heat (2013)

Java Heat
Java Heat

Film laga yang disutradarai oleh Conor Allyn ini, mengambil setting di Candi Borobudur dan sejumlah tempat lain di Yogyakarta. Dengan membawa aktor Hollywood Kellan Lutz (as Jake Wilde), Mickey Rourke (as Malik) serta sejumlah aktor ternama dari Indonesia, seperti Ario Bayu, Tio Pakusadewo, Rio Dewanto dan lainnya. Film ini bercerita tentang aksi pengeboman yang menewaskan putri Sultan Jogja yaitu Sultana (Atiqah Hasiholan), disana juga ada Jake yang menjadi korban selamat sekaligus saksi kunci dalam aksi teror tersebut. Kemudian Jake di bawa ke kantor polisi untuk dimintai keterangan oleh Hashim (Aryo Bayu) seorang detektif dari kesatuan Densus 88. Setelah di Interview, Jake dan Hashim melakukan penyelidikan di tempat kejadian, namun mereka mendapat serangan dari teroris yang di komndoi oleh Malik. Jake berhasil membunuh 2 teroris, namun malik berhasil lolos, dari kejadian tersebut Hashim menjadi curiga kepada siapa sebenarnya Jake, sesaat kemudian Jake mengaku bahwa dia adalah seorang agen FBI dan meminta Hashim untuk bekerja sama dengannya.

After the Dark a.k.a The Philosophers (2013)

The PhilosoThe Philosophersphers
The Philosophers

Film yang melibatkan artis cantik Cinta Laura ini, ditulis dan disutradarai oleh John Huddles. Bercerita tentang murid-murid dari sekolah international di Jakarta yang terdiri dari 20 murid sedang mendapatkan ujian ekstrim dari Guru Filosofi mereka yaitu Mr. Zimit (James D’Arcy). Ujian tersebut adalah menyelamatkan kelangsungan ras manusia dari ancaman bahaya nuklir di masa mendatang. Mr. Zimit Sudah menyiapkan sebuah bunker bawah tanah yang dapat menyelamatkan mereka dari radiasi nuklir yang mematikan, namun bunker tersebut hanya memiliki persedian yang cukup untuk 10 orang selama 1 tahun. Nah dari situlah logika dan filosofi saling beradu, mau tidak mau mereka harus menyeleksi teman-teman mereka yang berguna di masa mendatang. Film yang juga melibatkan aktor dan aktris Hollywood seperti  Sophie Lowe (as Petra), Rhys Wakefield (as James), Bonnie Wright (ad Georgina) ini, mengambil setting sepenuhnya di Indonesia, yaitu Candi Prambanan, Yogyakarta, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, Pantai Tanjung Kelayang dan Pulau Lengkuas, Belitung.

Dead Mine (2013)

Dead Mine
Dead Mine

Dead Mine adalah sebuah film yang bergenre Action Horror, film ini disutradarai oleh Steven Sheil dengan membawa aktor-aktor papan atas, seperti Sam Hazeldine (as Stanley), Les Loveday (as Warren Price), Ario Bayu (as Captain Tino Prawa) dan juga Joe Taslim (as Djoko). Selain itu, Dead Mine juga menggunakan Pulau Batam, Indonesia sebagai lokasi syutingnya. Film ini bercerita tentang seorang anak milyuner yang bernama Warren Price, ia bersama pacarnya Su-Ling (diperankan Carmen Soo) dan seorang ilmuwan Jepang bernama Rie (diperankan Miki Mizuno), mencari harta karun peninggalan Yamasitha dalam sebuah bunker militer Tentara Jepang. Mereka dikawal oleh Tim Lima, tentara bayaran yang terdiri dari  Kapten Tino Prawa, Djoko, Ario (diperankan Mike Lewis), dan Sersan Papa Ular (diperankan Jaitov Tigor) untuk melindungi Warren Price menuju bunker yang berada di Pulau Una-Una, Teluk Tomini, Sulawesi. Namun, misi mencari harta karun tersebut tidaklah mudah, sebelum sampai di bunker aja, mereka sudah dihadang oleh kawanan perompak (bajak laut) yang memaksa mereka untuk mundur.

Blackhat (2015)

Blackhat
Blackhat

Film bertema hacker ini melibatkan aktor dan artis berkelas seperti Chris Hemsworth (as Nick Hathaway), Leehom Wang (as Chen Dawai) dan Wei Tang (as Chen Lien), yang disutradarai oleh Michael Mann. Film ini bercerita tentang seorang narapidana ahli IT (hacker) asal Amerika Serikat Nick Hathaway yang dimintai bantuan oleh temannya seorang agen China yang bernama Chen Dawai, mereka berdua memburu hacker misterius yang menyebabkan krisis reaktor nuklir di China. Dibantu oleh Chen Lien (adik Chen Dawai) mereka bertiga melakukan perburuan tak hanya dari balik komputer saja, tapi juga pergi ke berbagai negara untuk menangkapnya. Hingga akhirnya hacker berbahaya tersebut berhasil ditangkap ketika berada di Jakarta, Indonesia, yang sebelumnya beradu tembak di Monas.

Menurut kamu gimana? Bangga dengan Indonesia? Ataukah biasa aja? Jangan lupa tinggalkan pendapat kamu di komentar. Oh iya, kalau kamu juga tau film-film barat yang syuting di Indonesia lainnya, beritahu saya lewat kolom komentar juga ya. Matur Suwun 🙂

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!