6 Film Inspiratif yang Bisa Merubah Pemahaman dan Pandangan Kita Terhadap Sesuatu

Film-film ini Mungkin Bisa Menginspirasi Kamu
Film-film ini Mungkin Bisa Menginspirasi Kamu

Nasionalis.ID – Kita kembali lagi ngebahas soal dunia perfilman nih pren, yang selama ini kita kenal sebagai salah satu media hiburan yang menarik. Dari sekian banyak film yang telah beredar, tak sedikit pula yang memberi kesan tersendiri bagi para penontonnya, karena memang dalam sebuah film pastilah mengandung hal yang patut diperbincangkan, entah itu kontroversi, inspirasi, motivasi, atau hal-hal lain yang mengesankan kita. Sebuah film di tuntut untuk bisa mempengaruhi perasaan penontonnya, dimana penonton bisa tertawa, bersedih, kagum, dan perasaan lain yang bisa diekspresikan. Melalui hal tersebut pula si pembuat film menyalurkan pesan-pesan moral, yang tentu saja bisa kita pelajari dan juga terapkan. Dari pesan-pesan moral yang tersirat dalam sebuah film, kita bisa mengerti hal baru bahkan bisa mengubah pemahaman terhadap suatu hal yang sudah kita pahami sebelumnya. Nah, di sini saya akan berikan beberapa judul film yang mungkin bisa menginspirasi ataupun mengubah pemahamanmu terhadap suatu hal.

1. 2001: A Space Odyssey (1968)

Genre Film: Mystery, Sci-Fi
Genre Film: Mystery, Sci-Fi

Film keren ini digarap oleh sutradara keren juga yaitu Stanley Kubrick, yang pertama kali rilis di UK pada tanggal 15 Mei 1968. Dalam film ini mengisahkan tentang awal mula terjadinya peradaban manusia hingga kehidupan manusia diluar bumi, keseluruhan film tersebut dibagi menjadi 4 section. Yang pertama adalah The Dawn of Man, di bagian diceritakan adanya sekumpulan monyet yang berkumpul ditengah padang pasir, monyet-monyet ini mungkin saja versi awal dari perdaban manusia. Lalu meloncat kebagian dua yang disebut TMA-1, menceritakan seorang astronot bernama Dr. Heywood R. Floyd (William Sylvester) yang melakukan perjalanan kebulan. Bagian tiga bernama Jupiter Mission, perjalanan ke planet Jupiter dengan pesawat luar angkasa “Discovery One”, yang di kemudiakan oleh David Bowman (Keir Dullea) Frank Poole (Gary Lockwood) beserta 3 teman lainnya, kejadian ini diceritakan 18 bulan setelah TMA-1. Bagian terakhir adalah Jupiter and Beyond the Infinite, awal bagian ini menceritakan Bowman dengan pesawat kecilnya (EVA Pod) memasuki semacam “lorong penuh warna”, membawanya pada suatu pengalaman psikedelia dengan kecepatan tinggi. Dalam film 142 menit ini banyak sekali inspirasi yang bisa diperoleh, dan mungkin juga film ini yang menginspirasi NASA untuk menerbangkan Neil Amstrong ke bulan pertama kali. Film ini perlu pemahaman khusus pren, jadi harus kamu cermati betul”, karena kalau tidak mungkin kamu bakal ngrasa bosen sama film ini.

Trailer:

2. The Thin Blue Line (1988)

Genre Film: Documentary, Crime, Drama
Genre Film: Documentary, Crime, Drama

Film karya Errol Morris ini dirilis pada tanggal 25 Agustus 1988 di USA, film dokumnter yang berhasil memenangkan beberapa penghargaan dan berhasil menginspirasi banyak orang. Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Randall Dale Adams (Himself) yang salah mendapat hukuman mati, karena dituduh telah membunuh Robert Wood, seorang anggota kepolisian Dallas. Errol membahas semua detail-detail kesalahan yang sebenarnya terjadi melalui film ini, sehingga membuat keadilan menjadi kabur. Errol juga menggambarkan bahwa kesaksian dari saksi mata tidak bisa dipeerhitungkan dan juga sejumlah saksi yang ada dalam persidangan tersebut telah melakukan sumpah palsu. Film ini juga berhasil membuat Adams diberi kesempatan untuk melakukan persidangan ulang, hingga akhirnya dibebaskan dari tuduhan pembunuhan. Film Inspiratif ini telah berhasil membebaskan Adams dari tuduhan dan juga banyak mempengaruhi film dan serial TV saat ini, untuk lebih melakukan detail investigasi dalam kasus kejahatan.

Trailer:

3. Fight Club (1999)

Genre Film: Drama
Genre Film: Drama

Fight Club adalah sebuah film yang di adaptasi dari novel yang juga bernama Fight Club karya Chuck Palahniuk. Dengan mengadaptasi sebuah novel David Fincher sebagai sutradarai berhasil membuat film ini menjadi film yang populer sepanjang masa saya kira. Film ini mengisahkan seorang pria tak bernama (The Narrator yang diperankan oleh Edward Norton) yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan mobil, pria tersebut menidap insomnia akut. Kehidupan Narrator mulai berubah ketika ia bertemu dengan Tyler Durden (Brad Pitt), yang digambarkan sebagai sosok yang agresif, kritis, bebas dan liar, hingga kemudian mereka berdua mendirikan sebuah klub bertarung underground “Fight Club”. Film ini sangat menginspirasi pren, banyak hal-hal yang bisa kita pelajari dari film ini, saya rekomndasikan film ini buat dimasukin dalam daftar film kamu pren.

Trailer:

4. Donnie Darko (2001)

Genre Film: Drama, Sci-Fi, Thriller
Genre Film: Drama, Sci-Fi, Thriller

Film garapan sutradara Richard Kelly ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Donnie Darko (Jake Gyllenhaal) yang merasa kesepian dan kondisi psikologisnya terbilang rapuh. Pikiran-pikirannya sering terganggu bahkan ia sering berimajinasi, dalam imajinasinya tersebut ia bertemu sosok kelinci yang sebesar manusia. Kelinci itu mengaku bernama Frank (James Duval), dalam sebuah percakapan Frank mengatakan pada Donnie, kalau ia datang dari masa depan dan Kelinci itu juga memberitahu kalau 28 hari 6 jam 42 menit lagi akan terjadi kiamat. Awalnya Donnie tidak percaya akan hal tersebut, namun seiring berjalannya waktu Donnie mulai percaya, apalagi ketika sebuah mesin jet yang secara aneh jatuh dikamarnya. Mulai saat itulah Donnie mempercayai keberadaan serta kata-kata dari Frank, yang membuatnya menjadi bertingkah aneh. Film ini memang dibuat dengan sangat cerdas bahkan bisa membuat penontonnya kebingunan.

Trailer:

5. Her (2013)

Genre Film: Drama, Romance, Sci-Fi
Genre Film: Drama, Romance, Sci-Fi

Kisah inspiratif dan menarik juga terdapat pada film berjudul Her ini. Dimana Spike Jonze sebagai penulis dan juga sutradaranya berhasil mempesona para kritikus film, alhasil film ini memenangkan penghargaan untuk Best Original Screenplay pada Academy Awards. Diceritakan seorang pria bernama Theodore Twombly (Joaquin Phoenix) yang memiliki sifat pendiam, penyendiri dan juga tidak suka hingar bingar, sedang merasa sakit hati serta kesepian karena harus menandatangani surat perceraian dengan istrinya. Untuk mengurangi kesedihannya, Theodore selalu bergelut dengan teknologi terutama komputer, sampai suatu ketika ia menemukan sebuah OS (operating system) yang bisa dijadikan teman curhat. OS tersebut bernama “Samantha” (pengisi suara: Scarlett Johansson), awalnya Theodore hanya berteman sebelum akhirnya ia mulai jatuh cinta kepada wanita OS tersebut. Theodore mengatakan bahwa kedekatan dengan teknologi mendorong kita kedalam ruang isolasi, kesepian, dan juga menjauh dari sosialisasi.

Trailer:

6. Detachment (2011)

Genre Film: Drama
Genre Film: Drama

Film yang disutradarai Tony Kaye ini telah dirilis pada tahun 2011 lalu, bercerita tentang seorang guru SMA bernama Henry Barthes (Adrien Brody), ia digambarkan sebagai seorang introvert yang sedang mengalami banyak problematika kehidupan. Sebagai guru pengganti Henry mendapat murid yang kurang baik, seperti sekumpulan murid bengal yang dikumpulkan dari seluruh penjuru Amerika, namun Henry tidaklah kaget melihat tingkah bengal anak sekolah jaman sekarang. Ketika sedang menjadi pengajar Henry kembali dihadapkan kepada masalah yaitu wanita PSK yang ia selamatkan, kakeknya yang sudah sekarat serta murid-muridnya yang mulai krisis jati diri. Film ini juga termasuk film inspiratif pilihan saya, banyak yang bisa kitapelajari dari sosok guru sastra inggris tersebut. Kegagalan sistem pendidikan, sistem sosial serta keluh kesah seorang guru terpampang disini.

Trailer:

Nah, itulah pren 6 film inspiratif versi Nasionalis.ID, film tidak hanya sebagai media hiburan tapi juga bisa sebagai media pembelajaran, tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. Kalau kamu gimana pren? Udah ada yang ditonton? Mungkin masih banyak lagi film-film yang bisa menginspirasi kita, dan mungkin aja diantara kamu ada yang tau film inspiratif yang lain. So, silahkan di share lewat kolom komentar di bawah ya. Makasih 😀

Baca Juga: 7 Film Petualangan Terbaik yang Diangkat dari Kisah Nyata

 

 

 

About Arif Febri 81 Articles
Saya seperti yang Anda bayangkan

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!