Inilah 9 Jembatan Paling Indah dan Super Unik di Dunia

Banpo Bridge jembatan indah di Korea Selatan
Banpo Bridge jembatan indah di Korea Selatan

Nasionalis.id – Udah tidak asing lagi kan dengan jembatan ? suatu alat bantu penyeberangan yang dibangun untuk mempermudah kita dalam melewati suatu tempat ke tempat yang lainya. Biasanya jembatan ini di gunakan untuk menghubungkan suatu tempat yang dipisahkan oleh sungai, lembah bahkan laut. Nah, kamu tahu ngga kalau menurut perkembangannya, si jembatan ini menjadi salah satu karya paling penting di dunia kontruksi bahkan menjadi karya kontruksi tertua dalam sejarah. Kontruksi jembatan ini sudah dikenal dan digunakan pada masa prasejarah, kala itu nenek moyang kita membangun jembatan dari kayu yang disilangkan, kemudian bagian atasnya ditutup ranting-ranting pohon. Beberapa bukti peninggalan jembatan prasejarah ini sudah ditemukan di berbagai negara di dunia, seperti India, Cina, Jepang, Kashmir, Afrika, juga Amerika Selatan. Ya meskipun angka tahun pembuatan jembatan baru ditemui pada jembatan Panhogiao di Cina, yaitu pada 206 tahun sebelum masehi, tapi para ahli menyimpulkan kalau kontruksi jembatan ini sudah dikenal dan digunakan di masa sebelumnya. Tapi setelah perkembangan jaman, pembangunan jembatan tidak hanya dikerjakan dengan konsep yang biasa. Di era sekarang ini terutama di kota – kota besar di dunia jembatan dibangun dengan konsep yang luar biasa menakjubkan bahkan sangat indah untuk dipandang. Penasaran ? simak jembatan paling indah versi Nasionalis.id di bawah ini !

Wind and Rain di China

Wind and Rain jembatan indah di China
Wind and Rain jembatan indah di China

Jembatan terindah yang pertama adalah jembatan Wind and Rain yang berada di China, jembatan ini juga sangat terkenal di Sanjiang County Liuzhou, Guangxi. Berdasar sejarah pembangunannya jembatan Wind and Rain ini merupakan simbol arsitektur dari bangsa minoritas Dong dan merupakan jembatan terbesar dalam jenisnya di Guizhou, dimana komunitas Dong terbesar di China menetap. Jembatan sepanjang 50 meter ini sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 1894 pada masa Dinasti Qing 100 tahun yang lalu, tapi karena kebakaran hebat pada tahun 1959 silam para wisatawan atau pengunjung hanya mengetahui tahun pembuatan ulangnya yaitu pada tahun 1964.

Ponte Vecchio di Italia

Ponte Vecchio jembatan indah di Italia
Ponte Vecchio jembatan indah di Italia

Kesan vintage akan sangat terasa kental saat melihat jembatan ini, karena Ponte Vecchio yang secara harfiah berarti ‘ jembatan lama ‘ ini merupakan jembatan batu tertua di dunia. Pada awal pembuatannya Ponte Vecchio di bangun menggunakan material kayu tapi karna sapuan banjir pada tahun 1333 yang menghancurkan kontruksi bangunan, Ponte Vecchio dibangun kembali menggunakan material batu pada tahun 1345 oleh arsitektur Italia bernama Taddeo gaddi dan jembatan ini masih berdiri kokoh di atas sungai Arno hingga sekarang. Jembatan yang sangat terkenal di kota Florence Italia ini menjadi jalur penghubung antara kota Lungarno dan kota Oltrarno, jembatan ini bisa dibilang unik karena selain berfungsi sebagai jalur penyebrangan di jembatan ini juga banyak pertokoan yang menjajakan souvenir pada para pengunjung dan turis asing.

Rolling Bridge di UK

Rolling Bridge jembatan unik di UK
Rolling Bridge jembatan unik di UK

Apa yang ada dipikiran kamu kalau ada sebuah jembatan yang bisa terbelah dan mengangkat keatas saat ada kapal besar yang melintas ? tentu sudah biasa karena di negeri kita tercinta ini pernah ada yaitu jembatan Ampera. Tapi kalau ada jembatan yang bisa menggulung dan bergerak sendiri saat ada kapal yang mau melintas, ini baru keren. Yups jembatan itu adalah Rolling Bridge yang berada di London, UK. Rolling Bridge diciptakan oleh desainer Inggris Thomas Heatherwick dan dibangun pada tahun 2004 sebagai bagian dari kantor Grand Union Canal & proyek pengembangan ritel di Paddington Basin, London. Jembatan unik ini dirancang oleh SKM Anthony Hunt dengan Packman Lucas, dan dibangun oleh Littlehampton Welding Ltd dengan desain hidrolik dan pengembangan dilakukan oleh fluida Primer Power Ltd di Barat Utara. keren cuy desainnya !

Kapellbrucke di Swiss

Kapellbrucke jembatan indah di Swiss
Kapellbrucke jembatan indah di Swiss

Jembatan Kapellbrucke atau Kapel Santo Petrus atau lebih dikenal dengan sebutan Bridge of Lucerne merupakan jembatan kayu tertua di Eropa yang dibangun pada tahun 1333, menurut sejarah jembatan Kapellbrucke ini dirancang untuk membantu melindungi kota Luzerne, dan salah satu keunikan dari Kapellbrucke ini adalah interior bagian atapnya yang dipenuhi dengan lukisan dari abad ke-17. Meskipun keindahan dari jembatan Kapellbrucke serta lukisan dari abad ke-17 yang melukiskan sejarah aktivitas dari Luzerne pernah raib karena kebakaran pada tahun 1993, tapi pada akhirnya jembatan ini dibangun kembali dan bahkan sekarang menjadi salah satu landmark kebanggan bagi warga Lucerne. Dan satu lagi yang menarik perhatian dari Kapellbrucke ini adalah Menara Wasserturm yaitu sebuah menara segi delapan yang terbuat dari batu bata dengan tinggi 43 meter yang berdiri berdampingan dengan jembatan Kapellbrucke.

Tower Bridge di Britania Raya

Tower Bridge jembatan indah
Tower Bridge jembatan indah

Pembangunan jenbatan ini berawal pada tahun 1750, dimana fondasi jembatan Old London Bridge sudah goyah dan lalu lintas di atasnya sering macet bahkan kapal – kapal besar dari seluruh dunia yang melintas dibawah Old London harus berebut jalan untuk merapat ke dermaga. Oleh karena itulah atas permintaan Corporation of London, arsitek kota Horace Jones mengusulkan pembangunan sebuah jembatan angkat bergaya Gotik ke arah hilir Jembatan London sehingga kapal-kapal yang berlayar ke arah hulu Sungai Thames dapat lewat dengan leluasa menuju dermaga. Jembatan yang selesai dibangun pada tahun 1894 ini menggunakan mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung, maka tak heran dari desain dan keunikannya Tower Bridge menjadi salah satu ikon dari kota London.

Dragon Bridge di Vietnam

Dragon Bridge jembatan indah Vietnam
Dragon Bridge jembatan indah Vietnam

Dragon Bridge bisa dibilang sebagai jembatan naga terbesar di dunia, Dragon Bridge sendiri terletak di kota DaNang, Vietnam. Pembangunan jembatan yang menakjubkan ini dimulai pada tahun 2009 untuk merayakan 38 tahun kebebasan Kota Da Nang, jembatan yang melintas diatas sungai Han ini memiliki tinggi 545 kaki atau sekitar 166 meter dengan 2.500 lampu light electric diode (LED) yang membuat bentuk naga tersebut menjadi sangat indah dipandang saat malam tiba, selain itu naga raksasa berada ditengah jembatan ini juga bisa menghembuskan nafas api untuk acara festival dan kesempatan khusus, jembatan ini juga mampu menyemprotkan ledakan air ke udara. keren !

Charles Bridge di Praha

Charles Bridge jembatan indah asal Praha
Charles Bridge jembatan indah asal Praha

Jembatan Charles ini pertama kali dibangun pada tahun 1357 atas perintah Raja Charles IV dan rampung pada tahun 1402. Peter Parler yang merancang Charles Bridge dengan panjang 502 meter dengan 16 lengkungan besar sebagai jalur kapal yang melintas, pada mulanya Charles Bridge hanya menggunakan sebuah ornamen kayu berbentuk ‘ salib ‘ yang ditempatkan di pusat jembatan tapi pada abad ke-17 salib kayu tersebut diganti dengan salib perunggu. Baru pada tahun 1683 patung pertama bernama St. John of Nepomuk ditempatkan di jembatan, patung St. John of Nepomuk tersebut menjadi sangat terkenal dan dari situlah lebih dari 20 patung ditambahkan di awal abad ke-18. Seakan menjadi tradisi dari waktu ke waktu jembatan Charles ini selalu menambahkan patung – patung baru, hingga kini terhitung sudah ada 30 patung yang terjajar indah di Charles Bridge dan patung yang terbaru diciptakan pada tahun 1938.

Banpo Bridge di Korea Selatan

Banpo Bridge jembatan indah di Korea Selatan
Banpo Bridge jembatan indah di Korea Selatan

Negara yang juga dikenal dengan idol kpop-nya ini juga punya jembatan yang luar biasa menakjubkan. Yups Banpo Bridge, sebuah jembatan yang menghubungkan antara distrik Seocho dan Yungsan. Jembatan yang dibangun pada awal tahun 1980 ini membelah sungai Han dan berada diatas jembatan Jamsu sehingga membuat Banpo Bridge seperti jembatan dua tingkat, pada tahun 2009 jembatan ini dipugar dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata Korea Selatan. Di Banpo Bridge ini kamu akan disuguhkan dengan pertunjukan yang sangat indah, Moonlight Rainbow Fountain sebuah pertunjukan air mancur dengan 200 lampu aneka warna yang menyinari setiap semburan airnya bahkan Banpo Bridge tercatat sebagai jembatan dengan pertunjukan air mancur paling panjang yang dicatat Guiness World Record. Tertarik ? silahkan menabung 😀

Kutai Kartanegara Bridge di Tenggarong, Indonesia

Kutai Kartanegara Bridge
Kutai Kartanegara Bridge

Dan yang terakhir adalah Jembatan Kutai Kartanegara atau biasa disebut dengan jembatan Mahakam II. Jembatan yang membelah sungai Mahakam ini menghubungkan antara kota Tenggarong dengan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jembatan Kutai Kartanegara mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan panjang 710 meter serta bentang bebas mencapai 270 meter, dengan ukuran ini sekaligus membuat jembatan Kutai Kartanegara menjadi jembatan terpanjang ke sepuluh di Indonesia. Salah satu yang menjadi daya tarik jembatan ini adalah adanya taman yang bersih tepat di sisi timur jembatan sebagai tempat santai wisatawan untuk menikmati sungai mahakam dimalam hari serta rangkaian lampu yang sangat indah sepanjang jembatan. Jembatan ini sempat ambruk pada 26 November 2011 tapi dibangun kembali pada tahun 2013 dan diresmikan untuk umum pada 8 Desember 2015.

Sebuah seni tidak selalu berada pada kanvas dan patung, terkadang di sebuah bangunan kontruksi juga terdapat seni yang bisa dibilang menawan. Beberapa kontruksi jembatan di atas mungkin bisa menjadi salah satu target di radar traveling kamu dan buat mas, mbak, adek, bapak, ibu, aki juga nini yang punya pengalaman tentang jembatan – jembatan yang indah bisa langsung bersuara di kolom komentar. Tengkyu 😀

Keywords:

  • senapan panjang dan sangat berbahaya
  • jembatan prasejarah di negara kashmir
  • sejarah jembatan kashmir
  • sejarah jembatan banpo bridge
  • salah satu karya kontruksi tertua adalah
  • salah satu karya konstruksi tertua adalah
  • jenis jembatan ponte vecchio
  • jembatan vecchio
  • jembatan kayu keren dan indah
  • jembatan kayu indah

2 Comments on Inilah 9 Jembatan Paling Indah dan Super Unik di Dunia

Cuap-cuap di sini gan!!!