Inilah Alasan Kenapa Makan Coklat Sangat Bermanfaat dan Menyehatkan

Manfaat tersembunyi dari coklat

Nasionalis.id – Sepertinya bohong kalau kita tidak mengenal apa itu coklat. Yups, olahan dari biji kakao ini sudah malang melintang di seluruh dunia bahkan saya yakin hampir seluruh orang didunia ini pernah mencicipi coklat, entah itu berupa coklat batangan, minuman maupun permen coklat. Makanan yang sangat erat hubunganya dengan hari valentine ini pertama kali ditemukan di Amazon utara sampai ke Amerika tengah dan terus menyebar keseluruh pelosok dunia hingga sekarang, ketenaran coklat ini tidak jauh dari rasanya yang nikmat serta tekstur yang lembut dan akan lumer secara perlahan saat dikulum dalam mulut bahkan banyak yang mengatakan kalau memakan coklat bisa menimbulkan kesan sensual, tidak heran jika banyak olahan coklat yang berkualitas dihargai dengan mahal. Begitu mendunia-nya olahan makanan coklat ini tidak hanya dikarenakan rasanya yang khas dan nikmat tapi juga karena banyak manfaat tersembunyi didalam si coklat ini, bahkan ada sebuah penelitian yang baru-baru ini menyebutkan cokelat bisa membuat otak lansia tetap aktif. Nah penasaran apa saja manfaat si maskot valentine ini ? simak ulasan dibawah ini !

Mengurangi stress

Makan coklat untuk kurangi stres !
Makan coklat untuk kurangi stres !

Yang pertama adalah manfaat coklat bagi sektor emosional kamu, yups sebuah study baru yang dilakukan menunjukkan bahwa cokelat ternyata mampu untuk meredakan stress yang kamu alamai. Di dalam pengujian tersebut menemukan bahwa mengkonsumsi sekitar satu setengah ons coklat hitam dalam sehari selama dua minggu dapat  mengurangi tingkat hormon stres seperti kortisol dan katekolamin. Itu semua didukung denagn hasil dari study yang dipublikasikan secara online di Amerika Chemical Society Journal of Proteome Research, di dalam artikel tersebut menampilkan hasil diskusi para peneliti yang menunjukan bukti ilmiah bahwa antioksidan dan zat-zat bermanfaat lainnya yang terkandung dalam dark chocolate dapat mengurangi stres emosional.

Menstabilkan tekanan darah

Manfaat coklat untuk kesehatan
Manfaat coklat untuk kesehatan

Yups coklat memang punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tapi yang dimaksud bukanlah coklat manis yang sering kamu temui di pasaran melainkan coklat pekat (dark chocolate). Didalam dark chocolate yang belum ditambah zat pemanis mengandung suatu flavonoid tinggi, nah si flavonoid ini mampu memproduksi nitrit oksida yang berfungsi menguatkan otot-otot di sekitar pembuluh darah sehingga akan memperlancar aliran darah ke semua organ. Tapi perlu diingat agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya, cukup satu atau dua gigitan kecil dark chocolate, karena kalau terlalu banyak, berat badan dan tekanan darah kamu malah naik.

Menekan kolesterol jahat

Coklat bisa menekan kolesterol
Coklat bisa menekan kolesterol

Didalam biji coklat ternyata mengandung bahan kimia yang bisa meningkatkan kinerja pembuluh darah pada penderita diabetes dan hipertensi, serta mempunyai pengaruh dengan tingkat kolestrol dalam darah. Penelitian tersebut semakin diperkuat dengan study baru dari Spanyol, karena selain meningkatkan kinerja pembuluh darah cokelat juga bisa menjadi obat alami untuk mengurangi resiko terhadap penyakit jantung koroner. Study ini juga sudah dipublikasikan Journal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases, menunjukan dengan mengkonsumsi sekitar 40 gram produk olahan kakao dan 500 ml susu skim per hari selama 4 minggu bisa meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dan mengurangi tingkat kolestrol jahat dalam darah (LDL).

Baik untuk jantung

Manfaat coklat bagi kesehatan jantung
Manfaat coklat bagi kesehatan jantung

Sebuah penelitian tentang manfaat coklat pernah dilakukan pada tahun 2007 di Jepang dan 2008 di Italia, dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa mengkonsumsi cokelat pekat dengan dosis sekitar 19 hingga 30 gram, per pekan dapat mengurangi risiko gagal jantung hingga 30 persen. Angka itu turun menjadi 26 persen ketika seseorang hanya mengkonsumsi coklat satu hingga tiga kali setiap bulanya, selain itu mengkonsumsi Tropicana Slim Non Fat Fitosterol Coklat sangat baik bagi kesehatan jantung kamu karena kandungan fitosterol di dalamnya. Tropicana Slim Non Fat Fitosterol Coklat sendiri merupakan susu tanpa lemak dan sebaiknya dikonsumsi 2 gelas susu setiap harinya.

Meningkatkan fungsi kognitif otak

Coklat baik untuk otak
Coklat baik untuk otak

Didalam dark chocolate terkandung senyawa kimia yang mampu menghasilkan efek positif pada mood dan kesehatan kognitif selain itu dark chocolate juga mengandung bahan kimia yang membantu meningkatkan aliran darah, dan dengan demikian, meningkatkan oksigen ke otak. Sehingga baik bagi bagi memori, kewaspadaan, dan fungsi kognitif pada otak kita.

Berkhasiat untuk penderita diabetes

Manfaat coklat bagi penderita diabetes
Manfaat coklat bagi penderita diabetes

Sebuah study di Jerman, menunjukan pembuluh darah para penderita diabetes yang semula rusak parah kembali berfungsi normal setelah mengkonsumsi tiga cangkir minuman coklat setiap hari selama satu bulan. Dari penelitian tersebut, para ahli menyimpulkan bahwa ada pengaruh dengan salah satu zat aktif yang terkandung pada cokelat yang disebut dengan flavanol. Kemudian studi tersebut semakin diperkuat dengan hasil riset para peneliti University Hospital Aachen, Jerman yang menunjukan bahwa flavanol bekerja dengan meningkatkan produksi nitricoxide, zat kimiawi di dalam tubuh yang akan membantu melenturkan dan melebarkan pembuluh darah. Penderita diabetes ringan tentu diperbolehkan mengkonsumsi coklat, tapi para ahli mengungkapkan studi ini tidak bertujuan mendorong para penderita diabetes untuk mengomsumsi cokelat dengan berlebihan.

Mencegah kerusakan pada gigi

Coklat bermanfaat bagi kesehatan gigi
Coklat bermanfaat bagi kesehatan gigi

Kandungan Tannin dalam dark chocolate mempunyai kemampuan menghancurkan plak yang bila bereaksi dengan asam dapat menimbulkan penyakit gusi, selain itu didalam coklat juga terdapat flavanoids. Flavanoids sendiri merupakan zat yang mampu melindungi tubuh dari kanker, tapi lebih dari itu flavanoids ternyata juga mampu mengurangi kerusakan gigi. Ditambah lagi dengan polyphenol dalam coklat yang berfungsi sebagai pembatas kerja bakteri dalam mulut, sehingga mencegah terjadinya napas tak sedap, penyakit gusi, juga gigi berlubang. Meskipun coklat punya banyak manfaat untuk gigi, tapi kamu juga wajib menggosok gigi setelah mengkonsumsi coklat.

Mengontrol nafsu makan

Program diet sehat
Program diet sehat

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat secara teratur (teratur ya, bukan berlebihan) cenderung memiliki bentuk tubuh yang langsing. Meskipun tidak bisa dihindarkan, kalau coklat memang mengandung kalori. Namun para ahli mempercayai bahan-bahan yang terkandung didalamnya mampu menurunkan nilai Indeks Massa Tubuh, tentunya tidak semua coklat bisa membantu program diet kamu. Setiap kandungan kalori di dalamnya juga harus diperhatikan, adapun coklat yang bisa kamu gunakan untuk diet adalah coklat jenis dark chocolate. Coklat jenis ini mengandung kadar 70% bubuk coklat asli, rasanya yang agak pahit mampu mengirimkan sinyal-sinyal ke tubuh agar bisa menekan nafsu makan.

Meningkatkan mood

Makan coklat untuk menciptakan mood positive
Makan coklat untuk menciptakan mood positive

Dan yang terakhir adalah mood booster. Yups selain dikenal dengan rasa yang luar biasa nikmat serta manfaat-nya yang banyak untuk kesehatan tubuh, coklat juga bisa menciptakan mood positive pada diri kamu. Kamu bisa membuktikannya sendiri, dengan mengkonsumsi coklat (semakin gelap warna coklatnya, semakin baik) seperti dark chocolate yang bermanfaat untuk memperlambat produksi hormon stres, tingkat kecemasan secara otomatis juga akan menurun . Ini disebabkan karena cokelat akan membuat pelepasan endorfin otak, dan juga dapat meningkatkan kadar serotonin. Inilah yang akan  menciptakan rasa bahagia yang dapat berlangsung selama beberapa jam kedepan.

Nah meskipun coklat banyak mengandung manfaat bukan berarti semua jenis coklat bisa kamu konsumsi, karena jika salah mengkonsumsi jenis coklat malah akan berdampak kurang baik bagi tubuh kamu. Dan untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya kamu mengetahui jenis coklat di bawah ini :

Dark Chocolate memiliki kandungan biji coklat kakao yang paling tinggi yaitu paling sedikit 70%. Coklat jenis ini memiliki kandungan kakao atau biji cokelat terbanyak, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO).

White Chocolate memiliki 33% kandungan biji coklat atau kakao, sisanya adalah gula, susu dan vanila. Kandungan gula inilah yang dapat memberikan efek negatif, seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.

Milk chocolate merupakan campuran kakao dengan susu dan ditambah gula dan biasa disebut dengan coklat susu. Coklat jenis ini juga sangat digemari karena rasanya yang nikmat.

Itulah alasan kenapa mengkonsumsi coklat sangat bermanfaat plus menyehatkan, tapi usahakan mengkonsumsi coklat yang mempunyai kandungan biji kakao tinggi seperti dark chocolate, karena coklat jenis inilah yang mengandung manfaat tinggi dan kurangi mengkonsumsi jenis coklat manis, jangan lupa juga agar mengkonsumsi dengan dosis yang sewajarnya karena setiap hal terutama makanan jika dikonsumsi dengan berlebihan dampaknya pasti juga kurang baik. Oke semoga tulisan ini bisa membantu dan selamat menikmati coklat 😀

Be the first to comment

Cuap-cuap di sini gan!!!